Tips Memilih Penjual yang Bagus di Bukalapak,Shopee,Tokopedia

Tips atau cara memilih penjual yang bagus di bukalapak ataupun shopee serta tokopedia sangat penting untuk menghindari supaya pembeli tidak kecewa dan tak tertipu toko online yang nakal.Jika sampai salah pilih,bukan tidak mungkin akan banyak masalah yang terjadi nantinya.

Banyak pembeli online yang bingung bagaimana cara memilih toko atau penjual yang bagus di marketplace seperti bukalapak shoppe ataupun tokopedia.Alasan utama mereka adalah supaya transaksi tidak mengecewkan dan tidak terkena penipuan pastinya.


Ciri-Ciri Penjual yang Bagus di Bukalapak,Shopee dan Tokopedia



cara memilih penjual online yang bagus di bukalapak shopee dan tokopedia




Pembahasan kali ini saya akan khususkan untuk online market BUKALAPAK,SHOPEe dan TOKOPEDIA saja.Untuk marketplace lainya akan saya tuliskan di artikel berikutnya.


Tujuan memilih penjual online yang bagus apa?

Saya akan mulai penjelasan dari sini.Seperti yang saya katakan diawal bahwa alasan utamanya adalah untuk menghindari praktek tipu-tipu dari toko yang nakal.

Dengan bertransaksi dengan toko yang memiliki reputasi baiki,maka kecil kemungkinan pembeli akan terkena penipuan atau kecewa.


Kenapa harus memilah? bukankah aman belanja di BL,tokped dan shope?

Memang aman,karena aplikasi belanja online diatas menggunakan sistem REKBER atau rekening bersama.Jadi jika ada kejadian diluar yang diinginkan,uang akan dikembalikan ke pembeli.

Hanya saja,dari ratusan toko yang ada,satu atau dua pasti merupakan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bisa karena mereka tidak faham dengan sistem rekber atau mungkin oknum yang sekedar ingin iseng mengerjai pembeli ( bisa jadi juga kan? ).


Apakah toko yang reputasinya bagus pasti aman?

99% aman,karena toko dengan reputasi baik akan selalu berusaha menjaga kualitas toko mereka supaya tidak mendapatkan feedback negatif dengan cara memberikan pelayanan yang maksimal juga.

Tapi,yang namanya manusia,pasti tidak lepas dari kesalahan.

Itulah kenapa TIDAK saya katakan 100%,karena sebaik apapun tokonya,pasti akan ada satu atau dua masalah yang pernah terjadi pada transaksi mereka.


Kenapa toko yang reputasinya baik harga barangnya mahal?

Sebenarnya TIDAK SELALU,jika anda jeli memilahnya,pasti akan dapat toko dengan harga barang dagangan yang murah.

Mungkin karena mereka menjual produk yang benar-benar berkualitas,makanya harganya jadi sedikit lebih mahal.

Kalau anda sudah berpengalaman belanja online,biasanya tidak selalu berpanutan kepada toko dengan reputasi baik.Tapi bagi anda yang pemula atau baru mencoba,langkah ini yang pertama kali harus anda pertimbangakan.


Alasan memilih penjual yang bagus saat belanja online apa?

Mungkin anda berfikir,kalau ada harga murah,kenapa harus cari yang mahal.Toko biasa saja sudah cukup kan? Toh barangnya murah-murah?

Ada beberapa alasan ( khususnya saya pribadi ) lebih memilih toko yang memiliki reputasi baik,antara lain :
  • Barang yang dijul biasanya original atau produk resmi
  • Mau bertanggung jawab jika ada kerusakan barang
  • Menerima return/refund jika paketan rusak
  • Deskripsi sesuai dengan barang dagangan
Dan berbagai hal lain yang pstinya toko abal-abal tidak akan berani melakukanya.

Ok,selanjutnya ciri-ciri atau cara memilih penjual online yang bagus khususnya di bukalapak shopee dan tokopedia agar supaya tidak tertipu apa saja :


1. Banyak Ulasan/Feedback/Komentar Positif


Yang pertama,silahkan cari toko yang memiliki ulasan atau komentar positif yang banyak.Tempat komentar biasanya ada di bawah barang yang diposting.

Jika anda tidak menemukan komentar karena barang belum ada yang beli,anda bisa melihat di barang yang lain sebagai pembanding atau supaya anda merasa yakin.

Itu juga yang saya lakukan.Jika komentar yang sudah beli puas semua,saya akan langsung berani order atau pesan barangnya.

Jika kebetulan di barang yang saya incar belum ada ulasan,saya coba cari barang lain di toko yang sama dan baca-bac komentarnya untuk perbandingan saja ( kalau di semua barang daganganya pembeli puas,maka barang ini juga yakin lah ) begitu fikiran saya.


2. Memiliki Predikat Start Seller/Super Seller/Gold Seller


Predikat ini biasanya akan tertera di foto profil si penjual.Itu bukan editan yaa,melainkan itu langsung diberikan pihak aplikasi kepada toko yang memang reputasinya selalu baik.

Tidak mudah loh dapat nama " start seller " seperti ini.Paling tidak anda harus mendapatkan puluhan atau bahkan ratusan feedback positif dari pembeli.

Dan jika sudah dapat nama seperti itu,satu feedback negatif bisa mempengaruhi performa toko bahkan jika terlalu banyak feedback negatif,maka nama " start seller " akan dihilangkan oleh sistem penyedia aplikasi online nya.


3. Berani Memberikan Garansi/Jaminan


Kalau tidak ada simbol START SELLER bagaimana? Tenang saja,mungkin toko sedang proses menjadi penjual yang bagus,hanya saja belum memenuhi standart untuk mendaptkan gelar itu.

Anda bisa merasa yakin jika si toko memberikan garansi,seperti :
  • Garansi tukar barang
  • Garansi uang kembali
  • Garansi perbaikan gratis
Ataupun garansi lainya.

Jika memang ada tertulis seperti itu,biasanya tokonya bagus dan bisa anda jadikan patokan.


Tapi saya tak yakin mas,soalnya ini toko baru ( belum ada feedback apapun )?

Jika anda tidak yakin,anda bisa beralih ke toko lain atau kalau memang TERPAKSA hanya itu yang ada,anda bisa screenshoot tulisan bahwa toko memberikan garansi.

Jadi,ketika barang sampai dan tidak sesuai,anda bisa melakukan komplain dengan memberikan bukti itu kepada penyedia layanan ( ini loh buktinya si toko memberikan garansi ) sambil memberikan screenshoot tan tadi.


TAMBAHAN PENTING :

- Usahakan selalu INBOK penjual untuk menanyakan ready tidaknya barang.Takutnya anda sudah pesan dan transfer ternyata barangnya habis.

Memang uang anda aman dan akan dikembalikan,cuma sayang saja waktu untuk nunggunya.Sudah nuggu lama,ehh ternyata barangnya habis.


BACA JUGA :

- Cara bayar barang di bukalapak


Demikian penjelasan bagaimana cara atau tips untuk memilih penjual ataupun toko yang bagus di bukalapak shopee serta tokopedia.Semoga membantu,see uu.

6/07/2020 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Tips Memilih Penjual yang Bagus di Bukalapak,Shopee,Tokopedia.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar