Mengubah Bootloader Unlock Allowed No to Yess

Cara mengubah status bootloader unlock allowed No menjadi Yess di hp android masih menjadi perdebatan sampai sekarang.Karena bukan hanya berpatokan chipset mediatek atau snapdragon saja bahkan hampir semua merk ponsel mengalami masalah ini.


Mengubah status boatloader unlock status No ke Yess berlaku untuk hampir semua merk hp android seperti sony experia,xiaomi,oppo,vivo,asus,lenovo,infinix bahkan nokia.Tapi banyak hal yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan langkah tersebut.



Status Unlock Bootloader Allowed No menjadi Yess



cara mengubah bootloader unlock allowed no menjadi yess





Bootloader itu apa sih?

Ini adalah sebuah sistem/software yang berisi data-data pengoperasionalan sebuah ponsel biasanya yang berbasis hp android.


Dengan adanya sistem ini,sebuah ponsel bisa berjalan sesuai dengan apa yang di program oleh pembuatnya.Dalam hal ini biasanya berhubungan dengan pengoperasionalan sebuah aplikasi.



Kenapa ada yang statusnya NO ada yang YESS?

Sebuah pabrikan ponsel memang tidak memberikan perintah sistem yang sama dalam setiap produk yang mereka produksi.Khususnya untuk boatloader ini.


Ada pabrikan yang memberikan command NO dan ada pula yang memberikan keleluasaan dengan memberikan command YESS.


Jadi itu karena : Pabrikan ponsel tersebut yang memberikan program seperti itu.



Tujuanya apa? Ada yang NO ada yang YESS?


Ini mungkin pertanyaan yang paling anda tanyakan berkaitan dengan status boatloader.Kenapa harus berbeda dan tidak disamakan saja?


Untuk kenapa tidak disamakan,itu hanya pabrikan yang tau,tetapi tujuan diberikanya perintah sistem KHUSUSNYA NO ALLOWED itu karena pabrikan menginginkan sistem software yang ada didalamnya tidak " DIRUSAK ".



Maksudnya dirusak apa?


Tahukah anda jika command diberikan itu YESS,maka si user atau pengguna bisa membuka kunci boatloader dengan sesuka hati tetapi kalau NO itu tidak bisa?


Sementara,HAMPIR SEMUA user atau pengguna yang ponselnya diberikan hak khusus " statusnya OK/YES/DIPERBOLEHKAN " biasanya akan melakukan ROOT ANDROID.


Simplenya,pabrikan yang sistemnya terprogram NO itu tidak mengizinkan user untuk otak-atik sistem terutama ROOTING ponsel mereka.



Memang kenapa kalau di ROOT?

ROOTING adalah sebuah tindakan untuk memaksa sebuah sistem menjalankan sebuah aplikasi atau program tertentu.


Walaupun tidak semua,banyak user yang menggunakan kesempatan ini untuk menjalankan program yang bisa disebut " ilegal " seperti mengubah IMEI atau sejenisnya.


Selain itu,proses root akan membuat sebuah ponsel kehilangan program bawaan mereka.Inilah alasan dasar kenapa pabrikan ada yang memberikan command NO pada boatloader mereka.



Apa bisa mengubah status bootloader unlock no menjadi yess?



Ok,kalau N-O berarti tidak bisa di root,tinggal ubah saja jadi Y-E-S-S selesai kan?


Teorinya memang seperti itu,tetapi pada kenyataanya tidak semudah itu.Karena mengubah perizinan boatloader hampir tidak bisa dilakukan.


Saya sendiri sudah mencobanya di beberapa device khususnya sony experia yang biasanya ber chipset snapdragon dan sampai hari ini tidak menemukan cara yang terbukti berhasil.Saya sudah melakukan berbagai langkah seperti :
  • Menggunakan kode unlock dari developer
  • Menggunakan metode adb 
  • menggunakan website atau situs pembuka boatloader
  • Bahkan saya sampai membuat postingan yang akan memberikan imbalan jika ada yang bisa

Satu-satunya langkah yang belum saya lakukan adalah : Mendatangi OFFICIAL DEVELOPMENT atau kantor pusat pabrikan merk untuk meminta mereka melakukan itu.


Mungkin jika anda mengalami masalah serupa dengan saya,anda bisa mencoba langkah tersebut.


Apakah kalau setatusnya N-O sudah bsia dipastikan TIDAK BISA ROOTING ponsel?

Secara garis besar YA,hal itu tidak bisa dilakukan.

Tetapi anda masih bisa melakukan beberapa tips yaitu : Silahkan cari aplikasi tujuan anda yang bisa di jalankan tanpa harus ROOT ponsel anda.Biasanya aplikasi semacam ini hanya ada di website/google,kalau beruntung anda bisa mendapatkan itu di playstore.


KESIMPULAN :


Jika setatusnya N-O,maka TIDAK BISA DIGANTI MENJADI Y-E-S-S!! SELESAI.


Atau jika anda bisa melakukanya,anda bisa mengirimkan email ke saya,mungkin kita bisa melakukan kerjasama bisnis untuk hal tersebut.


Demikian penjelasan mengenai bootloader allowed NO atau YESS yang perlu anda ketahui.Semoga bisa membantu,see uu.
7 komentar

7 komentar untuk Mengubah Bootloader Unlock Allowed No to Yess.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar

.
no coment

masa sih om?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

iya mas,sony Z5 saya statusnya botloder NO..sudah saya coba berbagai cara tetap nihil.Kalau Z4 ku status bot nya yess,sudah bisa di unlock.Kayaknya anda punya cara nih,bolehlah berbagi dengan saya.

Balas Hapus
.
zuhalliya

Sudah mencoba dengan aplikasi ini pak?
S1 Network Unlock Tool
Dicoba pak

Balas Hapus
.
Puji Hartono

siap mass,lagsung dicoba,makasih yaa..

Balas Hapus
.
Unknown

Bisa ubl yes cuma harus beli 400k ke sony nya langsung unclocknya juga harus punya pc

Balas Hapus
.
Unknown

iya bener tuh, kalo mau ubl no ke yes itu harus beli semacam lisensi gitu ke sony nya makanya user credit ada harganya, buktinya yg saya xperia 1 udah ubl yes, udah unlock bootloader + root permanen, enak dah bisa otak atik sesuka hati, tapi kalo mau root xperia 1 lain cerita ya, kayaknya sedikit skali sih yg tau cara root permanen xperia 1, tapi kalo agan mau tanya2 sih ilmunya bayar aja lah, hubungi gw insyaallah dibantu, untuk yg komplen kenapa harus bayar, karena yg namanya ilmu itu susah bro, gak asal bisa aja, butuh perjuangan xtra dan ppengorbanan, bila agan bisa dengan autodidak mangga2 aja sukur2 kalo bisa/berhasil, semoga bermanfaat infonya

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Terimakasih yang komen bisa bantu. Saya sudah coba, dengan cara semacam beli lisensi ke pihak sony, hanya harganya lumayan -+ 500.000 sedangkan sony z5 saya harganya cuma 450.000.

Untuk kalian yang memang ingin ubah UBL NO menjadi YESS, bisa pakai cara itu.

Balas Hapus