Setelah Interview Disuruh Menunggu Hasilnya,Apa Artinya?

Banyak sekali yang bertanya kepada saya perihal kenapa setelah tes interview kerja atau wawancara pekerjaan setelah itu disuruh menunggu bahkan sampai 1 atau 2 minggu,apa artinya? Pertanyaan seperti ini memang kerap sekali muncul untuk mereka yang belum terlalu faham akaan dunia perusahaan.

Setelah interview atau wawancara kerja habis itu disuruh menunggu hasilnya bisa diartikan anda diterima tetapi juga dapat mengisyaratkan anda ditolak.Bahkan masih banyak sekali point yang sangat penting yang perlu anda ketahui.



Arti Kalimat " Menunggu " Setelah Interview atau Wawancara Pekerjaan




penjelasan kenapa disuruh menunggu setelah interview atau wawancara kerja



Interviw adalah sebuah tahapan seleksi untuk calon pekerja di sebuah perusahaan yang dilakukan HRD untuk menjaring dan memilih,kandidat manakah yang terbaik dan paling cocok untuk bekerja di perusahaannya.

Yang sering menjadi permasalahan adalah terkadang proses atau tahapan ini,pemberitahuanya ( lolos atau tidak ) itu sedikit membingungkan.Kenapa saya katakan demikian?

Karena biasanya HRD akan mengucapkan kalimat seperti ini : " Nanti hasil atau pengumuman lulus tidaknya akan dikabari sekitar satu atau dua minggu lagi,ditunggu saja yaa ".

Hal ini sangat sering terjadi hampir diseluruh perusahaan seperti ritel indomaret dan alfamart kemudian PT atau pabrik bahkan sekelah astra group dan masih banyak lagi tempat kerja yang model wawancaranya seperti itu.

Dengan kalimat yang seperti itu,biasanya pelamar akan bingung mengartikanya,apakah itu diterima atau ditolak.Untuk itulah dalam artikel kali ini saya akan sedikit menjelaskan untuk anda supaya anda faham.


Awas terkena " modus penipuan "

Yang pertama kali akan saya bahas untuk anda adalah : Pastikan terlebih dahulu anda melakukan proses interviw tersebut memang benar-benar dilakukan oleh perusahaan resmi.

Banyak kasus dimana peserta test yang " tertipu ",dimana mereka di instruksikan untuk menunggu hasil seleksi test,padahal ternyata mereka menjadi korban penipuan.

Jadi,sebelum anda mempertanyakan arti kalimat " TUNGGU HASILNYA " ini,pastikan dulu orang yang mewawancarai anda itu siapa? Benar dari perusahaan resmi atau hanya oknum nakal yang memanfaatkan anda saja.

BACA :




Jika anda sudah menyelidikinya dan bila memang itu adalah HRD asli perwakilan dari perusahaan,maka anda bisa melanjutkan membaca artikel ini.

Jika ternyata anda menjadi korban penipuan,silahkan langsung lapor kepada pihak yang berwajib.


Ok,saya anggap anda sebelumnya melakukan proses tanya jawab ini dengan HRD asli.Selanjutnya,ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi jika memang kalimat seperti itu diucapkan oleh HRD,antara lain :


1. Diterima tetapi menunggu orang lama habis kontrak


Kemungkinan pertama adalah : Pihak perusahaan menunggu orang lama yang akan digantikan oleh anda untuk habis kontraknya.

Memang terkadang,ada perusahaan yang menggunakan sistem seperti ini ( walaupun tidak semuanya ).

Sistem seperti ini dilakukan supaya orang yang akan digantikan tidak merasa kecewa,minder,sakit hati atau mungkin perasaan tidak enak lainya.Jadi setelah orang tersebut benar-benar habis kontraknya,barulah anda dipanggil untuk menggantikanya.


2. Diterima tetapi menggunakan sistem " kelompok "


Maksudnya seperti ini : Contohnya untuk perusahaan yang menggunakan mekanisme " training/OJT ".Mekanisme seperti ini mengharuskan calon karyawan untuk menjalani serangkaian training yang memakan waktu sampai berhari-hari.

Tidak mungkin perusahaan akan menggabungkanya menjadi satu terutama untuk perusahaan yang membutuhkan ratusan bahkan sampai ribuan karyawan.Tempatnya biasanya tidak cukup untuk menampung orang/peserta sebanyak itu.

Pasti mereka akan membaginya per kelompok ( angkatan 1,angkatan 2 dan seterusnya ).

Inilah kemungkinan yang bisa menyebabkan lamanya pemanggilan setelah proses interview atau anda disuruh untuk menunggu keputusan akhirnya.


3. Akan melakukan seleksi pada kandidat


Point ini sedikit " menakutkan " kalau boleh saya bilang,kenapa? Maksudnya ingin melakukan seleksi itu biasanya HRD akan menyeleksi lebih lanjut tentang berkas yang anda berikan.

Jika anda melakukan proses seleksi,tidak mungkin seorang HRD hanya mengambil keputusan berdasarkan dari tahapan tanya jawab saja,mereka juga sangat perlu untuk mengecek berkas/dokumen yang anda lampirkan.

Lalu kenapa saya katakan sedikit " menakutkan "? Karena ada saja pelamar yang memiliki tabiat jelek dimana berkas yang mereka berikan merupakan berkas yang tidak valid atau mungkin lebih tepatnya berkas palsu.

Walaupun pengecekanya tidak sedetail yang anda fikirkan ( mendatangi lokasi atau bertanya kepada seseorang ),tetapi seorang HRD sudah memiliki skill yang cukup untuk melakukan tahapan ini.Jadi jika berkas yang anda berikan itu ASLI,maka point ini tidak perlu anda fikirkan lagi.


4. Ditolak dengan cara yang halus


Ini adalah kemungkinan terahir yang bisa saya tuliskan dalam pembahasan kali ini.Jika kalimat seperti pada judul ini muncul,maka ada kemungkinan jika anda memang tidak lolos tahapan ini.

Tetapi anda jangan pesimis dulu,karena masih banyak kemungkinan lain yang bisa terjadi.


Ciri-ciri interview/wawancara kerja diterima itu bagaimana? Khususnya jika memang kalimat tersebut yang diucapkan?

Ada ciri khusus yang menandakan anda memang akan diterima walaupun HRD mengucapkan kalimat itu ( tidak 100% yaa ) antara lain :
  • Memberitahukan kandidat untuk menyiapkan berkas tertentu
  • Memberikan beberapa dokumen seperti buku peraturan perusahaan,tatacara kerja di perusahaan dan sebagainya
  • Menginstruksikan peserta untuk selalu mengaktifkan ponsel mereka 


Kalau tidak ada " tanda-tanda " apapun dari HRD,apakah itu dipastikan gagal?

Tentu saja tidak.Karena masih banyak kemungkinan seperti yang saya sampaikan sebelumnya.


Apa yang harus dilakukan jika memang hal itu terjadi?

Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan jika memang itu menimpa anda,diantaranya :
  • Tidak perlu terlalu khawatir karena rezeki itu tidak akan salah orang dan tertukar
  • Carilah atau daftarlah ditempat lain dulu,untuk berjaga-jaga jika memang pada akhirnya itu adalah sebuah penolakan
  • Jangan pesimis dan tetap optimis tetapi jangan terlalu percaya diri juga ( intinya siapkan mental jika memang hal tidak diinginkan yang terjadi )


Kalau melewati batas waktu bagaimana?

Contohnya jika HRDnya mengatakan 3 hari,tetapi sampai 1 bulan tidak ada kepastian? Itulah kenapa di point sebelumnya saya menyarankan anda untuk mencari " cadangan " ditempat yang lain.Jadi anda tidak akan terlalu hawatir.

Kalau anda hanya mengandalkan panggilan di tempat itu saja,maka selain anda membuang kesempatan,biasanya jika anda gagal,anda akan sangat kecewa.

Jadilah pribadi yang aktif dan jangan terlalu pasrah dengan keadaan.Kalau tidak jelas,cari gantinya,hehe.



Apakah perlu menanyakan kejelasanya kepada HRD?

Apakah maksud anda bertanya seperti ini : Pak/bu,maksudnya tunggu seminggu itu apa? Ditrima atau nggak? Begitu?

Jika yang anda maksudkan meminta kejelasan seperti diatas,maka jawaban saya : JANGAN LAKUKAN! Karena ini malah bisa jadi boomerang bagi anda.

HRDnya nanti bisa-bisa menjawab seperti ini : Mas/mbak,kan saya sudah bilang tadi suruh nunggu,kamu nggak dengar ya?

Hal itu justru bisa membuat penilaian sikap anda jelek dimata HRD.Jadi saran terbaik saya,cukup katakan " IYA/SIAP " saja.Itu sudah cukup.Sisanya lakukan seperti yang saya sarankan diatas.


Demikian penjelasan mengenai apakah artinya jika setelah interview atau wawancara kerja disuruh menunggu hasilnya.Semoga bisa bermanfaat,see uu.

7/19/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Setelah Interview Disuruh Menunggu Hasilnya,Apa Artinya?.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar