Cara Komplain ke Bukalapak-Paket Tak Sesuai & Salah Kirim

Cara melakukan komplain ke bukalapak untuk paket yang tidak sesuai deskripsi penjual lalu anda ingin return atau refund serta salah kirim dimana pesanan tertulis sudah diterima padahal belum menerima sebenrnya sangat mudah.

Tatacara komplain di bukalapak khususnya untuk pesanan yang tidak sesuai dan salah kirim bisa anda lakukan dengan berbagai langkah,salah satunya melalui CS ataupun email.Bahkan anda bisa melakukanya di aplikasinya langsung.



Komplain Bukalapak Paket Rusak dan Salah Kirim




cara melakukan komplain di bukalapak.com



Bukalapak.com adalah sebuah situs jual beli online yang bisa anda gunakan untuk membeli barang atau berjualan disana.Dengan kata lain,anda bisa berperan sebagai pembeli ataupun penjual sebuah produk.

Walaupun menggunakan media internet untuk melakukan kegiatan jual beli,BL atau kepanjangan dari buklapak ini sudah menggunakan sistem jual beli yang dirancang sedemikian rupa untuk mencegah berbagai masalah khususnya penipuan online yang sering sekali menimpa seseorang.

Memang secara garis besar,jika mengatakan kemananya,BL ini sudah sangat memenuhi keriteria untuk mendapatkan sebutan situs online yang terpercaya dan aman.Hanya saja,walaupun seperti itu,masih ada saja beberapa permasalahan yang sering terjadi.


Masalah yang sering terjadi dan menimpa pembeli di BL antara lain :
  • Penjual " nakal " ( barang yang dikirm memang tidak sesuai dengan deskripsi )
  • Paketanya sampainya lama
  • Paketan tertulis sudah terkirim padahal MEMANG BELUM menerima ( biasanya kurirnya salah kirim barang )
  • Penjual melakukan cancel pesanan TANPA ada pemberitahuan alasan 
Dan masalah lain yang meungkin terjadi kepada anda selaku pembeli.


Komplain Bukalapak Barang Yang Dikirim Tidak Sesuai Deskripsi/Rusak/Return/Refund


Masalah ini biasanya terjadi kepada pihak pembeli,dimana paket yang dterima ternyata tidak sesuai dengan persetujuan jual beli entah itu paketanya rusak,tidak berfungsi,pecah dan lain sebagainya.Jika masalah ini terjadi,anda sebagai pembeli bisa melakukan komplain LANGSUNG pada form yang sudah disediakan.

Untuk langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Klik " TERIMA BARANG "
  • Anda akan diberikan halaman untuk mengisi feedback ( silahkan isi feedbaknya terserah anda,mau jempol ataupun jempol terbalik )
  • Pada bagian bawah : JANGAN KLIK SAYA SETUJU,melainkan KLIK KOMPLAIN


cara melakukan komplain di bukalapak ketika barang tidak sesuai deskripsi


  • Akan terbuka kolom diskusi disana
  • Akan tersedia " pilihan " disana,silahkan anda pilih lasan apa yang membuat anda mengajukan komplain
  • Silahkan anda upload foto barang yang anda terima 
  • Kemdudian,anda akan diberikan 3 pilihan penyelesaian,yaitu : Pengembalian,penggantian ataupun penambahan barang ( berhubung ini unitnya tidak sesuai deskripsi,silahkan pilih " pengembalian barang " )
  • Centang kolom persetujuan ongkos kirim di bebankan kepada anda
  • Klik " kirim kmplain "
  • Otomatis,pihak BL akan memberitahu pihak penjual bahwa anda melakukan klaim terhadap unit yang penjual kirimkan
  • Jika pihak penjual SETUJU,maka statusnya akan menjadi disetujui dan anda bisa mengembalikan unitya ke pihak penjual
  • Silahkan kirim unitnya kembali ke pihak penjual
  • Masukan nomor resi pengiriman
  • Tunggu sampai pihak penjual menerima unitnya kembali
  • Jika pihak penjual sudah menerima unitnya dan klik " terima barang " maka
  • Uang anda sebagai pembeli akan dikembalikan ke saldo BL anda
  • Selesai

Sebenarnya,anda bisa menggunakan metode lain selain itu,yaitu : Mengirimkan pesan khusus kepada penjual bahwa unitnya tidak sesuai deskripsi.Anda bisa melakukan diskusi " dua mata " dengan penjual dan mencari solusi terbaik.

Tetapi,jika dengan diskusi baik-baik tidak menemukan titik terang,maka lakukan langakah diatas.


- Mas,saya sudah komplen dan buka diskusi,tetapi penjual tidak respon,bagaimana?

Jika seperti itu,ANDA TENANG SAJA,karena sistem BL sudah disetting,dimana jika kolom diskusi tidak direspon penjual dalam beberapa hari,maka TRANSAKSI AKAN DIANGGAP GAGAL dan uang anda akan kembali.

Jadi,jika sistem BL sudah membuka kolom diskusi,maka anda HARUS langsung menuliskan alasan anda ingin return/refund apa beserta bukti.

Penjual diwajibkan membalas komplenan anda,jika tidak,maka seperti yang saya katakan ( dalam beberapa hari tak respon penjualnya,uang pembeli AKAN DIKEMBALIKAN ) dan transaksi dianggap gagal.


Komplain Bukalapak Paket Salah Kirim atau Lama Sampai


Selanjutnya yang sering sekali tejadi adalah : Paketan yang dikirmkan LAMA SEKALI sampainya. Khusus untuk masalah ini,pihak BL BUKAN PIHAK yang bertanggung jawab penuh,melainkan ini adalah urusan daripada pihak pengiriman jasa expedisi ( JnT,JNE,Pos Indonesia ataupun jasa expedisi yang lainya ).

Selain lamanya pektan sampai,sering juga terjadi masalah " salah kirim barang ".Hasilnya,status paket di aplikasi BL tertera sudah terkirim tetapi si pembeli TIDAK MENERIMA barangnya.

Jalan keluarnya bagaimana?

  • Hubungi pihak expedisi pengiriman ( tidak perlu hubungi pihak BL,karena mereka akan lepas tangan karena memang itu urusan pihak expedisi )
  • Anda bisa mendatangi kantor pengiriman ( jnt/jne/pos/tiki atau yang lainya sesuai pengiriman yang anda gunakan )
  • Anda juga bisa menelfon mereka di nomor Call Centre Pusat
  • Bisa juga menghubungi mereka di akun media sosial seperti FB dan twitter
Ingat yaa,jika masalahnya di pengiriman maka ITU BUKAN TANGGUNG JAWAB BUKA-LAPAK melainkan sudah tanggung jawab pihak expedisi.

Anda mau komplen sampai ratusan kali juga tidak akan menemukan jawaban jika komplenya ke BL.Langsung ke pihak pengirimanya yaa.



Sudah Komplain Bukalapak Tapi Tidak Ada Tanggapan


Dari berbagai masalah diatas,anda bisa melakukan claim ke pihak BL dengan mematuhi peraturan dan alur yang berlaku.Untuk langkah mengomplain pihak BL,andaharus mempersiapkan beberapa data penting yang akan ditanyakan nantinya,yaitu :
  • Kode atau NOMOR TRANSAKSI ( biasanya akan tertera di notifikasi ketika ada pesanan masuk atau ketika anda melakukan pemesanan )
Jadi sebeum melakukan klaim,silahkan catat NOMOR transaksinya itu.Untuk langkah melakukan komplain ke pihak bukalapak.com,anda bisa menggunakan metode berikut ini :


1. Menghubungi CS ( Customer Service )


Yang paling mudah dan paling cepat di respon adalah dengan lengsung menelfon kepada pihak CS buka bantuanya.Untuk nomor customer servicenya adalah :
  • 021 50813333

Untuk biaya telfonya tidak gratis atau bebas pulsa yaa,anda harus memiliki pulsa untuk bisa melakukan telpon kesana.

Setelah terhubung nanti,silahkan utarakan apa masalah yang anda hadapi kepada pihak BL,biasanya mereka akan meminta nomor transaksi untuk melakukan pelacakan ( inilah kenapa saya menyuruh anda untuk mencatat nomor tersebut terlebih dahulu ).


2. Mengirimkan E-Mail


Jika ada alasan tertentu ( entah lama tersambung atau ingin sekedar memastikan saja ) anda tidak bisa melakukan telefon,anda bisa menggunakan media email untuk melakukan klaimnya.

Untuk alamat email BL adalah sebagai berikut :
  • cs@bukalapak.com

Silahkan anda tuliskan permasalahan anda didalam email tersebut dan jangan lupa untuk mencatumkan nomor transaksi anda.Jika anda tidak menuliskanya,nanti akan ditanyakan ( anda jadi dua kali kirim email ).


3. Melalui Media Sosial


Jika dua opsi diatas sudah anda lakukan dan ingin lebih memastikanya lagi,anda bisa juga menghubungi akun media sosial resmi milik mereka.Ada 2 akun media sosial yag bisa anda gunakan untuk melakukan klaim,yaitu :
  • Akun TWITTER di alamat : @billy_care ( yang ada simbil BLnya yaa )
  • Akun FACEBOOK di : facebook.com/bukalapak ( yang ada tanda centang di akunya yaa )

Silahkan kirim DM atau pesan ke akun diatas dengan menjelaskan permasalahan anda dengan mencantumkan nomer transaksi anda.


Ketiga langkah diatas adalah langkah yang paling sering dilakukan dan merupakan langkah yang sesuai prosedur.Anda bisa saja melakukan klaim mengunakan metode lainya,TETAPI jika tidak direspon,itu anda yang salah yaa ( karena tidak mengikuti alur yang benar ).


Baca :




Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara untuk melakukan komplain di bukalapak untuk masalah barang tidak sesuai atau rusak dan ingin refund return ataupun paket lama sampai bahkan salah pengiriman.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Komplain ke Bukalapak-Paket Tak Sesuai & Salah Kirim.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar