Medical Check Up Calon Karyawan Apa Saja?

Medical check up atau tes kesehatan erat kaitanya dengan calon karyawan yang biasanya melakukanya untuk persyaratan masuk kerja atau suarat menjadi kariyaman tetap.Untuk biaya dan apa saja bagian tubuh yang diperiksa berbeda sesuai dengan kebijakan dari perusahaan terkait.

Tes medical check up sendiri terbagi menjadi 2 yaitu pemeriksaan kesehatan lengkap dan yang biasa tentunya dengan prosedur dan harga atau biaya yang berbeda pula.Saya akan menjelaskan apa saja tes kesehatan untuk calon karyawan baru lengkap dengan bagian tubuh yang diperiksa dan besar biayanya untuk anda.



Penjelasan Lengkap Tes Medical Check Up atau Test Kesehatan Karyawan




penjelasan tentang medical check up atau tes kesehatan bagi calon karyawan baru



Test medical adalah suatu tindakan pemeriksaan kondisi kesehatan ( di tempat yang memang berkompeten dibadangnya ) tubuh baik untuk persyaratan suatu hal ataupun karena kesadaran diri sendiri pada kondisi tubuh.


Fungsi Cek Kesehatan


Pengecekan kesehatan berfungsi untuk mengetahui kondisi seluruh anggota tubuh dari seseorang.Dengan melakukan hal ini,keadaan dari seseorang akan bisa diketahui apakah orang tersebut sehat atau sakit khususnya untuk anggota badan yang tidak terlihat oleh mata.

Hal ini sangat ppenting untuk dilakukan,karena banyak orang dengan kondisi fisik yang terlihat bugar,tetapi kenyataanya organ bagian dalam ada yang bermasalah.


Kapan dan Kenapa Orang Melakukan Pengecekan Kesehatan?


Ada beberapa faktor penyebab yang bisa membuat seseorang memutuskan untuk melakukan hal tersebut,diantaranya :
  • Saat seseorang hanya ingin tahu saja kondisi badanya
  • Untuk persyaratan masuk kerja
  • Untuk persyaratan menikah
  • Untuk persyaratan pergi ke luar negeri
  • Sebagai kegiatan rutin atau tuntutan pekerjaan


Dari berbagai hal tersebut,mungkin hal yang paling banyak terjadi adalah sebagai syarat dalam melamar pekerjaan.Biasanya pengecekan ini dilakukan pada proses tahapan seleksi yang terakhir,walaupun tidak semuanya begitu.

Dimana Tempat Untuk Melakukan Pengecekan Kesehatan?


Jika anda ingin melakukan cek kondisi badan anda,ada beberapa tempat yang bisa anda datangi,antara lain :
  • Rumah Sakit ( anda bisa bebas pilih yang mana,karena semua rumah sakit bisa )
  • Puskesmas
  • Klinik
  • Dokter praktek
  • Bidan Praktek


Dari semua tempat diatas,paling saya sarankan adalah menggunakan Rumah Sakit.Selain mungkin alatnya lengkap,surat yang dikeluarkan akan lebih memiliki bobot yang bagus terutama jika digunakan untuk melamar kerja.

Tetapi biasanya,pihak perusahaan atau instansi yang anda lamar sudah menunjuk tempat pemeriksaan tertentu untuk proses pengecekanya.Anda hanya perlu mengikutinya saja.


Berapa Lama Hasil Medical Check Up Calon Karaywan?


Lamanya pengumuman hasil tes kesehatan berbeda-beda antara satu tempat pengecekan dengan tempat yang lainya,ada yang cepat ada pula yang lama.Semua itu tergantung dari kinerja masing-masing petugasnya dan prosedur atau tahapan yang berlaku di tempat tersebut.

Untuk yang laing cepat biasanya dalam waktu 1 atau 2 hari sudah keluar hasilnya,tetapi ada yang sampai berminggu-minggu baru dikeluarkan.Seperti yang saya katakan sebalumnya,itu semua tergantung dari faktor intern tempat anda melakukan pengecekan kesehatanya.


Apa Saja Yang Diperiksa Selama Medical Check Up/Tes Kesehatanya?


Untuk anda yang sudah beberapa kali dan sudah berpengalaman mungkin hal ini tidaklah sulit dan membingungkan.Tetapi untuk anda yang belum pernah melakukan ini,ada beberapa bagian tubuh yang diperiksa antara lain :
  • Tekanan darah
  • Mata
  • Telinga
  • Mulut
  • Kemal*an
  • Anu$
  • Darah
  • Air Kencin*
  • Tinj*
  • Paru-Paru ( menggunakan alat sinar X )
  • Jantung


Sampai saat ini,itulah bagian-bagian yang saya tahu.Jika ada bagian lain yang terlewatkan,silahkan tuliskan di komentar untuk bahan informasi orang lain yang membaca artikel ini.


Cara pengecekan Tes Kesehatan bagaimana?


Cara mengecek bagian tubuh saat melakukan medical biasanya menggunakan alat.Akan saya jelaskan sedikit untuk anda :

  • Mata


Pengecekan bagian penglihatan ada 3 langkah,yaitu :

- Pemeriksaan manual ( dilihat apakah menggunakan kontak lensa atau tidak,apakah ada luka atau tidak,apakah ada kelainan genetik atau tidak ).

- Menggunakan alat ( ada alat khusus yang diletakan di mata,beebentuk hampir mirip kacamata dengan memiliki beberapa lapisan kaca diluarnya ).Dokter akan mencoba kaca satu persatu dan melihat reaksi mata anda terhadap masing-masing lapisan kaca yang ada.

- Menggunakan huruf dan warna ( akan ada deretan huruf berukuran kecil dengan jarak kurang lebih 5 meter dan anda dipersilahkan membacanya,kemudian ada beberapa lembar kertas berisi " warna kombinasi " dimana didalam warna tersebut terdapat angka yang harus anda tebak sesuai apa yang anda lihat.

  • Tekanan Darah


Ini menggunakan alat bernama tensimeter.Saya yakin anda pasti sudah faham dan tahu bagaimana bentuk alat ini.

  • Telinga


Pengecekanya ada 2 macam,yaitu :

- Menggunakan alat seperti head phone,jadi anda akan diperintahkan mendenganrkan nada bunyi " beep ".Jika anda mendengarnya,ana harus menekan tombol yang sudah disediakan ditangan.Begitu anda dengar,tekan tombolnya saat itu juga.Semakin lama,suara " beep "nya semakin lemah,disinilah pendengaran anda diuji.Semakin anda bisa mendengar suara yang laing lemah,berarti pendengaran anda bagus.Tetapi jika suara masih keras tetapi anda sudah tidak bisa mendengar,berarti ada yang salah dengan telinga anda.

- Menggunakan alat seperti termometer dengan ujungnya dimasukan kedalam telinga.Tidak terasa sakit dan hanya geli-geli saja.Itupun hanya beberapa detik saja,tidak sampai 1 menit.Saya sendiri tidak tahu itu untuk mengecek apa,yang jelas ya seperti itu caranya.

  • Mulut


Ini hanya menggunakan penglihatan manual dokter saja menggunakan bantuan senter.

  • Kemal*an


Bagian sensitif ini diperiksa menggunakan cara manual juga.Pada bagian " bola " ( jika anda laki-laki ) hanya diangkat sedikit menggunakan telapak tangan dokter ( hanya sedikit )  paling hanya diangkat 5 sentimeter.Menurut dokter yang pernah saya tanyai,hal ini dilakukan untuk melihat apakah anda memiliki riwayat " turun be r0 " atau tidak.

Jika anda wanita ( menurut pengalaman teman saya ) bagian sensitifnya seperti " dibuka " sedikit.Saya tidak mengerti jelasnya bagaimana,tetapi kata beliau hanya seperti itu ( dibuka sedikit dan hanya dilihat saja ) tentunya yang memeriksa genre nya sama yaa,laki-laki ya dengan dokter laki-laki begitupun sebaliknya.

  • Anu$

Menggunakan alat dengan ujung yang sedikit dimasukan kedalam.Ini berfungsi untuk melihat apakah anda am beyeien atau tidak dan melihat fungsi ginjal.Ini yang dikatakan dokternya,saya sendiri hanya mengikuti saja.

  • Darah


Darah anda diambil sedikit menggunakan jarum suntik dan disimpan untuk dilakukan pengetesan.

  • Air Kencin*


Anda hanya perlu mengisi setengah botol kecil yang diberikan kemudian akan dilakukan pengetesan.

  • Tinj*


Hampir sama dengan diatas,anda hanya perlu mengisikanya kedalam tempat kecil seperti bungkus kosmetik dan akan dilakukan pengetesan.

  • Paru-Paru


Pengecekanya ada 2 macam,yaitu :

- Menggunakan alat seperti peralon dimana anda diperssilahkan untuk meniupkan udara sekencang-kencangnya dalam satu waktu.Hal ini diulang hingga 2 atau 3 kali.Seperti orang meniup lilin ultah saja,tetapi harus dengan kekuatan penuh dan sekencang mungkin.Karena makin kencang akan makin bagus.

- Menggunakan alat sinar X dimana anda akan dipersilahkan melepas baju bagian atas saja dan menempelkan dada pada sebuah papan berdiri.Kemudian anda dipersilahkan untuk menghirup nafas sekuat mungkin dan tahan.Saat itulah anda akan " difoto " menggunakan alatnya.

  • Jantung


Pengalaman ini saya dapatkan dari kerabat saya,untuk cara pengecekanya ada banyak menurut beliau,tetapi yang beliau gunakan ada 2,yaitu :

- Seperti orang sedang olahraga treadmill ( alat bantu berlari yang ada di pusat kebugaran ) tetapi dengan ditempeli semacam kabel di bagian dada.Jadi ya dengan kabel-kabel yang menempel,anda dipersilahkan jalan cepat bahkan berlari kurang lebih 5 menit.

- Dengan menggunakan alat seperti kabel yang hampir sama dengan proses diatas,kemudian anda hanya berbaring saja selama beberapa waktu ( sedikit lama ).hanya seperti itu saja.


Cara Agar Lulus Tes Kesehatan/Medical


Jika anda melakukan pengecekan karena untuk persyaratan melamar pekerjaan,saya ada sedikit tipsnya.Supaya anda tidak gagal dalam menjalani proses tersebut,saya ada sedikit tips dan triknya untuk anda.Tetapi langkah ini tidak akan membuat anda 100% lolos,ini hanya sekedar berbagi saja,siapa tahu dengan penagalaman saya ini,anda bisa sedikit lebih siap dalam melakukan proses ini.

Beberapa tips dari saya antara lain :

  1. Menjelang hari H,jangan begadang ( tidur sampai larut malam )
  2. Perbanyak air putih ( kalau bisa hangat,tetapi dinginpun tidak masalah )
  3. Jangan tidur diatas lantai tanpa alas
  4. Jangan gunakan kipas angin atau AC langsung mengarah ke badan
  5. Lakukan olahraga ringan rutin beberapa hari sebelum hari H supaya badan FIT
  6. Istirahat cukup ( 6 sampai 8 jam sehari )
  7. Makan makanan sehat
  8. Jangan merokok
  9. Jangan minum alkohol
  10. Jangan gunakan obat-obatan ter-larang


Mungkin itu secara umumnya saja,tapi ada sedikit trik yang bisa anda lakukan selain itu,khususnya pada saat hari H,yaitu :

  1. Pada saat pengecekan mata ( jika menggunakan huruf kalau tidak salah namanya snellen chart manual ) jangan tutup sebelah mata anda.Lohh mas,kan memang disuruh tutup satu mata dengan tangan? iya benar,maksud saya saat menutupnya,jangan ditekan alias asal nempel saja.Kalau anda tekan apalagi kencang,saat dibuka nanti,mata anda akan ngeblurr.
  2. Saat pengecekan paru-paru ( jika menggunakan sinar X ) ketika anda menempelkan dada anda di papan,jangan tarik nafas.Lohh mas,kan disuruh tarik nafas yang dalam? iya,tapi anda tidak perlu melakukanya,anda cukup pura-pura seperti sedang menarik nafas saja,tetapi aslinya anda tidak melakukanya,kenapa? karena jika anda menarik nafas apalagi sampai sedalam-dalamnya,jika diparu-paru anda ada luka atau lubang,akan terlihat jelas nantinya.
  3. Saat pengecekan air kencin*,yang anda masukan kedalam botol adalah air yang keluar ditengah-tengah.Jadi saat anda baru mengeluarkanya,JANGAN dimasukan,tapi tunggu dulu beberapa saat,baru anda masukan kedalam botol.Jadi jika di ibaratkan anda kencin* selama 1 menit,ambilah air yang keluar pada detik ke 30,jangan baru keluar sudah anda masukan botol  yaa.
  4. Untuk yang perokok,anda bisa melakukan beberapa treadment seperti minum soda susu,makan kecap atau apapun.Tetapi saya AGAK RAGU untuk hal ini,karena memang tidak ada bukti ilmiahnya.Yaa anggap saja ini bentuk dari usaha,jika memang tidak berhasil,paling tidak anda sudah melakukan sesuatu,dari pada diam dan pasrah saja,hehe.



Penyebab Medical Check up Tidak Lolos


Penyebab gagal tes kesehatan itu ada banyak khususnya berkaitan dengan kondisi badan anda yang tidak sesuai dengan kriteria atau ada suatu masalah.Beberapa hal yang menggagalkan tes medical check up antara lain :
  • Menderita sakit menular BERBAHAYA seperti H*V dan sebagainya
  • Menderita sakit serius BERBAHAYA contohnya jantung,kanker dan sebagainya
  • Buta warna
Sampai saat ini,itu adalah YANG PALING menyebabkan kegagalan ketika tes keshatan.Jika anda menderita salah satu dari penyakit diatas,saya sarankan untuk mengobatinya terlebih dahulu sampai benar-benar sehat.

Selain itu ada " faktor lain " yang bisa membuat tidak lulus,tetapi biasanya ini merupakan kebijakan masing-masing perusahaan.Dalam artian,tidak semua perusahaan menjadikan hal ini sebagai kriteria,ada yang pengaruh ada yang tidak.

Adapun faktor lain yang terkadang menjadi point yang dijadikan kriteria dan kadang menjadi sebab pelamar tak lolos antara lain :
  • Mata minus atau plus
  • Tinggi badan terlalu pendek 
  • Bentuk kaki ( later O atau leter X )
  • Cac*t fisik
  • Tensi darah terlampau tinggi ( bahkan hanya selisih sedikit saja ada perusahaan yang tidak mau menerima )
Untuk faktor lain diatas,tidak semua perusahaan menggunakanya.Jika tempat kerjaan anda menggunakan kriteria atau point yang terlampau ribet,itu semua menjadi hak anda sepenuhnya untuk tetap lanjut atau tidak.



Biaya Medical Check Up Calon Karyawan?


Untuk berapa biaya yang harus dikeluarkan atau dibayar saat melakukan medicalnya adalah relatif.Kenapa saya katakan demikian? karena beda tempat biasanya akan beda lagi biayanya.Beda jenisnya juga akan beda lagi uang yang harus dibayarkan.

Sebagai contohnya,jika anda melakukan pengecekan ini dengan jenis yang standar ( tekanan darah,mata,darah dan uri*e saja ) biayanya hanya sekitar 60 ribu sampai 100 ribu saja.Tetapi jika pengecekanya full apalagi sampai menggunakan alat pengukuran jantung,mungkin 2 atau 3 kali lipatnya dari itu.

Kalau diambil lega nya,mungkin uang 500 rigu sampai 1 juta anda sudah bisa melakukan pengecekan kesehatan anda.Sekali lagi saya katakan : beda tempat dan beda jenis pemeriksaan,biayanya akan berbeda pula.


Diatas adalah penjelasan untuk tes medical chek up dan cara supaya bisa lulus berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa informasi dari kerabat dekat saya.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk Medical Check Up Calon Karyawan Apa Saja?.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar