7 Cara Jitu Membuat Video Channel Youtube Muncul di Pencarian

Cara agar video channel youtube bisa mucul di pencarian ketika orang mencari vidio harus dilakukan dengan langkah yang benar.Hal tersebut dikarenakan mesin pencari yutube menggunakan sebuah algoritma untuk memunculkan sebuah rekaman dari canel tertentu.

Cara supaya video youtube bisa terlihat ketika seseorang mencari sesuatu ini akan saya jelaskan sedetail dan sejelas mungkin supaya anda bisa lebih faham.Dengan begitu,jika langkah ini berhasil maka sudah pasti penonton atau yang menonton alias viewer vidio yutube anda akan bertambah banyak.


Cara Agar Video Youtube Ada di Halaman Pencarian



langkah supaya video youtube bisa muncul di halaman pencarian




Sebagai seorang kreator video di yutube,tentunya hal yang menjadi dambaan adalah hasil karya yang anda buat bisa dilihat oleh orang banyak.Apalagi sekarang,dimana dengan mengandalkan vidio ini,anda bisa mendapatkan uang hingga jutaam rupiah.

Salah satu jalan supaya vidio yang anda share bisa dilihat banyak orang adalah dengan membuatnya bisa keluar pada beranda pencarian.Jadi ketika seseorang menuliskan judul video,vidio yang anda share sebelumnya akan muncul,sukur ada di halaman pertama.

Hanya saja,untuk bisa seperti itu,langkahnya tidaklah semudah membalikan telapak tangan.Tetapi juga tidak sulit untuk dilakukan.


Kenapa Vidio Seseorang Bisa Tampil di Halaman Pencarian Youtube?

Inilah hal paling utama yang harus anda fahami,karena pada bagian ini masih banyak sekali yang salah mengerti.Hal utama yang menyebabkan vidio muncul di halaman search adalah :

---> Kesesuaian Algoritma Pencari Dengan Vidio yang di Unggah <---


Apa itu algoritma?

Algoritma adalah sebuah " rumus " yang dirancang untuk bisa menentukan,rekaman manakah yang sesuai dengan apa yang di cari oleh pengguna.

Dengan algoritma inilah,seseorang akan lebih mudah menemukan vidio yang ingin dilihatnya dan menghindari kesalahan dalam menampilkan sebuah rekaman yang di unggah.

Sederhananya seperti ini :

Bayangkan ada seorang yang membuka yutube kemudian ingin melihat rekaman " langkah membuat nasi goreng ".Tentunya,orang tersebut akan menuliskan kalimat yang hampir sama seperti itu bukan?

Dengan bantuan algoritma,maka rekaman atau vidio yang keluar adalah SEMUA yang berhubungan dengan langkah-langkah membuat nasi goreng.

Contoh lagi :

Ada orang yang ingin melihat rekaman " bagaimana membongkar mesin cuci ",ketika orang tersebut menuliskan kalimat seperti diatas,maka yang akan muncul SEMUA yang berkaitan dengan itu,tidak mungkin rekaman membongkar mesin mobil akan terlihat disana.

Tidak mungkin seseorang mencari dan menuliskan langkah membuat nasgor tetapi yang keluar adalah rekaman bagaimana membongkar sepeda motor.Inilah yang disebut dengan ALGORITMA.


Lebih detailnya bagaimana?

Ok,mungkin anda masih sedikit bingung untuk memahami bagaimana menyesuaikan algoritma.Saya akan membutnya lebih detail.

Agar supaya video youtube anda bisa muncul dan keluar serta terlihat di pencarian yutub,maka anda harus melakukan beberapa langkah dibawah ini :


1. Buatlah Judul " Semirip Mungkin " Dengan Kalimat Pengguna


Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menyesuaikan algoritma yutube adalah dengan membuat KALIMAT JUDUL semirip mungkin dengan calon pengguna.

Jika rekaman anda bertema " langkah-langkah membongkar kipas angin " maka,buatlah judul seperti ini :


  • Cara membongkar kipas angin,atau
  • Tutorial membongkar kipas angin,atau
  • Langkah membongkar kipas angin
Kenapa harus seperti itu?

Karena calon pengguna nanti PASTI akan menuliskan kalimat yang tidak jauh dari itu di mesin pencarinya.

Tidak mungkin orang ingin melihat pembongkaran kipas angin menuliskan kalimat " langkah membongkar masin giling ".

Jadi,usahakan buatlah judul yang sekiranya akan mirip atau sama dengan calon pemirsa rekaman anda.

Mas,saya sudah menemukan judul yang pas dan mungkin akan dituliskan SAMA PERSIS dengan calon pemirsa rekaman saya,yang jadi masalah adalah : Judul itu sudah ada terlebih dahulu,bagaimana?

Jika sudah ada judul yang seperti itu,maka anda bisa MENGAKALINYA dengan menambahkan kalimat penarik perhatian di belakang kalimat judul seperti :
  • Terbukti 100%,atau
  • 5 menit beres.atau
  • Dijamin berhasil
  • Dan sebagainya
Yang terpenting,kalimat utama berada didepan ( yang sekiranya akan dituliskan oleh calon pemirsa anda ).

Saya yakin,hanya dengan menggunakan otak/dibayangkan saja,anda pasti bisa menentukan judul yang bagus.Yang sekiranya bisa sama dengan kalimat yang dituliskan oleh calon pemirsa anda.

" Kesamaan judul dengan kalimat yang dituliskan calon pemirsa menjadi penentu utama vidio yang akan dimunculkan nanti "


2. Buatlah Deskripsi Sedetail dan Selengkap Mungkin


Ini sebenarnya sebagai opsi pembantu untuk membantu opsi pertama.Maksudnya bagaimana?

Anda tahu deskripsi itu apa kan? Ini adalah kalimat yang dituliskan dibagian bawah rekaman ketika anda ingin upload.Memang bisa di isi bisa juga di kosongkan,tetapi saya menganjurkan untuk di isi,kenapa?

Pertama : Judul tidak boleh terlalu panjang
Kedua : Pengguna yutub terkadang menuliskan kalimat di kolom mencari dengan kalimat yang SANGAT PANJANG.Tidak mungkin anda bisa menyamakan itu dengan judul rekaman anda

Maka,untuk mengakali hal tersebut,anda bisa mengisi kolom deskripsi dengan kalimat yang sekiranya juga akan dituliskan calon pemirsa nantinya.

Contohnya begini :

Rekaman anda adalah bertema tentang bagaimana menanam bonsai.Kemudian anda sudah menuliskan judul " cara menanam bonsai yang benar ".

Untuk membantu judul supaya lebih kuat,anda bisa menambahkan kalimat di kolom deskripsi seperti ini :

Bagaimana menanam bonsai dengan baik dan benar supaya bisa membentuk sebuah bentuk bonsai yang menarik dan unik serta menarik perhatian pencinta bonsai.


Hal tersebut anda lakukan untuk berjaga-jaga,kalau-kalau pemirsa nanti menuliskan kalimat yang panjang untuk mencari rekaman yang mereka ingin tonton.

Untuk menuliskan deskripsi juga TIDAK BOLEH ASAL,tetap harus dengan pemikiran matang.Fikirkan kalimat panjang yang sekiranya atau kemungkinan akan dituliskan calon pemirsa canel anda nantinya.

Jadi,jika judul anda tidak sesuai dengan kalimat yang dituliskan calon pemirsa anda,paling tidak deskripsi anda bisa sama.Inilah kenapa saya katakan ini adalah opsi pendukung untuk opsi nomor 1 diatas.

Lihat tulisan yang berwarna merah di artikel ini.


3. Isi " TAG " Vidio


Anda tau TAG vidio itu apa? Ada di bagian mana?

TAG adalah sebuah " penanda " atau sebuah " TEMA INTI " dari rekaman yang anda unggah.Jika anda mengunggah sebuah rekaman bongkar mesin motor,maka TAG yang bisa anda gunakan adalah :

  • # Motor
  • # Mesin
Dan sebagainya.Intinya yang masih berkaitan dengan itu.Biasanya satu atau dua kata saja dan biasanya sudah disediakan kata atau kalimatnya oleh pihak yutub secara otomatis.

Letaknya adalah dibagian bawah deskripsi vidio dengan " TANDA PAGAR " sebagai penandanya.

Walaupun tidak sama persis,bisa di ibaratkan anda menuliskan sebuah status di media sosial,kemudian anda TAG seseorang,maka orang tersebut dan teman-temanya bisa mengetahui status anda.

Jika anda menggunakan TAG,maka algoritma yutub juga akan lebih mudah untuk mengklasifikasikan rekaman anda.

Tetapi ingat,ada hal yang harus anda perhatikan ketika menggunakan TAG yutub ini :
  • Gunakan maksimal 3 saja ( jangan terlalu banyak,takutnya di kira spam nanti oleh algoritma yutub )
  • Pilih kata atau kalimat TAG yang paling sesuai dengan tema rekaman anda


4. Upload Rekaman yang Sedikit Sainganya,Tapi Banyak yang Mencari


Tidak wajib anda ikuti jika anda adalah seseorang yang hanya berfokus pada tema tertentu.Karena orang yang upload rekaman dengan tema tertentu,tidah bisa memilih rekaman apa yang akan di unggah.

Mau tidak mau,ya rekaman tema itu saja yang di upload.Mau banyak sainganya mau sedikit,mau bagaimana lagi,la wong itu tema yang di seriusi kok.

Tetapi untuk anda yang tidak berfokus dengan satu tema tertentu,bisa memilih-milih rekaman apa yang sekiranya sainganya sedikit.Tetapi jangan ngawur juga,anda juga harus berfikir apakah itu ada yang akan cari atau tidak.

Jangan mentang-mentang anda ingin vidio yang sainganya sedikit,lalu anda membuat rekaman " tutorial batuk ",siapa yang cari rekaman seperti itu? Mau viral? Ya nggak papa sih,haha.

Cara menemukan vidio yang sainganya sedikit tetapi banyak yang cari bagaimana? Saya akan jelaskan di artikel selanjutnya.Jika mau,tinggalkan pesan anda di kolom komentar.


5. Pancing Algoritma Youtube " Mengenali " Vidio Anda


Maksudnya bagaimana?

Maksudnya adalah : Butuh waktu untuk algoritma yutub mengenali dan mengklasifikasikan rekaman seseorang setelah mereka meng uploadnya.Terlebih untuk orang yang baru mengunggah rekaman mereka.

Untuk mempercepat algoritma mengenali rekaman anda,anda bisa melakukan beberapa langkah berikut :
  • Share ke berbagai media sosial
Atau apapun yang bisa membuat seseorang melihat vidio anda.Semakin banyak yang melihat,maka algoritma yutuba akan semakin cepat mengenali rekaman anda dan mengklasifikasikanya.

Dan jika semua point diatas sudah anda lakukan,maka rekaman anda bisa lebih cepat pula terlihat di kolom pencarian nantinya.


6. Perbanyak Viewer/Penonton


Mungkin hampir mirip dengan point sebelumnya.Dimana ketika rekaman anda dilihat orang banyak dan semakin banyak,maka biasanya rekaman yang anda upload akan naik perlahan-lahan peringkatnya bahkan mungkin bisa sampai di halaman pertama paling atas sendiri.

Anda bisa menggunakan bantuan berbagai media sosial untuk mempromosikan rekaman anda supaya banyak yang melihatnya.


7. Jangan Lakukan Hal yang Dilarang Yutube


Ini adalah point terahir yang bisa saya berikan.Mungkin anda sering membaca kalimat " MELANGGAR PEDOMAN YUTUB ".

Ini adalah sebuah peraturan yang TIDAK BOLEH DILANGGAR oleh pengunggah rekaman.Jika anda melanggarnya,maka jangan berharap rekaman anda akan ditampilkan,justru rekaman anda bisa di banned dan dihilangkah dari mesin pencari.

Untuk lebih detailnya anda bisa langsung membacanya di PEDOMAN PENGGUNA YUTUBE di website resmi mereka.

BACA JUGA :



Demikian pembahasan tentang bagaimana cara agar supaya video yang kita upload bisa mendapatkan rekomendasi dari youtube dan muncul di halaman pertama atau beranda yutube.Semoga bisa bermanfaat untuk anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

8/22/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 7 Cara Jitu Membuat Video Channel Youtube Muncul di Pencarian.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar