Contoh SMS Panggilan Kerja Resmi dan Penipuan,AWAS TERTIPU!

Contoh SMS panggilan kerja resmi dan penipuan yang akan saya berikan bertujuan supaya anda tau cara membedakan mana telepon pemanggilan yang asli dan mana yang abal-abal alias menipu.Hal ini sangat penting untuk anda ketahui supaya anda tidak tertipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Untuk anda yang mungkin baru lulus sekolah atau belum punya pengalaman,ketika anda mendapatkan SMS atau Telepon panggilan kerja,ada baiknya anda berhati-hati dan melakukan pengecekan apakah itu asli atau palsu.Jika anda gegabah dalam menanggapinya,bukan tidak mungkin anda akan terkena praktek penipuan tenaga kerja.


Contoh SMS dan Telepon Panggilan Kerja Resmi atau Palsu




contoh sms dan telepon panggilan kerja resmi serta yang palsu



Panggilan kerja adalah cara yang dilakukan sebuah perusahaan untuk memanggil calon karyawan mereka untuk mengikuti serangkaian proses seleksi.Ini merupakan hal yang paling dinantikan dan ditunggu-tunggu setelah pelamar mengirimkan surat lamaran mereka.

Proses pemanggilan ini dilakukan setelah perusahaan melakukan tahapan seleksi berkas calon karyawan mereka.Jika seleksi berkas anda lolos dan sesuai kriteria,maka anda bisa berkesempatan untuk mendapatkan pemanggilan ini.

Inilah jawaban untuk pertanyaan " kenapa seorang pelamar tidak kunjung mendapatkan panggilan kerja ".Kemungkinan besar adalah karena berkas yang mereka kirimkan tidak sesuai kriteria perusahaan.

Metode yang dilakukan perusahaan atau PT dalam melakukan pemanggilan kerjaan kepada calon karyawan mereka menggunakan beberapa cara,antara lain :
  • Via SMS
  • Via Telepon
  • Via Email
  • Via Surat
Dari keempat metode yang digunakan,perbedaan antara yang asli dan yang palsu SAMA SAJA.Anda bisa mempelajarinya dalam pembahasan dibawah ini.

Saya akan memberikan penjelasan khususnya untuk yang MENGUNAKAN SMS karena ini yang paling sering terjadi.Tetapi anda bisa menggunakan panduan ini untuk membedakan pemanggilan pekerjaan dengan metode yang lainya ( intinya sama saja kok ).


Ciri-Ciri SMS Panggilan Kerja Palsu/Abal-Abal/Panipuan


Yang pertama akan saya bahas adalah yang " abal-abal " terlebih dahulu.Ada beberapa ciri atau tanda bahwa pemanggilan yang anda terima itu tidak asli,antara lain :
  • Tempat berlangsungnya tes TIDAK JELAS
  • Ada pungutan biaya diluar logika
  • Waktu/Jam berlangsungnya tes diluar akal sehat
  • Kalimat perintahnya tidak logis untuk ukuran pemanggilan pekerjaan
Dari berbagai tanda yang saya sebutkan diatas,jika anda mendapati salah satunya maka anda WAJIB untk berhati-hati dalam menentukan langkah selanjutnya.Ada baiknya anda tanyakan kepada orang yang lebih mengerti dan lebih berpengalaman untuk hal semacam ini.


Contoh SMS panggilan kerja palsu yang sering saya temukan antara lain seperti ini :

Kepada saudara karina
Perihal lamaran yang anda kirimkan,kami mengundang anda untu mengikuti seleksi tahap lanjutan pada hari rabu,tanggal 30 maret 2019 di ruko warna hijau jln dokter juanda no 2020 dekat dekat lapangan sebelah kantor nggak jelas.Silahkan anda naik angot dan turun di terminal ( dan seterusnya )

Dari bentuk diatas,sudah sangat mencurigakan dimana proses berlangsungnya seleksi malah di ruko bukan perusahaan.Dan untuk pengetahuan anda saja,perusahaan resmi biasanya lengsung memberikan alamat perusahaan yan profesional,bukan seperti itu cara menyampaikanya.

Bantuk lainya seperti ini :

Menanggapi lamaran yang anda berikan,kami selaku PT Pertamina/Freeport/Garuda Indonesia mengundang anda untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.Silahkan anda akses link yang ada diSMS ini dan ikuti langkah PEMBAYARAN travel untuk konfirmasi ke ikut sertaan.

Bentuk seperti ini juga sudah pasti TIDAK BENAR dan PALSU,kenapa? Karena perusahaan sebesar itu TIDAK AKAN meminta uang atau biaya apapun.Dan juga biasanya perusahaan sebesar itu membuka lowonganya itu LEGAL dan ada instruksi untuk para pelamar tentang tahapan-tahapanya.

Jika anda masih ragu dan ingin memastikan,silahkan HUBUNGI perusahaan resminya.Bisa dengan menelpon langsung atau mendatanginya langsung.Dengan begitu anda bisa mendapatkan informasi yang jelas.

Berikutnya begini :

Pemanggilan tahapan interview/psikotes tahapan lanjutan dengan datang ke ( alamat tertentu ) jam 10 malam dengan mengenakan rok diatas lutut dan datang sendirian.

Tidak perlu saya jelaskan lebih lanjut.Jika anda mendapatkan bentuk semacam ini,hapus saja karena sudah sangat jelas kalau itu meragukan.

Perusahaan mana yang mengadakan seleksi jam 10 malam dan pakaian yang harus dikenakan seperti itu.Hati-hati yaa.

Masih ada lagi yang modelnya begini :

Selamat,anda lolos tahapan seleksi awal dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya.Silahkan datang ke kantor dengan membawa uang sebesar 500.000 sebagai uang pendaftaran dan bertemu dengan Bp/Ibu karina selaku HRD personalia.

Kira-kira,dimana leak keanehanya? Uang pendaftaranlah yang membuat ini sanat kentara penipuan.Sekedar informasi saja yaa,kalau perusahaan sudah melakukan pemanggilan seleksi,TIDAK ADA lagi yang namanya biaya pendaftran.


Kalau via telepon bagaimana? Via email dan surat bagaimana?

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya,bahwa TIDAK AKAN JAUH BERBEDA dengan bentuk pesan singkat seperti diatas.Bedanya hanya media yang digunakan.

Jika itu abal-abal,baik menggunakan metode telepon,surat ataupun e-mail,pasti akan terlihat dan kentara kalau itu tidak benar dan hanya berniat untuk menipu saja.Ingat yaa,menggunakan media apapun,jika itu terlihat aneh,maka berhati-hatilah.

BACA :





Ciri-Ciri SMS Panggilan Kerja Asli/Resmi


Setelah anda mengetahui bagaimana tanda yang palsu,sekarang adalah pembahasan untuk yang asli.Tanda bahwa itu adalah pemanggilan pekerjaan yang asli adalah sebagai berikut :
  • Tempat berlangsungnya tes LANGSUNG DI PERUSAHAANYA ( tidak selalu,silahkan fahami artikel ini )
  • Waktunya jelas
  • Tidak ada pungutan biaya apapun
  • Perintah yang diberikan logis dan nalar
Jika kriteria diatas duah dipenuhi,walaupun tidak ada jaminan 100%,tetapi kemungkinan besar itu asli dan bukan penipuan.

Contoh SMS pemanggilan kerja yang asli/resmi adalah sebagai berikut :

Kepada saudara puji
Kami mengundang anda untuk mengikuti psikotes/wawancara kerja pada hari senin tanggal 30 maret 2019 jam 8 pagi.Datang tepat waktu ke alamat perusahaan kami di kawasan industri jababeka/suryacipta/mm2100 jln ( dan seterusnya ).

Saya bisa asumsikan bahwa itu adalah benar adanya dan asli,kenapa? Karena tempat berlangsungnya tes langsung di perusahaan dan bukan ditempat yang aneh-aneh.Selain itu,tidak ada pungutan uang atau biaya apapun.

Jika tempat belangsungnya seleksi LANGSUNG DI EPRUSAHAANya,maka sudah bisa dipastikan bahwa itu benar.Penipu mana yang berani menipu didalam perusahaan,tidak akan ada yang berani.

Bentuk selanjutnya adalah sebagai berikut :

Selamat,anda lolos tahapan seleksi awal dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya.Silahkan akses website resmi perusahaan kami dimana anda melamar pekerjaan dan ikuti langkah sesuai yang tertera didalamnya.

Untuk jenis yang seperti ini,biasanya adalah perusahaan-perusahaan yang memang melakukan proses recruitment menggunakan website resmi mereka seperti PT KAI contohnya.Lembaga BUMN juga biasanya menggunakan website resmi untuk proses perekrutan calon karyawan mereka.

Anda harus jeli dan harus memperhatikan " dimana anda melakukan pendaftaran ".Jika memang sebelumnya anda mendaftar di website resmi perusahaan,maka sudah dipastikan ini benar adanya.

Tetapi jika anda tidak merasa medaftar tetapi mendapatkan panggilan kerja,maka kemungkinan besar itu adalah praktek oknum tidak bertanggung jawab yang hanya ingin mengambil keuntungan saja.

Selanjutnya ada juga yang bentuknya begini :

Kepada saudara hartono
Anda lolos tahapan tes selankutnya,silahkan datang ke perusahaan kami ( menyebutkan alamat asli perusahaan ) jam 8 pagi dengan membawa ijasah dan berkas asli lainya dan mengenakan pakaian hitam putih ( ada juga yang tidak bole hitam putih ) dan jangan membawa kendaraan.Jika membawa kendaraan,dilarang parkir di area perusahaan.

Memang ada perusahaan yang sedikit " ribet " ketika melakukan proses pemanggilan kepada calon karyawab baru mereka.

Banyak perusahaan yang seperti ini,seperti PT yamaha music,PT MEI,Aisin indonesia,yamaha west java dan berbagai perusahaan lainya.

Intinya,seribet apapun peraturanya JIKA ITU DIPERUSAHAAN LANGSUNG prosesnya,maka sudah bisa dipastika itu asli.Silahkan ikuti saja peraturanya supaya anda tidak terkena sangsi dan dipulangkan.


KESIMPULAN

1. Dalam membedakan atau menganalisa mana pemanggilan krja yang asli dan yang palsu,point utamanya adalah " dimana proses berlangsung ".Jika memang itu benar adanya alamat perusahaan,maka itu asli.

2. Ada baiknya anda melakukan survey atau mendatangi alamat yang dimaksud beberapa hari sebelum hari H,lihat apakah itu benar alamat PTnya atau bukan.Kalau bukan,silahkan fikir berulang kali untuk melanjutkanya.

3. TIDAK SELALU proses seleksi ada di perusahaan,TETAPI jika memang seperti itu,pihak perusahaan/HRD akan memberikan instruksi kepada anda sebelumnya.Instruksi tersebut biasanya dikatakan LANGSUNG BERTATAP MUKA.

4. Kalaupun ada perubahan jadwal baik itu alamat,waktu,atau peraturan lainya,saran saya : HUBUNGI pihak perusahaan dan tanyakan perihal perubahan jadwal itu.Jika benar adanya,maka hal itu memang benar.

5. JANGAN GEGABAH dalam mengambil dan datang ke pemanggilan yang terlihat aneh karena masa depan anda juga bisa aneh nantinya ( bayar doang,prosesnya tak tau kelanjutanya ).

BACA JUGA :



Demikian pembahasan tentang bagaimana contoh dan bentuk SMS pangilan kerja resmi dan yang palsu atau penipuan.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

3/24/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Contoh SMS Panggilan Kerja Resmi dan Penipuan,AWAS TERTIPU!.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar