Kata-Kata Promosi Diri untuk Melamar Pekerjaan

Kali ini saya akan membahas apa saja kata-kata promosi diri untuk melamar pekerjaan yang mampunyai nilai khususnya dimata HRD perusahaan.Kalimat promosi diri yng menarik untuk melamar kerja biasanya dituliskan pada surat lamaran kerja atau CV pelamar.


Kata-kata promosi diri untuk melamar pekerjaan akan sangat berguna untuk menambah point atau nilai kelayakan kelulusan dimata HRD.Jadi,jika anda seorang pelamar kerja,diwajibkan untuk memahami dan mengerti maksud serta implementasi nya di perusahaan nanti.


Kata-Kata Promosi Diri Melamar Kerja



kata kata promosi diri untuk melamar kerja



Kalimat promosi diri ketika melamar kerja adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan ketika seorang pelamar pekerjaan menuliskan/mengungkapkan kelebihannya untuk menarik hati seorang HRD.

Memang sedikit terlihat ' berlebihan ' tetapi dalam dunia kerja,hal tersebut biasa terjadi dan sudah merupakan hal yang lumrah.

Seorang HRD perusahaan juga membutuhkan point point penilaian untuk bisa menentukan seorang pelamar kerja apakah pantas diterima ataupun tidak.



Kata-Kata Promosi Diri Harus Menonjolkan Kelebihan Seseorang

Jika anda sebagai pelamar kerja dan kebetulan ingin menuliskan surat lamaran kerja atau sedang melakukan interview dan harus mempromosikan diri anda,perhatikan satu hal :

Kalimat harus memperlihatkan atau menonjolkan kelebihan seorang pelamar,contohnya ;
  • Memiliki pengalaman bekerja
  • Memiliki keahlian khusus
  • Memiliki kepribadian yang bagus ( disiplin,tepat waktu,dsb )

Mungkin hal ini tidak terlalu suit bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman bekerja,tetapi bagaimana dengan lulusan baru atau FRESH GRADUATE?

Untuk anda yang lulusan baru,bisa menggunakan kalimat promosi yang mengandalkan kelebihan kepribadian diri seperti yang saya tuliskan diatas.


Kata-Kata Promosi Diri Ketika Melamar Kerja ( BUKAN SOMBONG )

Maksudnya begini : Walaupun ini menceritakan atau menuliskan kelebihan diri anda,anda sebagai pelamar tidak perlu sampai terlalu berlebihan dan terkesan sombong.

Maksudnya sombong itu bagaimana?

Ketika anda menceritakan kelebihan diri SESUAI DENGAN KENYATAAN dan memang ada buktinya,itu bagus.

Tetapi jika sudah menceritakan atau menuliskan yang tidak sesuai kenyataan dan terkesan berlebihan,itu juga tidak bagus untuk penilaian HRD perusahaan.

Tidak masalah jika anda mengatakan ' anda bisa mengoperasikan pesawat terbang ' jika memang kenyataanya bisa dan ada buktinya.Tetapi tidak boleh mengatakan ' anda bisa menyupir ' jika memang kenyataanya tidak bisa.

Untuk point diatas saya rasa anda sudah faham yaa?


Kata-Kata Promosi Diri Melamar Kerja di CV/Surat lamaran Kerja


Untuk pembahasan utama,kali ini saya akan menjelaskan bagaimana menuliskan kalimat promosi pelamar kerja di CV atau surat lamaran kerja.

Disebelah mana nulisnya?

Untuk penulisan kaimat promosi,anda bisa tuliskan di ' DIBAWAH BIODATA ' anda ( nama,alamat,ttl ) tuliskan dibawah bagian tersebut.

Atau bisa anda tuliskan ' DIATAS ' tulisan berkas yang anda lampirkan.Silahkan lihat gambar dibawah ini :


kalimat untuk promosi diri ketika melamar kerja


Anda bisa menuliskan pada kolom yang saya tandai merah diatas.Letakan tulisan ' TEPAT DI ATAS ' daftar berkas yang anda tuliskan.

Jika di CV bagaimana?

Untuk CV/daftar riwayat hidup : Anda bisa tuliskan pada kolom bagian bawah,tepatnya pada kolom ( Pengalaman kerja/kelebihan diri/skill ) karena jika di CV,biasanya ada kolom khusus untuk menuliskan kelebihan diri seorang pelamar.


Kalimatnya bagaimana?

Ini yang paling penting.Untuk bentuk kalimat atau kata-kata promosi diri ketika melamar kerja contohnya sebagai berikut :

- Saya adalah seorang yang tepat waktu,mematuhi peraturan dan tidak mudah menyerah terhadap target kerja

- Saya merupakan seorang yang pernah bekerja di sebuah pabrik tambang dan bisa mengoperasikan alat berat ( beco,truck,forklift )

- Saya merupakan seorang yang menguasai berbagai bahasa asing ( bhs inggris,jepang,korea ) dengan sertifikat yang valid

- Saya pernah bekerja di pabrik sebagai staff warehouse dan berpengalaman serta menguasai berbagai hal seperti ( data sheet komputer,sistem PO barang,manajemen in out barang produksi )


Kalimatnya bisa anda sesuaikan dengan keahlian anda masing-masing.Bentuk kalimatnya juga TIDAK HARUS SAMA seperti yang saya contohkan.Yang penting gunakan bahasa baku atau bahasa indonesia yang formal ( jangan gunakan bahasa kamu/aku tapi gunakan bahasa saya/anda ).


Kata-Kata Promosi Diri Melamar Kerja saat Interview/Wawancara Kerja


Mungkin jika bentuknya tulisan,tidak akan terlalu sulit,berbeda jika anda ditanya langsung oleh HRD dan harus mengucapkanya secara tatap muka.

Untuk kalimatnya ' SAMA SAJA ' dengan yang diatas,bedanya hanya yang ini anda harus mengucaokanya langsung.

Sedikit tips dari saya :
  • Masalah utama itu gerogi,jadi mulai sekarang cobalah berlatih supaya tidak gerogi ngomong didepan orang
  • Usahakan ucakan kalimat kelebihan diri YANG SESUAI atau ada data validnya ( kalau bilang bisa nyupir,usahakan anda sudah lampirkan sertikat/SIM nya )
Kenapa demikian?

Karena ketika interview atau wawancara kerja,kalimat yang anda ucapkan harus disertai bukti valid untuk HRD.Jika anda mengatakan hal yang ' NGARANG/NGAWUR ' itu bisa menjadi bomerang untuk anda nanti.

Jangan sampai HRD menilai anda sebagai seorang pembohong.Saya berani jamin kesempatan anda lolos akan kecil kalau anda terlampau sombong atau menceritakan hal yang tidak sesuai dengan kenyataan/tidak ada bukti validnya.

Untuk membantu anda,berikut saya berikan sedikit artikel pendukung untuk bahan belajar anda ;





Sebenarnya sudah banyak sekali hal yang saya tuliskan berkaitan dengan hal ini di artikel sebelumnya.Anda bisa mencarinya untuk bahan referensi anda.

Demikian pembahasan tentang kata-kata atau kalimat promosi diri untuk melamar pekerjaan di surat lamaran kerja,cv atau saat interview atau wawancara kerja.Semoga membantu,see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk Kata-Kata Promosi Diri untuk Melamar Pekerjaan.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar