Cara dan Syarat Menjadi Masinis Kereta Api ( Wanita serta Pria )

Cara dan syarat menjadi seorang masinis kereta api di PT KAI yang akan saya jelaskan di artikel kali ini berlaku untuk anda yang berjenis kelamin wanita/perempuan dan pria/laki-laki.Tatacara dan persyaratan yang harus anda lakukan serta persiapkan sebenanya tidak terlalu sulit,jadi anda tidak perlu menghawatirkan hal ini.

Cara menjadi masinis kereta api bagi wanita ataupun pria sebenarnya tidak teralu berbeda dengan ketika anda melamar pekerjaan di perusahaan pada umumnya.Sedangkan syarat yang harus dipenuhi atau dilengkapilah yang menjadi point yang sedikit berebeda dengan yang lain,bisa dikatakan sedikit ribet.


Alur atau Proses untuk Menjadi Seorang Masinis Kereta Api




tatacara dan persyaratan menjadi seorang masinis bagi wanita dan pria



Masinis adalah seseorang yang bertugas untuk mengoperasikan atau mengemudikan sebuah kereta baik itu kereta biasa atauun listrik ( KRL ).Tetapi tidak hanya mengemudiaknya saja,seorang " sopir kereta " memiliki tanggung jawab yang sangat luar biasa menyangkut keselamatan semua penumpang yang dibawanya.


Kerja jadi masinis itu enaknya apa sih?

Sebelum ke inti pembahasan,saya ingin menceritakan sedikit pengalaman saat melamar kerja di perusahaan ini dulu.Ketika saya melamar kerjaan,saya berfikir bahwa orang-orang yang mendaftar itu karena sedang mengganggur atau mencari kerja saja,TERNYATA TIDAK!

Ketika saya menanyakan ( iseng-iseng ) kepada beberapa angkatan yang mengikuti seleksi bareng dengan saya mengenai ALASAN kenapa mendaftar,ternyata jawabanya beraneka ragam dan mungkin bisa dibilang bahwa itu adalah sisi posisitf bekerja sebagai juru kemudia kereta.

Beberapa hal yang manjadi alasan dan dianggap enak menjadi seorang " sopir kereta " antara lain :
  • Gajinya besar 
  • Tunjanganya lumayan
  • Masa depanya bagus
  • Untuk yang masih " single ",akan ada sedikit kepercayaan diri ketika mendekati lawan jenis
Itu beberapa jawaban dari mereka-mereka yang saya tanya.Itu semua memang benar,jadi banyak hal yang menjadi daya tarik seseorang melamar profesi ini.


Gaji Masinis Berapa?


Gaji atau upah menjadi seorang juru kemudi kereta memang yang menjadi faktor utama banyaknya peminat untuk profesi ini.Dikutip dari laman tribunnews,upah seorang juru mudi mencapai angka rata-rata 12 juta rupiah.

Untuk ukuran perekonomian di indonesia,pendapatan yang mencapai angka 12 juta sudah termasuk sangat besar dan sangat layak untuk keberlangsungan hidup.Belum lagi beberapa tunjanganyang diperoleh.

Menurut Bp. Sukmoro selaku dirut PT KAI,besaran gaji sebesar 12 juta itu sudah dikalkulasikan atau sudah " take home pay " alias uang yang dibawa pulang atau gaji kotor.Itu sudah termasuk beberapa biaya tunjangan profesi dan yang lainya.


Jam Kerja Masinis Berapa Lama?


Untuk mereka yang berprofesi dan bertugas,memiliki jam kerja juga,karena memang seorang karyawan,jam kerjanya di atur dalam undang undang.Sebelum ke panjelasan jam kerja,seorang juru kemudi akan diberikan JADWAL pada tanggal 1 awal bulan dan berlaku untuk satu bulan penuh.

Sedangkan untuk jam kerja rata-rata dalam satu hari adalah sekitar 6 sampai 8 jam.Untuk perjalanan jauh yang membutuhkan waktu lama,biasanya akan di handle oleh petugas yang lain,jadi anda tidak perlu kaget kalau dalam sebuah perjalanan,anda melihat sopir yang berbeda dari ketika awal berangkat.

Pergantian petugas atau sistem rolling ini dilakukan selain untuk mematuhi ketentuan perundangan tentang hak jam kerja karyawan juga bertujuan untuk menjaga stamina dan kesehatan masinis.Sangat tidak mungkin kalau seorang juru kemudi harus melakukan perjalanan sampai 15 jam atau 20 jam tanpa ada panggantinya,bahaya untuk penumpang juga.

Jadi,jika sudah sampai batas waktu yang ditentukan,maka akan digantikan oleh juru kemudi yang lainya.


Kapan Hari Libur Untuk Masinis?

Sedangkan untuk hari liburnya menggunakan " sistem off ".Makdusnya sistem off itu adalah : Bekerja beberapa hari kemudian libur 1 hari,cotohnya ada yang kerja 5 hari terus libur,ada yang 6 hari baru libur 1 hari dan seterusnya.

Jadi bisa dikatakan " tidak menentu " untuk hari liburnya,antara satu petugas dengan petugas yang lainya akan berbeda.Tidak bisa libur sekaligus ( siapa yang mau mengemudikan keretanya ).

Bagian yang paling " tidak enak " dengan sistem libur seperti ini adalah : Ketika menemui hari besar atau libur nasional tetapi jadwaknya berangkat,ya mau tdak mau harus berangkat.Bahkan jika hari raya lebaran idul fitri juga banyak yang tidak libur karena memang jadwalnya untuk bertugas.

Tapi semua itu saya rasa tidak terlalu menjadi masalah besar melihat semua hal yang diperoleh dari profesi ini.Toh walaupun seperti itu,seorng karyawan masih diberikan hak untuk jam istirahat,libur bahkan hak untuk mengajukan cuti.


Sekolah atau Pendidikan Masinis Kereta Api itu Bagaimana?


Apakah ada sekolah atau pendidikan khusus untuk menjadi seorang juru kemudi kereta? Jika yang anda maksudkan sekolah itu seperti jenjang SMA atau perguruan tinggi,maka jawabanya TIDAK ADA.

Sekolah atau pendidikan masinis adalah sebuah program dari PT KAI untuk memeberikan ilmu pengetahuan kepada calon masinis.Jadi anda harus diterima di PT KAI dulu baru mendapatkan pendidikan dari sana.

Untuk seorang calon masinis biasanya akan menempuh pendidikan selama kurang lebih 6 sampai 1 tahun sesuai kebijakan yang berlaku.Setelah lulus dan mendapatkan sertifikat resmi,barulah seseorang boleh menjadi juru kemudi kreta.

Dulu juga saya berfikir kalau ada pendidikan khususnya,setelah saya tanyakan,ternyata tidak ada dan harus diterima bekerja dulu.Itulah kenapa lulusan SMA/SMK sederajat bisa untuk melamar lowongan kerja di PT KAI.


Syarat Menjadi Masinis Kereta Api untuk Wanita dan Pria


Untuk persyaratan yang harus anda penuhi antara lain :
  • WNI ( warga negara indonesia )
  • Untuk lulusan SMA/SMK sederajat,umur minimal 18 tahun dan maksimal adalah 25 tahun
  • Untuk lulusan diploma,umur minimal adalah 22 tahun dan maksimal adalah 30 tahun
  • Sehat jasmani dan rohani ( dibuktikan dengan surat sehat dokter )
  • Berkelakukan baik ( dibuktikan dengan SKCK atau surat kelakuan baik )
  • Bebas dari pengaruh obat terlarang atau narkoba ( dibuktikan dengan surat bebas narkotika )
  • Tidak bertato dan bertindik
  • Siap bertugas dan ditempatkan di seluruh wilayah indonesia
  • Tidak ada status perkawinan dengan karyawan PT KAI
  • Laki-laki tinggi bdan minimal 160 cm
  • Perempuan tinggi badan minimal 155 cm

Persyaratan diatas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemerintah.Jadi untuk yang paling tepat,anda lihat saja dalam brosur atau info loker PT KAI yang ada,pasti akan ada persyaratan yang dicantumkan.

Mungkin bagi sebagian orang beranggapan bahwa seorang juru kemudi kreta adalah mereka yang khusus laki-laki,tetapi tidak demikian.Tidak ada larangan dalam perundangan bahwa perempuan tidak boleh ikut,semuanya bole ikut.

Hanya saja,memang sebagian besar di dominasi oleh para pria.Hal ini juga dikatakan oleh Ibu Mega Tarigan selaku kepala MRT divisi jakarta.Beliau menuturkan kalau tidak ada deskriminasi untuk profesi ini baik pria ataupun wanita.


Cara Menjadi Masinis Kereta Api baik Wanita ataupun Pria


Setelah anda mengetahui sedikit gambaran diatas,jika anda ingin menjadi seorang sopir kereta api,anda bisa menempuh langkah berikut ini :

1. Via Website/Situs Resmi KAI

Jalan yang paling umum dan saya sediri gunakan ketika melamar kerja disini adalah dengan menggunakan website atau situs resminya.Adapun alur pendaftaranya adalah sebagai berikut :
  • Pastikan ada lowongan yang dibuka
  • Akses website resminya di alamat : https://recruitment.kai.id/
  • Lakukan proses registrasi atau pendaftaran akun terlebih dahulu ( jangan sampai lupa username dan paswordnya,kalau lupa anda tidak bisa masuk nanti )
  • Setelah proses registrasi selesai,silahkan lakukan pendaftaran
  • Mengungah berkas/dokumen sebagai seleksi tahap administrasi awal
  • Jika tahap seleksi administrasi lulus,anda akan diperbolehkan mengikuti tahapan cek kesehatan awal
  • Tahapan selanjutnya dalah tahapan tes psikotes
  • Jika anda lulus,maka anda akan mengikuti psikotes tahap 2
  • Jika anda lolos,maka anda akan diperbolehkan mengikuti tahapan seleksi wawancara/interview
  • Jika anda dinyatakan lulus,anda akan mengikuti tahapan kesehatan akhir
  • Selesai

Sebenarnya,setelah prosesi tes kesehatan atau medical chek up yang terahir,anda masih akan mengikuti berbagai prosedur lainya,tetapi jika sudah di tahapan ini,mungkin sudah bisa dikatakan zona aman.

Tidak ada perlakukan berbeda untuk perempuan dan laki-laki,semuanya menggunakan sistem yang sama.Jika ada perbedaan,itu hanya prakteknya saja bukan sistemnya,contohnya untuk tes kesehatan akhir atau yang lainya,bagian-bagian tubuh yang diperiksa akan berbeda antara cewek dengan cowok.

Itu wajar saja,karena memang anggota tubuhnya berbeda dan mungkin ada penilaian lainya.Tetapi secara sistem,semuanya sama saja.

BACA :



Dari serangkaian proses seleksi,tes psikotes adalah proses yang paling banyak membuat para pelamar gagal.Selain karena menggunakan sistem gugur,proses ini soalnya juga lumayan sulit,apalagi proses wawancaranya.

BACA JUGA :



Demikian penjelasan tentang bagaimana cara dan syarat untuk menjadi masinis baik wanita ataupun pria.Semoga bisa membantu anda.terimakasih teleh membaca,see uu.

3/15/2019 - 2 komentar

Related Posts

2 komentar untuk Cara dan Syarat Menjadi Masinis Kereta Api ( Wanita serta Pria ).

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.
Sintia p.d. 6/29/2019

Bagaimana jika yg ingin menjadi masinis jurusannya diluar mipa /mesin/elektro ? Semisal smk jurusan ak . Terimakasih

Balas Hapus
.
Puji Hartono 6/30/2019

Semua itu mutlak kebijakan pemerintah.Jadi pelamar hanya tinggal mengikuti informasi yang tertera pada info recrutiment saja,karena untuk lulusan,PASTI akan dituliskan,jurusan apa yang diperbolehkan mendaftar dan yang tidak.

Balas Hapus