Pertimbangan dan Syarat Memilih Modem Yang Bagus

Jika anda ingin memilih modem yang bagus maka ada beberapa pertimbangan dan syarat yang harus dipenuhi sebelum membelinya.Saya akan jelaskan bagaimana cara untuk menentukan pilihan supaya bisa sesuai dengan kebutuhan anda tentunya berlaku untuk model 3G ataupun 4G LTE yaa.

Untuk menentukan modem yang paling sesuai dengan kebutuhan anda,anda harus memikirkan berbagai hal dan mempertimbangkan berbagai aspek untuk menentukanya.Cara untuk memilihnya juga sangat penting supaya anda bisa mendapatkan modem berkualitar terbaik yang sesuai dengan apa yang anda butuhkan sekarang.

Anda tdak boleh hanya berpatokan pada harga murah saja apalagi hanya berpatokan terhadap merk sebuah modem.Karena untuk menentukan modem yang terbaik sesuai kebutuhan,anda banyak sekali point yang harus diperhatikan.




Cara Memilih Modem Yang Bagus

 

cara untuk memilih modem sebelum membelinya




MODEM adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan koneksi internet dari satu perangkat ke perangkat lain.

Alat ini biasanya digunakan untuk dipadukan dengan sebuah komputer atau laptop,tetapi banyak juga yang menghubungkanya ke smartphone android masing-masing.

Ada beberapa model yang tersedia dipasaran,seperti :
  • Model plug and play ( biasanya langsung dicolokan ke komputer atau ponsel pengguna )
  • Ada yang harus menggunakan kabel tambahan
  • Ada model " duduk " yang bisa digunakan hanya dengan meletakanya saja

Apapun modelnya,untuk menentukan pilihan terbaik SAMA SAJA.



Harga dan Merk bukan patokan!!

Seperti yang saya bahas diawal,jika anda menginginkan sebuah pilihan yang terbaik,maka anda TIDAK BOLEH hanya berpatokan ke harga atau merk saja.

Kenapa? Karena ada banyak hal yang harus anda fikirkan sebelum memutuskan untuk membelinya.Jika asal saja,maka yang ada nanti,anda akan membeli barang yang " sia-sia " alias tidak sesuai dengan harapan.



Pertimbangan Memilih Modem



Jika seperti itu,apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli modem?


1. Kualitas Sinyal di Daerah Anda


Hal yang paling utama adalah mengecek ketersediaan atau kualitas sinyal di daerah tempat anda tinggal.Maksdunya adalah :

Anda harus tau dulu,sekitar tempat tinggal anda atau daerah anda itu sinyal yang bagus apa? GSM atau CDMA?

GSM itu contohnya seperti : Telkomsel,Indosat,XL serta kartu provider lain yang bisa diganti-ganti kartunya.

CDMA itu biasanya kartu sim cardnya tidak bisa diganti,tapi ini sudah sangat jarang ditemui.


Mas,kalau TIDAK ADA SINYAL sedikitpun dari berbagai macam provider bagaimana? Berarti anda TIDAK PERLU membeli modem,melainkan pasanglah atau berlangganan wifi ( bisanya pakai indi home ).

Beli MO-DEM ya percumah saja,karena tidak akan bisa dipakai nanti.Lawong tidak ada sinyal sama sekali.

Kalau sudah tau sinyal terkuat atau yang paling bagus,selanjutnya bagaimana? Lanjutkan point kedua.



2. Jenis Sinyal ( 3G atau 4G )


Selanjutnya,setelah anda tau sinyal yang bagus apa,periksa ketersediaan 3G atau 4G LTEnya.Caranya bagaimana?

Anda bisa lihat di ponsel orang-orang disekitar anda,tulisan bar signalnya itu 3G atau 4G.Karena beda daerah itu beda kualitas jaringan yang tersedia.

Memangnya kenapa harus tau hal ini?

Karena,jika didaerah anda itu masih 3G sementara anda membeli modem yang 4G,sia-sia aja uangnya.Begitupun sebaliknya,kalau didaerah anda sudah 4G maka tidak perlu membeli modem yang masih 3G.

Ingat yaa!! Modem itu ada yang 3G ada yang 4G LTE.Jangan sampai salah beli.Disesuaikan saja.



3. Harga dan Merk


Setelah anda tau kartu provider yang sinyalnya bagus apa,kemudian sudah tau harus beli yang 3G atau 4G LTE,barulah anda mempertimbangkan harga dan merk nya.

Tetapi biasanya,untuk merk yang bagus ya past harganya mahal.Ada harga ada rupa kalau istilahnya.

Jika memang anda sangat butuh,belilah yang bagus sekalian.Tidak perlu coba-coba dengan harga murah kalau anda mencari kualitas.



4. Pilih Tempat Membeli


Jika anda sudah tau semuanya,maka yang terahir yang perlu anda fikirkan adalah dimana tempat membeli yang recommended atau terpercaya.

Memang sekarang sedang zamanya transaksi jual beli secara online,tetapi anda juga harus perhatikan tempat belanja yang terpercaya.

Mau ditoko atau online itu bebas saja,yang terpenting anda harus benar-benar teliti dan hati-hati sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu yaa.



Syarat Modem Yang Bagus dan Baik



Jika anda sudah mengerti apa saja yang perlu diperhatikan,selanjutnya saya akan menjelaskan apa saja kategori modem yang bisa dikatakan baik dan bagus.



- Sudah GSM


Bukan berarti yang CDMA tidak bagus,tetapi kalau menurut saya model GSM lebih unggul karena bisa di pasang berbagai macam kartu.Untuk anda yang senang dengan promosi terbaru dari berbagai provider,saya lebih menyarankan untuk memilih jenis yang satu ini.



- Sudah plug n play


Maksudnya adalah saat pertama kali di colokan ke laptop,kita langsung bisa instal drivernya,karena memang sudah di bekali dengan driver di dalamnya.Jadi kita tidak perlu repot mencari driver atau bahkan menginstal dengan CD DRIVER yang menurut saya itu ribet.

Intinya ketika sudah dipasang kartu perdana,bisa langsung digunakan ( dalam artian tidak butuh alat lain yang harus beli ).

Kalau seting di komputer atau android anda itu hal wajar,karena semua memang butuh konfigurasi system.



- Kekuatan menangkap sinyal dan memancarkanya tinggi


Untuk kecepatanya sudah ada dalam kemasan,semakin tinggi kecepatan akan semakin bagus.Tetapi banyak merk yang kecepatan ASLI tidak sama dengan kecepaan yang tertulis di kemasan.kecepatan yang " bagus " itu 42 mbps.Itu standar kecepatan untuk yang harganya tidak terlalu mahal.

Semakin cepat biasanya harganya semakin mahal.Tidak mibazir kalau kualitas yang diutamakan.



- Ada Garansi ( WAJIB )!!!


Saking wajibnya dan harus,ini yang pertama harus anda tanyakan terlebih dahulu.Kalau di pikir secara nalar,barang bagus akan berani memberi garansi,barang jelek siapa yang mau memberikan garansi.

Khusus untuk pembelian unit baru,kalau bekas atau second itu tergantung anda saja.Biasanya untuk barang bekas memang tidak ada garansinya.


- Tahan Panas

Ini sebenarnya pengalaman pribadi.Saya pernah sampai 2 atau 3 kali membeli perangkat Mo-DEM karena yang lama meleleh dan rusak akibat panas pemakaian yang terlalu lama.

Saya sedikit heran,kenapa setiap kali rusak itu ditandai dengan koneksi yang putus nyambung.Terlebih kalau sudah digunakan agak lama.

Saya coba untuk memasangkan kipas di samping unit modeem,dan benar saja,selama berjam jam koneksi lancar jaya tanpa ada kendala sedikitpun.Dan ternyata masalahnya adalah : moodem saya tidak tahan panas!!!!

Untuk memilih yang tahan panas memang sulit karena tidak akan ada tulisan di panduan penggunaan atau spesifikasi unit.Hanya saja,merk yang bagus dan mahal sudah pasti tahan,hehe.

Kalau mau harga terjangkau juga tidak masalah.Bisa gunakan kipas bantuan seperti yang saya lakukan.



Merk modem 3G 4G terbaik dari berbagai sumber :

Ini hanya sebagai bahan referensi anda saja yaa.Pilihan akhir tetap ditangan anda dan yang saya tulis bukan 100% menjamin kepuasan anda.


- Huawei 8372
- Huawei 3276
- Huawei 3372

Setelah anda menemukan yang pas dan sesuai,jangan lupa untuk selalu merawat pc supaya bisa awet bertahun-tahun.Karena tanpa perawatan yang baik,kelengkapan yang anda beli semahal apapun akan sia-sia saja.Dan berikut beberapa artikel yang mungkin juga bisa membantu permasalahan anda :



Demikian penjelasan mengenai apa saja pertimbangan dan syarat untuk memilih modem baik bagus dan pastinya terbaik agar bisa awet digunakan.Semoga membantu,see uu.

2/04/2021 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Pertimbangan dan Syarat Memilih Modem Yang Bagus.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar