Mengatasi LCD Hp Android Bergetar atau Bergoyang

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan perihal solusi atau cara mengatasi LCD Hp android yang layarnya bergetar atau bergoyang.Ini berbeda dengan kasus flickering atau shadow alias berbayang yaa,lebih tepatnya itu tampilan icon bergerak seperti terkena goncangan ( bukan gost touch ) atau sentuh dengan sendirinya.


Solusi layar lcd hp android yang bergetar atau bergoyang ini bisa dikatakan susah-susah gampang.Karena berbeda dengan tampilan yang bergaris/flickering/menyentuh sendiri.Jika anda mencari informasi di google,kebanyakan membahas tentang flickering/gost touch.


Saya tekankan sekali lagi,pembahasan kali ini lebih menitik beratkan kepada kasus " dancing screen " pada layar lcd hp android dan anehnya lagi,ketika ponsel di kunci,layarnya kembali normal walaupun dipakai sebentar kambuh lagi errornya.



Layar LCD Hp Android Bergetar/Bergoyang



layar lcd hp android bergetar atau bergoyang-goyang




LCD adalah sebuah komponen perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan grafis atau visual efek dari sebuah benda.Bisa sebuah TV,laptop,ponsel ataupun perangkat lainya yang membutuhkan sebuah tampilan grafik untuk pengoperasionalanya.


Dalam prakteknya,komponen vital ini juga memiliki beberapa permasalahan yang kerap kali terjadi dan menimpa para penggunanya,antara lain :

  • Bergaris
  • Kecerahanya pudar
  • Khusus untuk yang menggunakan sistem TOUCH atau sentuhan,terkadang layarnya menyenyuh sendiri
  • Bergetar ( seperti yang akan saya bahas kali ini )


Kenapa sebuah L-C-D bisa bergetar?


Ada beberapa penyebab sebuah layar menjadi error seperti itu,antara lain :


1. Kerusakan sistem/software


Seperti yang kita ketahui bahwa dalam sebuah ponsel terdiri dari 2 bagian yaitu hardware ( perangkat keras ) dan software ( perangkat lunak/sistem ).


Sistem atau perangkat lunak merupakan " jalan " atau program untuk menjalankan sebuah perangkat keras sesuai dengan fungsinya.Tanpa sebuah sistem,perangkat keras hanyalah sebuah benda.


Seperti kinerja layar pada ponsel,walaupun ini sebuah perangkat keras ( hardware ),jika sistemnya error,maka kinerjanya juga akan terganggu walaupun kasusnya sangat sedikit.


2. Kerusakan CPU


CPU merupakan sebuah perangkat keras yang menjadi " OTAK/WADAH " sistem untuk menjalankan peranan L-C-D.


Sederhanya,L-C-D harus menampilkan apa,ukuranya berapa,kecerahanya bagaimana dan setelan lain itu otaknya ada di CPU.


Tentu saja dengan kerusakan yang terjadi di CPU,sangat memungkinkan akan berakibat kepada gagalnya kinerja layar.Dan kerusakanya juga biasanya akan merembet kepada komponen lain yang berhubungan dengan kinerja CPU ini.


3. Kerusakan IC EMIF


IC EMIF merupakan sebuah komponen perangkat keras berbentuk IC kecil yang menjadi " jembatan " antara CPU dan L-C-D.


Saya katakan sebagai " jembatan " karena posisinya ada di tengah/penghubung antara CPU dengan L-C-D.Untuk kasus ini sangat jarang terhadi,tetapi tidak menutup kemungkinan inilah letak kerusakanya.


4. Komponen L-C-D


Dalam sebuah komponen ini,jika anda buka dan bongkar,maka anda akan melihat berbagai bagian-bagian lain didalamnya.


Yang sangat sering terjadi kerusakan adalah di : FLEKSIBEL L-C-D nya.

Fleksibel adalah sebuah komponen berbentuk lunak seperti kabel pipih/gepeng yang menjadi penghubung mesin dengan komponen inti.Jika anda seorang teknisi,maka tidak akan asing dengan komponen yang satu ini.


Selain fleksibel,ada juga bagian lain yang bisa menyebabkan kerusakan seperti ini,antara lain bagian panel utamanya.



Cara Mengatasi LCD Layar Hp Android yang Bergetar/Bergoyang?




Kemudian,jika permasalahan ini terjadi,bagaimana solusinya?

Ada beberapa opsi yang bisa anda coba lakukan untuk memperbaiki kerusakan seperi ini,antara lain :


1. Flashing 


Flashing adalah sebuah tindakan untuk menyetel ulang sistem software pada android.Anda bisa menyetelnya dengan sistem yang sama atau menggunakan sistem yang terbaru ( upgrade ) atau bahkan mencoba dengan sistem yang lama ( downgrade ).


Langkah ini sebagai opsi pertama yang bisa anda lakukan karena biaya yang dikeluarkan relatif murah.

Hanya saja,jika anda TIDAK BISA melakukan ini,JANGAN sesekali melakukanya karena bisa mengakibatkan ponsel anda matot atau mati total.


Serahkan saja kepada orang yang bisa atau teknisi yang anda percayai.


2. Mencoba dengan L-C-D baru


Jika opsi pertama sudah anda coba tetapi tidak membuahkan hasil atau anda ingin mencoba opsi lain yang lebih " AKURAT " maka silahkan coba menggantinya dengan yang baru.


Mas,harganya kan mahal.Iya kalau beli langsung beres,kalau ternyata sama saja bagaimana?

Untuk mencegah anda kehilangan uang sia-sia,anda bisa melakukan trik ini : Silahkan pergi ke toko sparepart saja,karena kalau di toko anda bisa mencobanya sebelum membeli.


Cobalah pasang L-C-D barunya,jika memang normal,silahkan bayar.Kalau sudah berkali-kali coba tetapi hasil sama,maka itu kerusakanya bukan di L-C-Dnya.Silahkan lanjut membaca.


3. Repair CPU atau Jumper EMIF


Jika anda sudah mencoba dengan L-C-D baru bahkan sampai beberapa kali tetapi hasilnya nihil,maka sudah bisa dipastikan itu kerusakanya di komponen CPU/EMIFnya.


Anda bisa mencoba ukur tegangan yang masuk jika belum yakin itu CPU/EMIFnya,hanya saja dari beberapa kasus yang terjadi,hampir dipastikan itu CPUnya.


Anda bisa mencoba rehot ulang CPU atau menggantinya dengan yang baru.

Bisa juga dengan melepaskan EMIF kemudian jumper L-C-D langsung ke CPU ( intinya jumper saja sesuai jalur skemanya ) tanpa melewati EMIF yang sudah anda copot.



Kalau kemungkinan akibat komponen short bagaimana mas?

Kalai short atau konslet khususnya pada komponen kapasitor,biasanya itu akibatnya layarnya bleng hitam/putih bahkan terkadang layarnya tidak mau menyala.

Kalau kasusnya seperti yang sedang kita bahas itu bukan karena ada yang short biasanya.Tetapi bisa anda coba ukur-ukur tegangan siapa tau saja memang ada yang short.Kan lumayan bisa hemat.


Demikian penjelasan tentang solusi atau cara mengatasi layar lcd hp android yang bergetar atau bergoyang-goyang.Semoga bisa membantu,see uu.

11/29/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Mengatasi LCD Hp Android Bergetar atau Bergoyang.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar