Pertanyaan dan Jawaban Interview untuk SPG/SPB,LENGKAP!

Ketika anda akan menjalani seleksi interview kerja untuk posisi SPG atau SPB hal yang perlu anda pelajari adalah contoh bentuk pertanyaan dan jawaban wawancaranya yang baik dan benar.Dengan begitu,paling tidak selain anda bisa menjawab hal yang ditanyakan,kesempatan anda untuk lolos dan bisa diterima bekerja bisa lebih besar lagi.

Contoh pertanyaan dan jawaban interview SPG atau SPB yang akan saya jelaskan ini juga bisa anda gunakan untuk wawancara sebagai promotor,sales atau posisi marketing lainya.Silahkan anda pelajari panduan atau penjelasan detailnya dibawah ini.


Interview untuk SPG atau SPB




pertanyaan dan jawaban interview untuk posisi SPG dan SPB



Interview SPG/SPB merupakan tahapan yang pasti dan selalu ada ketika seleksi calon promotor sebuah produk berlangsung.Khusus untuk posisi ini,tes lain seperti psikotes dan medical biasanya TIDAK ADA,tetapi kembali lagi ke perusahaan yang bersangkutan ( biasanya sih tidak ada,langsung wawancara ).

Menjadi seorang seles promotion itu tidak segampang dan semudah yang terlihat,banyak tugas yang harus mereka lakukan,antara lain :
  • Melakukan promosi 
  • Mendapatkan terget penjualan
  • Bisa menghadapi orang-orang " nakal " yang kadang iseng

Tetapi,walaupun tesnya hanya wawancara saja,ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan,diantaranya :


Apa syarat untuk menjadi seorang SPG/SPB?


Untuk bisa menarik perhatian HRD supaya anda bisa diterima menjadi seorang seles promotion girl/boy antara lain :
  • Memiliki penampilan yang menarik ( wajah yang carming dan postur tubuh yang bagus )
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
  • Mampu menawarkana produk dengan cara yang baik
  • Memiliki mental yang kuat
  • Mampu bekerjasama didalam team
Memang banyak persyaratan untuk menjadi seorang seles yang handal,terutama harus mampu melakukan promosi dengan baik.

Inilah point utama yang akan dinilai ketika anda melakukan sesi wawancara dengan HRD perusahaan yang bersangkutan.


Etika saat Wawancara Berlangsung


Sebelum ke inti pembahasan,saya ingin memberikan sebuah catatan kecil untuk anda supaya ketika sedang melakukan sesi tanya jawab tidak melakukan kesalahan yang bisa membuat anda gagal diterima.

Adapun etika yang baik dan benar ketika wawancara menjadi seorang SPG/SPB adalah sebagai berikut :
  • Berpenampilanlah yang menarik dan enak dilihat
  • Gunakan parfum atau wewangian 
  • Jaga kesopanan ( khususnya ucapan dan tingkah laku )
  • Tetap profesional
  • Genit ( baca penjelasan dibawah )
Khusus untuk " genit " yang saya maksudkan itu bukan " mura*an " yaa.Berikan sedikit senyum atau sedikit bercanda supaya HRDnya tidak menilai anda itu orang yang galak.Jadi jangan sampai anda kebablasan dalam mengekpresikan ini.

Seles itu kan hubunganya dengan promosi produk ke orang lain,walaupun anda cantik atau ganteng sekalipun,kalau pribadi anda galak dan jutek,mana ada HRD yang mau rekrut anda.Berikan kesan anda itu humble dan mudah beradaptasi dengan orang lain.

Inilah yang saya maksudkan dengan " genit ".Bukan yang berkonotasi negatife yaa.Jangan sampai salah mengartikan,apalagi sampai salah dalam mempraktekanya.


Contoh Pertanyaan dan Jawaban Intrerview yang Sering Ditanyakan kepada SPG/SPB


Setela anda memahami penjelasan diatas,sekarang kita bahas point utamanya.Ingat yaa,jangan sampai melupakan point sebelumnya.

Adapun beberapa hal yang sering ditanyakan untuk para seles wanita/pria antara lain :


1. Pengalaman Kerja 


Yang akan ditanyakan biasanya adalah pengalaman anda khsusnya untuk profesi ini seperti : Pernah kerja dimana? Pernah kerja ini sebelumnya tidak? dan sebagainya.

Akan menjadi point plus jika anda sudah pernah dan memiliki pengalaman dibidang ini sebelumnya.Tetapi bagi anda yang belum pernah,JANGAN mengaku kalau pernah yaa,kenapa?

Karena jika anda mengatakan pernah atau berpengalaman,biasanya HRD akan menyuruh anda untuk menceritakan semua yang anda lakukan ketika bekerja di tempat kerja yang dulu.Masalah besar bagi anda yang hanya " mengaku-ngaku " pernah.

Tapi begi mereka yang MEMANG berpengalaman,maka hal ini tidak akan menjadi masalah besar.Ceritakan saja semuanya,mulai dari tugas anda apa,sistem kerjanya bagaimana dan sebagainya.


Yang tidak boleh anda ceritakan

Khusus untuk anda yang berpengalaman,ketika ditanya mengenai pengalaman sebelumnya,ada beberapa hal YANG TIDAK BOLEH anda ceritakan,antara lain :
  • Masalah pribadi ( dengan atasan atau rekan kerja yang lalu )
  • Kekurangan atau keburukan tempat kerja sebelumnya
  • Rahasia yang memang tidak boleh dibocorkan
Kenapa hal tersebut tidak boleh anda katakan? Karena hal itu akan mencerminkan kepribadian anda,contohnya jika anda membocorkan rahasia tempat kerja yang lama,HRD akan menilai anda itu orang yang tidak bisa dipercaya.

Tempat kerja yang lama saja dibocorkan rahasinya,apalagi tempat kerja sekarang.Nanti anda akan dicap sebagai pribadi yang tidak bisa menjaga sebuah rahasia penting.


2. Tugas dan Tanggung Jawab


Selanjutnya adalah mengenai tugas yang harus dilakukan.Pembahasan ini saya khususkan untuk mereka yang BELUM pernah menjalankan profesi ini karena bagi yang sudah pernah,biasanya tidak akan kesulitan menjawabnya.

Sebenarnya sudah saya ulas di paragraf atas mengenai tugas yang diemban oleh seorang seles,seperti melakukan promosi dan bisa menhadapi orang-orang yang terkadang iseng dan nakal.

Tetapi yang lebih susah dan paling sulit untuk menjadi seles adalah : Mendapatkan terget penjualan sesuai yang ditergetkan.Ini juga adalah jawaban TERBAIK untuk pertanyaan ini.


3. Gaji


Kemudian yang biasanya ditanyakan adalah soal gaji atau bayaran,seperti : Ingin gaji berapa? Gaji disini kecil,mau? Tempat kerja dulu gajinya berapa? dan sebagainya.

Jika anda punya pengalaman,silahkan katakan saja gaji tempat kerja anda berapa sesuai kenyataanya.Jika nanti ana ditanyai apakah bersedia kerja dengan gaji lebih kecil,katakan saja bersedia/mau.

Jika anda ditanya ingin digaji berapa,maka katakan saja : Sesuai kebijakan perusahaan.

Jangan terlalu muluk-muluk untuk soal bayaran,kenapa? Karena perusahaan itu sudah tau harus membayar anda berapa dan harus bagaimana.Pertanyaan ini hanya untuk menguji anda saja,manakah yang lebih penting,bayaranya atau kerjaanya.

Yang penting kerja saja dulu,soal bayaran bisa anda pertimbangkan nanti.Kalau belum memulai sudah menghawatirkan bayaran,maka anda akan kesulitan mendapatkan pekerjaan.


4. Skill atau Kemampuan


Kalau point ini sedikit berbeda dengan yang lain.Biasanya ketika sampai penilaian ini,anda disuruh untuk praktek atau ngomong.HRD biasanya begini : Coba praktekan/promosikan produk ini,anggap saja saya calon pembeli,biasanya begitu.

Disini skill serta kemampuan anda diujikan.Ada baiknya anda belajar bagaimana cara melakukan promosi dengan baik dan benar.

Tutorialnya ada di youtube,silahkan anda cari dan pelajari.Intinya adalah lakukan dengan sebaik mungkin.Banyak tekhnik yang harus anda pelajari untuk menjadi seles dan promosi yang profesional.


Secara garis besar itu yang dtanyakan.Jika anda ingin mempelajari bentuk wawancara yang lainya,anda bisa mempelajari di artikel yang lainya.

BACA :





Demikian pembahasan untuk contoh pertanyaan dan jawaban wawancara/interview kerja bagi SPG/SPB.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

3/31/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Pertanyaan dan Jawaban Interview untuk SPG/SPB,LENGKAP!.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar