Cara Melamar Pekerjaan Via JOBFAIR,LENGKAP!

Cara melamar pekerjaan via jobfair sedikit berbeda dengan mendaftar kerja lewat BKK atau lembaga sejenisnya.Anda wajib mengetahui bagaimana alur prosesnya kemudian persyaratan serta pertanyaan yang sering ditanyakan pada bursa pencarian tenaga karyawan seperti ini.

Cara mendaftar kerja via jobfair bisa dikatakan mudah,bahkan menurut saya ini adalah langkah termudah untuk mencari pekerjaan yang bisa anda pilih.Dalam pembahasan kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan kepada anda selengkap dan sedetail mungkin supaya anda benar-benar faham dan mengerti.


Cara Mendaftar Pekerjaan Lewat Jobfair




panduan lengkap mencari pekerjaan via jobfair



Jobfair adalah sebuah " acara/event " yang diselenggarakan oleh pihak tertentu dengan tujuan untuk mencari calon tenaga kerja bagi perusahaan yang bergabung didalam acara tersebut.

Lebih jelasnya seperti ini :

Katakanlah ada sebuah lembaga ( entah itu lembaga pemerintah,lembaga swasta,lembaga perorangan atau sebuah organisasi ) membuka acara JOB-FAIR,nantinya didalam acara tersebut akan terdapat banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan ( silahkan lihat gambar diatas ).

Perusahaan-perusahaan akan berkumpul menjadi satu yang dibagi sesuai stand/tenda masing-masing,kemudian para pelamar yang masuk kedalam acara atau ruangan,bebas untuk memilih perusahaan sesuai yang diinginkan.

Tentunya,perusahaan-perusahaan tersebut memiliki kriteria atau persyaratan khusus,jadi pelamar tinggal menyesuaikan saja,perusahaan mana yang kriterianya masuk dengan diri mereka.


Jobfair bayar atau gratis?


Sebuah event pencarian tenaga seperti ini " ADA YANG BAYAR ADA YANG GRATIS ".Itu semua tergantung dari lembaga penyelenggara.

Biasanya,jika yang menyelenggarakan itu adalah lembaga pemerintah,biayanya gratis alias tidak dipungut biaya.Tetapi tidak selalu seperti itu.

Untuk yang BAYAR,biasanya peserta yang ingin mengikuti event ini akan dikenakan biaya antara 50.000 sampai 100.000 rupiah sebagai ganti tiket masuk.

Sebagai pencari kerjaan,kita semua dituntut untuk extra berfikir keras dan tidak boleh asal ikut saja dalam acara seperti ini,kenapa? Saya akan jelaskan di paragraf berikutnya.


Jobfair penipuan atau tidak?


Ini adalah penjelasan alinea sebelumnya.Jujur saja,sebuah event sebesar ini TIDAK BISA dikatakan 100% aman,kenapa? Karena masih saja ada oknum nakal yang mengatasnamakan perusahaan palsu untuk memanfaatkan keadaan.

Berarti penipuan kah? 

Untuk menjawab pertanyaan itu,saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya beberapa tahun yang lalu :

Singkat cerita saya mengikuti sebuah event jobfer di sebuah wilayah.Saat pertama kali akan masuk,saya dimintai uang sebesar 50.000 untuk biaya masuk.Saya tidak fikirkan uangnya karena di fikiran saya didalam akan banyak sekali perusahaan-perusahaan yang bisa saya pilih.

Setelah saya masuk kedalam,betapa kagetnya saya mengetahui bahwa isi perusahaan tidak sesuai brosur dan sekilas malah seperti perusahaan yang mengharuskan mencari member ( tidak perlu saya jelaskan ).

Dari sini saya merasa kecewa sekali.Saya tidak ingin gegabah dan mengambil kesimpulan sepihak.Saya hanya diam dan menjadikan ini sebagai pengalaman ( semoga anda tidak mengalaminya ).


Yang harus diperhatikan jika ingin mengikuti Jobfair


Berdasarkan pengalaman saya diatas,saya akan memberikan sedikit point/tips penting yang perlu anda perhatikan jika ingin mengikuti event seperti ini,antara lain :
  • Pastikan siapa penyelenggaranya
  • Pastikan berapa biaya untuk masuk
  • Pastikan perusahaan apa yang ada didalamnya
  • Siapkan persyaratan/surat lamaran sebanyak mungkin ( jangan sampai surat lamaran anda sudah habis tetapi perusahaan masih banyak yang belum anda masuki )
  • Pastikan untuk menjaga barang berharga ( hati-hati karena tempatnya akan sangat ramai )
  • Pastikan untuk TIDAK PERGI SENDIRI
  • Berfikirlah sebelum mengambil keputusan
Anda harus mempersiapkanya dengan matang sebelum ikut kegiatan ini yaa,kalau terburu-buru dan terbawa suasana,takutnya anda mengalami pengalaman pahit yang saya alami.

Ok,itu adalah beberapa point awal yang perlu anda fahami.Setelah memahaminya,sekarang saya akan menjelaskan point utamanya.


Apa saja yang dibawa ketika mengikuti Jobfair?


Setelah anda yakin akan mengikuti acara ini,ada beberapa persyaratan yang perlu anda bawa,antara lain :
  • Surat lamaran yang banyak ( saya sendiri biasanya membawa lebih dari 5 surat,terkadang malah sampai 10 bahkan lebih )
  • Masukan surat tersebut pada amplop coklat khas untuk melamar kerjaan dan kosongkan alamat perusahaan ( di isi nanti alamatnya,jika menemukan yang cocok )
  • Bawa alat tulis lengkap
  • Menggunakan pakaian rapih selayaknya orang mencari pekerjaan
  • Menggunakan sepatu ( tidak harus tapi diusahakan yaa )
  • Membawa berkas asli ( baik itu berkas asli dari berkas yang anda masukan di amplop ataupun berkas lainya yang dirasa perlu seperti KK,AKTE dan yang lainya )
  • Membawa uang secukupnya saja

Memang sedikit ribet,tetapi hal tersebut harus anda lakukan,kenapa?

Karena tidak lucu jika anda sudah jauh-jauh datang dan membayar,tetapi harus bolak-balik atau bahkan gagal mendaftar hanya karena kekurangan berkas.


Tatacara mendaftar lewat Jobfair bagaimana?


Setelah semuanya lengkap baik persiapan berkas ataupun yang lainya,sekarang waktunya untuk menjelaskan bagaimana alur pendaftaranya.Untuk alurnya seperti ini :
  • Pastikan anda bisa masuk kedalam acara tersebut
  • Silahkan lihat-lihat dan berkeliling terlebih dahulu sembari mencari perusahaan yang sekiranya pas dihati anda
  • Baca persyaratanya ( biasanya terpampang di baliho atau di papan sebelah meja perwakilan perusahaan
  • Jika persyaratanya pas,silahkan tulis alamat perusahaan di surat lamaran dan berikan kepada petugas perwakilan perusahaan
  • Lakukan langkah seperti itu untuk beberapa perusahaan ( makin banyak makin bagus karena peluang dipanggil kerja juga semakin besar )
  • Anda tidak akan dikenkan biaya untuk menaruh lamaran,jika harus bayar lagi,maka tidak perlu diteruskan

Apakah 100% akan dipanggil?

Untuk pemanggilan kerjanya,TIDAK BISA dipastikan,karena pihak perusahaan akan melakukan penyaringan terlebih dahulu untuk berkas-berkas yang masuk,yang pastinya akan sangat banyak.

Jika memang berkas yang anda berikan sesuai dan perusahaan memang kuotanya masih ada,maka kemungkinan besar anda bisa terpanggil.Dengan catatan,perusahaan yang anda pilih itu memang asli ya,bukan oknum nakal yang mengada-ada.


Berapa lama waktu pemanggilan?

Biasanya tidak akan lama,sekitar 1 sampai 2 minggu dari waktu anda melakukan pendaftaranya.Jika dalam jangka waktu tersebut anda belum terpanggil,maka ikhlaskan saja karena mungkin belum rezeki anda.


Ada tes nya atau hanya menitipkan surat lamaran?

Sebagian besar hanya titip lamaran saja,untuk test lanjutan akan dilakukan di perusahaan langsung.Tetapi anda kalanya,sebuah perusahaan melakukan pengetasan singkat ( biasanya berupa wawancara/interview singkat ).


Apa pertanyaan yang sering keluar dan diajukan?

Tidak banyak dan tidak terlalu mendetail karena pihak perwakilan juga mengejar waktu.Kalau pertanyaanya terlalu panjang,yang lain tidak akan kebagian.

Pertanyaan yang keluar juga pertanyaan sederhana seperti :
  • Pernah kerja dimana sebelumnya
  • Pengalamanya apa
  • Skillnya apa
  • Kalau gajinya sedikit bagaimana
  • Kalau kerjanya berat bagaimana
Hanya pertanyaan sederhana semacam itu saja.Tidak terlalu rumit dan tidak terlalu mendetail.Itu akan ditanyakan nanti di test lanjutan yang berlangsung di perusahaan.

BACA :



Demikian pembahasan lengkap tentang bagaimana cara melamar pekerjaan lewat jobfair lengkap dengan penjelasanya.Semoga bisa membantu,see uu.

7/21/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Cara Melamar Pekerjaan Via JOBFAIR,LENGKAP!.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar