4 Cara Ampuh Mencari Kerja di Internet ( GRATIS )

Cara mencari kerja di internet termasuk langkah paling mudah untuk bisa mendapatkan pekerjaan karena hanya menggunakan media online saja.Dengan trik ini,anda tidak perlu mengeluarkan tenaga atau biaya yang mahal dan mungkin bisa dibilang gratis.

Cara mencari pekerjaan via internet bisa anda lakukan hanya dengan mengakses berbagai situs lowongan kerja online atau menggunakan akun media sosial anda saja.Jadi,hanya dengan bermodal hp android atau smartphone,anda sudah bisa untuk menemukan kerjaan yang anda sesuai dengan keinginan anda.

Dalam era modern seperti ini,saya rasa langkah seperti ini sudah menjadi hal yang biasa dan umum dilakukan oleh para pencari pekerjaan diluaran sana.Seperti yang saya katakan sebelumnya,mungkin karena lebih praktis dan hemat biaya lah yang menjadi penyebabnya.

Tetapi perlu anda ketahui bahwa,menggunakan langkah seperti ini justru sangat rawan tindak penipuan.Apalagi jika anda tidak tau dimana atau bagaimana tips untuk mencarinya.Jadi,silahkan anda fahami penjelasan saya supaya anda tidak salah langkah nantinya.


Mencari Pekerjaan Via Internet



bagaimana langkah mencari pekerjaan menggunakan internet





Dewasa ini kita semua harus dihadapkan dengan kenyataan bahwa tingkat pengangguran di indonesia semakin bertambah.Bukan hanya karena kurangnya ketersediaan lapangan kerja tetapi persaingan para pencaker juga bertambah berat.

Untuk mengakali hal tersebut,mungkin mencari kerja menggunakan media online menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat.Kenapa begitu? Karena dengan media ini,informasi yang anda dapatkan bisa lebih banyak dan bisa lebih update.

Hanya saja,banyak para pencaker yang sedikit bingung,seperti : 
  • Dimana saya harus mencarinya? 
  • Apa yang harus saya ketik di google?
  • Situs apa yang harus dibuka?
  • Media apa yang bisa digunakan?

Dan masih banyak pertanyaan lainya.Sebelum ke inti pembahasan tersebut,saya ingin memberikan sedikit " bekal " untuk anda sebelum melakukan hunting loker.Apa itu?

Jika anda ingin menggunakan langkah ini,BEKAL UTAMA yang harus anda siapkan selain kuota adalah : SCAN BERKAS LAMARAN.

Jadi,jika anda belum scan berkas-berkas anda,ada baiknya anda melakukanya.Walaupun tidak semua,tetapi biasanya loker yang ada di media online itu meminta scan berkas lamaran.Daripada anda harus bolak-balik,ada baiknya anda siapkan dulu.

Apa saja berkas yang di scan jika melamar kerja menggunakan internet atau media online? Untuk berkasnya antara lain :
  • Scan ijazah
  • Scan SKHUN
  • Scan KTP
  • Scan Kartu Kuning
  • Scan Surat Lamaran
  • Scan Daftar Riwayat Hidup/Curiculum Vitae
  • Scan Pas Foto Berwarna 4x6 Terbaru
Secara garis besar itu adalah file utamanya.Bisa anda tambahkan sesuai dengan permintaan loker nantinya atau anda tambahkan sendiri seperti : Surat pengalaman kerja,surat sehat dari dokter atau yang lainya.

OK,saya anggap anda sudah punya bekal yang saya sebutkan.Sekarang bagaimana langkah pencarianya? Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


1. Menggunakan Situs Lowongan Online


Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membuka situs loker menggunakan media GOOGLE.

Jadi,anda langsung saja ketik " nama situs " di google,setelah itu masuk kedalam situs tersebut dan mulailah pencarian pekerjaanya sesuai dengan yang anda minati.Adapun situs yang bisa anda gunakan untuk mencari pekerjaan online antara lain :
  • Jobstreet.com
  • JobsDB.co.id
  • Karir.com
Dan berbagai situs lainya.Yang saya sebutkan adalah yang paling banyak digunakan.Bahkan mungkin anda juga sudah tau alamat diatas.

Kalau itu sih sudah pasaran banget mas.Kalau website perusahaan langsung ada tidak? Yang langsung masuk situs perusahaanya?

Ada dong,saya sudah tuliskan lengkap di artikel lain.

BACA :

- Perusahaan yang bisa daftar online


2. Menggunakan Medsos ( FB,Twitter,atau IG )


Langkah kedua adalah menggunakan media sosial sepeti facebook dan instagram.Jika anda adalah pengguna aktif medsos tersebut,mungkin akan sering menjumpai atau membaca berbagai postingan loker disana.

Langkah pencarianya bagaimana? Paling tidak supaya tidak mengurutkanya satu persatu atau memilah postingan satu satu dari sekian banyak postingan?

Langkahnya simple saja :
  • Lihat icon atau gambar kaca pembesar ( search )
  • Ketik saja : " lowongan " atau " loker " atau " dibutuhkan segera "
  • Jika ada pilihan lain,pilihlah yang berupa postingan
  • Nanti semua postingan yang berkaitan dengan KATA yang anda ketik akan muncul semua
  • Pilih tanggal terbaru supaya yang keluar adalah postingan terbaru
Jika anda masih belum puas,anda bisa masuk ke berbagai group loker yang sudah pasti akan banyak sekali.

Di group tersebut akan banyak sekali postingan loker yang di update setiap hari.

Apakah aman dari penipuan?

TIDAK,langkah menggunakan medis sosial SANGAT RAWAN penipuan.Tapi tidak usah takut,anda hanya perlu untuk mengetahui mana yang loker asli mana yang penipuan.

BACA :

- Ciri-ciri panggilan kerja penipuan


3. Masuk Website Disnakertrans/Depnaker 


Disnakertrans atau depnaker adalah lembaga resmi yang dikelola oleh pemerintah.Karena resmi inilah saya berani memasukan kedalam daftar penjelasan saya kali ini.

Tiap-tiap daerah saya yakin memiliki depnaker dan biasanya mereka memiliki situs atau website resminya juga.

Didalam website itu,bisa anda cari apakah ada info tentang loker yang sedang dibuka atau tidak.Depnaker tempat saya ada,saya tidak tau bagaimana dengan depnaker di wilayah anda ( harusnya ada sih ).

Anda bisa melakukan pencarian disana.Langkahnya hampir sama saja dengan menggunakan website loker online.Anda hanya tinggal mengetikn kata " Depnaker kota .... ".Maka google akan memberikan alamat situsnya kepada anda.

Setelah itu,silahkan mulai melakukan pencarian didalam websitenya.


4. Masuk Website BNP2TKI


Ini adalah lembaga yang dinaungi oleh pemerintah juga,hampir sama dengan depnaker.Hanya saja,BNP2TKI lebih condong ke arah loker luar negeri.

Jadi loker yang ada disana biasanya untuk anda yang ingin bekerja ke luar negri.

Ada banyak sekali loker yang tersedia,mulai dari PRT,Buruh pabrik,Pertanian dan lain sebagainya.Silahkan pilih saja mana yang sekiranya cocok dengan minat anda.


Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk mencari pekerjaan menggunakan media internet.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

12/07/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 4 Cara Ampuh Mencari Kerja di Internet ( GRATIS ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar