Penyebab Gaji PT/Perusahaan Beda Padahal UMR/UMK Sama

Penyebab kenapa gaji perusahaan atau PT berbeda padahal UMK atau UMR atau UMP sama semua karena sudah diatur oleh UUD ada banyak,salah satunya adalah berkaitan dengan kebijakan dari pabrik yang bersangkutan.Artikel ini akan menjelaskan kepana hal tersebut bisa terjadi,silahkan anda baca dengan seksama.

UMR/UMKnya kan sudah diatur pemerintah,otomatis akan sama semua tiap perusahaan kan? kenapa gaji antar PT bisa beda jauh sekali? Mungkin banyak yang bertanya seperti itu.Saya akan menjelaskanya untuk anda,supaya bisa lebih mengerti dalam memahami hal ini.


UMR/UMK/UMP Sama Tapi Gaji Perusahaan Berbeda




penyebab kenapa gaji perusahaan bisa berbeda padahal UMR atau UMKnya sama



Apa bedanya antara UMK,UMP dengan UMR?


Sebelum ke point pembahasan inti,saya akan menjelaskan tentang perbedaan antara ketiga istilah ini.Yang paling utama perlu anda ketahui adalah : ISTILAH UMR SUDAH TIDAK DIPAKAI.

Yah,sekarang istilah itu sudah tidak digunakan,TETAPI DIGANTI menjadi UMK.

UMK adalah singkatan dari Upah Minimuk Kabupaten,dimana setiap kabupaten memiliki peraturan atau batas tertentu dalam memberikan upah kepada karyawan mereka.Setiap kabupaten berbeda-beda dan tidak sama antara satu kabupaten dengan kabupaten lainya.

UMP adalah singkatan Upah Minimum Provinsi,dimana setiap propinsi juga memiliki peraturan atau batas upah yang ditentukan oleh pemerintah.


Lalu,yang digunakan perusahaan itu yang mana?

Yang digunakan PT atau pabrik dalam menggaji karyawanya adalah UMK.

Untuk lebih jelasnya,anda bisa mencari daftar atau ketentuan UMK di berbagai daerah di indonesia.Karena memang setiap kabupaten itu beda-beda.

Dari penjelasan diatas,saya harapkan anda sudah mengerti perbedaanya terlebih dahulu.Jika anda sudah faham,mari kita lanjutkan pembahasan utamanya.


Sebab Gaji Perusahaan Berbeda Padahal UMKnya Sama


Ok,sekarang saya minta anda FOKUS di Upah Minimum Kabupaten saja,karena UMP tidak akan saya jelaskan dalam artikel ini,mungkin akan saya tuliskan di artikel selanjutnya.

Anggaplah di sebuah kabupaten sudah ada " Upah Minmun Kab ",tetapi kenapa antara satu PT dengan yang lainya bisa " timpang-tindih " ? Adapaun faktor yang membuatnya seperti itu antara lain :


1. Pembagian " Golongan " Perusahaan


Tahukan anda,jika U-M-K itu masih dibagi-bagi lagi? Pembagian golongan ini adalah sebuah kebijakan dimana setiap PT di " sesuaikan " dengan kemampuanya dalam memberikan upah.

Hal ini bertujuan supaya pabrik dengan skala kecil,tidak terlalu berat dalam menggaji pekerjanya.Akan tidak adil jika pabrik kecil dan besar DISAMARTAKAN,itu jelas akan memberatkan pabrik yang kecil.

Itulah kebijakan " pembagian golongan " ini diterapkan.Adapun pembagian golongan PT yang ditetapkan pemerintah adalah sebagai berikut :
  • Golongan 1 diberikan untuk pabrik otomotif dan semua yang masuk kedalamnya
  • Golongan 2,dan
  • Golongan 3
" Mohon maaf,ini hanya untuk pemahaman dasar,untuk informasi lebih lengkap akan saya jelaskan lain waktu "

keputusan ini disebut dengan : UMSK atau Upah Minimum SEKTORAL Kabupaten,yang diputuskan oleh gubernur masing-masing daerah.

Berdasarkan pembagian sektoral inilah,perbedaan upah antara pabrik anda dengan teman anda yang lain bisa terjadi.Mungkin saja,pabrik teman anda adalah GOLONGAN 1 sedangkan pabrik yang anda tempati adalah golongan 2 atau dibawahnya.


2. Kebijkan yang Berbeda


Setiap PT tentu saja memiliki sebuah kebijakan sesuai dengan kemampuan masing-masing dan ini TIDAK BISA disama ratakan.Tiap PT tentunya memiliki kemampuan yang tidak sama.

Kebijakan seperti apa yang membuat jumlah bayaran menjadi memiliki rentan yang sangat jauh? Adapun beberapa kebijakan pabrik antara lain :

  • Perhitungan jam lembur
Ada 2 jenis perhitungan jam lembur,yaitu jam lembur mati dan jam lembur hidup.Apa maksudnya?

- Untuk jam lembur hidup : Upah yang diberikan TIAP SATU JAM akan dikali lipatkan.Contoh : Untuk lembur 1 jam pertama,upahnya 1.000,untuk jam kedua 2.000 dan seterusnya.Maka jika anda lembur selama 4 jam,tinggal ditambahkan saja,1000 + 2000 + 3000 + 4000 = 10.000 rupiah.

- Untuk jam lemburan mati : Upah per jam tidak dikalikan.Jika upah dari pabrik itu 1000 perjam,dan anda lembur selama 4 jam,maka bayaran anda hanya 4000 rupiah saja.

Pabrik besar sekelas astra group biasanya menggunakan kebijakan jam lembur hidup,sedangkan pabrik golongan dibawahnya biasanya menggunakan jam lemburan yang mati.

Dari penjelasan ini,sudah bisa dilihat bahwa mereka yang pabriknya memiliki kebijakan jam lemburan hidup,akan mendapatkan upah lebih besar daripada yang tidak.Pabrik anda termasuk yang mana?

  • Insentif
Insentif bisa juga disebut dengan " bonus/imbalan ".Uang ini biasanya diberikan untuk yang berkaitan dengan ABSENSI pekerja.Mereka yang selama satu bulan penuh selalu berangkat tanpa memiliki bolos,maka akan mendapatkan insentif.

Besaran insentifpun tidak sama antar satu pabrik dengan yang lainya.Ada yang sampai ratusan ribu,ada yang hanya puluhan ribu,bahkan ada juga yang tidak ada insentifnya sama sekali.

  • Tunjangan pekerja
Ini bisa diartikan sebagai " kesejahteraan " bagi seorang pekerja di sebuah pabrik.Tunjangan ini macam-macam bentuknya,seperti :

- Tunjangan uang transportasi
- Tunjangan kesehatan
- Tunjangan rumah tangga

Dan sebagainya.Saya pernah bekerja di salah satu anak astra corp dimana setiap bulan,semua pekerjanya diberikan tunjangan " vitamin " berupa uang 200.000 yang bisa ditukar dengan obat-obatan atau suplemen makanan.

Ada juga yang memberikan uang sebagai ganti bensin bagi pekerja yang berangkat kerjanya menggunakan kendaraan motor atau mobil.Bahkan,ada pabrik yang menghitungnya itu berdasarkan jarak tempuh,tidak lagi disamakan,mantap bukan?

  • Tunjangan jabatan
Hampir sama dengan tunjangan pekerja,tetapi uang yang diberikan sebagai " bonus " ini biasanya untuk mereka-mereka yang jabatanya sudah tinggi atau karyawan tetap.Semakin tinggi jabatan,maka tunjanganya juga akan semakin besar.

Jadi,jangan lagi menanyakan,kenapa gaji anda dengan leader atau atasan anda bisa jauh berbeda.Mungkin saja ini adalah faktor yang menjadi penyebabnya.


3. Lemburnya Banyak


Setelah point kebijakan,yang tidak kalah berperan terhadap besar kecilnya pendapatan karyawan itu tentu saja jam lemburanya.Semakin banyak jam lemburnya,maka pendapatan karyawan juga akan semakin meningkat.

Boleh pecaya boleh tidak,pada tahun 2010 sampai 2015 lalu ketika saya bekerja di sebuah perusahaan,ada yang namanya " JAM LEMBUR/LEMBURAN WAJIB ".Ini adalah sebuah jam lembur dimana karyawan wajib untuk melakukanya.

Dan tidak tanggung-tanggung,hari senin sampai jumat,kerjanya itu 12 jam dimana kerja wajib 8 jam dan lemburanya 4 jam ( dan ini wajib loohh ).

Masih tidak berhenti sampai disitu,hari sabtu minggu yang notabene adalah hari libur karyawan,masih dihajar juga dengan lemburan,12 jam pula.Dari sini saja sudah bisa dilihat berapa besaran pendapatan seorang karyawan.

Tahu itu,ketika teman-teman saya hanya bergaji 4 juta an perbulan,gaji saya bisa mencapai 7 sampai 8 juta perbulan.Tapi badan rasanya seperti " remuk ".


BACA :





Itulah beberapa faktor yang menjadi point utama kenapa anda dan teman anda bisa tidak sama upahnya padahal bekerja di pabrik yang satu kabupaten atau satu kawasan insutri.

Demikian pembahasan tentang penyebab kenapa gaji perusahaan atau PT bisa berbeda padahal UMK/UMR nya sama saja.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

4/09/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Penyebab Gaji PT/Perusahaan Beda Padahal UMR/UMK Sama.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar