Cara Mengatasi " Jaringan Bergerak Tidak Tersedia " ALL OPERATOR!

Bagi anda yang pernah mengalami gangguan atau masalah pada sim card perdana anda dimana secara tiba-tiba sinyal hilang total dan muncul tulisan atau notifikasi " jaringan bergerak tidak tersedia " maka saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi atau solusi untuk permasalahan tersebut.

Mengatasi notifikasi " jaringan bergerak tidak tersedia " atau mungkin bertuliskan jaringan mobile tidak tersedia sebenarnya cukup mudah dan ini berlaku untuk semua operator baik itu telkomsel,3,indosat,smartfren,xl ataupun penyedia yang lainya.

Anda tidak perlu panik dulu,karena permasalahan atau error seperti itu umum dan sering terjadi pada hp android dan berlaku untuk semua ponsel.Ada banyak faktor sebab atau penyebabnya.Saya akan menjelaskanya untuk anda.


Jaringan Bergerak Tidak Tersedia






Jaringan bergerak tidak tersedia atau notifikasi seperti mobile service unavailable kemudian ada lagi jaringan mobile tak tersedia biasanya ditandai dengan hilangnya sinyal secara total.Dalam artian ponsel benar-benar tidak bisa untuk melakukan aktifitas apapun.

Bahkan untuk mengecek pulsa atau nomor saja tidak bisa dikarenakan sinyalnya tidak ada.

Untuk menjelaskan ini,saya akan sedikit bercerita pengalaman pribadi saya beberapa waktu yang lalu,dimana tiba-tiba bar sinyal saya berubah menjadi icon atau simbol " stop " seperti pada gambar diatas.

Dan yang lebih membuat saya panik adalah,kartu perdana sim card itu benar-benar tidak bisa untuk melakukan aaktifitas apapun.bahkan sms dan telepon keluar masukpun tidak bisa.OK,langsung saya mulai saja.


Saya melakukan beberapa langkah untuk mengatasi masalah jaringan bergerak tidak tersedia ini,antara lain :


1. Restart ponsel


Hal pertama yang saya lakukan adalah dengan merestart atau ( mematikan ponsel lalu menghidupkanya kembali ).

Selain mudah dan simple,langkah ini adalah langkah paling praktis yang bisa saya lakukan.Tetapi setelah saya restart ponsel saya,masalah tidak selesai alias masih ada notifikasi seperti itu dan ponsel juga masih belum bisa untuk melakukan kegiatan apapun.


2. Ubah pengaturan signal ( Ubah APN )


Langkah berikutnya adalah dengan mencoba mengubah sedikit pengaturan signal atau network pada ponsel saya,langkahnya adalah :
  • Masuk menu setting/pengaturan
  • Pilih jaringan seluler
  • Lalu lakukan perubahan pada bagian APN
  • Setelah itu restart dan lihat hasilnya

Setelah saya mencoba mengubah APN sim card kartu perdana saya ( bahkan banyak APN ) saya coba,tetap saja tidak membuahkan hasil yang maksimal.Masalah masih saja seperti itu.


3. Menukar posisi sim card perdana


Tidak habis akal,kebetulan ponsel android saya menggunakan double sim card atau bisa menggunakan 2 perdana sekaligus.

Saya mencoba menukar posisinya,dimana sim 1 saya pasang di sim 2 begitupun sebaliknya.

Agak terkejut melihat kenyataan bahwa setelah saya tukar posisinya,ternyata sim 2 saya yang rusak.Kerusakan tidak terjadi pada dudukan atau port sim cardnya.

Sebelumnya saya beranggapan bahwa port sim card saya yang rusak dan minta di service,ternyata sim perdananya yang bermasalah.

Jika anda mau mencoba langkah ini,cobalah dengan beberapa kartu perdana.Jika semua kartu perdana bermasalah,berarti itu HPnya rusak.Tetapi jika hanya perdana itu saja yang tidak muncul sinyalnya,maka perdananya yang rusak.


4. Membawanya ke gerai perdana


Langsung berfikiran untuk membawanya ke gerai perdana ( tempat khusus untuk mengurus perdana rusak sesuai operator yang digunakan ) untuk saya perbaiki atau buatkan yang baru.

Maklum saja,ini nomer lama,jadi sayang kalau sampai dibuang begitu saja.

Langsung meluncur ke gerai.Ternyata waktu itu antrian cukup panjanag dan saya dikejar waktu jadi tak bisa mengantri selama itu.Saya ambil saja jalan pintas untuk menanyakan ke satpam saja.

Jawaban satpam tidak membuat saya lega dimana beliau mengatakan bahwa permasalahan saya dikarenakan " TERBLOKIR PERMANEN AKIBAT TIDAK PERNAH ISI PULSA " dan ini TIDAK BISA dikembalikan lagi seperti semula.

Tidak bisa menunggu lagi,akhirnya saya kembali dari gerai dan melanjutkan aktivitas saya.Tetapi didalam hati masih kurang puas.


5. Menelpon CS operator perdana


Saya iseng untuk menelpon ke SC operator perdana yang saya gunakan ( dengan nomor lain yang sama providernya tentunya ).

Saya jelaskan dan jabarkan permasalahan yang saya alami.Pihak CS meminta nomor yang bermasalah untuk dilakukan pengecekan.Saya berikan nomernya ( 0821.... ).Setelah menunggu beberapa lama,akhirnya pihak CS menjelaskan bahwa :

Data nomor tersebut sudah tidak bisa dicek atau sudah tidak muncul di data server.Dalam artian,nomer itu sudah terblokir permanen.

Dan untuk masalah seperti itu,TIDAK BISA dibuatkan nomer yang baru.


KESIMPULAN :

A. Pembuatan kartu perdana hanya bisa dilakukan jika dikarenakan :
  • Ingin upgrade ke 4G
  • Perdana hilang
  • Perdana rusak
Jika kasusnya itu terblokir karena tidak pernah isi pulsa seperti saya ini,maka mau tidak mau harus mengikhlaskanya dan mengganti dengan nomer atau perdana yang baru.

B. Ini hanya pengalaman pribadi saya saja.Jika anda kurang puas,anda bisa langsung menanyakan ke gerai operator sesuai pedana yang anda gunakan.


BACA JUGA :

- Cara registrasi perdana baru ( untuk semua operator )


Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk mengatasi masalah atau notifikasi jaringan bergerak tidak tersedia untuk semua operator seperto telkomsel,3.indosat,xl,smartfren dan sebagainya.Semoga bisa membantu anda,see uu.

9/15/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Cara Mengatasi " Jaringan Bergerak Tidak Tersedia " ALL OPERATOR!.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar