Tidak Menerima Kode Verifikasi Wechat

Tidak menerima kode verifikasi wechat via sms memang kerap dialami para pengguna aplikasi ini khususnya mereka yang diblokir/terblokir dan ingin melakukan konfirmasi pemulihan akun.Sebab masalah ini ada banyak tetapi solusi atau jalan keluarnya juga ada.

Tidak mendapatkan sms berisi kode verifikasi aplikasi wechat memang jadi masalah utama ketika melakukan proses pemulihan akun.Padahal si pengguna sudah memasukan nomor telepon yang benar,tetapi bukanya dapat ferifikasi code malah nomer lain yang muncul.


Kode Verifikasi Wechat



Kode ferifikasi adalah sebuah code yang biasanya terdiri dari deretan huruf atau angka yang digunakan untuk mengkonfirmasi keabsahan kepemilikan sebuah account.

Hampir semua aplikasi sekarang menggunakan code semacam ini untuk melakukan konfigurasi otomatis dalam mencocokan data si pemilik acount yang sah tak terkecuali aplikasi we-chat.

Umumnya,code ini digunakan ketika seseorang melakukan tindakan yang mencurigakan dan terbaca oleh sistem,sehingga sistem mencurigai bahwa yang berusaha menggunakan sebuah aplikasi bukanlah pemilik resmi.

Biasanya pengguna akan mendapati masalah seperti ini jika lupa password atau kata sandi atau email atau username ataupun salah dalam melakukan proses log in.Dan berlaku juga jika pengguna mendapatkan sanksi berupa pemblokiran account.


Kenapa akun wechat bisa diblokir?

Biasanya pengguna melakukan kesalahan atau menyalahi peraturan dari sebuah aplikasi,baik berupa pelecehan seksual,kekerasan,penipuan atau tindakan lainya.

Bisa juga ketika salah log in,si pengguna tetap memaksakan dan akhirnya sistem membaca jika tindakan nda merupakan kesalahan dan sistem otomatis akan memblokir anda.


Tidak melakukan kesalahan tetpi diblokir

Untuk point ini,saya sampai sekarang belum mendapatkan informasi resmi dari pihak pengembang.Yang bisa saya sampaikan adalah,ini merupakan sebuah BUG atau kesalahan sistem yang menjadi salah satu titik kelemahan aplikasi we-chat itu sendiri.

Anda tidak perlu memikirkan bagaimana hal itu bisa terjadi,yang paling penting sekarang adalah bagaiman melakukan pemulihan terhdap account yang diblok tersebut.

Saya sudah menjelaskan langkah-langkahnya pada rtikel sebelumnya.


BACA :

- Cara mengatasi wechat yang diblokir


Dalam artikel ini saya akan fokuskan pembahasan pada point " tidak terima kode verifikasi aplikasi wechat via sms " saja.

Tetapi pastikan = Anda sudah memasukan atau input nomer hp yang benar ( yang anda gunakan untuk daftar aplikasi pertama kali ).Jika anda salah memasukan nomor,jelas anda tidak akan dapat SMSnya.


Penyebab Tidak Menerima Kode Verifikasi Wechat



Jika anda membaca panduan atau pusat bantuan aplikasi ini,maka anda akan disuguhkan beberapa point yang menyebabkan anda tidak bisa menerima pesan berisi code khusus padahal sudah memasukan nomor ponsel yang benar ( nomor yang digunakan untuk mendaftar ).

Adapun beberapa point tersebut antara lain :


1. Salah memasukan nama negara


Point pertama adalah salah memasukan nama negara pengguna.

Sewaktu anda melakukan proses pemulihan account,pasti anda akan melewati tahapan pengisian negara pengguna,pastikan anda mengisinya dengan benar.


2. Salah input nomor hp


Setelah tahapan pemilihan negara,pasti tahapan berikutnya adalah memasukan nomor ponsel anda.Ingat yaa,nomer ini adalah nomor hp yang anda gunakan ketika mendaftar pertama kali aplikasi ini.

Jangan sampai salah dalam mengisikanya.


3. Sistem error


Jika memang pemilihan negara dan input nomor sudah benar tetapi masih belum dapat,mungkin sistem aplikasi sedang error.

Selain sistem dari aplikasinya,mungkin juga provider atau kartu perdana and yang sedang error.

Yang paling sering adalah sistem aplikasi yang memang sedang error.



Mengatasi Tidak Menerima Kode Konfirmasi atau Verifikasi Wechat



Jika anda mengalami masalah seperti ini,maka langkah untuk memperbaikinya tidak terlalu sulit,berikut tutorial atau step by stepnya :


1. Pastikan input negara dan nomor telfon benar


Langkah pertama dalah memastikan anda memilih negara yang benar.Setelah itu memasukan nomor ponsel yang benar.

Oh iya,jika anda memilih indonesia ( +62 ) maka ketika anda melakukan input nomor TIDAK PERLU menuliskan angka 0.

Angka 0 sudah otomatis digantikan dengan +62 oleh sistem.Dan jika anda mengisikanya dengan angka 0,biasanya kolom tidak akan cukup atau tidak muat.


2. Pastikan provider normal


Anda juga harus melakukan pengecekan pada nomor anda,bisa jadi kartu perdana yang anda gunakan yang bermasalah.

Untuk melakukan pengecekan mudah saja,silahkan kirim S-M-S ke nomor lain dan biarkan nomer lain mengirimkan pesan kepada anda.

Jika bertukar pesan normal dan lancar,berarti tidak ada masalah dengan nomor anda dan bisa ke point selanjutnya.


3. Mencoba dihari berikutnya


Tahukah anda jika aplikasi ini memiliki limit pengiriman pesan code perharinya? Jadi jika sudah melewati limit,maka anda tidak bisa meminta codenya lagi dan harus menunggu 1x24 jam atau satu hari.

Belum juga dapat,masa sudah kena limit?

Itu bisa saja terjadi karena kartu anda yang bermasalah dimana sistem sudah mengirimkanya beberapa kali tapi tidak masuk karena perdana anda eror.Atau bisa juga memng sistem aplikasinya yang bermasalah.


4. Meminta peninjauan manual


Langkah terahir yang bisa saya berikan adalah dengan meminta pihak pengembang aplikasi untuk meninjau permintaan anda.

Bahasa sederhananya,anda mengirimkan form atau proposal peninjauan kepada mereka untuk ditinjau dan dianalisa.Bagaimana caranya?

Untuk meminta peninjauan manual,langkahnya sebagai berikut :
  • Silahkan SCRENSHOOT dulu layar ketika anda berada pada tahapan pengisian negara dan nomor ponsel ( ini akan digunakan untuk akhir tahapan nanti )
  • Masuk aplikasi we-chat
  • Klik " saya " pojok kanan bawah
  • Klik " pengaturan "
  • Pilih " bantuan dan umpan balik "
  • Pilih " all question " pada pojok kiri bawah
  • Klik " my account "
  • Klik " log in "
  • Pilih " what if i am not able to receive my SMS verification code when log in "
  • Scrol kebawah sampai nomor 5 dan klik " click here "
  • Anda akan dibukakan form peninjauan manual seperti dibawah ini



tidak menerima kode verifikasi akun wechat saat pemulihan blokir



  • Platform silahkan pilih " android " jika anda pengguna aple iphone silahkan pilih " ios " jika anda pengguna nokia silahkan pilih " windows "
  • Select categoris silahkan pilih " unable to log in "
  • Region pilih ' indonesia '
  • Kolom dibawah region pilih " unable to recevied sms...... "
  • Description silahkan isi dengan kalimat bahwa anda tidak bisa menerima pesan berisi code padahal nomor sudah benar ( menggunakan bahasa inggris atau china,boleh keduanya )
  • Klik " upload screenshoot " dan upload yang sudah anda screen shoot diawal langkah
  • We-chat account isikan dengan nama username anda di aplikasi sebelum terblokir
  • Email bisa di isi dengan email anda atau bisa dikosongkan
  • Prefere being contact by pilih saja " email bisa juga wechat " pilih saja email tetapi anda harus mengisi email anda pada kolom diatasnya
  • Klik " submit '
  • Selesai

Dalam beberapa jam atau beberapa hari anda akan dihubungi via email atau via we-chat sesuai dengan pilihan anda saat mengisi kolom " prefer contact by ".

Jika anda memilih email,maka anda akan diberikan balasan berupa link yang bisa anda klik dan lakukan langkah log in seperti biasanya.

Saya sendiri lebih memilih via email daripada via aplikasi,karena menurut saya lebih simple.


Demikian pembahasan tentang kenapa dan solusi tidak terima sms berisi kode verifikasi wechat ketika pemulihan akun yang diblokir dilakukan.Semoga bisa membantu,see uu.

5/28/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Tidak Menerima Kode Verifikasi Wechat .

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar