Cara Belanja di Bukalapak Lewat Hp Android LENGKAP!

Cara belanja di bukalapak bisa anda lakukan lewat hp android ataupun laptop baik via aplikasi langsung ataupun menggunakan google sebagai perantaranya.Bahkan membeli barang bisa anda lalui tanpa harus log in atau membuat akun didalamnya.

Cara membeli barang di bukalapak menggunakan smartphone atau hp android biasanya menjadi alternatif yang paling sering digunakan,karena selain mudah,proses pembelian atau memesan item sangat simple tetapi juga terjamin keamananya.



CARA MEMBELI BARANG DI BUKALAPAK



Bukalapak adalah sebuah " toko online " tempat untuk semua pedagang yang ada diindonesia menjual dagangan mereka lewat media internet.

Dengan seperti itu,selain para penjual yang diuntungkan karena tidak perlu menyewa toko dan menawarkan dagangan mereka,para pembelipun juga dimanjakan dengan kemudahan membeli barang keinginan mereka tanpa harus membuang waktu mereka karena hanya tinggal menggunakan smartphone atau laptop anda,semuanya akan beres.

Tetapi walaupun sangat mudah dan praktis,nyatanya banyak para pembeli ( khususnya yang baru ) sedikit kebingungan ketika akan memesan barang keinginan mereka.


Apakah harus mendaftar atau membuat akun jika ingin belanja di bukalapak?

Jawabanya : TIDAK PERLU.

Anda cukup mengikuti step by step yang akan saya jelaskan dalam artikel dibawah nanti.Jika anda mengikutinya dengn benar,maka proses pemesanan akan berjalan lancar.


Apakah aman ( uangnya tidak hilang/tertipu? )

Hampir bisa dikatakan aman 99%,kenapa? Karena di BL,mereka menggunakan sistem yang bernama " REKBER " atau rekening bersama.

Jadi jika pesanan tidak dikirim,uang anda kan dikembalikan kepada anda.


Lebih bagus buat akun atau tidak usah?

Saran saya,lebih baik anda membuat atau mendaftarkan akun anda,karena ini akan mempermudah proses pengembalian dana jika ternyata memang pesanan anda tidak dikirimkan atau anda tidak puas dengan pesanan yang dikirimkan/kompalin.


Untuk member yang punya akun dan tidak punya,apakah langkah pembelianya sama?

Untuk mereka yang memiliki account ataupun tidak,proses pembelianya SAMA SAJA.Tapi saran saya buat saja akunya.Toh ini akan mempermudah langkah anda kedepanya nanti ( khususnya untuk proses yang berkaitan dengan uang anda ).


Cara membuat/mendaftar akun di bukalapak bagaimana?


Untuk langkah pembuatan akunya cukup mudah :

  • Masuk website BL ( bisa menggunakan google atau menginstal aplikasinya di ponsel )
  • Klik " daftar "
  • Anda akan disuguhkan halaman seperti ini


cara membeli barang di bukalapak





  • Isikan nama anda
  • Isikan email/nomor ponsel ( gunakan nomor ponsel saja TAPI WAJIB YANG SELALU AKTIF )
  • Pilih genre ( bebas ) laki/prempuan
  • Isikan username ( bebas ) ini digunakan untuk tampilan profil anda,contohnya : HARTONOKUN2345 atau yang lainya
  • Jika saat mengisi username GAGAL,itu berarti nama itu sudah digunakan orang,carilah nama username seunik mungkin 
  • Isikan pasword ( bebas ) tetapi anda WAJIB selalu ingat,bisa anda catat di kerts atau buat kata sandi yang mudah diingat
  • Isi ulang pasword yang anda gunakan tadi ( harus sama persis bahkan huruf besar kecil berpengaruh )
  • Ceklis/centang " saya menyetujui ...." dan ceklis bagian " hubungan ..... " ( ada 2 yang di ceklis )
  • Klik daftar
  • Akan muncul pilihan " kirim kode konfirmasi via email/SMS "
  • Pilih yang via SMS saja
  • Anda akan mendapatkan SMS berupa kode khusus
  • Isikan pada kolom yang muncul
  • Klik " konfirmasi "
  • Selesai

Setelah konfirmasi bagaimana?

Silahkan LOG IN atau masuk ke BL dengan username dan pasword yang anda isikan di awal,SELESAI.

OK,untuk pendaftaran atau tidak itu terserah anda.Kita langsung ke prosesnya saja.


Cara Memesan Barang di Bukalapak



Langkah ini SAMA ketika anda menggunakan android ataupun laptop/PC,tidak ada bedanya,dan yang harus anda lakukan adalah :

1. Masuk Situs Resminya




CARA BELANJA DI BUKALAPAK



Langkah yang pertama adalah : anda masuk ke situs resmi bukalapaknya.Ketik saja bukalapakk dalam searching google yang ada pada gadget anda.Anda akan langsung dibawa masuk kedalam halaman utama,tetapi jika ada notifikasi " logg in atau daftarkan akun " anda tidak perlu mengeklik itu.

Silahkan anda klik saja tanda silang yang ada pada bagian pojok notifikasi tersebut,atau anda bisa pilih " masuk/belanjaa tanpa logg in " yang ada pada bagian bawah.

Tetapi harus anda ingat baahwa : jika anda ingin membeli barang ( anda bisa masuk tidak pelu logg in ) tetapi jika anda ingin menjual barang ( anda wajib membuat akun ).


2. Cari Barang Incaran Anda



Coba anda perhatikan bagian yang saya lingkari pada nomor 1.Disanalah anda ketik nama barang yang ingin anda beli.


CATATAN :


- Anda harus dan wajib memilih toko yang bagus dan memiliki reputasi baik.
- Anda juga harus memilih harga yang paling pas untuk kantong tetapi kualitas barangnya juga harus bagus.
- Selalu tanyakan dahulu ( mengirim pesan ke penjual ) sedetail mungkin tentang produk yang akan anda beli.


3. Beli Barang Incaran Anda



Setelah anda memilih dan memilah mana barang yang paling cocok baik dari segi harga,kualitas,dan lain sebagainnya dan menemukan incaran anda,sekarang saatnya membeli barang incaran anda.Silahkan lihat gambar dibawah untuk lebih lengkapnya :




CARA BELANJA DI BUKALAPAK




Jika sudah sangat yakin,klik saja pada " gambar barang " incaran anda.Kemudian anda akan dibawa menuju halaman seperti gambar dibawah :




CARA BELANJA DI BUKALAPAK




Silahkan anda klik " BELI SEKARANG " jika ingin membelinya.Kemudian setelah itu apa lagi?


4. Isikan Biodata ( alamat lengkap anda )


Lihat gambar dibawah ini :




CARA BELANJA DI BUKALAPAK



Inilah form yang harus anda isi dengan LENGKAP DAN BENAR.Ini fungsinya untuk kurir atau pak pos supaya beliau bisa dengan mudah menemukan alamat rumah anda.Jika anda mengisinya tidak benar apalagi asal-asalan,barang yang anda beli TIDAK AKAN SAMPAI.

Sedikit tips dari saya : saat mengisikan alamat rumah,tulislah " patokan " rumah anda,seperti : rumah dengan warna merah atau rumah dengan patung sapi didepanya atau rumah dengan pintu bergambar ikan dan sebagainya.Intinya sedetail mungkin,semakin detail,barang yang anda beli akan semakin cepat sampai.

PENTING!!

Bagian email HARUS anda isi dengan alamat email yang aktif ( bebas punya siapa saja tapi usahakan milik sendiri ).

Kenapa?

Email ini akan digunakan JIKA UANG/DANA yang sudah anda transfer ternyata DIKEMBALIKAN entah dengan alasan gagal transaksi,penjual tak kirim barang atau lainya.

Dengan email inilah nantinya anda bisa mencairkan dana kembali ke rekening anda atau rekening yang dikehendaki.


5. Memilih Jasa Kurir Pengiriman



Maksud dan pengertian dari kurir pengiriman adalah : jasa pengiriman apa yang anda inginkan,apakah pos indonesia,jnt,jne,tiki,wahana dan jasa pengiriman lainya.Silahkan lihat gambar dibawah dan ikuti langkahnya :




CARA BELANJA DI BUKALAPAK




Sedikit tips dari saya ketika meilih jasa kurir yang ingin anda gunakan antara lain :


-  Pilihlah kurir yang di daerah anda TERSEDIA karena jika anda memilih jasa kurir yang ketersediaanya jauh dari daerah anda,barang juga akan sedikit lebih lama sampainya.

-  Pilihlah jasa kurir yang memiliki reputasi baik di kota anda.

PENGISIAN KOLOM CATATAN : Disini anda bisa isikan perihal apa yang ingin anda pesankan contohnya : Tolong packing dengan rapih ya,atau tolong berikan saya warna yang selain hitam dan lain sebagainya.Jika anda tidak ada pesan untuk pejual.silahkan kosongkan saja.


6. Proses Pembayaran



Ini mugnkin menjadi salah satu alasan kenapa saya sendiri suka membeli barang ditoko ini,yaitu : kita bisa membeli barang incaran kita tanpa harus melakukan transfer menggunakan mesin atm atau menggunakan rekening bank.Anda juga tidak perlu membuat kredit card dulu untuk proses pembayaranya.Lalu menggunakan apa?

Setelah muncul form seperti gambar dibawah,anda hanya perlu memilih yang " Indomart " atau " Alfamart " saja.Prosesnya nanti sama saja,perhatikan gambar.Dengan anda memilih indomaret berarti anda mambayarnya nanti ya di indomaret ( bisa diseluruh tempat dan daerah ),begitu juga dengan alfamaret,prosesnya sama.



CARA BELANJA DI BUKALAPAK

 

Cara Berbelanja di bukalapak bayar di indomaret


Setelah anda pilih untuk menggunakan pembayaran menggunakan apa,langkah selanjutnya anda klik " lanjutkan ".

Secara otomatis sistem komputer akan memberikan " KODE PEMBAYARAN " pada layar anda.Silahkan CATAT atau SCRENSHOOT nomor kodenya.Fungsi dari nomor kode ini adalah untuk menunjukan kepada kasir tempat anda membayarkanya nanti,saya akan ilustrasikan sedikit supaya lebih jelas lagi :

  • Setelah anda catat kodenya,silahkan pergi ke toko SESUAI dengan yang anda pilih,jika indomaret ya pergi ke indomaret,jika alfa ya perginya ke alfa,jangan terbalik karena tidak akan bisa melakukan pembayaran nanti dan anda akan ditertawakan kasirnya,hehe.
  • Setelah samapi,silahkan katakan pada kasir " mbak,saya ingin bayar bukalapakk ".
  • Kasir akan langsung meminta KODE yang tadi saya suruh catat.
  • Tunggu prosesnya,dan anda akan mendapatkan struk tanda bukti
  • Selesai.

Oh iya,nanti anda akan mendapatkan biaya tambahan sebagai biaya admin kurang lebih sebesar 2.000 rupiah saja.Jadi jangan kaget dan pelit jika jumlahnya akan lebih mahal 2.000 rupiah nanti.Tetapi jika biaya adminya lebih dari 5.000 bahkan sampai puluhan ribu,silahkan adukan ke manager toko tersebut,karena itu sudah diluar ketentuan.

Setelah selasai,anda tinggal menunggu barang yang anda beli sampai dirumah anda.

Ada beberapa hal yang ingin saya tambahkan disini untuk anda supaya bisa mendapatkan informasi yang lebih detail lagi.


TAMBAHAN

Jika anda menggunakan sistem pembayaran dengan transfer 


Langkahnya hampir sama dengan langkah diatas,bedanya adalah : bukan kode yang akan anda terima,melainkan nomor rekening dari " rekber " yang menjadi perantara anda dan penjual.Kemudian anda transferkan dana sesuai dengan jumlah totalnya,simpan struk transfernya.

Cara menghubungi pelapak di buka lapak


Sebelum memutuskan membelinya,silahkan anda hubungi penjual dengan klik " kirim pesan " untuk menanyakan apakah stok barangnya masih tersedia atau tidak.Anda juga bisa menanyakan hal yang lain terkait dengan barang yang akan anda beli.tanyakan sedetail mungkin dan setelah yakin,berulah anda beli barangnya.


NO telp buka-lapak


Jika anda ada sesuatu yang ingin ditanyakan lebih jelas langsung kepada admin toko onlinenya,anda bisa menghubungi nomor dibawah ini :

 1500 - 350

Cek status transaksi bukalapaknya bagaimana?


Setelah pembayaran selesai dilakukan dan anda mendapatkan nomor resi ( tertera pada email yang masuk atau pada aplikasinya ) jika anda memiliki akun.Anda bisa memantau sampai dimana barang yang anda beli,tetapi tidakpun tidak masalah,karena sepengalaman saya,jika alamat sesuai dan tepat,barang 99% pasti sampai.Anda tinggal tunggu saja barangnya sampai.

Baca juga :


Artikel lainya :

 

Kelebihan belanja secara online

Inilah kenapa sebagian besar masyarakat beralih ke sistem berbelanja menggunakan media online karena :

- Tidak memerlukan tenaga ( tinggal pencet hp saja ).
- Tidak memerlukan waktu yang lama.
- Terdapat banyak pilihan barang tanpa harus jalan berkeliling toko..
- Masih bisa nego haega dengan penjualnya.

Kekurangan belanja secara online 

- Tidak bisa memegang barang ( terutama jika ingin mencobanya ).
- Untuk jenis barang yang mempunyai " ukuran " terkadang tidak pas dengan badan.
- Terkadang butuh waktu lama ( beberapa hari bahkan 1 minggu ) menunggu barang sampai.

Tips memilih situs toko online 

- Pilihlan situs belanja online yang menyediakan layanan " REKBER " jadi anda tidak transfer uang langsung ke penjual,maksudnya : anda tetap membayar dulu,tetapi uang di tahan pihak pemilik situs atau pemilik " rekber " dahulu.Dan ketika barang benar2 sampai di tangan anda,uang baru di berikan ke penjual.
- Hindari situs belanja abal - abal ( apalagi tidak ada rekber nya )

Bagaimana cara refund jika terjadi kesalahan saat barang diterima

Jika terjadi ketidak sesuaian  saat baranganda terima,misalnya :

- Barang yang dikirim rusak
- Barang yang dikirim salah
- Barang yang dikirim kurang
- dsb

Anda bisa memilih opsi " komplain barang ".Nantinya pihak toko online akan meminta bukti ketidaksesuaian yang anda kompalinkan,apakh memang barangnya bermasalah ataukah anda yang tidak jujur.

Jika terbukti barangnya yang bermasalah,uang anda akan dikembalikan kepada anda,tetapi sebaliknya jika terb ukti anda yang tidak jujur ( barang OK dibilah rusak ) uang anda akan langsung diberikan ke penjual.

Semoga artikel tentang cara belanja di bukalapak lewat hp android atupun laptop komputer di atas bisa membantu anda etika ingin berbelanja tetapi tidak punya rekening bank dan tidak punya akun untuk mendaftar.Semoga bisa membantu anda semua.terimakasih telah membaca,see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Belanja di Bukalapak Lewat Hp Android LENGKAP!.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar