Cara Daftar PT KAI - Alur Pendaftaran/Rekrutmen Online


Cara daftar PT KAI ( Kereta Api Indonesia ) saat melamar kerja hanya bisa dilakukan dengan sistem pendaftaran rekrutmen online.Jadi semua berkas dari pelamar kerja harus upload dokument mereka ke website resmi milik perusahaan kereta api.

Cara mendaftar pekerjaan di PT KAI ( Kereta API Indonesia ) online sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan anda mengikuti semua tahapan atau rosedurnya dengan baik.Jadi ketika lowongan dibuka,anda harus segera membuat akun dan mengisi data pelamar dalam situs resmi mereka.


Cara Daftar/Mendaftar Kerja/Pekerjaan di PT KAI Persero



Memang sedikit di sanyangkan,dimana sistem perekruitan pekerja nya harus menggunakan cara seperti ini,selain tidak semua daerah di bekali dengan akses internet yang bagus,informasi adanya lowongan PT KAI ini juga tidak di sebarluaskan secara maksimal,tak ayal sampai sekarang pun masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mendaftar pekerjaan di kereta apai indonesia agar menjadi salah satu pekerja PT KAI ini.

Tetapi dalam hal ini,kita tidak bisa menyalahkan siapapun,mau tidak mau kita sebagai orang yang " butuh " di tuntut untuk aktif mencari informasi,bukan informasi yang di tuntut mencari kita,dan agar anda tidak ketinggalan informasi tentang recruitment PT KAI,kalian harus selalu update pada situs resmi mereka.Dan berikut cara mendaftar pekerjaan lewat web resmi nya :


CARA DAFTAR PT KAI VIA ONLINE ( Membuat Akun )


Silahkan ikuti panduan di bawah :
1. Masuk situs resmi recruitment PT KAI di : SITUS RESMI PT KAI
2. Akan muncul tampilan seperti di bawah,kalau hanya ingin mengetahui informasi terbaru,anda      klik saja kolom LOWONGAN dan yang lain,tetapi kalau anda ingin mendaftar pekerjaan,anda di haruskan untuk registrasi data dengan cara klik " registrasi " lihat gambar


cara mendaftar kerja atau pekerjaan di PT KAI


3. Isikan semua data dengan sebenar benar nya,inpukan kode verifikasi di kolom yang tersedia,dan jika sudah terisi semua,silahkan pilih " kirim verifikasi ke email " lihat gambar :


CATATAN PENTING!!

Ingat ingat pada saat anda mengisi kolon " username " dan " pasword ",bisa anda catat di kertas atau di buku anda,kenapa? Karena itu yang akan anda gunakan untuk log in pada website tersebut.Jadi JANGAN SAMPAI LUPA YA!


cara mendaftar atau daftar PT KAI Persero


4. Selanjutnya anda akan mendapatkan email aktifasi akun,klik tautan pada email tersebut,ikuti semua langkahnya dan silahkan log in menggunakan username dan pasword yang sudah anda buat tadi.


Jika anda sudah sampai tahapan ini dan sudah bisa melakukan LOGIN menggunakan username dan pasword yang sudah anda buat,berarti anda " SUDAH SUKSES MENDAFTARKAN DIRI ".Sampai tahapan ini,semua data anda akan tersimpan di database pusat perusahaan ini.


Cara Mengisi Biodata Diri


OK,setelah anda resmi terdaftar,selanjutnya adalah " MENGISI BIODATA DIRI/REGISTRASI ",langkahnya adalah sebagai berikut :


1. Akan tampil laman seperti pada gambar di bawah :

- untuk menampilkan opsi dasbord utama,klik ikon garis di atas sesuai yang saya lingkari
- untuk menampilkan opsi lowongan terbaru,klik tulisan lowongan di sebelah kiri dan pilih opsi rekruitment,lihat gambar :




alur pendaftaran di pt kai



2. Tetapi,sebelum anda bisa mendaftar,anda harus mengisi form biodata pribadi anda terlebih dahulu.

Silahkan pilih opsi " data pelamar " di bagian kiri laman,dan isi semua nya dari mulai BIODATA,PENDIDIKAN,dan UPLOAD DOKUMEN,isi dengan sebenar benar nya,,jangan sampai ada yang salah,jika sudah ahiri dengan memilih tombol " save "

3. Sebenar nya anda sudah berhasil melakukan tahap registrasi pada website PT KAI ini.Anda hanya tinggal pilih lowongan apa yang sedang di buka pada kolom " lowongan " dan opsi " rekruitment " pada sebelah kiri laman.


Pendaftaran PT KAI


Jika semua tahapan diatas sudah anda lakukan,anda hanya tinggal mendaftarkan diri anda saja.Hanya saja,ketika anda mendaftarkan diri " anda hanya bisa mendaftar jika memang lowongan dibuka ".

Jadi,ketika pihak perusahaan BELUM membuka lowonganya,anda tidak bisa daftar.Intinya adalah : Anda harus selalu memantau perkembangan website,begitu ada pembukaan lowongan,langsung saja daftarkan diri anda.

Untuk langkah pendaftaranya dalah sebagai berikut :
  1. Pada halaman awal/beranda website,klik tulisan " lowongan terbaru "
  2. Jika memang sedang ada pembukaan lowongan,maka daftarnya akan muncul ( mullai dari posisi/jabatan,daerah mana,kualifikasinya bagaimana dan seterusnya )
  3. Silahkan klik lowongan terbaru tersebut
  4. Pilih " APLLY/DAFTAR "
  5. Karena anda sebelumnya SUDAH MENGISI BIODATA,maka tahapan pengisian biodata akan langsung dianggap " selesai " oleh sistem pusat
  6. Anda hanya perlu melakukan upload dokumen saja ( pelajari di paragraf bawah nanti )
  7. Menunggu jadwal tes
  8. Mengikuti tes
  9. Selesai


Kesimpulan :

Untuk bisa melamar pekerjaan di kereta api persero,ada 3 tahapan yang harus anda lalui,yaitu :
  • Mendaftarkan/Membuat kaun terverifikasi
  • Mengisikan dengan biodata diri
  • Melamar pada posisi yang sedang dibuka lowonganya
  • Upload berkas ( sesuai permintaan )

Khusus untuk point " upload berkasnya " saya akan berikan penjelasan detailnya.


Cara Upload Dokumen PT KAI ( Kereta Api Indonesia )


Dokumen yang dimaksud adalah kumpulan berkas-berkas umum ketika anda melamar pekerjaan.Tetapi disini,anda harus mengikuti semua yang " diminta " oleh perusahaan.Jadi,ketika perusahaan meminta upload foto setengan badan bacground merah contohnya,mau tidak mau anda harus mengikutinya.

Untuk langkah upload dokumenya adalah sebagai berikut :
  • Pastikan anda sudah logi in ke akun anda
  • Anda bisa mengaupload ketika akan melamar atau ketika belum ada info lowonganpun anda bisa upload berkas
  • Klik tulisan " upload dokumen " pada bagian atas
  • Akan muncul halaman kurang lebih seperti ini


tatacara upload berkas atau dokumen di PT KAI


  • Klik " ganti "
  • Silahkan upload ( sesuai ketentuan,misalnya untuk KTP harus format JPEG,ya anda harus membuat atau scan dengan format seperti itu )
  • Uploadkan semua berkas sampai ada tanda ceklis atau centang berwarna hijau
  • Setelah semuanya terupload dengan sempurna
  • Selesai
Inilah tahapan kecil TETAPI sangat banyak yang gagal.Akibatnya,seleksi administrasi mereka ditolak dan gagal otomatis.

Apa yang membuat pelamar banyak yang gagal pada tahap upload berkas dokumen atau tahap verifikasi data di PT KAI? Antara lain penyebabnya sebagai berikut :
  • Berkas yang diupload TIDAK sesuai ketentuan/permintaan ( perusahaan minta ukuran maksimal 100kb,mereka uploadnya ukuran 300kb )
  • Telat atau terlambat melakukan uplod berkas ( karena ada batas waktu ketika lowongan dibuka )
  • Koneksi internet lemot yang mengakibatkan pelamar kesulitan melakukan aplod
  • Banyak kesalahan data diri saat proses ( nomor 1 sampai 3 diatas berlangsung )

Jadi tetilit lagi semua yang anda isikan,apakah sudah benar semua atau belum.Jangan tergesa-gesa karena hal itu bisa mengakibatkan anda salah dalam tahapan-tahapanya.Jika ada kesalahan data,anda bisa memperbaikinya dengan cara :


Cara Edit Data Pelamar PT KAI


Anda bisa melakukan pengeditan data diri anda dengan cara sebagai berikut :
  • Pastikan anda sudah login
  • Silahkan klik tulisan " DATA PELAMAR "
  • Akan muncul beberapa point seperti ( biodata diri,riwayat pendidikan dan dokumen )
  • Silahkan anda klik dan pilih saja bagian mana yang salah
  • Setelah muncul halaman yang anda pilih,silahkan perbaiki datanya
  • Selesai
Untuk permasalahan data yang salah memang mudah untuk memperbaikinya..Yang sedikit merepotkan adalah ketika ( lupa pasword dan kata sandi ).Ini yang sedikit ribet mengurusnya.Tapi saya akan coba bantu untuk anda yang mungkin mengalami ini,langkahnya :

- Ketika lupa pasword saja : Untuk anda yang lupa pasword anda,pada saat akan melakukan login,silahkan lakukan langkah berikut ini :
  • Klik " lupa pasword/lupa kata sandi "
  • Anda akan dibawa kehalaman untuk mengisikan email yang anda gunakan dulu ketika mendaftar
  • Setelah diisi,klik " lanjutkan "
  • Anda akan mendapatkan email dari perusahaan
  • Buka email dan klik link atau tautan yang ada didalam email
  • Silahkan isikan pasword atau kata sandi anda yang baru
  • JANGAN LUPA UNTUK DICATAT
  • Setelah selesai.sobalah log in dengan pasword tersebut
  • Selesai

- Ketika lupa username : Anda bisa mencobanya dengan mengisikan alamat email sewaktu anda mendaftar dulu.

- Ketika lupa username dan pasword : Anda bisa mencoba menghubungi pihak Perusahaan via email atau akun media sosial mereka untuk minta bantuan.Ingat yaa,akun mereka harus yang resmi,walaupun media sosial,perusahaan memiliki akun resminya kok.



Mungkin beberapa artikel berikut ini bisa sedikit membantu anda :


- Download latihan soal psikotes perusahaan dan jawabanya PDF

- Soal tes matematika yang sering keluar saat sikotest perusahaan

- Kunci jawaban soal gambar 8 kotak ( wartegg )

Jawaban interview motivasi kerja yang benar untuk HRD


Untuk pengalaman saya mengikuti test seleksi PT KAI ini,,akan saya tulis di artikel selanjutnya,,kebetulan saya juga pernah mengikuti seleksi PT KAI ini,,tetapi gagal pada tahap interview,,lumayan lah untuk bahan referensi kalian jika ingin mengikuti test PT KAI,setidak nya kalian tahu " kerangka " soal yang di test kan nanti di sana,silahkan ingat ingat alamat web saya ini,,atau kalian bisa ikuti web saya untuk informasi terbaru lain nya.

Demikian tulisan tengtang bagaimana cara mendaftar pekerjaan di pt Kereta Api Indonesia,semoga bisa membantu kalian dalam mencari pekerjaan.Terimakasih sudah membaca,see uuuu

11/05/2017 - 6 komentar

6 komentar untuk Cara Daftar PT KAI - Alur Pendaftaran/Rekrutmen Online.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.
rendi ardiansyah 7/01/2018

Lamaran yg pertama saya ga lulus, tp saya melamar yg ke 2 gabisa mask kenapa ya? Ada notice saya masi mengikuti lowongan sblm nya tp lowongan sblmnya kan sudah beres knp ya?

Balas Hapus
.
puji hartono 7/01/2018

Untuk pastinya saya kurang tahu,karena saat saya mencoba melamar kembali tidak bisa karena umur saya sudah lewat 25 tahun.Anda bisa cari situs resmi PT KAI di facebook,IG,atau Twitter dan tanyakan disana,mungkin ada jawaban pastinya nanti.Semoga membantu.

Balas Hapus
.
rendi ardiansyah 7/20/2018

Saya ko ga bisa lamaf yg ke 2x,nya ya gan?

Balas Hapus
.
puji hartono 7/20/2018

1. pastikan memangs sedang membuka lowongan
2. cobalah dengan email yang lain
3. coba gunakan web browser yang lain,saran saya gunakan google chrome

kalau tetap tidak bisa,coba di tengah malam saat yang akses tidak terlalu banyak.Semoga membantu

Balas Hapus
.
tata qiew 9/23/2018

Q udah berhasil buat akun tinggal melengkapi data diri tetapi ketika mau di save selalu gagal katanya tidak sesuai karakter yang diperbolehkan kira" kenapa ya?

Balas Hapus
.
puji hartono 9/23/2018

1. Pastikan PERSYARATAN dan data diri anda " SESUAI " contohnya :

umurnya tidak boleh lewat dari batas maksimal
tinggi badan tidak boleh kurang
nilainya cukup
dan sebagainya

Coba mas baca-baca lagi " PERSYARATAN " apa dan bagaimana kemudian cocokan dengan data diri anda.

Balas Hapus