Berapa Lama Hasil Medical Check Up MCU Keluar

Saya akan menceritakan pengalaman pribadi tentang berapa lama waktu hasil medical check up MCU keluar.Berdasarkan apa yang saya alami sendiri,hasil pemeriksaan kesehatan keluar itu bervariasi alias tidak menentu.


Berapa lama hasil MCU atau medical check up keluar ada yang cepat ada pula yang lama bahkan terbilang sangat lama.Saya akan berbagi cerita ketika saya menjalani berbagai tes kesehatan saat menjalani proses seleksi pekerjaan di berberapa perusahaan.



Lama Waktu Hasil MCU Keluar





Medical check up atau lebih dikenal dengan istilah MCU adalah proses pemeriksaan kesehatan pada seseorang dengan melakkan serangkaian pengecekan di beberapa bagian atau organ tubuh orang tersebut.

Proses seperti ini biasanya dilakukan ketika proses seleksi calon karyawan setelah tahapan psikotes dan wawancara atau interview.

Kebetulan dulu saya pernah sampai berkali-kali mengikuti proses seperti ini,mungkin total ada lebih dari 10 kali di 10 perusahaan yang berbeda.Karena pengalaman saya merantau dulu pernah sampai bekerja di 7 perusahaan ( sisanya gagal seleksi kesehatanya ).

Untuk artikel kali ini,saya akan menjelaskan perihal " BERAPA LAMA " sebuah hasil MCU keluar,karena untuk penjelasan lainya sudah saya jelaskan di artikel saya sebelumnya.

Ok,lansgung saja yaaa.



Berapa Hari Hasil MCU Keluar?




Berapa lama hasil medical check up keluar





Kalau bicara tenatng lama waktunya,sepengalaman saya itu bervariasi.Macam-macam,ada yang cepat ada juga yang lama.

Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut,saya akan ceritakan pengalaman saya kepada anda semua.

Saya mulai dari yang paling cepat sampai yang paling lama :


1. Sehari ( hari itu juga )


Untuk yang paling cepat itu satu hari.Pengalaman ini saya temui ketika melakukan proses seleksi di salah satu pabrik pengelasan di daerah jawa barat dulu.

Kala itu saya dan peserta lain dijadwalkan untuk mengikuti tahapan ini jam 9 pagi.Berhubung perserta yang lolos hanya sekitar 5 orang,jadi prosesnya sedikit cepat.

Walaupun saya katakan cepat,saya dan peserta lain harus rela menunggu sampai jam 5 sore hanya untuk mengetahui hasil dari MCU yang kami lakukan.Itupun hasilnya dibungkus pakai amplop yang di segel pihak rumah sakit.

Waktu itu saya gagal,tanpa mengetahui kenapa saya gagal.

Sudah nunggu dari pagi,mau ditinggal makan takut kelewatan,nahan lapar seharian ehhh taunya saya dinyatakan gagal.tapi tak apa,itu saya anggap dari sebuah perjalanan hidup saja.



2. Tiga sampai satu minggu


Ini merupakan waktu yang paling sering terjadi khususnya ketika anda melamar sebuah pekerjaan.Mungkin karena biasanya pesertanya banyak jadi agak sedikit lama.

Ketika saya mengikuti seleksi di perusahaan pembuatan selang AC hampir sekitar 4 hari baru keluar pengumumanya.

Seperti biasanya,proses pagi sampai sore kemudian disuruh pulang untuk menunggu pengumuman via telpon.Alhmdulilah saya lolos.Tapi tetap saja saya tidak tau kenapa bisa lolos.

Dalam fikiran saya hanya " ohh berarti saya sehat " hanya begitu saja.Toh yang penting sudah diterima kerja.



3. Satu bulan ( berbulan-bulan )


Untuk pengalaman yang ini saya alami ketika seleksi CPNS dulu.Waktu pengumumanya sampai 1 bulan lohhh ( saya gagal ).

Sedangkan yang sampai berbulan-bulan itu ketika saya daftar di kerjaan di korea selatan ( saya gagal juga ).

Saya sendiri juga tidak tau kenapa bisa sampai begitu lama,mungkin karena pesertanya sampai ribuan kali yaaa.



Kenapa pengumumanya ada yang cepat ada yang lama,apa sebabnya?

Saya pernah ngobrol dengan seorang petugas rumah sakit dan menanyakan hal ini.Saya mendapatkan jawaban seperti ini :

" Kalau proses medical chekp up atau MCU itu tergantung banyak hal mas,jumlah peserta,alat/mesin yang digunakan,petugas rumah sakit yang menangani,jadi tidak bisa dipastikan kapan akan selesai.Tapi kalau semuanya lancar dan hanya sedikit orang,satu hari juga sudah selesai ".

Dari jawaban tersebut mungkin anda sudah bisa mengambil kesimpulan kenapa bisa terjadi pengumuman yang cepat keluarnya ada juga yang lama.



Kalau ingin yang satu hari selesai,caranya bagaimana?

Jika anda menginginkan yang 1 hari selesai,itu memang BISA dilakukan.Tetapi mau tidak mau anda harus MEMILIH TEMPAT MCU.

Anda bisa tanyakan dulu ke petugas kesehatan yang bertugas,kemungkinan akan berapa lama hasilnya.

tetapi menurut penuturan petugas yang saya tanyai diatas,jawaban mereka biasanya " tidak bisa dipastikan ".

Itulah kenapa saya katakan anda mau tidak mau harus memilih dan bertanya dari satu rumah sakit ke rumah sakit yang lain dan jika beruntung anda bisa mendapatkan tempat tes kesehatan yang hasilnya langsung keluar hari itu juga.



Apakah pengaruh ke biaya jika memilih yang hasilnya cepat keluar?

Jujur saja saya belum pernah mencoba hal itu.Mungkin akan berpengaruh.Tapi jika anda merupakan orang yang " banyak uang " hal seperti itu saya rasa mudah saja untuk dilakukan :).


BACA :





Demikian penjelasan tentang berapa lama hasil medical check up atau MCU keluar berdasarkan pengalaman pribadi saya.Semoga membantu,see uu.

1/09/2021 - tanpa komentar

0 komentar untuk Berapa Lama Hasil Medical Check Up MCU Keluar.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar