Sebab dan Solusi Tulisan Wechat Error - Huruf Jadi Aneh

Bagi pengguna aplikasi wechat mungkin pernah mengalami masalah ketika menulis tulisan balasan pesan kemudian hurufnya menjadi error alias aneh seperti bahasa pemrograman.Ada beberapa sebab yang menyebabkan hal itu terjadi,tetapi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut juga cukup mudah.

Tulisan wechat error ketika menjawab pesan yang menjadikan hurufnya aneh seperti kode-kode javscript itu sebenarnya sebabnya sepele.Cara mengatasinya juga tidak sulit.Saya akan menkelaskanya untuk anda.


Balas Pesan Wechat Tulisan Jadi Error



sebab dan mengatasi tulisan di aplikasi wechat yang jadi aneh semacam kode




Dikutip dari laman WIKIPEDIA : WeChat adalah sebuah aplikasi berbasis komunikasi yang memungkinkan penggunanya saling berinteraksi melalui pesan suara dn text serta mendukung komunikasi vidio jarak jauh.

Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan " TENCENT " yang berlokasi di negara tiongkok.

Setali tiga uang dengan aplikasi berbasis komunikasi pada umumnya,penggunaan We-Chat ini juga hampir sama persis seperti penggunaan aplikasi lain dimana pengguna harus melkukan pendaftaran akun terlebih dahulu sebelum menggunkanya.


- Kelemahan Aplikasi Wechat

Walaupun aplikasi ini dituding mampu menyaingi penggunaan facebook,tetapi ada beberpa kelemahan didalam pengoperasianya,antara lain :
  • Pendaftaran akun baru yang sedikit sulit ( terkadang sering eror dan tidak bisa )
  • Pemblokiran sepihak terhdap akun pengguna padahal tidak melakukan kesalahan
  • Sering Log Out sendiri
  • Ketika Log in,halaman berubah bahasa dengan sendirinya
  • Pasword sudah benar tapi tidak bisa log in
  • Ketika membalas sebuah pesan,tulisanya eror berubah menjadi tidak jelas

Dari beberapa masalah diatas,saya akan fokuskan pembahasan ke point " Tulisan yang berubah menjdi aneh dan tidak jelas ketika membalas pesan ".


Penyebab Tulisan di Wechat Jadi Aneh atau Error


Point pertama yang akan saya jelaskan adalah apa saja yang bisa menyebabkan permasalahan tulisan di we-chat jadi eror dan aneh,antara lain :


1. Sistem Error


Faktor yang pertama adalah kendala atau sistem yang memang sedang eror.

Tahukah anda kalau sebuah aplikasi itu memiliki semacam " DATABASE/RUMAH/KANTOR " untuk menjalankan dan melayani semua penggunanya.

Jika database ini sampai mengalami masalah,maka SEMUA penggunanya juga akan mengalami dampaknya.

Kerusakan karena sistem yang down ini biasanya ditandai dengan ERRORNYA SEMUA pengguna.Jadi tidak hanya satu atau dua orang saja melainkan semua pengguna akan mengalami hal serupa.

Jika hanya anda atau beberapa orang saja yang mengalami masalah,besar kemungkinan bukan ini letak masalahnya.Lalu apa?


2. Sinyal/Jaringan yang Lemah


Ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis.Jika menggunakan aplikasi ini pada jaringan atau frekuensi sinyal yang lemah,maka sering terjadi error khususnya ketika menjawab atau menuliskan sebuah pesan.

Tulisan itu akan berubah menjadi semacam kode tidak beraturan yang tidak bisa dibaca oleh orang awam.

Jika anda mengerti bahasa pemrograman,mungkin anda akan tau maksud dari anehnya tulisan yang berubah itu.

Anda bisa lihat pada gambar diartikel ini,seperti itukah tulisanya? Atau paling tidak mirip seperti itu?

Itu adalah sebuah kode yang akan terkirim otomatis jika ketika pengguna mengakses aplikasi dengan kekuatan signal yang jelek/buruk.


3. Aplikasi Belum Update/Masih Versi Lama


Faktor ketiga adalah karena aplikasi yang anda gunakan belum menggunakan fitur yang terbaru.

Seperti yang saya katakan diawal jika aplikasi ini sama dengan aplikasi komunikasi pada umumnya,yang terkadang memerlukan update/pembaharuan untuk bisa menggunakanya dengn lancar.

Sebenarnya imbas dari tidak updatenya aplikasi hanya berupa hilangnya atau tidak adanya fitur yang terbaru saja.Seperti fitur " KUTIP " obroilan yang hanya bisa anda dapatkan di versi terbaru.

Tetapi tidak sedikit juga yang berimbas pada terganggunya penggunaan aplikasi tersebut jika tidak anda perbarui.



Cara Mengatasi Tulisan Wechat Error Jadi Aneh


Setelah anda tau penyebabnya,saya akan berikan tutorial atau langkah-langkah bagaimana untuk memperbaiki atau solusi jika masalah ini menimpa anda.


1. Perbarui/Update Aplikasi


Langkah pertama adalah dengan mencoba melaukan pembaruan aplikasi.Ini bisa anda lakukan dengan cara memperbaruinya via playstore atau market store sesuai HP yang anda gunakan.

Jika android biasanya di playstore,beda lagi jika i phone atau ponsel simbyan.Langkahnya adalah sebgai berikut :
  • Masuk playstore
  • Klik pojok kiri atas
  • Masuk halaman akun playsore anda
  • Cari tulisan " Daftar aplikasi saya " ( akan muncul deretan aplikasi yang anda instal )
  • Cari dan klik we-chat ( atau akan ada bertuliskan update/perbarui )
  • Klik Update/Perbarui aplikasi
  • Tunggu hinggan proses selesai
  • Done
Setelah proses pembaharuann selesai,anda bisa langsung menggunakan aplikasi seperti biasanya tanpa harus melakukan login kembali.

Tetapi ada beberapa kasus,setelah melakukan update,pengguna harus melakukan log in kembali dan ketika log in selalu gagal padahal username dan pasword sudah benar.

Inilah salah satu kelemahan aplikasi ini seperti yang saya katakan di awal artikel.


2. Cari Sinyal yang Bagus


Langkah kedua yang bisa anda coba adalah dengan memperbaiki kualitas jaringan ponsel.

Anda bisa mencoba beralih ke wilayah atau daerah lain yang mungkin koneksinya lebih bagus,atau anda bisa sedikit melakukan pengaturan di ponsel anda.

Saran terbaik dari saya adalah pindah daerah atau lokasi saja,karena sangat jarang terjadi kasus sinyal seperti ini terjadi karena kesalahan pengaturan di ponsel anda.

Daripada ponsel anda jadi korban karena salah setting,mending coba untuk berpindah lokasi yang koneksi jaringanya lebih bagus.


3. Menunggu


Langkah terahir adalah menunggu atau membiarkanya saja ( jika itu karena kesalahan sistem ) sebab hal itu akan kembali normal ketika ddatabase sudah diperbaiki atau sudah diatasi.

Jika ada pertanyaan anda bisa tanyakan di kolom komentar atau membaca artikel terkait aplikasi ini yang sudah saya tuliskan di lain artikel.


Semoga pembahasan tentang masalah error tulisan di aplikasi wechat ketika menjawab pesan ini bisa membantu anda.Terimaksih sudah membaca,see uu.

5/17/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Sebab dan Solusi Tulisan Wechat Error - Huruf Jadi Aneh.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar