Mencegah Kehabisan Tiket Kereta Api saat Mudik + Solusinya 2019

Kehabisan tiket kereta api ketika ingin mudik lebaran atau pulang kampung merupakan masalah yang sering dialami oleh pemudik dari tahun ketahun tetapi ada cara untuk mecegahnya bahkan untuk mengatasi masalah tersebut juga ada solusinya.Saya akan menjelaskan secara lengkap tips dan triknya supaya anda mendapatkan stok yang cukup untuk keluarga anda.

Solusi ketika anda kehabisan tiket kereta api saat akan mudik lebaran dilakukan ketika anda memang tidak kebagian jatah tempat duduk dan untuk mencegahnya,anda harus melakukan beberapa cara yang akan saya jelaskan dalam artikel kali ini.


Kehabisan Tiket Kereta Api




solusi dan cara mencegah kehabisan tiket kereta api saat mudik lebaran



Tradisi mudik atau pulang kampung ketika lebaran/idul fitri tiba adalah hal yang HANYA ADA di indonesia.Hal ini karena sudah menjadi paradigma umum bahwa untuk mendapatkan kehidupan layak adalah dengan merantau ke luar kota ( padahal itu tidak benar ).

Tetapi mau bagaimana lagi,tidak ada yang bisa disalahkan dan tidak perlu menyalahkan siapapun.Nyatanya memang upah atau gaji di kota besar jauh lebih besar dari pada daerah pedesaan.

Bagi mereka tau bahkan anda yang sedang merantau dan bekerja di daerah yang jauh dari daerah asal,hal yang paling dinanti dan paling menarik setiap tahu adalah tradisi pulkam ini.Tetapi yang paling menyita perhatian adalah " Kendaraan apa " yang akan digunakan.

Ada beberapa alternatif kendaraan yang biasanya digunakan untuk mudik atau pulang kampung,antara lain :
  • Sepeda motor
  • Mobil
  • Bus
  • Pesawat
  • Kereta Api
  • Kapal Laut
Menurut badan pengawan transportasi umum di indonesia,sepeda motor merupakan kendaraan yang PALING BANYAK digunakan untuk pulang kampung.Kendaraan ini terbilang sangat praktis karena bisa berangkat kapanpun dan tidak memerlukan persiapan yang terlalu rumit/ribet.

Tetapi ada satu masalah besar untuk mereka yang ingin pulkam menggunakan kendaraan pribadi,apa itu? MACET.Macet merupakan masalah terbesar bagi mereka yang ingin pulkam menggunakan kendaraan pribadi atau umum hususnya bus.

Macetnya orang pulkam itu TIDAK MAIN-MAIN lohh,bisa sampai berhari-hari ada dijalan.Yang biasanya perjalanan hanya butuh 10 jam,bisa jadi 25 jam dan ini saya alami sendiri beberapa tahun yang lalu.


Bagaimana cara mencegah kemacetan saat pulang kampung atau mudik?

Ada beberapa alternatif bagi anda yang ingin menghindari kemacetan lalu lintas saat mudik,yaitu dengan menggunakan jasa transportasi seperti pesawat,kapal laut ataupun kerete api.


Penyebab kereta api sangat ramai penumpang saat mudik lebaran apa?

Hanya saja,lagi-lagi ada kendala untuk jasa transportasi yang bisa dibilang anti macet daiatas,yaitu : Harga tiket/karcis yang mahal.Yang paling murah dan terjangkau adalah kreta api.Inilah kenapa jasa transportasi ini merupakan primadidona dan yang paling dicari untuk melakukan perjalanan pulang kampung.

Yaahh,memang tidak ada yang mulus dalam kehidupan ini yaa.Tidak sampai disitu saja permasalahan tranportasi di indonesia ini,bagi mereka yang ingin menggunakan kreta,mereka harus " REBUTAN " dalam membeli atau memesan tiket.

Jika tidak seperti itu,maka anda akan tidak kebagian karcis nantinya.Dalam artikel ini saya akan memberikan sedikit tips dan trik untuk anda supaya bisa kebagian jatah tempat duduk ketika mudik menggunakan kereta api.


Mencegah Kehabisan Tiket Kereta Api saat Mudik


Yang akan saya jelaskan pertama kali adalah bagaimana untuk mencegah tidak kebagian tempat duduk dan bisa mendapatkan jatah tempat duduk saat melakukan perjalanan pulkam nanti.Supaya anda terhindar dari kehabisan stock tiket kereta api,lakukan tips berikut ini :


1. Lakukan Pemesanan Beberapa Bulan Sebelum Hari H


Yang pertama adalah dengan melakukan booking tiket beberapa bulan sebelum lebaran atau hari H idul fitri.Tahukah anda jika khusus untuk perjalanan hari raya idul fitri,perusahaan PT KAI membuka pemesanan beberapa bulan sebelum hari H?

Untuk waktu reminya berapa hari,hanya PT KAI yang bisa memutuskan dan setiap tahun berbeda-beda.Untuk bisa mengetahui KAPAN DIBUKA,anda bisa mengikuti website resmi PT KAI atau follow akun media sosial mereka baik di FB,Twitter ataupun Instagram.

Jika pemesanan sudah dibuka,mereka akan mengumumkanya di situs dan akun resmi mereka.Dan ketika sudah dibuka nanti,silahkan anda lakukan booking tiketnya.


Bagaimana melakukan pemesanan tiket kereta api?

Untuk melakukan pemesanan tiket kreta,anda bisa menggunakan beberapa langkah yaitu :
  • Offline ( datang ke stasiun langsung )
  • Online ( via website resmi PT KAI,ndomaret,alfamart dan berbagai gerai yang bekerjasama dengan PT KAI )
Untuk panduan lengkapnya bagaimana,saya sudah menuliskanya pada artikel saya yang lain.

BACA :



Sebagai bocoran saja,beberapa minggu lagi akan dibuka pemesanan untuk tiket.karcis kreta apinya.Silahkan pantau terus situs resmi atau akun media sosial resmi PT KAI supaya tidak ketinggalan informasi yaa.


2. Bekerjasama Dengan Orang Lain


Wait,jangan salah tanggap dulu yaa.Yang saya maksudkan bukan bekerjasama dengan calo tiket lohh karena ini juga tidak boleh dilakukan menurut himbauan petugas KAI.Lalu,maksudnya kerjasama dengan orang lain itu bagaimana?

Begini,ketika anda memesan tiket/kreta api khususnya jika menggunakan jasa indomaret/lafamart,anda harus membawa kartu identitas atau fotokopi keluarga untuk memasukan data anda kan?

Silahkan bekerjasama dengan orang lain dimana beberapa orang tersebut juga melakukan proses pemesanan di indomaret/alfamart lain daerah DENGAN MEMBAWA IDENTITAS ANDA.Jadi jika di salah satu toko tidak bisa melakukan booking tiket,paling tidak ada kemungkinan di toko ritel lainya bisa.

Ini yang saya maksudkan dengan kerjasama.Loh curang dong?

Tentu saja tidak curang,kenapa? Karena jika data anda sudah masuk data komputer,kemudian ada yang memesan dengan data identitas yang sama,maka proses pemesanan TIDAK BISA DILAKUKAN ( kan nama anda sudah masuk data komputer ).


3. Follow Up Akun Resmi PT KAI


Sudah sedikit saya ulas pada point pertama,dimana anda bisa melakukan follow dan " mengintai " kapan pembukaan jadwal kreta untuk pemberangkatan hari raya lebaran.Ada beberapa akun media sosial dan website yang bisa anda follow,antara lain :
  • Website : www.kai.id
  • Akun facebook : Kereta Api Kita
  • Akun Twitter : @kai121 kemudian @keretaapikita dan @PTKAI
  • Akun Instagram : @keretaapikita dan @kai121
Diatas adala akun resmi milik PT KAI persero indonesia.Silahkan anda follow atau ikuti untuk mendapatkan informasi terbaru berkaitan dengan pemesanan tiket menjelang lebaran.


Apakah pasti diberitahukan ewat media tersebut?

Sampai hari ini,saya bisa katakan PASTI diberitahukan.Karena saya juga mengikuti berbagai informasi perihal PT KAI ini.Ini juga sebagai sumber tulisan artikel saya.


4. Bekerjasama Dengan Petugas Penjualan Tiket


Jika anda memiliki teman atau saudara atau kenalan yang bekerja atau bertugas di bagian penjualan karcis,anda bisa menjalin kerjasama DALAM BENTUK INFORMASI yaa.Anda bisa mengatakan supaya mereka memberitahukan anda ketika proses pemesanan karcis kreta sudah dibuka.

Petugas penjualan tiket itu ada banyak,bisa yang bertugas di stasiunya,bisa yang bekerja di indomaret atau tempat lain yang menerima pemesanan karcis kreta.


Apakah menyalahi hukum atau melanggar paraturan?

Tentu saja tidak,kan saya katakan diawal bahwa bentuk kerjasamanya adalah dalam bentuk INFORMASI.Masa iya,seseorang menginformasikan bahwa pemesanan karcis sudah dibuka termasuk pelanggaran hukum.

KECUALI jika petugas tersebut menjadi calo,baru itu melanggar hukum dan peraturan.Kalau sebatas informasi,saya rasa itu tidak masalah dan sah-sah saja untuk dilakukan.


5. Aktif Mencari Informasi


Sebagai seorang yang hidup di zaman serba maju dan modern ini,anda dituntut untuk lebih aktif dalam mencari informasi.Perangkat keras seperti android smartphone merupakan alat canggih yang bisa mencari informasi apapun lewat internet.

Gunakan waktu luang anda untuk mencari dan terus mencari info terbaru terkait dengan booking karcis menjelang idul fitri.Jangan sampai kalah cepat dengan orang lain yaa,kalau sampai kalah cepat,maka tidak akan ada yang akan membantu anda selain anda sendiri.



Solusi atau Jalan Keluar Kehabisan Tiket Kereta Api saat Mudik


Bagi anda yang mungkin sudah terlambat dan tidak mendpatkan jatah kursi kreta,anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini :


1. Menunggu Cancel Tiket


Dari ribuan orang yang mungin akan naik kreta ketika ulang kampung nanti,kemungkinan besar ada beberapa atau salah satunya yang " membatalkan " perjalanan dengan alasan tertentu.Pebatalan perjalanan ini bisa terjadi beberapa hari sebelum hari H atau mungkin hari H nya.


Bagaimana mengambil calcel karcis orang lain?

Biasanya,ketika ada seseroang yang membatalkan perjalanan mereka,pihak KAI akan langsung membuka kursi kosong entah itu di website mereka atau lewat mesin karcis yang ada di stasiun.

Jadi,anda bisa menunggu di stasiun dekat mesin karcis untuk " menngambil " jatah kursi kosong yang mungkin saja akan tersedia sewaktu-waktu.Jika anda sering pulkam dengan kreta,saat hari-hari menjelang lebaran,anda akan sering melihat orang-orang yang rela sampai menginap di stasiun.

Tujuanya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meperoleh jatah kursi yang biasanya akan muncul tiba-tiba dan sewaktu-waktu.


2. Mendatangi Semua Gerai Penjualan Karcis


Bagi anda yang tidak bisa melakukan hal diatas,anda bisa untuk mendatangi berbagai gerai penjualan karcis untuk mencari kursi yang kosong.Walaupun biasanya jika satu gerai habis maka gerai yang lain juga habis,tetapi tidak ada salahnya melakukan tips ini.

Saya pernah membaca di facebook bahwa banyak orang-orang yang mendapati " stock habis " di salah satu gerai,tetapi ternyata di gerai yang lainya masih tersedia.Adapun beberapa gerai yang melayani pemesanan tiket kereta api untuk pulangkampung adalah :
  • Indomaret
  • Alfamart
  • Seven Eleven
  • Lawson
  • Ceria mart
  • Alfamidi
  • Stasiun kreta langsung
Anda bisa datang ke semua gerai diatas.Walaupun jika disalah satu sudah menyatakan sold out maka yang lainya juga akan sama,tetapi tetap saja yang namanya usaha harus dimaksimalkan bukan?


3. Mencari di Situs Online 


Ada cara yang lebih praktis selain dari mendatangi langsung,yaitu dengan mengakses situs online dengan menggunakan internet.Ada beberapa situs online yang menyediakan jasa pemesanan karcis kreta,antara lain :
  • Traveloka.com
  • Pegi-Pegi.com
  • Booking.com
  • Bukalapak.com
  • Tokopedia.com
  • Tiket.com
Dan mungkin berbagai media online yang lainya.Tetapi jika anda memutuskan untuk menggunakan langkah online seperti ini,saya himbau selalu berhatihati karena banyak sekali oknum yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

Jangan sampai anda tertipu oleh oknum tidak bertanggung jawab.Silahkan akses situs seperti yang saya sebutkan diatas karena semua situs yang saya sebutkan diatas adalah resmi dan bisa dipertanggung jawabkan.


BACA JUGA :




Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk mencegah dan solusi atau jalan keluar jika kehabisan tiket kereta api ketika ingin mudik lebaran atau pulang kampung.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

3/21/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Mencegah Kehabisan Tiket Kereta Api saat Mudik + Solusinya 2019.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar