Mencari Calo Kerja Terpercaya yang Aman? Begini Cara dan Ciri-Cirinya!

Calo kerja terpercaya merupakan profesi yang paling dicari oleh para pencari pekerjaan.Pasalnya,dengan menggunakan jalan pintas seperti ini,proses masuk ke sebuah perusahaan akan menjadi semakin mudah dan gampang.

Calo kerja yang aman dan terpercaya memang sedikit susah mencarinya tetapi ada ciri-ciri khusus yang bisa anda jadikan panduan ketika menggunakan sistem seperti ini supaya terhindar dari penipuan.Saya akan menjelaskanya untuk anda.


Calo Kerja

 


cara mencari dan ciri-ciri calo kerja aman dan terpercaya




Calo pekerjaan adalah sebuah " profesi " dari seseorang yang bisa menyalurkan atau memasukan seseorang pencaker ke sebuah perusahaan melalui " jalur belakang " atau tanpa mengikuti proses seleksi tes psikotes dan sebagainya.Kalaupunharus mengikuti proses seleksi,itu semua hanya sebagai formalitas saja.

Profesi ini seolah seperti " ditutup-tutupi " karena memang secara hukum,hal ini tidak diperbolehkan bahkan oleh pihak perusahaan sekalipun.Lalu bagaimana bisa,profesi seperti ini ada dan bahkan banyak dicari?

Profesi seperti ini bisa muncul karena beberapa hal,antara lain :
  • Tekanan dari orang luar perusahaan ( mungkin oknum preman dan sebagainya )
  • Oknum dalam perusahaan sendiri yang ingin mencari keuntungan
  • Kebutuhan pekerja yang sangat mendesak dan harus segera diisi
  • Ada oknum-oknum yang ingin mencari kesempatan
Sebenarnya masih banyak penyebab yang menjadikan profesi ini sangat marak dijalankan.Tetapi,walaupun seperti itu,masih ada saja mereka para pencari kerja yang ingin menggunakan sistem seperti ini,kenapa?

Alasanya hanya satu saja : Dengan menggunakan jasa perantara kerja,proses masuk menjadi seorang karyawan perusahaan tertentu bisa lebih mudah.Bahasa kasarnya " tinggal bayar,terus kerja ".


Bagaimana Proses Melamar Kerja Mengunakan Jasa Calo?


Untuk anda yang ingin mengunakan jalur pintas ini,ada baiknya anda mengetahui bagaimana alur prosesnya.Ada 2 alur yang biasanya digunakan seorang perantara,yaitu :


A. Alur yang Benar


Saya akan memulainya dengan alur yang baik dan benar.Ini adalah opsi bisa anda gunakan ketika memilih jalan pintas seperti ini.Berikut alur proses yang benar :
  • Pembicaraan awal ( anda membicarakan tentang semua hal,perusahaan apa,lokasinya dimana dan seterusnya.Silahkan tanyakan sedetail mungkin dan sejelas mungkin )
  • Proses masuk ( anda mengkuti tes seleksi atau apapun SAMPAI BENAR-BENAR mendapatkan surat kontrak kerja SAH dan VALID )
  • Pembayaran kepada perantara

Inti dari proses diatas adalah : TANDA TANGAN KONTRAK DULU baru BAYAR.Ini adalah jalur yang paling aman walaupun sangat sedikit perantara pekerjaan yang menggunakan sistem seperti ini.

Dengan anda mengunakan sistim ini,anda akan leih aman dari penipuan,kenapa? Karena yang banyak terjadi adalah,ketika seorang pelamar kerja membayar,setelah itu perantaranya KABUR.Jika anda sudah mendapatkan surat perjanjian kontrak kerja YANG SAH,maka jika perantara kabur,itu malah akan menguntungkan anda.

Yang perlu anda perhatikan disini adalah : SURAT KONTRAK KERJA HARUS VALID.Jangan sampai anda tertipu dengan surat kontrak kerja palsu.Untuk mengetahui apakah surat tersebut asli atau palsu,anda bisa memperhatikan :
  • Cap stempel dan tanda tangan siapa yang tertulis
  • Cek langsung ke pihak HRD perusahaan,apakah itu benar surat VAID atau tidak
Ingat yaa,jangan sampai tertipu surat kontrak palsu.


B. Alur yang Salah


Ini merupakan alur yang salah tetapi paling sering sekali digunakan oleh para perantara pekerjaan.Bentuk alurnya seperti ini :
  • Pembicaraan awal
  • Pembayaran
  • Proses masuk perusahaan
Dalam proses ini,pembayaran dilakukan diawal sebelum anda mendapatkan kejelasan mengenai kontrak kerja.Lebih parahnya lagi,sistem seperti ini PALING BANYAK digunakan oleh para perantara kerja dengan dalih " mana ada kerja dulu baru bayar,bayar dulu baru kerja ".

Dalih seperti itu memang TIDAK SEPENUHNYA SALAH,ada benarnya juga.Tetapi harus ada " hitam diatas putihnya " dulu atau harus ada jaminan bagi pelamar kerja supaya apa yang mereka inginkan,benar-benar diberikan.

Anda sebagai pencari pekerjaan juga dituntut harus extra hati-hati dalam melakukan apapun.Jangan sampai anda menyesali apa yang sudah anda lakukan di kemudian hari.


Ciri-Ciri Calo Kerja yang Aman,Terpercaya dan Amanah


Sebenarnya,dari penjelasan diatas,bisa disimpulkan bahwa dalam menempuh jalur " belakang " seperti ini,harus dilakukan dengan seorang perantara yang profesional dan amanah.Adapun cirinya adalah sebagai berikut :
  • Identitas orangnya jelas ( tingal dimana,orang mana,rumahnya dimana dan sebagainya )
  • Memiliki riwayat atau feedback yang bagus ( banyak yang sudah membuktikan dan testimoninya bagus )
  • Semua prosesnya jelas dan transparan
  • Membayar setelah anda benar-benar bekerja

Ketika saya dulu merantau,ada sedikit hal yang membuat saya " heran " berkaitan dengan praktek percaloan seperti ini,apa itu?

Dari sepengalaman saya,seseorang yang memang benar-benar bisa dan berprofesi sebagai perantara kerja,biasanya malah terkesan menutupi diri dan tidak sesumbar.Beda dengan yang niat menipu,mereka malah sesumbar kesana-kesini untuk mencari mangsa.


Cara Mencari Calo Kerja yang Aman dan Terpercaya


Setelah anda mengerti alurnya bagaimana,cirinya bagaimana,sekarang saatnya ke bagian bagaimana cara mencarinya.Untuk mencari perantara pekerjaan seperti ini,anda bisa menggunakan langkah berikut :
  • Gunakan media sosial ( FB,Instagram,twitter dan sebagainya )
  • Tanyakan ke teman
  • Tanyakan ke saudara
Atau anda bisa mencari informasi dimanapun.Bukan diamana anda mendapatkan informasi yang penting,tetapi bagaimana proses yang mereka berikan,itu yang harus anda perhatikan.Saya sudah menjelaskanya diatas,jadi saya anggap anda sudah tidak perlu bingung lagi.


KESIMPULAN :

- Menggunakan jasa perantara seperti ini termasuk dilarang baik dalam hukum ataupun agama,jadi fikirkan dengan bijak jika ingnin menggunakanya.

- Menggunakan langkah seperti ini sangat rawan penipuan,jadi anda harus extra hati-hati.

- Fikirkan dan komunikasikan apapun langkah yang anda ambil dengan orang lain ( teman,saudara atau orang yang berpengalaman ) supaya anda tidak salah jalan.

BACA :



Demikian pembahasan tentang bagaimana mencari calo kerja yang aman dan terpercaya lengkap dengan ciri-ciri perantara yang amanah.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

3/02/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Mencari Calo Kerja Terpercaya yang Aman? Begini Cara dan Ciri-Cirinya!.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar