Biaya Medical Check Up Melamar Pekerjaan

Penjelasan kali ini adalah mengenai berapa biaya medical check up MCU untuk persyaratan melamar pekerjaan ataupun untuk karyawan sebuah perusahaan.Pemeriksaan kesehatan memang sudah menjadi prosedur PT/pabrik ketika proses seleksi calon karyawan ataupun untuk proses perpanjangan kontrak kerja.


Berapa biaya medical check up khususnya bagi calon karyawan ketika melakukan proses seleksi? Mahal atau murah? atau malah gratis tidak membayar? Saya akan menjelaskanya untuk anda dalam artikel kali ini.



Biaya Medical Check Up Untuk Melamar Pekerjaan





biaya medical check up melemar pekerjaan





Medical check up atau MCU adalah sebuah proses dimana seseorang mengecek kesehatan badan mereka meliputi hampir keseluruhan anggota badan.Biasanya pengecekan semacam ini sering sekali dilakukan untuk persyaratan melamar pekerjaan ataupun perpanjangan kontrak kerja.

Tetapi selain itu,proses pemeriksaan kesehatan juga dilakukan untuk tujuan lain,salah satunya hanya untuk sekedar mengetahui kondisi fisik seseorang apakah fit atau tidak.

Bayar sendiri atau dibayarkan perusahaan?

Itu mengikuti kebijakan perusahaan saja,terkadang bayar sendiri terkadang ya ditanggung oleh mereka.Tergantung hoki anda saja bagimana :)



Bagian tubuh mana saja yang diperiksa?

Secara umum,bagian tubuh yang diperiksa itu meliputi :
  • Mata
  • Mulut
  • Tekanan darah
  • Telinga
  • Darah
  • Urine
  • Tinja
  • Jantung
  • Paru-paru
  • Bagian vital

Hampir semua perusahaan melakukan pemeriksaan pada bagian tubuh diatas,tetapi tidak selalu " semuanya " diperiksa.Hanya beberapa bagian saja.



Beda perusahaan beda juga bagian tubuh yang diperiksa

Terkait dengan bagian tubuh mana saja yang diperiksa,biasanya itu mengikuti permintaan dari perusahaan yang bersangkutan.

Untuk bisa tau sebelum proses berlangsung,anda bisa menanyakan kepada alumni perusahaan yang pernah melakukanya sebelum anda,karena sekali lagi : Bagian tubuh yang diperiksa itu mengikuti permintaan perusahaan.

Secara umum atau standartnya biasanya tidak terlalu lengkap,hanya beberapa bagian saja.



Beda profesi yang dilamar mempengaruhi bagian badan yang diperiksa

Selain kebijakan perusahaan yang beda satu sama lain,profesi yang anda lamar juga mempengaruhi bagian tubuh yang diperiksa.

Jika anda melamar sebagai pekerja pabrik/PT biasanya pemeriksaanya standart saja.tetapi akan berbeda jika anda melemar sebagai anggota TNI polri atau ingin melamar kerja di luar negri,pemeriksaanya biasanya akan sangat lengkap.



Banyak sedikitnya bagian tubuh yang diperiksa,mempengaruhi besar biaya

Selanjutnya,untuk pemeriksaan standart,dimana bagian tubuh yang diperiksa relatif sedikit,uang yang harus anda keluarkan juga tidak akan terlalu besar.

Tetapi jika pemeriksaanya lengkap dan menyeluruh,biasanya akan sedikit lebih mahal dari yang umum.

Saya rasa wajar saja,karena semakin banyak bagian tubuh yang anda periksa,secara otomatis rumah sakit atau klinik juga akan menggunakan banyak alat.Dan alat-alat tersebut juga butuh uang untuk operasionalnya.



Beda rumah sakit beda tarif

Saya sendiri kurang tau kenapa bisa seperti ini.Nyatanya,semakin besar sebuah rumah sakit,biasanya biayanya juga akan sedikit lebih mahal ( tetapi tidak selalu ).

Untuk point ini,bisa anda sesuaikan saja dengan budget uang yang anda miliki atau mengikuti instruksi dari perusahaan yang anda lamar.



Berapa Biaya Medical Check Up MCU Untuk Proses Seleksi Pekerjaan?




Setelah anda mengetahui point point pentingnya,selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pokok pembahasan kita kali ini.

Mengenai besaran biaya MCU atau medical check up terbagi menjadi beberapa jenis,yaitu :


1. Pemeriksaan standar ( 70.000 sampai 150.000 )


Untuk pemeriksaan standart biasanya dilakukan untuk proses seleksi calon pekerja pabrik/PT.Besarnya sekitar 70.000 sampai kisaran 150.000.

Ini memang sedikit murah karena pemeriksaanya TIDAK TERLALU lengkap atau menyeluruh.Tetapi walaupun seperti itu,ini sudah cukup untuk menentukan tingkatan kesehatan dari seseorang.

Pilihan ini bisa anda pilih juga untuk pemeriksaan mandiri ketika anda ingin mengecek kesehatan tubuh anda.



2. Pemeriksaan khusus ( 150.000 sampai 250.000 )


Ini biasanya digunakan ketika ada permintaan khusus dari pasien atau perusahaan.Bagian tubuh yang diperiksa juga sedikit lebih banyak.

Kisaran harganya sekitar 150.000 sampai 250.000.



3. Pemeriksaan menyeluruh ( diatas 250.000 )


Point ini dilakukan ketika seseorang melamar pekerjaan diluar negri atau jabatan kenegaraan seperti TNI dan sejenisnya.

Untuk pemeriksaan ini,biasanya bagian tubuh yang diperiksa sangat lengkap,bahkan sampai ke " tinja " seseorang akan diperiksa.Alat yang digunakan juga terlihat canggih dan modern.

Tidak ayal kalau bentuk pemeriksaan seperti ini biayanya sedikit mahal.

Tetapi walaupun mahal,hasil yang diperoleh akan sangat akurat untuk menentukan kesehatan seseorang.

Kalau sudah menggunakan tahapan ini,jangankan peminum minuman keras,bekas sakit masa anda kecil saja bisa terlihat nanti.



CATATAN PENTING!!

Besaran biaya tidak selalu seperti yang saya tulis.Itu semua menjadi kewenangan pihak rumah sakit.Ini hanya sekedar untuk gambaran anda saja.


BACA




Demikian pembahasan tentang berapa biaya medical check up khususnya untuk proses melamar pekerjaan atau perpanjangan kontrak kerja.Semoga membantu,see uu.

1/07/2021 - tanpa komentar

0 komentar untuk Biaya Medical Check Up Melamar Pekerjaan.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar