Kenapa Sinyal 4G Tidak Muncul? Apa Sebab/Penyebabnya?

Kenapa sinyal 4g tidak muncul atau tidak keluar dan apa sebab yang menjadi penyebab mengapa hal ini terjadi? Penjelasan untuk error seperti berlaku untuk semua provider atau kartu perdana seperti telkomsel,indonsat ( ooredoo ),XL/AXIS,smartfren,3 ( tri ) ataupun sim card yang lainya.

Penyebab sinyal 4g tidak keluar atau tak muncul bahkan nggak keluar sama sekali terbagi menjadi 2 faktor,yaitu hardware dan software.Saya akan menjelaskan beberapa hal tersebut kepada anda,karena penyebabnya adalah kunci utama untuk langkah perbaikanya.


Sebab Sinyal 4G LTE Tidak Muncul atau Tak Keluar




Kenapa sinyal 4g LTE tidak muncul atau tidak keluar lengkap dengan pembahasan detail



Sinyal 4 Generation adalah sebuah freakuensi jaringan internet yang paling terbaru untuk saat ini yang tersedia di indonesia.Hal yang menjadikan jenis koneksi ini sangat diminati dan paling banyak digunakan adalah karena kecepatanya yang sangat cepat untuk berinternetan.

Tetapi,hal tersebut nyatanya masih saja dibarengi dengan banyaknya permasalahan yang sering terjadi kepada para penggunanya ( bahkan untuk semua kartu perdana provider tanpa terkecuali ).Masalah paling menjengkelkan adalah sinyalnya terkadang tidak mau muncul atau tak keluar bahkan sering hilang sama sekali.

Jika anda mengalami masalah atau error seperti itu,anda harus faham dan mengerti penyebabnya ada dimana terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan perbaikan.Khususnya untuk anda yang berniat untuk memperbaikinya sendiri.


Letak penyebabnya biasanya dimana?


Untuk memuruskan langsung,itu sangat susah.Anda harus melihat gejala-gejala atau error seperti apa yang terjadi sebelum memutuskan untuk menarik kesimpulan,letak masalahnya ada dimana.Karena,beda gejala error,akan berbeda letak kerusakanya.

Untuk letak komponen yang biasanya rusak HANYA ada 2 bagian,yaitu :
  • Software ( perangkat lunak ) baik aplikasi,atau OS yang anda gunakan
  • Hardware ( perangkat keras ) atau komponen mesin

Kedua bagian diatas adalah komponen yang bisa menjadikan gadget anda bermasalah dengan sinyal baik 4G,3G,H+,bahkan untuk anda yang masih menggunakan jaringan 2G.


Lalu,kenapa sangat penting dan harus tau letak masalahnya dimana?

Anda harus tau letak masalah dimana,karena jika anda tidak mengerti dan anda memutuskan untuk memperbaikinya : APA YANG MAU DIPERBAIKI? BAGIAN YANG MANA?

Terlebih lagi jika anda memutuskan untuk langsung membawanya ke tukang service,iya kalau tukang reparasi eletronikya JUJUR,kalau tidak? Anda hanya akan menjadi bahan penipuan saja ( komponen yang diganti harganya murah,tapi bilangnya mahal ).


Sampai disini saya harapkan anda faham terlebih dahulu dimana potensi kerusakan jika terjadi masalah seperti diatas.Selanjutnya adalah pembahasan terperinci,kenapa atau mengapa sinyal 4G LTE bisa tidak muncul bahkan tidak keluar/hilang sama sekali? Berikut penjelasanya :


BAGIAN SOFTWARE ( Perangkat Lunaknya )

Yang pertama akan saya bahas adalah faktor penyebab yang terletak pada bagian softwarenya.Ada beberapa hal yang bisa menjadi sebab,diantaranya :


1. Kesalahan Penggunaan/Penginstalan OS ( Operating System )


OS adalah kepanjangan dari Operating System atau sistem operasi.Ini adalah jenis sistem yang digunakan untuk menjalankan sebuah perangkat smartphone atau hp biasa.Ada beberapa jenis OS yang digunakan pada HP,antara lain :
  • Marsmellow
  • Lollipop
  • Jellybean
  • Oreo
Dan masih banyak lagi jenis OS yang sudah keluar dan bisa digunakan.Jika anda ingin mempelajari lebih tentang OS ini,silahkan anda pelajari :

BACA :



Kemudian,yang dimaksudkan salah itu bagaimana?

Pernahkah anda mendengar istilah UPGRADE dan DOWNGRADE sistem OS.Ini adalah sebuah tindakan " memperbarui atau mengembalikan " sistem OS ke versi yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Jadi,seseorang " menghapus OS yang terpakai sebelumnya dan mengganti dengan OS yang lain ".Inilah yang banyak terjadi di kalangan pengoprek smartphone.Bisa jadi,pengguna sebelum anda atau bahkan ada orang lain yang melakukan tindakan ini di ponsel anda yang mneyebabkan sinyal 4Gnya hilang.

Tahukah anda jika TIDAK SEMUA SMARTPHONE atau ponsel bisa dipasangai sembarang OS? Yapp,walaupun sistem OS sering sekali di upgrade dan sering keluar jenis terbaru,TIDAK SEMUA hp bisa suport menjalankan sistem operasi tersebut.

Jika anda memaksakan untuk menggunakanya dan menjalankan pada HP anda YANG TIDAK SUPORT atau tidak mendukung,maka permasalahan sinyal hilang akan anda jumpai.


Saya tidak tau apakah OS smartphone saya sudah dioprek atau belum?

Jika anda tidak tau hal tersebut,silahkan anda tanyakan kepada pengguna sebelum anda ( jika anda membelinya bekas/second ).Jika anda membelinya baru atau sebelumnya belum pernah dioprek OSnya,maka opsi ini bisa dianggap AMAN ( bukan disini letak kerusakanya ).


2. Kesalahan Instal Aplikasi ( bervirus/malware )


Kegiatan menginstal sebuah aplikasi memang tidak bisa dihindari untuk pengguna telepon jaman sekarang.Sangat sedikit pengguna telepon yang tak mengistal aplikasi apapun didalam ponsel mereka.

Tapi tahukah anda,jika sebuah aplikasi bisa " disisipkan virus atau malware didalamnya "?

Percaya atau tidak,hal ini memang terjadi.Entah dengan maksud apa seseorang memasukan firus kedalam sebuah aplikasi,tapi itu saya rasa tidak perlu dibahas.Yang perlu anda lakukan adalah : SELALU MENGINSTAL APLIKASI DARI SITUS TERPERCAYA,contohnya playstore atau market store yang resmi.


Beberapa waktu lalu memang sempat instal APPS mas,tapi saya lupa aplikasinya yang mana?

Jika memang seperti itu kejadianya,anda bisa melakukan RESET atau pengembalian sistem ke settingan pabrik.Ini adalah sebuah tindakan,dimana anda melakukan resett dan mengembalikan semua setingan seperti anda baru membeli HP tersebut.

Semua settingan dan DATA akan dikembalikan semuanya seperti HP baru dibeli.TETAPI,sebelum anda melakukanya,ada baiknya anda memback up semua data dengan langkah sebagai berikut :
  • Simpan semua pasword aplikasi anda seperti ( FB,Intagram,twitter,atau aplikasi apapun yang anda gunakan dalam HP anda ) simpan paswordnya dengan mencatatnya di kertas
  • Simpan semua file penting seperti ( foto,musik,video,foto atau file lainya kedalam memory external atau flashdisk atau komputer atau dimanapun sesuka anda ),jika anda menyimpanya di memori external,silahkan lepas dan jangan sampai ikut di resett memorinya
  • Simpan semua nomor telepon pada kartu sim,setelah itu lepas dan tukar dengan kartu sim tidak terpakai
Setelah semuanya dirasa cukup dan sudah disimpan ditempat yang aman.Silahkan lakukan RESETT Hp anda.Jika anda tidak mengerti caranya,silahkan pelajari :

BACA :



Jika anda INGAT aplikasi yang terahir anda instal,silahkan HAPUS aplikasinya dengan sempurna.Cara menghapus aplikasi dengan sempurna adalah sebagai berikut :
  • Masuk menu setting atau pengaturan ( simbol garis/roda gir di pojok kanan atas )
  • Pilih " aplikasi "
  • Cari aplikasi terahir yang anda instal
  • Klik aplikasinya
  • Akan muncul tulisan ( hapus cache/paksa berhenti dan hapus instalasi )
  • Pertama silahkan klik " hapus cache atau paksa berhenti "
  • Tunggu prosesnya
  • Kedua silahkan klik yang " hapus instalasi "
  • Tunggu prosesnya
  • Jika sudah terhapus,silahkan matikan hp anda/restart
  • Selesai


Saya tak pernah instal aplikasi apapun sebelum masalah signal ini terjadi mas?

Jika anda merasa tidak pernah menginstal aplikasi apapun,berarti bisa diasumsikan bahwa point ini AMAN.Silahkan lanjutkan membacanya.


3. Bertukar File Dengan Perangkat Lain


Berukar file yang saya maksudkan adalah : Mengirim atau menerima file ( musik,video,gambar,atau apapun ) menggunakan software seperti bluetooth atau shareit atau software apapun.Bisa terindikasi bahwa,file yang anda terima terkena malware/firus.

Bisa juga perangkat lain yang anda hubungkan adalah perangkat yang banyak mengandung virus.Jika hal ini memang terjadi,silahkan lakukan langkah berikut :
  • Hapus file itu
  • Setelah anda hapus,silahkan lakukan reset seperti point nomor 2 diatas
Bertukar file semacam ini memang sangat rawan,terlebih file yang didapatkan entah darimana dan perangkat yang anda hubungkan merupakan perangkat yang banyak mengandung malware.Jadi,berhati-hatilah jika anda bertukar file dengan siapapun.


4. Kessalahan Setting/Pengaturan


Mungkin saja,beberapa waktu yang lalu anda melakukan setting baik disengaja ataupun tidak kemudian SALAH menekan tombol.Bisa juga anak anda atau orang lain yang melakukanya.

HP itu isinya hanya software dan harware,jadi ketika seseorang menekan atau klik tombol,perangkat hanya bisa memngikuti perintah itu tanpa memikirkan apakah hal tersebut berbahaya untuk gadget atau tidak.Takutnya seseorang atau mungkin anda sendiri,menekan atau klik sembarangan,yang menyebabkan masalah diatas terjadi.

Yang menjadi masalah dan hampir semuanya seperti ini adalah : Seseorang LUPA habis menekan atau klik tombol apa.Jika memang seperti ini,silahkan lakukan reset sepeti point nomor 2 diatas.


5. Gangguan Operator Pusat


Hal sepele yang sering menjadi penyebab gadget kehilangan sinyalnya adalah memang ada gangguan atau perbaikan dari pusat servernya.Banyak yang mengira HP mereka rusak padahal masalahnya ini lohh.

Jadi ketika sinyal anda bermasalah,silahkan tanyakan ke orang lain YANG MENGGUNAKAN KARTU PERDANA SAMA dengan anda,apakah mengalami masalah ini atau tidak.Jika orang lain juga mengalami,maka anda tidak perlu khawatir,tunggu saja sampai semuanya pulih dan normal kembali.


Itu semua adalah beberapa kerusakan yang terjadi pada bagian softwarenya.Jika semua hal diatas BUKANLAH masalah anda,mungkin letaknya ada pada bagian hardwarenya.


BAGIAN HARDWARE ( Perangkat Kerasnya )

Untuk bagian ini,langkah perbaikanya adalah " mengganti kompenen " yang rusak dan menjadi biang kerok sinyal 4G tidak keluar.Beberapa faktor yang mneyebabkanya antara lain :


6. SIM Card Rusak


Sebuah kartu perdana atau simcard memiliki sebuah komponen atau bagian yang sangat penting yaitu : Bagian kuningan yang ada di bagian belakang kartunya.

Jikia kuningan tersebut sampai tergores atau rusak,sudah bisa dipastikan sinyal anada akan hilang total.Hal ini terjadi akibat seringnya ganti-ganti perdana pada satu slot sim card yang sama.Silahkan anda cek.Untuk langkah pengecekanya adalah sebagai berikut :
  • Lihat manual menggunakan mata anda apakah ada yang rusak
  • Cobalah untuk memasangnya di HP lain,jika memang dinyalnya tak keluar,berarti itu memang aim cardnya,tapi jika di HP lain normal,maka masalahnya ada pada bagian lain


7. Konektor Sim Card Rusak


Jika anda sudah melakukan percobaan pada langkah nomor 6 dan ternyata memang seperti itu ( di hp lain normal di hp sendiri error ),berarti kemungkinan letak masalahnya adalah di konektor sim cardnya.

Ini adalah tempat atau slot dimana kartu perdana anda dimasukan.Lakukan perbaikan atau penggantian jika anda bisa,jika tidak bisa,bawalah ke tukang service.


8. IC Signal Rusak


IC adalah sebuah komponen kecil yang terletak pada mesin HP yang berfungsi untuk menjalankan peranya masing-masing sesuai dengan fungsi dan kegunaanya.Ada banyak sekali IC didalam sebuah HP,jadi anda harus mengerti semuanya.

Jika anda tidak tau,silahkan serahkan kepada yang ahli dalam perbaikan dan pastinya yang terpercaya.


9. Komponen Mesin Rusak ( Terkena Air,Terbanting,atau lainya )


Jika masalah ini muncul karena beberapa waktu lalu terkena masalah seperti yang saya sebutkan diatas,maka langkah yang bisa anda lakukan adalah perbaikan.Silahkan serahkan pada tukang reparasi jika anda tidak faham perihal ini.

Tetapi sebelum membawanya ke tukang reparasi,ada baiknya anda menyelidiki point-point diatas,siapa tahu letak masalahnya ada pada salah satu point diatas.


Dengan meyelidiki letak kerusakan ada dimana,anda akan tau dan mungkin saja anda bisa mengatasi dan memperbaiki masalah signal anda sendiri tanpa harus mengeluarkan uang untuk memperbaikinya.Selain hemat,anda juga akan bertambah wawasan jika dikemdian hari mengalami lagi.

Jika anda ingin mempelajari lebih lajut tentang langkah perbaikan signal,silahkan pelajari langkah berikut :

BACA :



Demikian pembahasan kenapa sinyal 4G LTE tidak muncul atau tidak keluar bahkan hilang dengan sebeb atau penyebab yang menjadikan error ini terjadi.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.

12/17/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Kenapa Sinyal 4G Tidak Muncul? Apa Sebab/Penyebabnya?.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar