Mengatasi Hp Android Mau Menyala Hanya Jika di Cas

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman pribadi perihal masalah hp android yang mau hidup dan menyala hanya jika tersambung cas atau sambil di charger saja,kalau casan dicabut maka ponselnya langsung mati.Saya juga akan menjelaskan solusi atau cara mengatasi permasalahan tersebut jika memang suatu saat menimpa anda.

Hp android yang hanya mau hidup atau menyala jika di colokan cas atau charger sebab atau penyebabnya ada banyak.Untuk mengatasinya,anda harus tau letak kerusakanya dimana.

Smartphone saya juga mengalami hal serupa,malah yang lebih anehnya lagi,hp android saya bisa dihidupkan lama tanpa casan hanya kalau masuk menu fastboot atau menu reset.Tetapi untuk masuk ke menu utama,tetap harus menggunakan bantuan alat pengisian daya.

Jika cas atau charger dilepaskan,maka hp android saya akan langsung mati dan restart secara terus menerus.Untuk menghentikan restartnya itu,saya harus melepaskan baterainya,jika tidak dilepas batrainya,maka akan restart berulang-ulang non stop.


Mengatasi Hp Android yang Menyala Jika Menggunakan Cas Saja




hp android hanya mau nyala jika tersambung dengan charger saja



Sebelumnya,untuk merk ponsel yang saya gunakan adalah asus,tetapi permasalahan seperti ini juga sering menimpa merk lain seperti samsung,xiaomi,lenovo,oppo,vivo dan merk yang lainya.

Ok,langsung saja : 


Kebiasaan buruk dalam menggunakan hp android

Saya memang terbilang orang yang ceroboh dan tidak terlalu menghiraukan perawatan dan pemakaian gadget yang baik dan benar.

Berhubung saya sangat suka sekali mendengarkan musik ketika hendar tidur dan bermain game,saya sering menggunakan gadget saya sembari mengisi daya.Karena jika tidak seperti itu,batrainya cepat habis dan saya tidak suka harus menunggu batrai full baru digunakan.

Selalu dan hampir setiap hari saya melakukan hal tersebut.Lambar laun,ponsel saya ini mula mengeluarkan gejala-gejala aneh.seperti :
  • Tiba-tiba mati sendiri padahal batrai masih ada
  • Sangat susah untuk dinyalakan
  • Tiba-tiba restart ( hanya sesekali,tidak sering )
  • Masuk ke menu utama sangat lama ( lola )
Dan berbagai gejala lain yang terasa sangat aneh.

Tadinya saya berfikir jika itu adalah karena baterai yang sudah mulai jelek jadi saya tidak terlalu memikirkanya.Toh masih bisa digunakan ( fikir saya seperti itu ).

Tetapi semakin lama,ponsel jadi sangat tidak nyaman untuk digunakan.Gejala seperti yang saya sebutkan diatas mulai terjadi dengan rentan waktu yang terbilang sering,sampai pada akhirnya,hampir setiap hari ponsel saya mengalami masalah.


Masalah utama muncul

Mungkin sekitar 2 minggu saya mengalami permasalahan pada gadget saya,sampai pada akhirnya,ponsel saya benar-benar mati dan hanya mau hidup jika menggunakan charger.

Jika tidak menggunakan cas,ponsel saya tidak mau hidup,apalagi masuk ke menu utama.Paling mentok hanya beberapa detik kemudian mati lagi.Kalau sedang beruntung,ponsel bisa digunakan,itupun hanya beberapa menit kemudian mati sendiri.

Yang lebih menjengkelkan adalah : Jika sudah mati,ponsel lagsung restart terus menerus sampai casing belakang terasa panas.


Cara Mengatasi Hp Android yang Hidup atau Menyala Hanya Jika Menggunakan Cas


Berikut beberapa langkah yang sudah saya lakukan sampai pada akhirnya ponsel saya normal kembali 100% :


1. Mengganti Baterai dengan yang ORIGINAL

Karena dalam benak saya,ini adalah masalah batrai yang minta diganti,jadi tanpa fikir panjang saya langsung mencari batrai.

Tidak mau tanggung-tanggung,saya langsung mencarikan yang asli atau original.Harganya kurang lebih sekitar 150.000.Tetapi,sebagai pembeli,sebelum membelinya saya coba dulu dong,dan alanglah terkejutnya saya ketika mendapati ponsel sata TIDAK BISA menyala normal.

Hampir 3 kali saya mencoba baterai yang baru tetapi permasalahan tidak selesai.Ponsel saya masih mengalami permasalahan seperti tertulis diatas.

Saya kemudian mencoba browsing di internet dan bertanya di berbagai forum gadget,hampir sebagian besar orang menjawab bahwa itu adalah permasalahan baterai,tetapi seperti yang saya katakan sebelumnya,sudah hampir 3 kali mencoba dan hasilnya nihil.

Jelas,itu bukanlah masalah baterainya.


2. Reset Ulang

Ini point yang membuat saya bingung dan beranggapan bahwa batre lah penyebabnya,dimana ketika masuk mode reset,ponsel bisa hidup dan menyala lama bahkan tanpa dicas sekalipun.

Tak mau menyia-nyiakan kesempatan,langsung saja saya melakukan reset ulang.Itu loh,dengan menekan kombinasi tombol ( volume dan power ) secara bersamaan.Ini yang saya maksud dengan mode reset.

nanti kan akan muncul beberapa pilihan,seperti : clear cache,fastoot,clear/wipe data dan sebagainya.Langsung saja saya melakukan reset ulang.Jika anda tidak mengerti bagaimana melakukan reseet ulang ini,silahkan baca :


- Cara instal ulang android

Setelah saya melakukan hal tersebut,ternyata tidak juga membuahkan hasil.Tidak putus asa,saya mencoba alternatif lainya.


3. Software Ulang

Hampir sama dengan resset,bedanya jika opsi ini anda harus menyiapkan file didalam memori atau harus menggunakan komputer.

Saya mencoba melakukan software sendiri dengan mendownload firmware dan berbagai file lainya di laptop saya dan mencoba melakukan format sendiri.Hasilnya nihil.

Belum putus asa juga,saya mencari ahli software di daerah saya yang bisa melakukan software " DENGAN TOOL BOX ",ini adalah alat khusus berbentuk seperti box komputer yang diperuntukan khusus untuk melakukan instal full pada ponsel.

Setelah ketemu ahlinya,saya memintanya untuk melakukan software TOTAL.Hampir 1 jam saya menunggu dan ternyata hasilnya nihil.

Kemungkinan tukang softwarenya memang sudah sering menjumpai permasalahan seperti ini,jadi beliau meminta izin saya untuk melakukan pengecekan terhadap komponen mesin.Saya pun mengizinkanya.


4. Ganti IC EMMC

Setelah ponsel saya dibongkar dan diperiksa,ternyata ketemu letak kerusakanya,yaitu : IC EMMC RUSAK!

Saya sebetulnya tidak terlalu mengerti ini part itu apa,bentuknya bagaimana,letaknya dimana ataupun fungsinya apa.Saya tidak mau tertipu,jadi saya katakan saja belum punya uang dan meminta ponsel saya dirakit kembali kemudian saya bawa pulang.

Saya tidak lantas pulang,saya berkeliling mampir ke berbagai ahli reparasi ponsel dan menanyakan kerusakan ponsel saya.Setelah menjumpai beberapa ahli dan merekapun mengatakan EMMC saya bermasalah,barulah saya memutuskan untuk melakukan perbaikan.

Saya pilih dan pilah tikang reparasi yang memiliki testimoni bagus.Setelah menemukanya,saya serahkan kepada baliau.


Ponsel normal kembali

Setelah menunggu beberapa minggu karena ternyata IC EMMC itu tidak dijual luas layaknya anti gores atau hardcase.Part ini harus dipesan terlebih dahulu.

Beruntung jika stok disitu masih ada,jadi tidak perlu menunggu lama.Karena stok di tempat reparasi sudah habis,jadi saya mau tidak mau harus menunggu agak lama.

Setelah perbaikan selesai,ponsel saya kembali normal.


CATATAN PENTING

- Jika ponsel anda mengalami masalah,jangan terlalu tergesa-gesa untuk melakukan tindakan.Fikirlah dengan tenang supaya anda tidak menjadi korban oknum yang memanfaatkan keadaan.

- Dalam perangkat ponsel,kerusakan yang " HAMPIR SAMA " bukan berarti letak masalahnya sama,karena terdapat puluhan sampai ratusan part di mesin ponsel.

- Lakukan apapun dengan rencana matang,agar membuahkan hasil yang maksimal.


Demikian cerita pengalaman tentang hp android saya yang hanya bisa hidup atau menyala normal jika terhubung dan menggunakan cas atau charger.Semoga bisa bermanfaat,terimakasih telah membaca,see uu.
18 komentar

18 komentar untuk Mengatasi Hp Android Mau Menyala Hanya Jika di Cas.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar

.
Unknown

Aku mengalami permasalahan yang sama ka, dan sama juga pake hp asus..

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Ada banyak kemungkinan,silahkan mulai dari yang mudah dulu ( ganti baterai ) kalau masih sama,besar kemungkinan kerusakan di mesinya.

Balas Hapus
.
B'LIGHT media

ic emmc berfungsi sebagai penyimpanan internal termasuk sistem operasi..apa ya kira2 kaitan dengan suplai power? sy masih belum bisa paham kasus ini dengan penggantian ic emmc..mgkn ada pencerahan dari sisi teknis.

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Ohh,mungkin saya salah penyampaian kasus ini.Jadi didalam artikel diatas itu,device memang dari awal sudah trouble ( sering mati sendiri dan gagal masuk menu ).Sudah di coba flash beberapa kali tapi hasil nihil.

Seberjalanya waktu,device jadi seperti itu " susah masuk menu dan kalaupun bisa harus sambil di charger ".

Saya juga bingung sendiri kenapa,karena memang itu tidak sesuai dengan ilmu " TEORI " mesin hp,tapi yang namanya teknisi,pasti pernah mengalami suatu kasus yang tidak sesuai teori semacam ini bukan? Mungkin ini salah satu dari sekian kasus yang " agak aneh/melenceng dari ilmu teorinya ".

Balas Hapus
.
Unknown

Assalamualaikum ka, saya punya gejala yang sama persis dan hp saya juga asus. Tepatnya asus ze500kg. Saya rasa juga ic yang kena, kira2 habis biaya berapa ya?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk biaya itu relatif tergantung dari daerah masing-masing.Tetapi untuk perkiraan,silahkan anda cari info berapa harga IC di online shop kemudian biaya service ic biasanya mahal sekitar 200 sampai 250 ribu karena resikonya tinggi.

Balas Hapus
.
Unknown

Kalo seumpama kita jual langsung apa masih make

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Maksudnya gimana ya?

Balas Hapus
.
Shiro

Kenapa hp oppo ae7f saya mati daya sendiri kalau data internetnya dinyalakannya yaa, kalau data internetnya mati, hpnya masih bisa dipake kayak biasa...

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Kalau ponsel mati ketika data internetnya nyala,sepengalaman saya,itu ada yang konslet di bagian IC sinyal/IC PA/IC RF nya.

Balas Hapus
.
nabila

saya juga sama kak. tapi hp saya samsung s7 edge
bedanya , hp sy ga ada masalah dengan menu2nya. hanya masalahnya bisa menyala kalo di cas, tapi kadang kalo hp panas meskipun dicas ya mati sendiri.
saya belum apa2kan, apa itu permasalahan dari baterainya saja?
saya mau ganti baterai tapi ragu apakah sesuai atau tidak dengan daya dan kapasitasnya.

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Yang pertama perlu anda lakukan adalah, MENCARI gerai/toko ponsel yang menjual baterainya ( YANG BISA DICOBA DULU BARU BAYAR ). Jangan langsung beli, karena masalah ponsel beda beda.

Balas Hapus
.
Unknown

hp q juga asus ka, asus zenfone promax m1, batre udah full, ketika di cabut 5 menit kemudian mati, ketika dihidupkan ada tulisan "Your device is corrupt. It can’t be trusted and may not work properly”
batre posisinya juga melembung, mau ganti udah terlanjur nyaman pake hp asus, soalnya enak ngk lemot, akhirnya aku siasatin pake power bank robot yg 1000 mah,lumayan worth it si kak

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Saran saya segera ganti baterainya. Bukan di powebanknya, tapi kalau dipaksa pakai baterai lama, ditakutnya berimbas ke komponen lain. Nanti tambah pusing kalau sampai IC yang kena.

Balas Hapus
.
Anonim

Ka, ini hp saya begitu setelah keluar dari odin mode.
Itu kenapa ya ka?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

bisa crash software bisa mesinya. Coba soft reset kalau gak bisa hard reset, masih gak bisa coa instal ulang. Semoga CPU dan EMMC nya gak kena, kalau kena, siapin biaya.

Balas Hapus
.
Vell

Ka hp saya Redmi 9T, kalo di cas batu hidup. Baterai 100% pun kalo ga dicas bakal ngereboot ulang sampe baterainya habis, kira-kira yang rusak apanya ya kak?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Kemungkinan kerusakan :

Baterai
Software
Ic jalur baterai

Ganti baterainya saja dulu.

Balas Hapus