Cara Menjadi Agen Es Krim AICE di Warung atau Toko

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menjadi agen untuk bisa menjual es cream ICE di warung kelontong atau tempat usaha anda.Tidak hanya usaha menegah keatas saja,toko biasapun bisa untuk menjadi rekan dan mendapatkan frezer ice krim.

Syarat atau persyaratan untuk bisa jadi agen dan menjual produk es cream ICE juga sangat mudah serta proses dan tatacaranya sangat simple.

Jika anda berminat untuk mendaftarkan warung kelontong atau tempat usaha anda agar bisa jadi reseller atau agen supaya bisa berjualan es krim AICE maka saya akan menjelaskan dengan detail mulai sari persyaratan kemudian biaya yang harus dibayar serta prosedur atau proses pendaftaranya.


Cara Berjualan Ice Cream AICE



cara menjual es krim aice di tempat usaha anda



AICE adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan dengan produk utamanya adalah berupa berbagai macam varian es krim.Inti perusahaan ini berada di negara singapura yang notabene masih di wilayah asia sama seperti indonesia.


Perusahaan AICE dibagi menjadi beberapa cabang/wilayah

Maksudnya adalah : Setiap daerah memiliki kantor pusat.Contohnya saja di solo raya,kemudian ada lagi cabang wonogiri kemudian adalagi cabang semarang dan masih banyak lagi.

Jadi,jika anda berdomisili di solo atau semarang,maka anda harus melalui kantor cabang di wilayah anda.Tidak bisa " nyebrang " ke wilayah lain.Itu melanggar peraturan perusahaan pusat.

Kenapa seperti itu? Karena setiap cabang memiliki OWNER/PIMPINAN yang berbeda.Jika dikumpulkan,dalam satu indonesia ada banyak OWNER/PIMPINAN yang mewakili cabang atau wilayah tertentu.

Untuk mengetahui cabang di wilayah anda,anda bisa mencarinya di GOOGLE atau langsung bertanya di cabang/kantor terdekat.


Sebelum anda memutuskan untuk bekerjasama dengan perusahaan ini,ada beberapa hal penting yang akan saya sampaikan.Jadi saya mohon anda membacanya dengan teliti.Hal yang akan saya jelaskan antara lain :
  • Persyaratanya
  • Prosedurnya
  • Harganya

Baik,saya akan langsung menjelaskanya untuk anda.


Syarat untuk jadi AGEN dan menjual es krim AICE


Untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan,persyaratan yang harus anda sediakan sangatlah sederhana,yaitu :
  • Fotokopi KK ( kartu keluarga )
  • KTP
Untuk berkas tersebut haruslah berkas yang punya tempat usaha.Jadi tidak bisa diwakilkan.Maksudnya adalah :

Jika yang punya usaha adalah bapak sarmin,maka dokumen atau berkas yang harus diserahkan merupakan fotokopian KK atau KTP dari bapak sarmin.

Jika ingin diwakilkan,boleh saja asalkan masih satu KK dengan bapak sarmin.Tidak boleh KK tetangga atau saudara.

Tetapi perusahaan memiliki beberapa kebijakan,diantaranya : Berkas tidak harus dua-duanya,bisa salah satu saja.Entah itu fotokopi KTP ataupun KKnya saja diperbolehkan.Tentunya hal ini sesuai dengan kebijakan dari cabang daerah masing-masing.


Apa hanya itu syaratnya?

Dokumen intinya memang hanya itu saja.Untuk yang lainya nanti akan dilakukan survey atau peninjauan oleh petugas berwenang untuk melakukan pengecekan kelayakan tempat usaha,seperti :
  • Listriknya kuat atau tidak
  • Usahanya layak atau tidak
  • Dan sebagainya
Daya listrik yang dibutuhkan sekitar 950 KWH,itupun terkadang 450 masih kuat untuk menampung kapasitas daya freezer.


Prosedur untuk Agen produk AICE


Setelah anda mengetahui apa saja persyaratanya,sekarang saya akan menjelaskan bagaimana alur atau tatacaranya.

Ada 2 sistem yang bisa anda lakukan jika berminat untuk menaruh freezer di tempat usaha anda,yaitu :
  • Menunggu petugas melakukan pencarian tempat baru
  • Langsung mendatangi kantor cabang

- Menunggu petugas maksudnya bagaimana?

Dalam setiap cabang,biasanya ada beberapa orang yang bertugas untuk mencari tempat-tempat yang sekiranya layak untuk diajak bekerjasama.Istilah dalam perusahaanya adalah " sales hunter ".

Mereka bertugas untuk berkeliling mencari tempat-tempat yang sekiranya sesuai dengan kriteria perusahaan untuk diajak bekerjasama.Jika anda beruntung dan kebetulan kedatangan sales huter ini,maka silahkan lakukan negosiasi dengan petugas tersebut.


- Langsung datang ke kantor cabang itu bagaimana?

Jika anda tidak suka menunggu karena hal itu tidak pasti,maka anda bisa langsung mendatangi kantor cabang atau kantor pusat AICE di wilayah anda.

Langsung masuk kantor dan bertemu dengan petugas didalam kemudian utarakan maksud anda untuk menjalin kerjasama.Petugas di kantor akan menjelaskan dan mengarahkan anda untuk proses selanjutnya.


OK mas,anggap saja saya sudah bertemu dengan sales hunter atau mendatangi kantor dan sudah DEAL/bersedia.Bagaimana selanjutnya?

Jika negosiasi sudah deal,maka urutan prosesnya seperti ini :
  • Petugas akan mengirimkan frezer ( frezer dipinjamkan,jadi saat pengiriman frezer,toko TIDAK BAYAR APAPUN
  • Petugas pengirim frezer akan memberikan MOU/surat perjanjian kerjasama yang harus anda tandatangani
  • Petugas akan meminta fotokopi KK/KTP atau keduanya
  • Petugas akan kembali ke kantor dan meninggalkan frezer di toko anda
  • Sales akan datang beberapa hari kedepan untuk melakukan pengisian varian es krim
  • Saat pengisian inilah pihak toko baru diminta uang untuk membayar isian frezer tersebut
  • Selanjutnya sales akan datang 1 minggu sekali untuk melakukan pengecekan frezer
  • Jika es nya habis,anda bisa meminta atau membeli varian yang sudah laku terjual.Jika tidak ada yang terjual maka anda tidak perlu membeli/mengisinya
  • Satu minggu sekali akan kedatangan sales,begitu seterusnya 

Hal-hal yang biasanya ditanyakan pihak toko antara lain :


A. Saat sales datang dan melakukan pengisian,toko kan bayar? Berapa bayarnya?

Ada sebuah kebijakan dimana UNTUK PENGISIAN PERTAMA,pihak toko diharuskan untuk mengisi dengan beberapa varian wajib.

Varian wajibnya itu kurang lebh ada 11 varian dari jumlah total 18 varian ( mohon maaf kalau salah jumlah ) tetapi intinya seperti itu.

Sedangkan untuk biaya jumlah varian wajibnya kurang lebih antara 1.000.000 sampai 1.400.000.Ini adalah harga diskon,yang biasanya kalau tidak diskon bisa mencapai angka 1.600.000.


B. Berapa lama waktu ujicobanya?

Pihak perusahaan memang memberikan waktu ujicoba penjualan selama 2 sampai 3 bulan.Jadi dalam kurun waktu tersebut,toko anda akan dilihat apakah lancar penjualanya atau tidak.


C. Kalau tidak laku bagaimana?

TENANG SAJA,jika dalam waktu ujicoba ternyata esnya tidak laku maka : JUMLAH SISA ES ( YANG MASIH BAGUS ) AKAN DIBELI LAGI.Jadi sisa es dalam frezer akan dihitung oleh petugas dan akan membelinya kembali.

Bahasa gampangnya,es yang masih tersisisa di frezer akan diganti dengan uang lagi.

Jika waktu pertama pengisian anda mambayar 1 juta rupiah dan ternyata tidak laku sama sekali,maka perusahaan akan menarik es dan frezernya + uang 1 juta untuk membeli sisa es yang ada dalam frezer.


D. Kalau listrik tidak kuat atau tidak kuat membayar tagihan listrik bagaimana?

Jika anda ingin mengambalikan produk karena tagihan listrik,maka prosedurnya sama seperti diatas.Sisa es krim ( yang masih bagus ) akan dibeli lagi oelh perusahaan.Jadi tidak asal ambil saja.


E. Yang dibeli lagi apakah es masih bagus saja? Yang rusak bagaimana?

Memang yang akan dibeli lagi adalah es yang kondisinya masih bagus.Untuk es yang jelek/rusak ( entah karena pembeli terlalu keras memegang atau alasan lainya ) tidak akan dibeli oleh perusahaan melainkan akan diberikan kepada anda.

Ini sesuai dengan kebijakan perusahaan dimana setiap toko/outlet harus menjaga es agar tetap dalam kondisi bagus.


F. Untuk pengambilan setelah pengisian pertama bagaimana?

Jika pengisian pertama anda harus mengisi dengan varian wajib yang harga totalnya sekitar 1.000.000 rupiah.Untuk pengisian selanjutnya itu mengikuti jumlah es krim yang terjual.

Jadi jika minggu berikutnya ada 2 varian yang laku terjual,anda bisa untuk HANYA MENGISI varian yang laku itu saja.TETAPI...

Sebisa mungkin anda harus selalu menyisakan STOK yang banyak supaya anda tidak kehabisan es.Pasalnya sales hanya akan datang 1 minggu sekali.Sediakan stok yang cukup untuk persediaan satu minggu kedepan.

Sayang sekali jika anda sampai kehabisan stok.Anda rugi nanti.Yang harusnya laku banyak,karena stok habis,jadi tidak ada yang beli.


G. Kalau mati lampu bagaimana?

Mati lampu memang akan membuat frezer terhenti,tetapi anda tenang saja pasalnya dari perusahaan sudah membekali frezer dengan selimut khusus yang bisa anda gunakan untuk menutupi es krim selama mati lampu.

Jika menggunakan selimut ini,es akan bertahan selama kurang lebih 1 sampai 2 jam.Jika mati lampu melebihi 1 atau 2 jam,maka anda HARUS SEGERA menelpon sales atau pihak kantor cabang untuk dicarikan solusi terbaik.

Disini terkadang toko banyak yang lalai.Perusahaan sudah menghimbau jika mati lampu diatas 2 jam untuk sesegera mungkin menelpon sales atau orang kantor,tetapi pihak toko tidak melakukanya.

Hal ini membuat es krim meleleh dan akhirnya tidak diganti oleh pihak perusahaan karena itu termasuk kelalaian toko.

Jadi,jika mati lampu,segeralah menelpon sales atau pihak perusahaan.Dengan begitu anda akan punya alasan kuat jika ternyata nanti es krim anda rusak.Jika anda diam saja,maka perusahaan tidak tau dan akan menganggap itu adalah kelalaian toko/outlet.


H. Apa hanya warung saja yang boleh?

Tidak,pondok pesantren,kantin sekolah,fotocopyan,warnet,konter dan bentuk usaha apapun bisa untuk bekerjasama.Bahkan jika toko bangunan sekalipun,jika memang penjualanya bagus,pihak perusahaan pasti akan menyetujuinya.


Jika di daerah anda tidak ada kantor cabang dan tidak tau apakah wilayah anda ada agen es aicenya,lakukan langkah dibawah ini :

  • Silahkan telfon ke nomor 0800 188 2828 ( ini adalah nomor kantor pusat di indonesia )
  • Katakan anda tau nomor ini dari website PUJIHARTONO.ID
  • Tanyakan alamat atau nomor kantor yang menjadi distributor di wilayah anda
  • Telfon atau datangi kantornya
  • Selesai

Kalau masih ada pertanyaan,silahkan ajukan di kolom komentar.Sebisa mungkin akan saya carikan jawabanya.

Demikian penjelasan tentang bagaimana prosedur untuk bisa manjadi agen dan berjualan produk es cream AICE di warung,toko atau tempat usaha anda.Semoga membantu,see uu.
28 komentar

28 komentar untuk Cara Menjadi Agen Es Krim AICE di Warung atau Toko.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar

.
Unknown

Sesuai aturan jarak radius berapa antara toko aice dh toko aice lainnya?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk jarak antar toko,itu tergantung kebijakan dari cabang atau region wilayah.Beda cabang atau region biasanya kebijakanya berbeda.Anda bisa langsung tanyakan ke manager atau kantor pemasaran setempat.

Balas Hapus
.
Unknown

Bos saya akan minta frizer untuk jualan es krim,dimana alamat untuk daerah lempuing jaya oki sumsel.trimakasih

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk cabang sumatera saya kurang tau,tapi apakah anda PERNAH MELIHAT ada warung atau toko di sekitar anda yang punya frizer es A-I-C-E ? Kalau ada silahkan coba tanyakan ke pemilik tokonya,pusatnya ada dimana.

Balas Hapus
.
Unknown

Pak Boss saya punya toko dan saya ingin bekerja sama dgn AICE cream, bagaimana cara utk mendapatkan treeser ice nya,dan apakah saya bisa mendapatkan freeser aice sedangkan jarak dari rumah saya ada 13 rumah yg menjual aice cream

Balas Hapus
.
Puji Hartono

1. Untuk caranya bagaimana,saya sudah tuliskan dengan detail di artikel,mungkin anda perlu membaca artikel diatas lebih detail lagi.

2. Untuk kebijakan " jarak antar satu toko dengan yang lain ",itu mengikuti kebijakan perwilayah,silahkan datangi kantor cabang di wilayah anda untuk memperoleh jawaban lebih rinci.

Balas Hapus
.
Unknown

minta info no wa atau email yg bisa di hubungi untuk daftar jadi reseller aice daerah semarang atau grobogan kak

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk informasi itu saya tidak punya.Silahkan perhatikan kal;au ada mobil A-I-C-E lewat,stop saja langsung tanyakan ke mereka.

Balas Hapus
.
Unknown

supayabs jualan es kirim AICE d toko kami

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Silahkan fahami dengan baik artikel saya diatas yaa.

Balas Hapus
.
Unknown

Frezer nya apa ada yg g terlalu besar??

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk ukuran memang ada yang besar ada yang kecil,hanya saja itu mengikuti stok yang ada,karena akhir-akhir ini pengiriman friser memang sedang terkendala dari pusatnya.

Balas Hapus
.
Unknown

Kalo ngejualnya harus sesuai harga yg dianjurkan apa bisa lebih? Soalnya saya pernah jualan yg 2000 saya jual 3000 tapi laku

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Ada peraturan dari pusat untuk menjual sesuai harga yang ditentukan.Tapi memang banyak penjual yang seperti itu ( resikonya frezer bisa ditarik ) kalau ketahuan dan pastinya penjual akan dapat nilai negatif dari konsumen.

Balas Hapus
.
Unknown

Saya warga baru d tempat tggl sy sekarang dan sy ingin usaha jualan aice tpi sya belum punya ktp sni masih pakai ktp tmpt tggl yg lama kira2 bagaimn solusiny?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Bisa dengan meminta surat keterangan domisili dari RT,atau menggunakan KTP dan KK lama ( kemungkinan bisa ).

Balas Hapus
.
Unknown

Saya ibu nina dari gambung desa mekarsari saya baru buka warung,pingin jg ada es krimnya terutama dari aice tp gk tahu siapa yg harus saya hubungi(agen terdekat)

Balas Hapus
.
Asri Lestari

Saya sudah menghubungi nomer telf yg tertera di website ini .tp nihil karena TDK tersambung.gimana caranya LG ya .

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Kalau telfon tidak bisa,cara terbaik adalah : Silahkan lihat di KABUPATEN anda ( semua kecamatan atau desa ) apakah ada yang punya freser incaran anda.Kalau tidak ada yang punya,memang daerah anda belum ada.

Kalau ada,tanyakan saja sama yang punya warung atau toko,minta nomor telpon salesnya.Selesai.

Balas Hapus
.
Ngudi

Kalau tidak punya warung/ tempat usaha, hanya rumah biasa, apakah bisa tetap jadi reseller?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Bisa,bahkan kalau tidak punya tempat usaha,anda bisa menjadi resleernya.Silahkan hubungi salesnya langsung untuk masalah ini.Tugas anda adalah mencari salesnya setelah itu utarakan saja maksud anda kepada si sales.

Balas Hapus
.
Unknown

bisa di info untuk wilayah cikarang barat tpatya di kalijaya prmai.

Balas Hapus
.
Unknown

Daerah Indramayu kantor ya ada di mana

Balas Hapus
.
Puji Hartono

kalau ndak salah dekat darah PT Gudang Garam Widasari.

Balas Hapus
.
Unknown

Assalamualaikum saya ingin jadi reseler Aice tapi di Deket toko saya sudah ada toko lain yang jadi reseller Aice apakah saya tetap bisa jadi reseler Aice?

Mohon dijawab🙏

Balas Hapus
.
Puji Hartono

setahu saya ada kebijakan khusus untuk jarak toko yang berdekatan,walaupun ada peraturan jarak 100 meter,nyatanya toko yang berhadapan jualan bareng juga banyak.Coba langsung hubungi pihak kantornya supaya dapat jawaban pasti.

Balas Hapus
.
Anonim

Izin bertanya apakah boleh menjual ice cream aice nya saja? Karene di toko sudah ada lemari pendingin sendiri, jadi hanya ingin menjual ice creamnya saja tanpa frezernya. Apakah boleh?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

sangat boleh. Itu masuk kategori broker. Hubungi salesnya langsung saja.

Balas Hapus