Ciri-Ciri Lowongan Kerja Asli dan Palsu di Internet ( AWAS TERTIPU )

Ketika anda sedang mencari loker pekerjaan di situs atau website internet yang ada banyak di google ada hal yang sangat penting untuk anda perhatikan yaitu ciri-ciri lowongan kerja asli dan yang palsu.Hal ini sangat penting untuk anda ketahui supaya selain anda terhindar dari berbagai praktek penipuan,paling tidak lamaran yang anda kirimkan tidak menjadi hal yang sia-sia.

Ciri-ciri lowongan kerja yang asli dan palsu khususnya untuk loker yang ada di internet akan saya bahas secara detail untuk anda pada artikel saya kali ini.Silahkan anda simak baik-baik agar anda mengerti mana loker yang benar dan mana yan tidak.



Lowongan Kerja Asli dan Palsu




ciri-ciri lowongan kerja asli dan palsu yang ada di internet






Lowongan kerja merupakan sebuah kesempatan untuk berkarir yang dibuka sebuah tempat kerja entah itu perusahaan,PT atau pabrik dan sejenisnya.Bisa dikatakan bahwa ini merupakan " pintu awal " untuk seseorang ketika ingin bekerja di sebuah perusahaan.

Ketika seseorang sedang mencari loker,hal pertama yang mereka buka adalah : Situs atau website lowongan pekerjaan yang ada di google.Selain ini adalah hasil terbentuknya perkembangan teknologi yang semakin canggih,langkah ini merupakan langkah yang paling mudah dan simple.


Lowongan di Internet itu Asli atau Palsu?


Tetapi taukah anda bahwa " TIDAK SEMUA SITUS/WEBSITE LOKER di GOOGLE ITU ASLI ".Banyak loker abal-abal yang tersebar disana,jadi anda harus extra hati-hati ketika menggunakan cara yang super gampang ini.

Memang banyak yang VALID,tetapi tidak sedikit juga yang hanya " asal-asalan " saja,dalam artian mereka hanya menuliskan artikel loker tanpa ada VALIDASI dari perusahaan yang bersangkutan.Maksudya begini :

- Untuk loker yang valid : Biasanya dari pihak website sudah bekerjasama atau paling tidak,mereka memang mengetahui bahwa perusahaan yang mereka jadikan rujukan sedang membuka loker.Dalam dunia bisnis seperti sekarang ini,banyak perusahaan atau tempat kerja yang " menjalin kerjasama " dengan beberapa situs/website pencarian kerja diluaran sana.

Kalaupun sebuah website TIDAK bekerjasama dengan pihak perusahaan,tidak bisa juga dikatakan abal-abal.Bisa jadi mereka memang mendapatkan informasi ( yang bisa dipertanggung jawabkan ) dan menuliskanya untuk anda.

- Untuk loker yang tidak valid : Mereka-mereka para pengurus situs/website yang HANYA MENGEJAR PEMBACA saja.Jadi,entah darimana mereka mendapatkan informasi itu TETAPI langsung dituliskan di artikel mereka.

Kita tidak bisa menyalahkan sepenuhnya si pemilik situs,kenapa? Karena mungkin saja ada niatan baik untuk membantu anda.Kita semua yang harus SELEKTIF dalam memilih dan memilah website loker mana yang terpercaya mana yang tidak.


Kenapa Kalau Melamar Pekerjaan di Internet ( Website/Situs ) tidak Pernah Diproses?


Mungkin masalah ini banyak sekali dialami untuk anda yang suka melamar kerja lewat internet.Setelah anda mengirimkan proposal lamaran,anda tunggu berminggu-mnggu bahkan berbulan-bulan tida kunjung ada panggilan atau direspon.

Ada banyak penyebab untuk permasalahan ini,antara lain :

  • Website/Situs loker yang anda gunakan PALSU atau abal-abal
  • Perusahaan yang bersangkutan sudah TUTUP lokernya
  • Proposal yang anda kirimkan tidak sesuai kriteria
  • Anda terkena penipuan
Berbagai sebab diatas adalah faktor utama lamaran yang anda kirimkan tidak ada kelanjutanya.Agak sulit memang untuk mendeteksi masalah yang mana yang sebenarnya menimpa anda,tetapi saya aka sedikit memberikan penjelasanya untuk anda.


Ciri-Ciri Lowongan Kerja yang Asli


Yang pertama akan saya bahas adalah untuk loker yang memang valid.Ada beberapa hal yang bisa anda jadikan rujukan penilaian jika melihat dan ingin melamar menggunakan sebuah website yang ada di internet google,antara lain :


- Ada Kesesuaian dengan Perusahaan Bersangkutan ( infonya sinkron )

Maksudnya begini : Jika anda mendapati sebuah informasi loker,silahkan anda cek langsung dengan mengirimkan e-mail atau menelpon ke pihak perusahaan dan tanyakan apakah memang sedang membuka lokernya atau tidak.

Anda juga bisa mendatangi langsung dan bertanya ke pihak HRD atau karyawan yang ada di perusahaan tersebut.Ini merupakan langkah PALING AKURAT yang bisa anda lakukan untuk melakukan pengecekan terhadap sebuah loker.

Jangan anggap hal ini merepotkan atau bahkan membuat malas karena ini menyangkut masa depan anda nanti.Jika anda tetap nekad untuk asal saja,silahkan tanggung sendiri resikonya.


- Alamat yang Tertera Valid ( memang alamat perusahaan )

Yang saya maksudkan alamat disini adalah alamat lokasi dan e-mail.Disalam info yang anda baca,pastinya akan ada sebuah alamat baik lokasi ataupun emailnya bukan? Silahkan anda cek keaslianya.

Jika alamatnya asli,kemungkinan besar lokernya juga asli ( tapi belum tentu benar kalau tidak sinkron ).Untuk melakukan pengecekan alamat,anda bisa mengeceknya dengan meacaknya via google atau menanyakanya di berbagai forum media sosial seperti FB atau sebagainya.

Sedangkan untuk pengecekan alamata email sedikit susah,tetapi anda bisa mencoba trik simple berikut ini :
  • Jika ada panggilan kerja,pasti alamat yang diberikan untuk anda datangi adalah alamat perusahaan,bukan ruko atau tempat mencurigakan lainya
Hanya itu saja cara untuk mengetahuinya.


- Gratis ( tidak ada pungutan biaya apapun )

Salah satu ciri yang paling kentara sebuah penipuan loker online adalah adanya biaya " aneh " yang harus dibayarkan oleh pelamar entah itu biaya akomodasi,travel perjalanan ataupun yang lainya.Jika dialam informasi yang anda baca ada biaya seperti ini,kemungkinan besar itu adalah panipuan.

Sebuah perusahaan tidak akan membebankan biaya kepada pelamar jika memang pihak mereka membutuhkan seorang karyawan.Kalaupun anda harus membayar,biasanya proses itu disampaikan langsung oleh HRD dengan bertatap muka langsung dengan anda.

Itupun berlangsung didalam perusahaan,bukan ditempat lain seperti ruko atau apapun itu.


- Informasinya Jelas

Jelas disini berarti tertulis dengan gamblang seperti :
  • Posisi yang dibutuhkan apa
  • Persyaratan yang harus anda berikan apa saja
  • Tanggal pembukaanya kapan
  • Tutupnya kapan
  • Prosesnya bagaimana
Dan informasi lainya mengenai loker yang pihak perusahaan buka.Jika didalam informasi yang anda baca HANYA BERISI ALAMAT saja,silahkan lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mendaftarkan diri.


Ciri-Ciri Lowongan Kerja yang Palsu


Setelah anda mengetahui yang asli bagaimana,sekarang penjelasan untuk yang paslu.Bagian ini tolong anda baca dengan seksama,karena sampai saat ini,saya masih sangat sering mandapati kasus penipuan yang menimpa teman-teman diluaran sana.

Adapun beberapa cirinya antara lain :


- Informasinya Tidak Sinkron

Setelah anda membaca sebuah informasi kemudian anda mengecek keaslianya dan ternayata pihak perusahaan tidak membuka loker tersebut,bisa DIPASTIKAN bahwa informasi itu palsu.Jika anda memaksakan untuk mendaftarkan diri,ada beberapa konsekuensi yang harus anda tanggung,yaitu :
  • Lamaran yang anda kirimkan akan tidak diproses ( siapa yang proses wong itu abal-abal kok )
  • Anda akan terkena penipuan
  • Membuang-buang waktu,biaya dan tenaga
  • Berkas yang anda kirimkan bisa disalah gunakan oleh pihak penipu
Jadi sekali lagi saya tekankan kepada anda,SELALU LAKUKAN PENGECEKAN jika mendapati sebuah informasi loker.

Setelah itu,silahkan catat nama situs atau website yang menyebarkan berita hoax tersebut supaya anda tidak termakan berita sari sana dikemudian hari.


- Alamatnya Meragukan

Tanda-tanda kepalsuan loker yang lain adalah alamat yang tertera disana biasanya sangat meragukan.Sangat sering saya membaca sebuah nformasi yang ternyata lokasi yang diberikan adalah lokasi " ngawur " alias bukan lokasi perusahaan yang dimaksud.

Biasanya berupa ruko atau kantor pribadi yang tidak jelas keabsahanya.Sedangkan alamat email,saya sendiri sering mendapati yang tidak sesuai.

Saya sering melakukan pendaftaran dengan mengirimkan via e-mail,tetapi biasanya saya sangat extra hati-hati dalam melakukanya.Terlebih jika alamat e-mailnya terlihat kaku atau terlihat tidak meyakinkan.


- Ada Biaya yang Harus Dibayarkan

Anda pernah tidak melakukan pendaftaran ke perusahaan berkelas seperti chevron,pertamina,maskapai penerbangan seperi garuda indonesia dan sebagainya? Kemudian anda diberikan balasan e-mail untuk datang ke sebuah tempat dengan membayar sejumlah uang travel atau perjalanan.

Percayalah,itu semua PENIPUAN!.Perusahaan sekelas dan sebesar itu,dalam melakukan proses recruitment biasanya menggunakan media yang jelas seperti sebuah fakultas/universitas ataupun lembaga resmi seperti disnakertrans.


- Informasinya Tidak Jelas

Mulai dari tanggal yang berlaku sampai kapan,kemudian posisinya apa dan informasinya tidak jelas.Hanya ada alamat  dan berkas persayaratan saja.

Jika anda mendapati informasi seperti itu,silahkan hubungi pihak pengelola websitenya dan tanyakan apakah itu loker benar atau tidak.Jangan sampai uang dan waktu yang anda habiskan terbuang sia-sia karena ternayata info lokernya salah.


Tips Melamar Pekerjaan Via Internet Supaya Tidak Tertipu


Setelah semua informasi diatas anda fahami dengan baik,untuk mendapatkan sebuah info yang akurat tajam dan terpercaya ):,silahkan anda lakukan tips dari saya berikut ini :
  • Pastikan situs/website yang anda gunakan adalah web yang bagus
  • Pastikan keaslian lokernya ( bisa menghubungi admin atau menanyakanya di situs media sosial )
Intinya anda harus extra hati-hati dan waspada ketika ingin melamar pekerjaan dimanapun itu berada.Karena saat ini,pengguran di indonesia sudah sangat memperihatinkan,dan moment ini sedang dimanfaatkan oleh sebagian oknum tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan semata.


Apakah ada situs/website lowongan kerja terpercaya yang direkomendasikan?

Sebenarnya ada banyak sekali situs loker yang ada di google,tetapi saya sendiri masih sering menagalami lamaran yang saya kirimkan tidak di proses entah itu kesalahanya diamana.Saya tidak mau berburuk sangka,mungkin saja,saya tidak masuk kriteria yang dibutuhkan perusahaan.

Anda bisa menggunakan tips yang sudah saya tuliskan diatas untuk mencobanya.Semakin banyak penagalaman yang anda alami,maka anda akan semakin jeli untuk mengidentifikasi sebuah loker asli ataupun palsu.

BACA :





Demikian pembahasan tentang ciri-ciri lowongan pekerjaan yang asli dan palsu yang ada di internet google.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

3/10/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Ciri-Ciri Lowongan Kerja Asli dan Palsu di Internet ( AWAS TERTIPU ).

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar