100 Aplikasi Untuk Laptop Baru atau Setelah Instal Ulang Windows

Banyak sekali aplikasi yang wajib dan harus ada untuk laptop baru beli atau setelah di instal ulang baik di windows 7 8 ataupun 10.Semua software penting yang harus digunakan atau terpasang di PC dalam artikel ini merupakan kumpulan atau yang terpenting saja.

Aplikasi wajib untuk laptop yang baru dibeli atau habis di instal ulang windows sebetulnya ada banyak sekali,bahkan mungkin bisa sampai ratusan jenis.Pemilihan apps yang tepat bisa membantu anda menghemat RAM dan meringankan kinerja komputer anda.


Aplikasi Wajib Diinstal Untuk Laptop Baru atau Setelah Intal Ulang Windows




Daftar aplikasi yang wajib ada dan diinstal di laptop



Bagi pengguna gadget seperti PC,ketika mereka baru saja membeli sebuah komputer atau mungkin baru saja melakukan penginstalan ulang,hal pertama yang akan mereka cari adalah aplikasi/software/perangkat lunak apa yang harus dipasang.

Untuk mereka yang sudah terbiasa dengan hal ini,mungkin tidak akan memakan waktu terlalu lama untuk memikirkan dan memutuskan untuk menginstal apps apa,tetapi bagi para pengguna baru atau pengguna awam,hal ini cukup merepotkan.

Ada beberapa hal yang biasanya menjadi " pertimbangan " mereka para pengguna baru sebelum memilih sebuah apps,antara lain :


  • Jika dipasang,apakah aman bagi lepi atau tidak
  • Akan memakan RAM/memori ataukah tidak
  • Bisa membuat lemot atau tidak
  • Ada virusnya atau tidak
Dan berbagai macam hal lainya yang terkadang membuat mereka sedikit kebingungan.

Jika dituliskan satu persatu,mungin jumlah perangkat lunak yang bisa dipasang di sebuah komputer JUMLAHNYA BISA RATUSAN,tetapi tidak mungkin juga anda harus memasangnya semua.

" Dari ratusan jenis APPS yang ada,saya akan berikan yang paling penting saja.Selain untuk meringankan kerja prosesor PC anda,hal ini juga akan menghemat kuota anda bukan? :) "

1. WINDOWS


Windows adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk mengklasifikasikan dan menjalankan perangkat lunak sesuai dengan jenis dari windos yang digunakan.

Contoh sederhananya seperti ini : pernahkah anda menemui APPS yang tidak bisa berjalan atau tidak kompetible dengan windows yang anda gunakan? tetapi berjalan lancar di windows versi yang lain?

Itu semua memang bukan serta merta karena versi windows anda jelek ya.Ini adalah sebuah program,jadi mau versi berapapun yang anda gunakan,tetap saja ada plus minusnya masing masing.

Sebagai bahan pertimbangan anda,anda bisa menginstal windows dengan versi :
  • Windows 7
  • Windows 8
  • Windows 10


Tidak ada peraturan yang mengharuskan anda mengisntal versi yang mana,ini semua terserah anda sendiri.Tetapi untuk anda yang hanya membutuhkanya untuk sekedar kerja atau hal-hal mendasar lainya,saya sarankan gunakan windows 7 saja,karena lebih ringan.

Tetapi jika anda ingin menggunakanya untuk menjalankan sofware berat seperti " GAME ",saya sarankan untuk menggunakan versi yang terbaru,windows 10 saya rasa sudah cukup,tetapi jika ada yang terbaru,itu lebih bagus.


LIHAT SPEK KOMPUTER ANDA!

Memang anda bebas untuk memilih untuk menginstal windows versi berapapun,tetapi sebelum memutuskanya,silahkan lihat spek dari gadget yang anda gunakan,kenapa?

Akan sia-sia jika anda memasang windows versi terbaru pada komputer dengan spek menengah kebawah,pasalnya,hal tersebut justru bisa menimbulkan masalah seperti PC sering heng/bleng dan sebagainya.

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa : BUKAN BERARTI semakin tinggi versi windows akan semakin baik untuk anda,semua itu tergantung dari spesifikasi PC dan kebutuhan anda saja.Jadi sesuaikan semuanya dengan bijak.


2. Browser


Setelah selesai dengan windowsnya,selanjutnya adalah : BROWSER.

Ini adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi supaya anda bisa menjelajahi dunia internet.Saya rasa perangkat akan terasa sangat kurang jika tidak terdapat software ini.Ada beberapa nama browser yang sudah sangat terkenal yang mungkin bisa anda coba,yaitu :



Itu adalah dua apps yang sudah sangat familiar untuk para pengguna PC,anda bisa memilih salah satunya atau bahkan menggunakan keduanya.


GUNAKAN KEDUANYA!

Saya sangat menyarankan anda untuk memasang keduanya,kenapa? Tahukah anda,jika yang namanya browser itu " terkadang error ".

Untuk mengantisipasi hal ini,ada baiknya anda memasang keduanya,jadi jika salah satu error,anda bisa menggunakan apps browser yang satunya lagi.

Bayangkan jika anda hanya memasang satu dan ternyata terjadi error,mau tidak mau anda harus mencari file mentahnya untuk diinstal.Iya kalau ada yang punya,kalau tidak,mau download pakai apa,yang anda gunakan saja sedang error,iya tak? :)


3. Multimedia


Yang saya maksudkan disini adalah software untuk memutar MP3 dan Video.Ini merupakan perangkat lunak yang selalu saya pergunakan pada perangkat saya.Beberapa yang bisa menjadi pertimbangan anda antra lain :
  • Gom Player ( untuk memutar video )
  • Winamp ( untuk memutar lagu atau MP3 )


Ada banyak sekali jenisnya,terserah anda ingin menggunakan yang mana.Yang jelas harus suport pada windows yang anda gunakan,karena jika tidak suport,softwarenya akan tidak bisa berjalan dengan maksimal.


4. Winrar


Ini adalah sebuah sofware yang berguna untuk membuka atau meng extract sebuah file yang " dibungkus " untuk memperkecil dan memperingkas ukuran dan jumlah filenya.Jika anda sering melakukan aktivitas mendonlod,saya rasa tidak akan asing lagi dengan jenis file yang berextensi " rar atau zip ".

Dengan sofware win rar ini,anda tidak perlu kebingungan lagi untuk membuka sebuah file.


5. Words atau Exel


Untuk anda yang seorang pekerja atau pelajar,ini merupakan sofware yang tidak boleh terlewatkan lagi.Karena tanpa kehadiran perangkat lunak ini,anda tidak bisa melakukan kegiatan tulis menulis dimana itu merupakan hal yang pasti dilakukan oleh para pekerja atau pelajar.

Ada banyak versinya,silahkan anda cari yang paling sesuai dan kompetible dengan perangkat yang anda gunakan saat ini.


6. Shareit atau Bluetooth


Kenapa saya golongkan penting? karena melihat semakin majunya teknologi,sekarang untuk orang yang ingin berbagi file tidak perlu lagi repot-repot mencari kabel data atau flasdisk untuk bertukar file media.

Dengan apps ini,anda hanya perlu melakukan beberapa settingan kecil dan langsung bisa bertukar file dengan orang lain baik yang menggunakan PC ataupun dengan android dan smartphone yang lain.Bahkan dengan langkah menggunakan shareit ini,anda bisa berbagi file sampai dengan ukuran yang sangat besar dan kecepatan yang luar biasa,lebih cepat daripada pendahulunya ( bluetooth ).


7. Internet Download Manager


Software yang familiar disebut IDM ini merupaka sebuah perangkat lunak yang harus dimiliki terutama untuk anda yang hobi dan suka mengunduh berbagai file di internet.Dengan menggunakan bantuan perangkat lunak ini,kegiatan mengunduhnya akan menjadi lebih cepat dan stabil,tentunya dengan melakukan settingan yang benar didalamnya.



Daftar diatas adalah aplikasi yang wajib digunakan dan diinstal untuk anda yang baru saja memiliki laptop baru atau telah melakukan instal ulang windows,dan perangkat lunak itulah yang selalu saya pasang pada perangkat keras yang saya gunakan.


7/06/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 100 Aplikasi Untuk Laptop Baru atau Setelah Instal Ulang Windows.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar