SRG Gateway dan Sub Gateway - Paket Anda Berhenti/Stop Disana?

SRG gateway dan SUB gateway biasanya menjadi dilema seorang penerima paket ketika paketan atau barang mereka berhenti atau stop tidak bergerak disana.Arti dari istilah tersebut dan apa yang harus dilakukan merupakan pembahasan kita kali ini.

Barang yang berhenti bergerak atau stop di SRG gateway dan SUB gateway akan selalu dialami oleh semua jenis transaksi yang menggunakan jasa expedisi pengiriman dalam mengirimkan paket atau barang dagangan seperti JNE dan JNT/J&T.Saya akan menjelaskanya lengkap untuk anda semua.


Penjelasan SRG Gateway dan SUB Gateway



Penjelasan lengkap tentang istilah SRG gateway dan SUB gateway


Dua istilah yang saya sebutkan merupakan sebutan yang digunakan untuk jasa pengiriman via expedisi JNE atau JNT dan mungkin jasa expedisi yang lainya.Tetapi,secara harfiah,pengertian dan penjelasanya hampir sama saja.

Sebelum saya mulai pembahasan,saya asumsikan anda sudah mengirimkan paket atau barang dan mengalami permasalahan ini.Ada beberapa hal yang harus anda fahami jika memang masalah ini sedang anda hadapi,antara lain :


Arti 


SRG Gateway itu artinya adalah : Gudang Pusat di Bandara Ahmad yani International Airport yang letak lokasinya ada di kota semarang.

SUB Gateway itu artinya adalah : Gudang pusat di Bandara Juanda International Airport yang letak lokasinya berada di kota surabaya.


Gudang pusat? Apa itu? 

Ini merupakan tempat " dikumpulkanya/berkumpulnya " paketan barang dari berbagai tempat untuk selanjutnya akan di seleksi menurut tujuan masing-masing.Jika digambarkan secara sederhana kurang lebih seperti ini :

- Paketan dari berbagai penjuru daerah akan dikumpulkan,lalu si petugas expedisi akan melakukan " sortir " atau pemilahan/pemisahan ( untuk barang yang akan dikirm ke wilayah wonosobo di tempatkan di sebelah sini,untuk barang yang akan dikirmkan ke purwokerto di sebelah sini ) dan seterusnya hingga habis dan tertata rapih.


Tujuanya apa dilakukan sortir atau penyortiran barang?

Hal ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut :
  • Mempercepat pengiriman ( karena sudah siap per-daerah nya )
  • Membuat alur proses lebih teratur
  • Mencegah tertinggalnya satu paket dengan paket yang lain dengan waktu kirim yang bersamaan 
  • Membuat rangkaian proses menjadi lebih terorganisir
Dengan penjelasan ini,saya harapkan anda tidak menanyakan lagi pertanyaan seperti : Paket saya ada di SRG/SUB gateway itu lagi diapain yaa?


Penyebab Kenapa Barang/Paketan berhenti dan Stop Lama


OK mas,bagian penjelasanya saya sudah faham.Yang jadi pertanyaan saya itu,kenapa kok kalau sampai sana,bisa lama banget? Bahkan berhari-hari tidak bergerak/STUCK diam saja disana? Apa barangnya tidak diproses,atau tertinggal atau malah hilang barangkali?

Tenang dulu,saya akan menjelaskanya untuk anda.

Terjadinya delay atau sebuah paket berhenti bergerak itu ada banyak,TETAPI saya ingin memberitahukan bahwa jika keadaan ini terjadi,anda tidak perlu khawatir tentang paket anda,pasti sampai kok,hanya butuh waktu saja.

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal ini terjadi antara lain :
  • OVERLOAD ( maksudnya adalah menumpuknya paketan yang melebihi batas ) karena mungkin sedang ada hari besar atau hari istimewa lainya
  • Barang tercecer ( pisah dari rombongan,seperti yang saya jelaskan pada bagian SORTIR diatas )
  • Petugas banyak yang absen atau tidak masuk
- Pada bagian overload : Ini sangat sering dan mungkin bisa dikatakan setiap tahun,ketika saat-saat liburan semacam akhir tahun begini.Mungkin karena musim libur panjang,jadi banyak orang yang mengirimkan bingkisan untuk orang lain.

- Pada bagian tercecernya barang : Mungkin bisa diakibatkan kelalaian petugas atau mesin yang digunakan.Tetapi anda tenang saja,pasti akan ketemu kok,yang penting anda selalu memantau dan menginformasikan semua masalah jika terjadi.

- Pada point dimana petugas banyak yang absen : Hal ini bisa dikarenakan banyak petugas yang sakit atau bahkan keluar/resign dari pekerjaan.Hal ini akan membuat proses penyortiran akan terganggu dan menjadi lebih lambat.

" OK lah mas,mungkin 1 atau 2 hari bahkan 1 minggu delay saya anggap nggak masalah,tapi ini hampir 2 minggu lebih paketan saya STOP disana,gimana? "

Jika waktu delay dirasa terlalu lama,anda bisa melakukan konfirmasi atau komplain ke pihak terkait,karena memang " seharusnya " tidak selama itu delaynya.


Bagaimana Cara Mengatasi dan Sikap yang Benar untuk Menyikapi Permasalahan Tersebut?


Untuk anda yang mengalami masalah seperti ini,ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menyikapinya,antara lain :
  • Bersabar dan terus menunggu
  • Menanyakan kepada agen terdekat
  • Menanyakan ke pusat expedisi
  • Melakukan KOMPLAIN ke pihak expedisi
Penjelasan lengkapnya anda bisa baca pada artikel saya yang lain :

BACA :



Permasalahan Lainya

Selain daripada masalah diatas,masih ada beberapa masalah lain yang mungkin dialami oleh para pengguna jasa expedisi,antara lain :

1. Paketanya balik lagi : Sedang dalam perjalan kok tiba-tiba barangnya kembali ke si pengirim,bukanya dikirimkan?

Penyebab yang menyebabkan hal ini adalah karena si pengirim " TIDAK JELAS " menuliskan alamat penerima.Maka sesuai prosedur yang berlaku,barangnya akan dikembalikan lagi ke si pengirim.

2. Paketanya muter-muter tidak jelas : Mungkin ada sebagian dari anda yang pernah mengalaminya,dimana barangnya sudah sampai di sutau tempat tapi kemudian balik lagi,dan dikembalikan lagi ke tempat sebelumnya.

Penyebabnya kemungkinan besar sama dengan point nomor 1,yaitu si pengirim salah atau tidak jelas mengirimkan alamat.

3. Paketanya tulisanya sudah sampai,tapi penerima belum terima barangnya : Masalah ini kemungkinan besar dan paling sering menjadi sebabnya adalah kesalahan pengiriman kurir.Mungkin karena salah menulis alamat atau mungkin juga diterima oleh saudara anda tapi dia tidak bilang ke anda.

Anda bisa menanyakan langsung ke agen terdekat atau kurirnya langsung untuk mengambil kembali paketan anda yang salah kirim tersebut.

Untuk langkah komplain,anda bisa baca artikel berikut :

BACA :



Demikian penjelasan tentang SRG/SUB gateway ketika terjadi masalah dengan barang atau paket yang anda kirimkan atau anda tunggu-tunggu.Semoga bisa membantu.Terimakasih telah membaca,see uu.

12/22/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk SRG Gateway dan Sub Gateway - Paket Anda Berhenti/Stop Disana?.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar