11 Cara Memilih Modem Wifi yang Bagus ( KOMPLIT )

Ada beberapa tips atau cara ampuh yang bisa anda gunakan untuk memilih modem mifi wifi 4G LTE saat akan membeli yang baru.Anda harus mengerti triknya supaya bisa mendapatkan modem wifi yang berkualitas bagus dan jika anda sembarangan ketika membelinya,bisa saja anda mendapatkan produk yang tidak sesuai kebutuhan bahkan anda bisa kena tipu nantinya.

Cara memilih mifi atau modem 4G LTE yang bagus ketika ingin membelinya ada banyak sekali langkahnya,dan inipun saya khususkan untuk anda yang memang menginginkan mendapatkan barang yang kualitasnya bagus.Karena harga mahal bukanlah jaminan sebuah produk tersebut kualitasnya baik.



Tips Memilih Modem Mifi/Wifi 4G LTE




tips untuk memilih mifi wifi modem 4g lte terbaik,tercepat dan murah sesuai kebutuhan



Modem adalah sebuah perangkat keras yang dirancang untuk menghantarkan koneksi internet ke perangkat keras lain.Dengan bantuan perangkat keras ini,laptop yang pada dasarnya tidak bisa disisipkan kartu perdana internet,bisa digunakan untuk mengakses internet.

Ketika anda bermaksud untuk membeli perangkat ini,ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan supaya modem wifi yang anda beli bisa sesuai kebutuhan dan tidak menimbulkan kekecewaan.

Adapun beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan antara lain :

  • Budget atau uang yang anda miliki
  • Perangkat/laptop seperti apa yang anda miliki ( jangan sampai beli modem tapi ternyata laptopnya tidak bisa )
  • Jaringan internet di wilayah anda
Mungkin untuk point 1 dan 2 tidak perlu saya jelaskan panjang lebar karena pasti anda sudah mengerti maksud saya.

Tetapi untuk point ketiga,anda harus tau bahwa TIDAK SEMUA wilayah sudah mendukung jaringan 4G LTE,jika daerah anda sinyal frekuensinya masih 3G,maka rasanya terlalu membuang uang jika harus membeli perangkat yang sudah suport 4G.

Sekedar info saja,MO-DEM yang sudah suport 4G biasanya otomatis sudah suport 3G,tapi tidak sebaliknya,perangkat yang suport 3G saja,tidak akan bisa menangkap sinyal 4G.


Syarat memperoleh koneksi 4G LTE

Anda beberapa persyaratan jika anda ingin mendapatkan koneksi sinyal super cepat tersebut,antara lain :

  1. Daerah hatus sudah mendukung dan sudah suport ( banyak wilayah di indonesia yang belum suport sinyal ini )
  2. Perangkat ( modem ) yang anda gunakan juga harus sudah suport atau mendukung
  3. Kartu sim perdana yang anda gunakan juga harus sudah mendukung
  4. Settingan pada perangkat ( laptop/PC ) tidak ada yang salah

Jika semua point diatas sudah anda miliki,barulah anda bisa berkeinginan mendapatkan koneksi ini.Jika ada point yang belum anda miliki,saya harapkan anda tidak memaksakan diri untuk memilih koneksi ini.

Jika ada alasan tertentu yang menyebabkan anda tidak bisa mendapatkan koneksi internet super sepat ini,ada baiknya anda pakai yang 3G.Karena walaupun masih kalah,tetapi koneksi 3g saya rasa juga sudah cukup memuaskan dan sudah cukup sepat.


Keuntungan menggunakan sebuah modem pada laptop     

Ada beberapa hal yang menjadi alasan seseorang memilih menggunakan perangkat keras ini,antara lain :

  1. Lebih praktis
  2. Bisa digunakan dimana saja ( asalkan ada signal internet )
  3. Bisa diganti-ganti dengan provider lain ( jika menggunakan yang GSM )
  4. Bisa digunakan kapan saja
  5. Tidak perlu pergi ke telkom,cukup dirumah saja sudah bisa internetan
  6. Tidak perlu menggunakan kabel sambungan

Dari beberapa keuntungan dan kelebihan yang didapatkan para penggunanya,ada hal menarik yangsering terjadi ketika seseorang ingin membelinya dan menggantinya dengan yang baru,yaitu : banyak orang yang tidak tahu bagaimana memilih modem 4g yang benar.

Ada beberapa tips dan trik yang bisa anda lakukan ketika akan membelinya,antara lain :


1. Pilih Produk yang Sesuai Dengan Frekuensi Sinyal


Ada banyak sekali jenis modem yang dijual dipasaran,dan hal pertama yang harus anda pilih.Seperti yang saya katakan sebelumnya,yaitu anda harus tau daerah anda itu frekuensi sinyalnya apa.

Jika memang sudah mendukung jaringan 4G LTE,maka silahkan beli yang sudah suport,tetapi jika belum,maka tidak perlu membuang uang untuk membeli yang jenis 4G.Dengan jaringan 3G saja,saya rasa sudah cukup untuk berinternetan.


2. Pilih Yang Memiliki Design Kokoh dan Kuat


Opsi ini saya masukan ke daftar karena banyak sekali kasus,produk yang bagus harus rusak dan hancur karena terjatuh atau tertindih saat duduk.Inilah kenapa sangat penting untuk memiliki produk yang designya kuat dan kokoh.


3. Pilih Yang Tahan Panas


Untuk yang satu ini,memilihnya agak susah karena memang tidak tertulis di spek dan kadang penjual juga kurang mengerti apakah produk tersebut tahan panas atau tidak.Untuk mengakalinya,anda bisa tanyakan ke teman atau orang lain yang berpengalaman,atau mungkin anda bisa menanyakanya di forum media sosial seperti FB atau yang lainya.

Kenapa harus yang tahan panas? karena saya sendiri pernah mengalaminya,ketika menggunakan sebuah produk/merk tertentu,koneksinya sering putus ditengah jalan ketika sudah kepanasan,dan setelah dingin,koneksinya lancar kembali.


4. Pilihlah Yang Memiliki Garansi 


Mungkin tidak semua produk memilikinya,tetapi anda harus memperhitungkan hal ini,kenapa? karena dengan adanya garansi,jika terjadi kerusakan ( tanpa menyalahi peraturan ) anda bisa komplain ke penjualnya.
Banyak sekali produk " tidak layak jual " yang dijual oleh pedagang nakal.Anda harus selalu waspada akan hal  tersebut.


5. Belilah di Tempat Yang Terpercaya


Saya sangat mmenyarankan untuk membelinya di toko atau tempat yang sudah terpercaya.Anda bisa langsung ke gerai pusatnya atau paling tidak carilah toko yang namanya sudah baik dimata para konsumenya.

tanyakan ke orang lain atau media sosial bile perlu.Ini sangat penting untuk menghindari para penjual nakal yang banyak sekali bertebaran dimana-mana.


6. Pilihlah Yang GSM


Ada 2 jenis modem yang dijual dipasaran,yaitu : model CDMA dan GSM.Penjelasanya adalah : jika CDMA,anda tidak bisa leluasa mengganti kartu sim perdanaya,karena itu sudah dirancang khusus untuk hanya terkoneksikan dengan perdana tertentu saja,sedangkan GSM adalah model yang bisa mengganti kartu sim perdana dengan yang lain sesuka hati.

Dengan menggunakan yang GSM,anda bisa dengan mudah menentukan kartu sim perdana yang koneksinya paling cepat di daerah anda.


7. Pilihlah Model Plug anda Play


Maksudnya adalah : ketika produknya dicolokan ke laptop,secara otomatis akan mengisntal DRIVERNYA.Jadi anda tidak perlu lagi repot-repot mencari cd-rom drivernya dan mengisntalnya.

Hal ini biasanya sudah tertulis pada deskripsi produk.Atau jikia tida tertulis,anda harus menanyakanya ke penjualnya langsung.


8. Pilih Yang Suport Sistem Windows Anda


Tahukah anda,jika ada beberapa produk yang di design hanya untuk beberapa sistem OS saja? dengan anda memilihnya sesuai dengan OS yang anda gunakan,anda tidak perlu lagi menginstal windows atau linux supaya bisa terkoneksikan dengan perangkat ini.

Hal ini sudah tertulis di kemasanya,jadi anda jangan sampai salah membelinya.Jika anda menggunakan windows,carilah yang suport windows.Jika anda menggunakan LINUX,carilah yang suport linux.


9. Pilihlah Produk Yang Asli


Jika anda dalah tipe orang yang suka terhadap merk tertentu,saya tekankan untuk memastikan produk tersebut asli dan buka barang KW.Jangan sekali-kali tergiur dengan harga murah,karena barang murah kualitasnya sudah pasti akan dipertanyakan.


10. Pilihlah Yang Baru Jangan Second


Sebenarnya hal ini tidak mutlak,tetapi jika dilihat dari berbagai hal,kondisi yang baru jauh lebih meyakinkan kualitasnya daripada barang bekas.Tetapi jika anda terpaksa membeli yang bekas,saya harapkan untuk melakukan pengecekan sedetail mungkin.


11. Jangan Tertipu Harga


Ini adalah hal sepele tetapi sangat sering dialami oleh para pembeli,dimana ternayata mereka membeli sebuah produk tetapi harganya terlalu mahal dan sangat jauh dengan harga pasaran yang seharusnya.

Anda harus melakukan survey terlebih dahulu peruhal harganya.Ada banyak informasi di internet tentang hal ini.Jangan sampai anda sudah menganggap membeli yang bagus,tetapi ternyata harganya jauh lebih mahal dari yang seharusnya.


TAMBAHAN :


Merk modem 4g terbaik yang bisa jadi bahan pertimbangan anda :

  1. Huawei E3276
  2. Huawei E3372
  3. Huawei E8372
  4. Bolt ZTE MF825A
  5. Bolt Modemm Mifi
  6. Alcatel Y853
  7. ZTE MF831
  8. ZTE MF821
  9. ZTE MF823
  10. Siera 313U
  11. Siera 320U
  12. Advance DT-100


CATATAN :


Memang ada pepatah mengatakan bahwa " harga selalu membawa kualitas " tetapi saya katakan dan tekankan bahwa : harga mahal TIDAK PASTI dan TIDAK SELALU memberiksan kepuasan.


Demikian pembahasan tentang tips untuk memilih modem mifi atau wifi baik yang 4G ataupun 3G dengan kualitas baik dan bagus sebelum anda membelinya.Semoga bisa bermanfaat.Terimakasih telah membaca,see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk 11 Cara Memilih Modem Wifi yang Bagus ( KOMPLIT ).


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar