Pakaian atau Seragam untuk Wawancara/Interview Kerja ( Pria dan Wanita )

Pakaian yang digunakan untuk wawancara atau interview kerja yang baik adalah salah satu faktor kunci supaya bisa lolos dan diterima bekerja di sebuah perusahaan tak terkecuali pria dan wanita.Kenapa seperti itu? Karena seragam yang anda pakai mencerminkan kepribadian diri anda dan kepribadian merupakan penilaian utama sebuah interviuw pekerjaan.

Jika anda akan melaksanakan ujian wawancara kerja dan bertanya baju seperti apa yang harus dikenakan saat interview? Pakaian yang benar yag bagaimana? Maka anda selangkah lebih maju daripada mereka yang hanya bermodal " berangkat " saja.


Pakaian Wawancara/Interview Kerja




pakaian yang digunakan saat untuk wawancara atau interview pekerjaan






Wawancara/Interview kerja adalah sebuah proses tanya jawab antara HRD/penyeleksi perusahaan dengan kandidat calon karyawan baru.Tahapan ini merupakan tahap yang " hampir pasti " dijumpai dan harus dilalui untuk seorang pencaker ketika mengikuti seleksi calon karyawan.

Kenapa saya katakan hampir pasti? Karena tidak semua tempat kerja menggunakan tahapan ini untuk proses recruitmentnya.Walaupun hanya satu atau dua tempat kerja,tetap saja masih ada yang tidak menggunakan sistem seperti ini.


Apa sih yang dinilai dari sebuah wawancara/interview pekerjaan?

Dalam proses recruitment calon karyawan baru,interviw digunakan untuk melakukan penilaian pihak perusahaan/PT terhadap calon kandidat karyawan mereka,meliputi :

  • Kerapihan kandidat
  • Kebersihan
  • Kedisiplinan
  • Kepribadian
  • Karekteristik
Kok bisa banyak begitu? Anda jangan salah,seorang HRD memiliki dan memang dituntut untuk bisa " membaca " semua hal itu hanya dari sebuah obrolan singkat saja.Dan kata-kata yang anda ucapkan,bisa mencerminkan semua hal itu ( silahkan baca buku tentang psikologis manusia dasar ).

Hal ini erat kaitanya dengan kriteria sebuah perusahaan yang sudah pasti menginginkan seorang karyawan yang terbaik dari yang baik.Itulah kenapa dalam artikel saya sebelumnya menekankan untuk menjawab pertanyaan dengan sebaik mungkin.


Lalu hubunganya dengan baju yang digunakan apa?

Secara awam,penggunaan baju yang baik akan memberikan kesan pribadi yang sopan.Bahasa singkatnya untuk terlihat lebih sopan dan menghargai HRD.

Tetapi bukan hanya kesopanan yang dinilai,ada banyak hal yang akan bisa dilihat seorang HRD untuk melakukan panilaian hanya dengan melihat pakaian yang anda kenakan saja.Contoh kecilnya kerapihan.

Seseorang yang mengenakan baju dengan rapi,akan terlihat bahwa pribadi tersebut memang pribadi yang menyukai kerapihan.Ini sangat bagus untuk perusahaan,dimana ketika anda melakukan kerja nantinya,HRD akan menilai anda bisa rapi dalam bekerja.


Kalau memang seperti itu,kenapa harus ada tes lain seperti psikotes misalnya?

Tidak semudah itu dalam menentukan atau menilai seseorang.Kalau hanya dari seragamnya saja,bisa saja orang yang kepribadianya buruk berpura-pura terlihat baik dengan mengenakan baju yang baik juga.

Itulah kenapa,tes wawancara atau interview di sebuah perusahaan biasanya DIBARENGI dengan tes psikotest.Tujuanya untuk mendapatkan penilaian yang maksimal atau subjektif.


Untuk pakaian yang bagus dimata HRD itu yang bagaimana?

Ok,setelah anda mengetahui sedikit penjelasan diatas,kali ini saya akan memberikan penjelasan secara lengkap mengenai apa saja yang harus digunakan atau dilakukan khususnya utuk penampilan baik untuk cowok ataupun cewek.

Ikuti instruksi jika memang ada :

Ini sangat jarang saya temui tetapi jika anda menang menemuinya,maka berbahagialah.Mengikuti instruksi yang saya maksudkan adalah anda hanya perlu mengikuti instruksi dari perusahaan yang sudah memberitahukan kepada anda harus menggunakan pakaian seperti apa nanti.

Pernah sekali saya menerima panggilam interviw dimana dalam telepon,HRD sudah memberikan rincian harus menggunakan baju seperti apa,sepatu bagaimana dan semuanya.Jika anda memang mengalaminya juga,tidak perlu membaca sampai bawah,ikuti saja instruksi HRDnya.

Yang menjadi masalah adalah ketika HRD tidak menginstruksikan apa-apa.Saya akan menjelaskanya dari ujung kepala sampai ujung kaki supaya anda bisa jelas dan benar-benar mengerti.


Pakaian Wawancara/Interview Kerja untuk Pria


Pertama yang akan saya bahas adalah khusus untuk anda yang berjenis kelamin laki-laki.Untuk lelaki,biasanya sedikit lebih ribet.Kita mulai saja :


1. Rambut


Untuk potongan rambut,yang paling sering digunakan adalah potongan cepak ( sekitar 1cm ).Saya pernah mengikuti seleksi di perusahaan seperti yamaha dan astra honda motor AHM dan beberapa perusahaan lain ketika saya berada di cikarang dulu.

Dan tahukah anda,hampir dari semua perusahaan tersebut meminta untuk semua kandidatnya memotong rambut mereka hanya tersisa 1cm saja.Jika anda tidak percaya,silahkan tanyakan kepada mereka yang pernah mengalaminya juga.

Saya tidak mengharuskan,hanya menyarankan saja berdasarkan pengalaman pribadi.Jika anda tidak bisa melakukanya dengan suatu alasan,maka potong pendek tetapi rapih adalah jalan keluar satu-satunya.


2. Kumis,jenggot dan Jampang


Kabar buruk untuk anda yang senang memelihara bulu halus nan indah ini.Walaupun lelaki akan terlihat lebih gagah jika memilikinya,tetapi jika berbicara interview pekerjaan,maka anda harus rapikan semuanya,kenapa?

Karena seorang HRD tidak menilai kegagahan tetapi kerapihan dan kebersihan calon karyawan mereka.Saya memang tidak terlalu faham urusan agama atau kepercayaan,tetapi sepengetahuan saya TIDAK ADA larangan untuk mencukur semua bulu tersebut.

Jika anda berat karena alasan " tertentu ",saran saya berkorbanlah sedikit dan sebentar saja.Toh dalam waktu 1 atau 2 bulan,semua bulu yang anda rawat dan besarkan itu akan tumbuh lagi bukan?


3. Baju


Harus dan wajib mengenakan baju berkerah dan berkancing.Sementara untuk panjang lengan,ada opini yang mengatakan bahwa lengan panjang dan pendek sma baiknya.TETAPI saya lebih menyarankan untuk menggunakan yang lengan panjang,kenapa?

Karena dari segi tampilan,penggunaan lengan panjang lebih terlihat formal.Untuk motifnya bagaimana? Kotak-kotak,batik atau motif yang baik yang seperti apa?

Tidak ada keharusan,jadi anda bisa menggunakan yang mana saja.Hanya saja,saya sarankan untuk menggunakan motif yang terlihat formal,simple dan luwes dilihat.Penggunaan motif gambar seperti gambar hewan atau group tertentu saya rasa TIDAK PERLU anda kenakan.

Motif warna polos ( putih polos,biru polos dan lainya ) biasanya yang paling sering digunakan.


4. Dasi dan Jas


Untuk penggunaan dasi,saya rasa masih boleh untuk anda gunakan tetapi harus sesuai dengan warna baju yang anda gunakan ( matching lah istilah gaulnya ).Boleh anda gunakan,boleh juga tidak.

Hanya saja,khusus untuk penggunaan JAS/TUXEDO,saya rasa itu TIDAK PERLU anda kenakan.Soalnya sampai saat ini,saya belum pernah menjumpai ( di indonesia yaa ) seseorang yang melakukan tahapan interviw menggunakan jas.

Jika anda ingin menggunakanya,itu tidak masalah karena tidak ada ketentuan mutlak untuk itu.Saya hanya mengatakan apa yang selama ini saya lihat saja ( mungkin main saya kurang jauh ).


5. Celana dan Sabuk


Sebelum ke celana,saya sedikit " memerintahkan dengan paksa " supaya anda mengenakan sabuk.Selain untuk terlihat lebih rapih,ini untuk berjaga-jaga takutnya celana anda melorot dan ada sebuah ciptaan TUHAN yang ingin menampakan diri ( itu sangat tidak sopan jika HRD sampai lihat lohh ).

Untuk celananya,wajib menggunakan celana panjang ( sekali lagi harus dan wajib celana yang panjang ).Penggunaan bahan kain saya rasa lebih bagus dengan paduan warna hitam.Kalaupun warnanya tidak hitam,mungkin masih bisa digunakan tetapi usahakan yang bahan pembuatanya dari kain yaa,jangan jeans.

Ambil amannya,gunakan warna hitam saja karena ini yang paling umum digunakan.


6. Sepatu dan Kaos Kaki


Penggunaan kaos kaki sudah satu paket dengan sepatu,jadi anda harus selalu kenakan ini.Warna kaos kaki saya rasa tidak terlalu berpengaruh karena ini tertutup oleh celana panjang yang anda kenakan.Tetapi usahakan selalu gunakan yaa.

Sepatunya gunakan yang sepatu formal seperti sepatu pantofel berwarna hitam.Untuk point sepatu ini,saya tidak terlalu mengkhususkan,jadi anda bisa gunakan seadanya,tetapi ingat yaa gunakan sepatu yang sopan dan bersih.

Saya ingat dulu sampai harus meminjam uang orang hanya untuk membeli sepatu untuk wawancara kerjaan dan ketika saya sampai perusahaan,ternyata banyak juga yang menggunakan sepatu sekolah mereka.

Jadi untuk point ini,anda bisa mempertimbangkanya sendiri.Jika anda kebetulan dalam kondisi sedikit bermasalah dalam segi ekonomi,ingat kalimat ini " yang anda beli bisa digunakan untuk jangka waktu panjang,dan pengorbanan tulus selalu diberikan ganti oleh TUHAN ",jangan berkecil hati yaa,semangat!!



Pakaian Untuk Wawancara/Interview Kerja Bagi Wanita


Selanjutnya adalah untuk anda yang perempuan.Untuk perempuan,ada yang menggunakan kerudung dan tidak,tetapi tidak perlu khawatir,karena saya sudah tuliskan khusus untuk anda yang berhijab dalam artikel saya yang lain.

Untuk cewek,biasanya sedikit ada kelonggaran karena seperti yang saya katakan sebelumnya,cewek ada yang menggunakan kerudung ada yang tidak.Berikut penjelasan mengenai pakaan yang harus dibaunakan.


1. Kerudung


Untuk anda yang menggunakan kerudung,gunakanlah kerudung yang simple dan tidak perlu menggunakan kerudung seperti yang digunakan untuk ibu-ibu PKK mau kondangan.Warna polos adalah warna terbaik untuk anda gunakan.

Untuk penggunaanya sendiri ( apakah dimasukan kedalam krah baju atau tidak ) itu saya serahkan kepada diri anda masing-masing karena saya takut salah jika menuliskanya lebih.

Jika anda lebih mantap untuk membiarkanya seperti apa adanya,maka yakinlah untuk itu.Jika anda ingin memasukan kedalam krah baju,maka masukan saja.Itu sudah masuk kedalam ranah " kepercayaan/religi " dan seorang HRD profesional tidak akan meributkan hal tersebut.


2. Rambut


Jika anda tidak menggunakan kerudung,jika anda mau dan bersedia,potonglah pendek seperti para polwan ( jika anda mau ).Jika tidak juga tidak masalah,tetapi ikatlah atau dikucir menggunakan pita.

Jangan biarkan rambut anda terurai begitu saja,karena selain terlihat tidak rapih,itu bisa mengganggu jalanya proses interviw jika ada angin yang berhembus.Ikatlah menggunakan pita serapih mungkin.Saya tau kalau ramut merupakan mahkota wanita,tapi HRD tidak menilai " mahkota hitam terurai " ketika meyeleksi karyawanya.


3. Baju dan Dasi


Penggunaan baju saya rasa tidak terlalu jauh berbeda dengan laki-laki.Anda bisa menggunakan panduan untuk laki-laki diatas.Jika anda ingin menggunakan yan berbeda,usahakan selalu mengutamakan kerapihan dan kebersihan daripada model dan modis.

Untuk dasi,jika anda ingin menggunakanya,maka pilihlah yang cocok untuk cewek,mungkin dasi kupu-kupu akan lebih terlihat i-cathing.Tidak menggunakanya juga tidak apa-apa.


4. Celana atau Rok


Anda bisa menggunakan celana panjang dan boleh juga menggunakan rok.Tetapi keduanya harus yang panjang yaa,paling tidak dibawah lutut anda panjangnya.

Warnanya bisa menggunakan warna umum yaitu hitam.Jika anda ingin menggunakan warna lainya,sesuaikan dengan warna baju yang anda gunakan.Penggunaan bahan kain juga lebih bagus daripada penggunaan bahan jeans.


5. Sepatu dan Kaos Kaki


Saya sering sekali melihat perempuan yang menggunakan sepatu tanpa menggunakan kaos kaki.Mungkin sepintas terlihat wajar jika yang menggunakanya cewek,karena cewek memang banyak model sepatu.

Khusus jika anda ingin melamar pekerjaan,gunakan sepatu formal dan gunakan kaos kaki.Tidak perlu mementingkan modis karena pekerjaan jauh lebih penting dari itu dan sekali lai saya tekankan bahwa HRD tidak menilai modis anda tetapi kerapihan anda.

Jika anda sedikit kesulitan dalam segi ekonomi,silahkan baca kalimat yang saya beri warna merah diatas.


KESIMPULAN

Penggunaan pakaian ketika melaksanakan proses wawancara/interview pekerjaan adalah sangat penting untuk diperhatikan,karena banyak penilaian didalamnya.Saya harapkan anda lebih mempersiapkan diri lagi setelah membaca artikel saya ini.


BACA :





Demikian pembahasan tentang pakaian seperti apa yang baik untuk dipakai ketika proses wawancara/interview kerja berlangsung.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

2/15/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Pakaian atau Seragam untuk Wawancara/Interview Kerja ( Pria dan Wanita ).

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar