18 Contoh Surat Lamaran Kerja Word dan PDF

Contoh surat lamaran kerja word - Contoh surat lamaran kerja yang akan saya jelaskan kali ini dalam bentuk atau format word dan pdf serta bisa anda download untuk bahan pembuatan dikemudian hari.Surat lamaran kerja merupakan sebuah point penting ketika melamar sebuah pekerjaan.


Contoh surat lamaran kerja word dan pdf juga bisa anda gunakan untuk melamar pekerjaan via email atau mengisi form lamaran online di internet.Sebenarnya sebelumnya pernah saya jelaskan dalam artikel " contoh surat lamaran kerja tulis tangan " beberapa waktu yang lalu.



Surat Lamaran Kerja WORD 


surat lamaran kerja format word
surat lamaran kerja word




Surat lamaran kerja word adalah sebuah proposal yang ditulis berisi data diri dari seorang pelamar pekerjaan yang digunakan untuk promosi kepada pihak perusahaan.

Surat lamaran kerja pdf adalah proposal permohonan dalam bentuk atau format PDF.

Biasanya,bentuk promosi diri ini akan di isikan didalam CV/curiculum vitae/daftar riwayat hidup.Bedanya adalah,didalam contoh surat lamaran kerja ini berisi biodata pribadi dan sertifikat yang dilampirkan.


Kenapa harus menggunakan surat lamaran dalam bentuk word dan pdf?

Sebenarnya,tidak ada yang mewajibkan atau mengharuskan hal ini,hanya saja,biasanya pihak perusahaan ketika membuka lowongan pekerjaan,mereka meminta pihak pelamar yang mengirimkan surat lamaran kerja via email untuk menggunakan format word dan pdf.

Hal itu bukan tanpa alasan,dimana alasan utamanya adalah lebih mudah dibuka dan dilihat di komputer.Lebih simple tapi mudah untuk dinilai.


Kalau menggunakan hasil SCAN gimana mas? Itu kan formatnya ada yang JPG/Gambar?

SALAH!! Walaupun perusahaan meminta dokumen anda di scan,tetap saja hasil scan akan diminta dalam format WORD/PDF/DOC.Saya belum pernah menjumpai perusahaan yang meminta dokumen dalam format JPG/gambar.

Jadi,walaupun perintahnya " DI SCAN " tapi hasil akhirnya harus tetap dalam bentuk word/docx/pdf yaa.Bilang saja ke orang yang scan,pasti faham.


Kalau RAR dan ZIP itu bagaimana mas?

Begini,jika perusahaan meminta dalam bentuk RAR/ZIP,itu pengertiannya seperti ini :

RAR/ZIP adalah sebuah format yang digunakan ketika ANDA MENGGABUNGKAN BBERAPA DOKUMEN JADI 1 FILE.

Ketika anda melamar pekerjaan,berkas yang anda lampirkan itu TIDAK HANYA SATU,tetapi banyak.Supaya lebih ringkas dan simple,maka dibuatlah bentuk RAR/ZIP.

Didalam file RAR dan ZIP itu kalau dibuka juga isinya berbagai dokumen anda yang formatnya WORD/PDF/DOCX yang anda scan.Jadi tidak perlu bingung lagi yaa.


Contoh Surat Lamaran Kerja WORD


Sekarang untuk pembahasan bagaimana cara untuk menulis surat lamaran kerja dalam format word atau contoh surat lamaran kerja pdf yang baik dan benar.Berikut saya berikan langkah yang umum digunakan :


Menggunakan jenis kertas apa mas?

Surat lamaran kerja format word menggunakan 2 metode ;
  • Mengirim menggunakan email
  • Mengirimkan dalam bentuk fisik/kertas
Jika anda menggunakan email,tentu saja anda tidak perlu repot untuk mencari jenis kertas yang dipakai,tapi lebih ke BENTUK MARGIN dan FONT.Saya akan menjelaskan point ini dibawah.

Sekarang untuk yang mengirimkanya dalam bentuk fisik!

Jika anda ingin mengirimkanya dalam bentuk fisik,anda bisa menggunakan jenis kertas HVS.Kenapa HVS dan bukan kertas FOLIO?

Karena ini menggunakan ketik komputer,maka akan terlihat jelek jika anda menuliskanya di kertas folio dimana memang sudah dirancang untuk bentuk tulisan tangan.

Tetapi jika menggunakan kertas HVS,hasil ketikan WORD/DOCX anda akan terlihat lebih rapih.

Berikut ini beberapa hal penting ketika membuat contoh surat lamaran kerja word :


Menggunakan jenis FONT apa?

Ini adalah untuk anda yang ingin mengirimkanya via email.Jika anda ingin mengirimkanya lewat email,maka anda harus memperhatikan beberapa hal,antara lain :
  • Jenis font yang bagus untuk dipakai
  • Ukuran margin
  • Ukuran huruf
  • Keteletian dalam menulis ( minimalkan salah ketik )
  • Perhatikan isi dari surat lamaran kerja word anda

- Untuk font : Anda bisa menggunakan jenis yang umum digunakan,seperti ; ARIAL/VERDANA.
Dilarang menggunakan jenis font yang sulit untuk dibaca.Gunakan bentuk font yang paling minimalis/paling enak untuk dibaca.

Anda bisa menggunakan penilaian visual/posisikan diri anda sebagai seorang HRD,kira-kira jenis fornt yang anda gunakan sekarang itu ' enak dibaca ' atau tidak.

Jangan sekali-kali memiliki pikiran,kalau jenis font yang estetik akan menambah nilai yaa,ITU SALAH BESAR!!

Justru yang sederhana/simple yang disukai HRD.


- Ukuran huruf : Untuk ukuran huruf,biasanya menggunakan ukuran "12" atau anda bisa sesuaikan ( YANG PENTING USAHAKAN SELESAI SEMUA DALAM 1 LEMBAR! ).

Untuk ukuran,usahakan pilih ukuran yang sedang ( tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar ).

Hal ini berguna untuk mengatur jumlah halaman yang anda gunakan.Usahakan semuanya selesai dalam 1 halaman saja.Anda tidak perlu menggunakan huruf teralu besar karena bisa memakan banyak halaman hanya untuk 1 surat lamaran kerjaan.

Jangan gunakan ukuran huruf terlalu kecil,selain nanti sulit dibaca,halaman yang anda gunakan akan terlihat ' jomplang ' dimana tulisan sudah selesai,tapi masih banyak bagian kertas/halaman yang kosong.


- Margin : Anda bisa menggunakan ukuran margin,anda bisa gunakan margin standar bawaan dari aplikasi word atau menggunakan margin A4/Letter bisa juga menggunakan ARROW.

Penggunaan margin juga sebenarnya untuk ' mengakali saja '.Ketika anda selesai menulis semuanya tetapi halaman terbagi menjadi 2 bagian,anda bisa menggunakan jenis margin ARROW yang lebih mengarah ke sudut halaman/kertas.

Silahkan anda sesuaikan dengan tulisan yang anda tulis saja.Usahakan terlihat rapih dan enak dibaca serta dilihat.


- Spasi dan Bold : Untuk spasi,anda gunakan saja bawaah dari aplikasinya karena itu sudah cukup bagus.Sedangkan format BOLD/Tulisan cetak tebal,mungkin TIDAK PERLU anda gunakan.Gunakan saja huruf normal seperti biasanya.

Mungkin anda berfikir untuk menuliskan bentuk BOLD di alamat perusahaan sebelah atas atau bagian penting lainya.

Boleh saja,tetapi kalau menurut opini saya,akan lebih terlihat bersih serta rapih jika anda menggunakan bentuk yang standart saja secara keseluruhan.

Jika anda sisipkan BOLD dikalimat tertentu,terkesan lebih mirip seperti surat undangan/surat perjanjian.Tidak seperti surat melamar kerja di sebuah perusahaan.


- Kertas : Berhubung anda ingin mengirimkanya via email,maka anda tentu tidak perlu bingung untuk mencari jenis kertas.Anda hanya perlu memikirkan,hasil tulisan anda itu akan disimpan dalam format apa ( word,docx atau pdf ) hanya itu saja.


- Perhatikan kesalahan ketik : Berlaku untuk semua jenis surat lamaran kerjaan,kesalahan penulisan harus diminimalisir.Bahkan kalau bisa TIDAK ADA kesalahan sama sekali.

Saya rasa,untuk anda yang sedang mencari kerjaan,melakukan koreksi 2/3 kali itu tidak masalah.Yang penting hasilnya memuaskan.


Untuk filenya bisa anda dapatkan dibawah ini :






Silahkan anda donload dan silahkan isikan sesuai dengan biodata anda yaa.Didalam contoh surat lamaran kerja itu sudah lengkap,hanya tinggal mengganti dan menyesuaikan dengan biodata anda saja.Jangan langsung dikirimkan yaa.

Demikian pembahasan tentang download contoh surat lamaran kerja word pdf dan docx.Semoga bisa membantu,see uu.

tanpa komentar

0 komentar untuk 18 Contoh Surat Lamaran Kerja Word dan PDF.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar