Shopee Paylater Hilang/Tidak Muncul? Ini Faktanya!

Pertanyaan yang sering keluar bagi pengguna shoppe adalah kenapa shopee paylater hilang atau tidak muncul di aplikasi serta bagaimana cara mengaktifkan menu ini.Selain langkah aktivasi,masalah utama yang sekarang ada adalah tidak adanya pilihan bayar nanti di apps tersebut.

Bagaimana cara mengatasi masalah menu shopee paylater yang tidak ada atau hilang padahal sudah memenuhi syarat sesuai ketentuan? Jadi,jika anda sudah melakukan berbagai langkah untuk mendapatkan menu bayar nanti tapi tetap tidak muncul,silahkan pelajari artikel ini.


Shopee Paylater Tidak Ada di Aplikasi



tidak dapat shopee paylater padahal sudah memenuhi syarat




ShopeePayLater adalah sebuah menu atau pilihan yang diberikan pihak penyedia layanan belanja online dimana pengguna bisa " mencicil/hutang " dulu ketika membeli barang disana.

Jadi,ketika anda memutuskan untuk melakukan pembelian,anda tidak perlu mengeluarkan uang untuki proses pembayaran karena akan " ditalangi/dicover " pihak shoppee terlebih dahulu.


Diberikan Limit Uang

Jika boleh " ngutang ",lantas bagaimana sistem operasional menu bayar nanti ini?

Secara sederhana : Si pengguna akan diberikan LIMIT/SALDO secara gratis di akun masing-masing.Besarnya kurang lebih 1.500.000 rupiah dan ada yang berbeda.

Ketika seorang pengguna mendapatkan menu istimewa ini,saat membuka pilihan menu,sudah akan otomatis terisi saldonya disana tanpa harus isi ulang manual ( namanya juga saldo cuma-cuma alias gratis ).

Katakanlah anda mendapatkan saldo limit sebesar 1.500.000 ribu,nantinya anda bisa membelanjakan uang ini untuk berbelanja.Tentu saja belanjanya TIDAK BOLEH melebihi limitnya.

Kalau saldo limit hanya 1.500.000,maka anda tidak boleh belanja sampai 1.600.000 jika memang anda ingin menggunakan fasilitas " bayar nanti " ini.Lebih sedikit boleh asalkan jangan sampai melebihi.


Cara Pembayaranya Bagaimana?

Namanya saja " berhutang " pasti harus bayar kan?

Saya jelaskan secara sederhana saja :
  • Limit awal 1.400.000 atau 750.000 atau berapapun itu
  • Anda gunakan belanja 300.000
  • Secara otomatis saldo anda akan terpotong 300.000
  • Anda harus bayar 300.000 itu dengan jatuh tempo kurang lebih satu bulan
  • Langklah pembayaran uang hutang 300.000 itu bisa via indomaret/alfamart ( sama persis ketika anda belanja dengan proses normal )
  • Selesai

- Anda bisa meneruskan/melanjutkan berbelanja SAMPAI SALDO HABIS BERSIH walaupun sebelumnya sudah beli dan belum bayar.

- Setiap transaksi memiliki tanggal jatuh tempo satu bulan ( jika anda membeli banyak produk dalam satu hari yang sama,nantinya jatuh temponya juga akan di tanggal yang sama yaa ).

- Anda bisa bayar lebih awal atau pas tanggal jatuh tempo ( TAPI TIDAK BOLEH SAMPAI TELAT ).


Apakah Shopee Paylater Ada Bunganya?

Jawabanya : Ada,dengan besaran 2,95% dari besaran belanja yang anda gunakan.


Apakah Ada Dendanya?

Selain suku bunga,menu ini juga ada denda jika anda telat membayar,yaitu sebesar 5% dari biaya pembelanjaan yang anda gunakan.


Total jumlah akan otomatis terkalkulasi oleh sistem,jadi jangan kaget ketika jumlah yang harus anda bayar sedikit lebih besar ketimbang uang yang anda gunakan untuk belanja.

Kalau tidak seperti itu,darimana mereka akan mendapatkan untung? Benar bukan?


Bagaimana Cara Mendapatkan ShopeePayLater?

Selanjutnya adalah bagaimana langkah supayaya mendapatkan menu bayar nanti di aplikasi shopee? 

Dari ulasan yang diberikan pihak admin penyedia layanan,paling tidak ada 3 tahapan yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan menu ini,antara lain:
  • Sudah melakukan verifikasi data diri
  • Akun berusia lebih dari 3 bulan
  • Sudah melakukan paling sedikit 3 kali transaksi

Yang menjadi masalah adalah : Sudah memenuhi itu semua bahkan melebihi tetapi menu shopee paylater tidak keluar dan tidak dapat.

Jika memang seperti itu,berikut beberapa hal yang menjadi sebab atau faktor penyebab kenapa pengguna ada yang dapat shopeepaylater dan ada yang tidak padahal sudah memenuhi syarat :


1. Menu Masih Dikembangkan Alias " BETA "


Perlu anda ketahui bahwa pilihan menu ini masih dalam proses dikembangkan,jadi belum menjadi menu PATEN di aplikasinya.

Bahasa sederhananya ini masih " PERCOBAAN " saja.

Kalau ditelaah lebih dalam,langkah ini memang tepat,karena memberikan " HUTANG " apalagi kepada orang yang tidak tau siapa dan dimana itu RESIKOnya besar.Iya kalau mereka bayar,kalau tidak?

Sementara di zaman sekarang,teknologi itu canggih.Data bisa dimanipulasi sedemikian rupa.


2. Karena Wabah Covid-19/Corona


Selanjutnya adalah karena mewabahnya virus corona baru-baru ini.Bukan hanya pengguna yang dibatasi persetujuanya,bahkan limit/saldo juga diturunkan.

Yang tadinya 1.300.000 menjadi 750.000.

Tidak perlu heran karena wabah ini memang sudah sukses membuat babak belur hampir di semua sektor perekonomian tak terkecuali bisnis layanan marketplace online.


3. Masalah Internal Pihak Penyedia


Saya beberapa kali menemui tulisan dari pengguna akun sosial yang mengeluhkan masalah ini,dari mereka yang mengeluh,diantaranya berasumsi bahwa :
  • Menu " bayar nanti " ini sudah berahir alias ditutup
  • Perbaikan sistem " penyaringan/pemilihan akun " yang ingin mendaftar
  • Terlalu banyak masalah/kasus sehingga pemberian layanan di stop

Dari banyaknya argument,saya harap itu SEMUA TIDAK menjadi kenyataan.Yaa,namanya saja pengguna layanan,pasti ada saja komentarnya baik itu yang membangun ataupun yang sedikit mengkritik.

Sebenarnya,pemberian layanan " BAYAR NANTI " seperti sangat berguna untuk masyarakat,apalagi untuk para karyawan yang sangat bergantung dengan istilah " tanggal muda ".

Kalau sedang ada kebutuhan mendesak di tanggal tua,layanan seperti sangat membantu bukan? hehe.

Kita doakan saja semoga menu bayar nanti ini segera diberikan lagi.Soalnya ini adalah salah satu menu andalan ( menurut saya ) yang menjadikan aplikasi ini sangat difavoritkan.Kalau sampai berkembang,pasti ini aplikasi bakal ngalahin semua sainganya.


Semoga pembahasan mengenai kenapa menu shopeepaylater tidak muncul alias hilang di aplikasi sehingga sebagian akun pengguna tidak dapat.Semoga bisa membantu,see uu.

6/15/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Shopee Paylater Hilang/Tidak Muncul? Ini Faktanya!.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar