Cara Naik Kereta Api Biasa untuk Pertama Kali Sesuai Prosedur ( Bukan KRL )

Cara naik kereta api yang biasa berbeda dengan yang KRL atau komuter line baik tatacara atau prosedur yang benar.Bagi anda yang baru pertama kali menaiki jasa transportasi darat anti macet ini,ada baiknya mengetahui alur atau panduan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku supaya tidak salah.

Langkah yang benar untuk menaiki kereta api baik untuk perjalanan sehari-hari atau untuk keperluan pulang kampung atau yang lainya sama saja.Kenapa saya tuliskan artikel ini? Karena memang untuk alur perjalanan sekarang dengan jaman dulu itu sudah berbeda jauh dan lebih terorganisir.


Panduan Naik Kereta Api untuk yang baru Pertama Kali



panduan lengkap naik kereta api untuk yang baru pertama kali


Kereta api adalah sebuah jasa transportasi umum darat yang dimiliki oleh pemerintah indonesia dengan menggunakan jalur khusus yang biasa disebut rel kreta.Dengan jalan yang dibuat khusus ini,kreta menjadi salah satu alat transportasi masal yang anti macet.

Tetapi walaupun anti macet,yang namanya alat transportasi pasti terkadang mengalami beberapa kendala yang membuat perjalanan menjadi terganggu atau menjadi lebih lama,hal itu tidak bisa dihindari.Walaupun seperti itu,sampai saat ini,jasa transportasi ini menjadi sala satu yang paling diminati masyarakat karena biaya atau harga tiket/karcisnya yang terbilang sangat terjangkau.


Jauh berbeda dari jaman dulu

Yang paling menarik selain harga tiket yang murah adalah : Mulai dari proses atau alur penggunaanya sampai fasilitas yang diberikan sudah JAUH berbeda dan sudah JAUH LEBIH BAGUS daripada beberapa tahun yang lalu.

Jika beberapa tahun yang lalu anda mungkin akan sering melihat pedagang asongan atau calo tiket lalu lalang di stasiun,sekarang sudah TIDAK ADA lagi.Selain itu,sistem tunggu penumpang juga sudah dibenahi manjadi lebih baik.

Seorang yang tidak berkepentingan/pengantar/penjemput,TIDAK DIPERBOLEHKAN masuk kedalam area peron dengan alasan apapun.Hal ini menjadikan suasana di sekitar stasiun menjadi lebih kodusif dan lebih rapi.


Tips Naik Kereta Api Supaya Aman


Penjelasan artikel ini akan saya mulai dengan beberapa tips untuk anda supaya dalam perjalanan bisa merasa aman dan nyaman.Tips ini saya tuliskan berdasarkan pengalaman pribad ketika menaiki kretasiapa tau bisa berguna untuk anda.

Adapun tipsnya antara lain :

  • Memesan tiket kalau bisa beberapa hari sebelum hari H ( jangan mendadak )
 Kenapa seperti itu? Karena sebuah pemberangkatan kreta itu ada jadwalnya dan yang naik bukan hanya anda tapi ratusan bahkan ribuan orang yang lainya.

Jik anda memesan tiketnya mendadak,ditakutkan waktu yang anda pilih TIDAK ADA pemberangkatan atau bahkan SUDAH PENUH penumpangnya.Jika hal ini terjadi,tidak ada pilihan lain selain mengganti hari,karena membeli tiket orang lainpun sekarang sudah tidak bisa dilakukan.

  • Pastikan anda mengetahui alur yang benar ( khususnya pencetakan tiketnya )
 Tahukah anda bahwa sekarang untuk bisa menaiki kreta,anda harus melakukan pemesanan dan mencetak tket anda di sebuah mesin cetak tiket? Jadi tidak seperti anda ingin naik bus yaa.Untuk penjelasanya sudah saya tuliskan di bawah artikel ini.

  • Persiapkan perbekalan yang lengkap dan jangan sampai ada yang tertinggal
 Hal sepele,tetapi sangat banyak dialami oleh para penumpang khususnya untuk mereka-mereka yang jiwanya " grasa-grusu/gampang panik ".

Jika anda memang seperti itu,ada baiknya beberapa hari anda sudah mempersiapkan segala sesuatu yang mungkin dibutuhkan seperti baju,charger,makanan atau minuman dan lain sebagainya.Jika sampai ada yang tertinggal,maka anda tidak akan bisa untuk turun sembarang tempat untuk mengambil barang yang tertinggal.

Jika anda turun dan mengambl barang yang tertinggal,maka anda HARUS mengulangi lagkah pemesanan tiket dari awal lagi,tidak bisa meneruskan tiket lama dengan alasan apapun.

  • Perhatikan kendaraan yang anda bawa
Maksudnya begini,ketika anda membawa kendaraan menuju stasiun,alangkah baiknya anda menguncinya rapat-rapat sewaktu anda tinggal.Mungkin lebih baik anda tidak perlu bawa kendaraan walaupun si stasiun ada penitipan kendaraan.

Jika memang terpaksa harus membawa kendaraan apalagi akan anda tingal untuk waktu yang lama ( berhari-hari ),pastikan tidak adabarang berharga yang tertinggal di kendaraan dan dikunci dengan baik.

  • Jangan membawa terlalu banyak barang
 Selain akan merepotkan anda sewaktu didalam kreta,membawa barang terlalu banyak juga akan berpotensi tertinggal karena saking repotnya mengurus barang bawaan.

Terlebih lagi,didalam ruangan kursi penumpang,TIDAK ADA RUANG CUKUP besar untuk menyimpan barang bawaan anda.Jangan sampai anda menggangu penumpang lain dengan barang bawaan anda yang terlalu banyak,nanti kena komplain penumpang lainya.


Tatacara Naik Kereta Api dengan Prosedur atau Alur yang Benar


Setelah anda mengerti tipsnya,sekarang langsung menuu ke panduan menggunakan jasa layanan transportasi ini.Panjelasan ini sedikit panjang,jadi mohon untuk membacanya dengan teliti dan memahami isinya dengan baik.

Urutan yang benar ketika anda ingin menggunakan kereta api adalah sebagai berikut :


1. Lakukan Pemesanan Tiket


Yangpaling awal harus anda lakukan tentu saja melakukan booking atau memesan tiket/karcisnya.Untuk melakukan pemesanan tiket,anda bisa mengunakan 3 metode,yaitu :
  • Via Online ( menggunakan hp dengan bantuan aplikasi atau website resmi )
  • Lewat indomaret/alfamart
  • Langsung mendatangi stasiunya
Ketiga langkah diatas sama-sama efisien tinggal anda ingin memilih yang mana.Untuk anda yang tidak terlalu faham penggunaan smartphone dan kurang yakin untuk menggunakan jasa indomart atau alfamaret,satu-satunya jalan adalah dengan memesan langsung ke stasiun.

Silahkan anda datangi stasiun terdekat dan langsung menuju ke petugas yang berjaga disana.Katakan maksud tujuan anda untuk memesan tiket kemana,hari apa,tanggal berapa,jam berapa dan seterusnya.Katakan saja,nanti petugas akan memberikan beberapa pilihan untuk anda.

Pilihlah dengan bijak.Tanyakan harganya dan jam berangkatnya.Setelah anda melakukan pemesanan tiket dan membayar,anda bisa " mencetak " karcis/tiket " di mesin yang ada di sekitar stasiun.Tanya saja mesin untuk mencetak tiket yang mana.

Jika anda kesulitan mencetak tiket,mintala petugas untuk membantu anda.Tenang saja,tidak perlu malu karena banyak yang seperti itu kok sampai saat ini.Santai saja,itu bukanlah hal memalukan,karena lebih memalukan kalau anda tidak mau bertanya dan akhirnya kesulitan sendiri saat di depan mesin.

BACA :



Ini adalah proses yang paling ribet,jadi tolong anda fahami dengan baik.Jika belum faham,silahkan baca berulang-uleng semua panduan di artikel ini sampaibenar-benar mengerti.


2. Berangkat ke Stasiun


Setelah anda mendapatkan tiket anda,tinggal berangkat saja sesuai hari dan jam yang anda pilih saat membeli karcis.Perhatikan TIPS yang saya tuliskan diatas sebelum berangkat yaa,supaya perjalanan anda nyaman.

OK,anggap saja anda sudah sampai di stasiun dengan menggenggam tiket ditangan.Apa yang harus anda lakukan selanjutnya?

  • Tunggu sampai ada pemberitahuan untuk masuk kedalam
Setelah anda sampai di stasiun,silahkan tunggu saja di ruang luar.Di ruangan luar ini ( diluar peron ) semua orang boleh masuk kok.Duduk saja dan tunggu pemberitahuan dari mikropon dengan suara keras.

Contoh pemberitahuan pemberangkatanya seperti ini : Perhatian,kreta api jurusan blablalbla akan segeran tiba,bagi penumpang dengan jurusan blablababla silahkan masuk kedalam ruang tunggu khusus penumpang.

Jika ada suara seperti itu,silahkan cek di tiket atau dengarkan baik-baik itu kreta yang anda pesan atau bukan.Jika itu BUKAN kreta pesanan anda,anda jangan masuk,jelas akan dilarang oleh petugas.

  • Masuk kedalam peron ( ruang khusus penumpang )

Jika itu memang kreta yang anda pesan,silahkan masuk kedalam ruang tunggu atau peron khsus penumpang.Ketika anda akan masuk,petugas akan memeriksa : KTP ASLI DAN TIKET anda sebeum masuk.

Jika semuanya OK,maka anda akan diperboehkan masuk.TAPI jangan naik kreta dulu yaa,nunggu penumpang yang lainya juga masuk,biar bareng saja dan menghindari kesalahan,kan malu kalau yang lain duduk anda nylonong naik,iya kalau memang sudah boleh naik,kalau belum kan tengsing,hehe.

Didalam peron,anda tunggu lagi sampai ada instruksi dari petugas yang memperbolehkan anda masuk ke kreta.Lihat saja penumpang yang lainya,jika mereka naik,anda ikut menaikinya saja.

  • Masuk ke kreta ( jangan salah gerbong/lokomotif )
Ketika anda dan penumpan lain diperbolehkan masuk gerbong kreta,ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan,antara lain :

- Tanyakan ke petugas apakah itu kreta anda dengan menunjukan tiket/karcisnya : Hal ini dilakukan untuk " memastikan saja " supaya tidak salah gerbong.

- Lihat gerbong dan nomor kursi : Di tiket anda,akan tertulis anda itu kursinya DI GERBONG BERAPA dan NOMOR BERAPA.Jangan sampai salah masuk yaa.Silahkan lihat contoh tempat duduk di tiket pada gambar dibawah :



cara membaca tiket kereta api


Lihat gambar yang saya lingkari,itu adalah nomor gerbong dan nomor kursi anda.Maksudnya bagaimana?

- Nomor gerbong : Gerbong kreta kan ada banyak dan berderet-deret.Itu semua ada nomornya mulai gerbong nomor 1 sampai paling akhir ( bisa 10,12 atau sepanjangnya kreta ).Tingal tanyakan saja ke petugas gerbong anda itu yang mana.

- Nomor kursi : Dalam satu gerbong kreta,NOMOR KUSINYA AKAN SAMA dengan nomor kursi gerbong didepan atau dibelakangnya.Maksudnya begini : Kalau anda dapat nomor kursi 4B,maka DISETIAP GERBONG ADA KURSI bernomor 4B,jadi jangan asal duduk saja.

Selain nomor kursi,anda juga harus melihat gerbong berapa anda seharusnya berada.Hal ini sangat banyak terjadi,dimana seorang penumpang beranggapan sudah duduk di kursi yang benar ( dan memang nomornya sama dengan di karcisnya ) TAPI gerbongnya salah,ya harus pindah.

Sebenarnya jika salah juga tidak masalah,pasti diarahkan ke kursi yang benar,hanya saja sedikit malu nanti,hehe.Lihat saja di bagian atas kursi,akan ada tulisan ITU KURSI NOMOR BERAPA dan ITU GERBONG BERAPA.

Jika sudah benar tempat duduknya dan gerbongnya,ya sudah duduk saja sampai tujuan anda kemana.Tidur boleh,dengarkan musik boleh,apapun boleh ASALKAN tidak menganggu penumpang lainya.


3. Kereta Berangkat/Dalam Perjalanan


Ketika kreta sedang berjalan,ada beberapa hal yang mungkin perlu saya sampaikan kepada anda,seperti :

  • Fasilitas kereta
Ketika didalam gerbong menikmati perjalanan nanti,ada beberapa fasilitas yang diberikan kepada anda,seperti : AC,colokan charger di setiap kursi,toilet bahkan akan ada pramugara/pramugari yang akan menawarkan anda makanan dan minuman TAPI BAYAR YAA.

Fasilitas dan pelayanan inilah yang sangat kentara perbedaanya antara kreta yang jaman dulu dengan sekarang.Selain gerbongnya bersih dan nyaman ( tidak ada penumpang yang berdiri ),pelayananya juga sangat baik.

Anda tidak akan menemui pengamen atau pedagang asongan didalam kreta.Sangat nyaman sekali sekarang menggunakan kreta.

  • Simpan karcis/tiket
 Anda janganmembuang tiketnya yaa,simpan saja karena dalam perjalanan nanti,akan ada pemeriksaan tiket.Jika karcisnya hilang atau anda buang,takutnya anda diturunkan di pemberhentian berikutnya.

  • Tidak boleh pindah tempat duduk
Anda jangan pindah-pindah tempat duduk yaa,itu tidak boleh.Jika anda ingin pindah tempat duduk,pindah ketika sudah ada pemeriksaan tiket dan harus dengan persetujuan penumpang yang ingin anda ajak bertukar tempat duduk.

Sebenarnya tidak dianjurkan untuk pindah-pindah,tetapi jika terpaksa,itulah opsi yang bisa anda lakukan.

  • Jangan turun ketika kreta berhenti di stasiun transit
 Dalam perjalanan nanti,kreta akan beberapa kali berhenti ketika sampai di stasiun transit.Jadi berhentinya bukan ketika sampai tujuan anda saja,melainkan di beberapa titik akan berhenti.Selain anda harus memperhatikan itu ada dimana supaya tidak salah turun,anda tidak boleh turun sembarangan.

Maksudnya turun sembarangan adalah : Nanti anda akan melihat beberapa orang penumpang yang selalu turun ketika kreta berhenti sejenak unutuk merokok atau sekedar cari angin saja.

Hal itu sebenarnya tidak boleh lohh,tapi mungkin karena sudah terlanjur jadi kebiasaan,jadi mau gimana lagi.Anda tidak perlu mengikuti mereka,takutnya anda TERTINGGAL kreta.Jika sampai tertinggal,bukan kretanya yang akan menungu,malainkan anda akan ditingal begitu saja dan anda yang akan terkena marah petugas dan pasti akan disalahkan ( belum sampai ngapain turun? ),pasti begitu anda dimarahi nanti.

  • Toilet
Setiap gerbong hanya memiliki 2 toilet,yang satu di ujung depan yang satu di ujung belakang.Dan itupun hanya untuk buang air kecil saja,tidak bisa buang air be*ar.Jadi sebisa mungkin anda ke kamar mandi dulu ketika ingin maniki kreta supaya tidak kebelet di perjalanan.


4. Sampai Tujuan


Ketika sampai di tujuan anda,silahkan langsung turun saja dengan tertib dan rapi.Jangan sampai ada barang yang tertingal.Langsung keluar dan menuju pintu exit keluar.

Jika anda ingin menaiki kreta lagi,anda harus mengulanginya dari langkah awal diatas,mulai dari pemesanan sampai selesai.Jika ada yang ingin anda tanyakan,silahkan tanyakan di kolom komentar yaa.

BACA :



Demikian pembahasan bagaimana cara naik kereta api biasa atau umum untuk yang baru pertama kali sesuai prosedur dan alur yang berlaku.Untuk yang KRL,akan saya tuliskan di artikel selanjutnya.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

3/17/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Cara Naik Kereta Api Biasa untuk Pertama Kali Sesuai Prosedur ( Bukan KRL ).

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar