11 Tips Mudik Naik Kereta Api Supaya Aman,Nyaman dan Lancar

Beberapa bulan kedepan,masyarakat indonesia akan melakukan tradisi masal setiap satu tahun sekali dan hanya ada di indonesia yaitu mudik atau pulang kempung menjelang hari raya lebaran.Bagi anda yang ingin pulkam khususnya yang akan naik kereta api,ada baiknya anda membaca beberapa tips yang akan saya tuliskan supaya perjalanan anda lebih aman,nyaman dan lancar.

Tips mudik untuk mereka yang menggunakan atau naik jasa transportasi kereta api ini saya berikan dengan tujuan supaya dalam perjalanan nanti,anda tidak terlalu repot karena memang untuk waktu menjelang idul fitri,tingkat kenaikan penumpang akan bertambah berkali-kali lipat.


Tips Mudik Naik Kereta Api supaya Lancar




tips mudik naik kereta api supaya aman,nyaman dan lancar



Kereta api adalah salah satu alat trasportasi darat ANTI MACET yang menjadi primadona dan paling banyak dipilih serta digunakan untuk perjalanan pulkam.Bagi anda yang ingin menghindari macetnya jalan ketika mudik berlangsung,silahkan pilih kendaraan panjang berbuntut ini.

Walaupun tidak bisa menjamin 100% akan sampai tujuan tepat waktu,paling tidak anda akan terhindar dari capeknya kemcetan.Kenapa tidak 100% lancar? Karena masih ada beberapa kendala tehnis seperti permasalahan mesin yang mungkin bisa menjadi faktor keterlambatan anda menggunakan kendaraan ini.

Tetapi menurut saya,sampai saat ini kendaraan seperti pesawat terbang dan kreta api merupakan pilihan terbaik untuk anda yang ingin melakukan perjalanan mudik.

Khusus untuk anda yang ingin menggunakan kendaraan ini,saya akan berikan sedikit tips supaya perjalanan anda lebih aman,nyaman,tenang dan lancar,berikut tipsnya :


1. Istri dan Anak Pulang Duluan


Untuk anda yang sudah memiliki keluarga dan jika hal ini memungkinkan,ada baiknya untuk menyuruh mereka untuk pulang ke kampung halaman terlebih dahulu.Bisa beberapa minggu sebelum hari H.

Hal ini sangat saya anjurkan khususnya untuk anda yang anaknya masih balita atau masih kecil.Selain untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,dengan pulang terlebih dahulu,paling tidak anak anda bisa terhindar dari riuh sesaknya perjalanan menjelang hari raya.

Saya sering sekali melihat anak-anak kecil yang menangis dan ditambah lagi melihat ibu bapaknya yang sepertinya sangat kelelahan,jadi tedak tega saya lihatnya.Untuk menghindari hal ini,silahkan untuk " mempersilahkan mereka pulang duluan ".


Tapi saya takut mas? Kasihan juga istri kalau pulang sendiri,Bagaimana?

Anda tidak perlu takut mereka hilang atau kenapa-kenapa karena sekarang jasa transportasi kreta sudah sangat berubah dari jaman dulu.Sekarang keamananya sangat terjamin dan pelayananya juga sangat baik.

Supaya anda bisa lebih tenang,anda bisa mencoba tips berikut :
  • Mintalah bantuan saudara untuk menemani perjalanan keluarga anda ( anda bisa menyuruh yang dikampung untuk datang menjemput atau mengajak saudara lain yang ada di kota )
  • Selalu jaga komunikasi ketika diperjalanan
Sekedar cerita saja,ini merupakan hal wajib yang saya lakukan dulu ketika masih merantau dengan istri.Anda sebagai seami atau istri jangan egois yaa,tolong fikirkan anak anda,mereka layak untuk mendapatkan yang terbaik bukan?


2. Pesan Tiket Beberapa Bulan Sebelum Hari H


Belajar dari pengalaman beberapa tahun belakang,ketersedian tiket kreta menjelang hari raya SANGAT RAWAN KEHABISAN STOK.Hal ini disebabkan karena banyaknya penumpang yang ingin melakukan perjalanan di hari dan jam yang sama.

Selain itu,ketersediaan kreta juga belum terlalu banyak dan akhirnya membuat kapasitasnya " overload ".Yang saya maksudkan over itu bukan sampai ada yang berdiri atau naik diatas kreta yaa,malainkan over dalam artian semua hari dan jam menjadi penuh dengan penumpang.

Untuk menghindari anda " kehabisan tiket ",ada baiknya anda memesan beberapa minggu sebelum hari saya tiba.Pihak PT KAI biasanya sudah membuka jadwal pemesanan atai booking tiket beberapa minggu sebelum hari raya,jadi silahkan lakukan pemesanan secepatnya.


3. Kurangi Barang Bawaan


Membawa baju dan oleh-oleh memang sudah menjadi hal yang selalu dilakukan para pemudik.Kurang pas memang kalau pulkam tidak bawa oleh-oleh,tetapi saya biasanya mensiasatinya dengan :
  • Membeli semuanya ketika di kampung nanti
Jadi saya pulang biasanya dulu cuma pakai satu tas dipunggung saja,untuk bawa bekal secukupnya saja.Selebihnya biasanya saya belanja ketika sudah berada di kampung nanti.

Tidak ada bedanya kan? Cuma beda tempat membelinya saja.Toh akhirnya anda juga bisa memberikan oleh-oleh kepada keluarga dirumah.


4. Siapkan " Kantong Celana Khusus "


Bagi anda yang membawa banyak uang atau benda berharga seperti emas dan sebagainya.Anda bisa melakukan trik untuk menjaga benda berharga anda terhindar dari praktek kejahatan seperti copet atau terjatuh dijalan.

Salah satu triknya adalah denga membuat " kantong celana/baju khusus ".Yang saya maksudkan begini :

Jadi anda membuat kantong celana biasa TETAPI LETAKNYA DI DALAM CELANA atau DIDALAM BAJU.Anda bisa menambahkan resleting untuk mencegahnya jatuh dan selalu gunakan bahan yang kuat seperti bahan jeans dan sejenisnya.

Memang repot nanti ketika anda ingin membukanya,anda harus ke kamar mandi dan membuka sabuk atau gesper anda,tetapi sampai sekarang " kantong ajaib " itulah yang membuat saya BELUM PERNAH mengalami tidak kejahatan copet atau barang berharga saya jatuh dijalan.

Saya hanya memberikan tips saja,jika memang anda rasa berguna,tidak ada salahnya dicoba,tetapi jika tidak,lanjut ke point berikutnya.


5. Bawalah Charger Hp dan Makanan/Minuman


Sebenarnya didalam kereta api nanti,biasanya pramugara/pramugari akan berlalu lalang menawarkan makanan dan minuman untuk para penumpang,tetapi harganya sedikit mahal.Jadi ada baiknya anda membawanya dari rumah.

Dan untuk para penumpang,pihak KAI sudah menyediakan stop kontak untuk mereka yang mungkin ingin men-charger telepon.Setiap bangku sudah ada masing-masing stop kontaknya ( walaupun terkadang ada yang tidak berfungsi ).

Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang,jadi ketika baterai smartphone mereka habis,mereka tidak perlu repot untuk mencari tempat untuk mengisi daya batrai.

Selain daripada itu,anda juga bisa tetap bisa menjaga komunikasi dengan orang-orang selama dalam perjalanan.


6. Isilah Pulsa/Kuota Hp Anda


Setau saya ( maaf kalau salah ) didalam kereta api tidak ada yang jualan pulsa atau kuota internet.Dan untuk mejaga komunikasi anda tetap lancar dengan orang lain,ada baiknya anda mengisi pulsa sebelum perjalanan dilakukan.

Hal yang sangat sepele,tetapi banyak sekali yang menyepelekan.Alhasil,ketika di perjalanan,banyak yang kelimpungan mencari konter untuk membeli pulsa karena tidak bisa menghubungi keluarga yang akan menjemput mereka.

Biasanya,pada waktu tertentu seperti lebaran ini,banyak pedagang yang " memanfaatkan situasi " dengan meninggikan atau menambah mahal tarif dari biasanya.Jadi jangan heran kalau di saat-saat mudik seperti ini,harga APAPUN dipinggir jalan akan meroket dan sangat mahal ( minuman botol yang biasanya 2000 saja bisa jadi 5000 rupiah loh ).


7. Sediakan Obat-Obatan


Dalam perjalanan,apalagi yang jarak tempuhnya jauh,terkadang keluhan seperti masuk angin atau sakit kepala sudah menjadi penyakit umum yang menimpa para pemudik.Anda tidak ingin perjalanan anda menjadi terganggu oleh hal ini bukan?

Saran saya selalu sediakan obat-obatan untuk mencegah hal ini terjadi.Didalam kereta juga anda bebas untuk tidur setelah minum obat,beda dengan yang menggunakan motor atau menyetir mobil,hal ini tidak dianjurkan untuk mereka.


8. Bawa Uang Cash/Kontan Secukupnya


Untuk menghindari anda kehabisan uang di tengah perjalanan,silahkan untuk membawa uang SEERLUNYA/SECUKUPNYA saja.Soalnya didalam kreta tidak ada ATM,jadi anda harus membawanya sebelum naik.

Tidak perlu terlalu banyak,karena ketika anda menggunakan kereta api,anda tidak akan punya waktu cukup untuk belanja.Secukupnya saja,untuk berjaga-jaga kalau-kalau makanan atau minuman anda habis,jadi anda bisa membelinya ketika pramugari/pramugaranya lewat menawarkan makanan.


9. Bawa Pakaian Tebal


Khusus untuk anda yang belum pernah mudik menggunakan kereta api,terlebih untuk anda yang TIDAK KUAT AC/DINGIN,saya sarankan untuk membawa pakaian tebal,kenapa? Karena di kreta itu menggunakan AC dan selalu menyala.

Biasanya para orang tua suka masuk angin gara-gara hal ini :).Jadi usahakan membawanya yaa.Tidak perlu malu atau gengsi,karena menggunakan jaket atau pakaian tebal didalam kreta itu bukan suatu hal yang memalukan.Agak merepotkan kalau anda sampai masuk angin dan bersin-bersin,nanti dikira alergi AC.


10. Berhati-Hati saat di Stasiun Tujuan


Berlaku bagi siapapun,ketika anda sampai stasiun tujuan nanti,saya harapkan anda berhati-hati khususnya untuk oknum nakal yang sering " memaksa " anda untuk menerima atau menggunakan jasa mereka.

Khususnya bagi anda yang terpaksa membawa banyak barang atau wanita yang membawa anak.Biasanya mereka menjadi sasaran empuk oknum tidak bertanggung jawab yang ingin mencari untuk saja.Inilah kenapa saya sarankan untuk membawa teman atau dijemput saja.


11. Usahakan untuk Dijemput


Terahir adalah,usahakan ada yang menjemput anda di stasiun tujuan nanti.Bagi anda yang sudah berpengalaman khususnya untuk para " oknum nakal ",mungkin hal ini bisa anda atasi sendiri.Tetapi untuk mereka yang baru pertama kali,saya sarankan untuk meminta orang rumah untuk menjempt anda.


Pakai Ojek Online Bagaimana?

Ada beberapa hal yang perlu anda letahui mengenai hal ini,yaitu :
  • Biasanya di stasiun itu yang mangkal bukan ojek online melainkan ojek pangkalan biasa
  • Jika seperti itu,anda TIDAK BOLEH naik di area tersebut,karena antara ojek online dan ojek pangkalan itu sudah bagi-bagi wiayah
  • Jika anda ingin naik ojek online,anda harus menjauh dari stasiun terlebih dahulu
  • Jika pakai ojek pangkalan,SELALU TANYAKAN HARGA/TARIFnya dulu

BACA JUGA :




Demikian pembahasan tentang apa saja tips dan trik supaya mudik menggunakan kereta api bisa aman nyaman dan lancar.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

3/23/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk 11 Tips Mudik Naik Kereta Api Supaya Aman,Nyaman dan Lancar.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar