Sistem Kerja di Alfamart ( Tugas,Shift dan Gajinya )

Kali ini saya akan menjelaskan bagiamana sistem kerja di alfamart mulai dari tugas crew store,pembagian shift seperti apa dan gaji yang diperoleh atau didapat para karyawanya.Penjelasan ini sangat penting untuk anda yang mungkin ingin mendaftar untuk bekerja pada salah satu perusahaan ritel terbesar di indonesia ini.

Dengan anda mengerti bagaimana sistem yang berlaku disana mulai dari tugas-tugas karyawan alfamart apa saja kemudian pembagian pergantian shiftnya bagaimana dan upah yang diperoleh berapa,maka anda bisa mulai memilah apakah pekerjaan ini cocok dengan apa yang anda inginkan atau tidak.



Penjelasan Lengkap Mengenai Sistem Kerja di Alfamart




sistem-kerja-di-alfamart



Alfamaret adalah sebuah perusahaan ritel yang bergerak dalam bisang penjualan barang-barang kebutuhan sehari-hari.Tidak hanya menjual,disana juga bisa melayani berbagai macam pembayaran seperti : membayar belanja online ( bukalapak,tokopedia,dll ) kemudian bayar BPJS,bayar tagihan listrik,memesan tiket kereta api,bayar boking pesawat terbang,beli pulsa dan paket internet dan masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan di toko tersebut.

Jika anda sedang berkeinginan untuk bisa menjadi salah satu karyawan disana,ada beberpa hal penting yang perlu anda ketahui terlebih dahulu,yaitu :


Klasifikasi Jabatan


Di dalam satu buah toko,memang terdapat beberapa karyawanya,tetapi mereka semua memiliki posisi atau jabatan yang berbeda-beda.Berikut jabatan atau posisi apa saja yang ada di alfamart :
  1. Crew Store ( Pramuniaga dan Kasir )
  2. Asisten Chief of Store
  3. Chief of Store ( Kepala Tokonya )


Jadi dalam satu toko,kurang lebih terdapat tiga jenis jabatan atau posisi yang berbeda.Mungkin untuk orang awam mereka sama saja,tetapi dalam susunan kerja perusahaan,mereka berbeda baik untuk tugasnya dan mungkin gajinya.


Tugas Masing-Masing Karyawan Alfamart


Tugas dan pekerjaan karyawan alfamart apa saja? apa yang mereka kerjakan? Selain dari jabatan yang berbeda-beda,ternyata jobdesk mereka juga berbeda antara satu dengan yang lainya sesuai dengan posisi yang mereka tempati.Berikut job desk dari masing-masing karyawanya :

  • Crew Store 



Pramuniaga ( biasanya laki-laki ) tugasnya adalah :
  1. Mengatur barang-barang yang ada di rak
  2. Membersihkan raknya
  3. Menyortir barang-barang yang hampir expired
  4. Bertanggung jawab atas kebersihan toko
  5. Mengawasi pembeli ( mencegah pencurian )
  6. Melayani pembeli ( menunjukan rak yang ditanyakan,memberikan keranjang belanja,dll )
  7. Membantu kasir jika keteteran ( pembeli over )
  8. Memasang banner promosi di depan toko
  9. Merawat alat-alat ( genset,mesin makanan,freezer,dll )
  10. Merawat kebersihan dan kerapihan gudang belakang toko
  11. Membongkar barang yang datang dari pusat

Mungkin dari sebuah jabatan yang ada,pramuniagalah yang memiliki tugas paling banyak.Tetapi itu semua bukanlah masalah jika dalam satu toko memiliki kerjasama team yang solid dan kompak.Ini mungkin adalah posisi pertama yang harus dilewati ( untuk lulusan SMA ) jika ingin terus berkarir dan menjadi karyawan tetap ataukartap di alfamaret.


Kasir ( biasanya wanita atau perempuan ) tugasnya adalah :
  1. Melayani segala mecam jenis pembayaran
  2. Menawarkan produk yang sedang dipromosikan
  3. Mengecek uang yang masuk ( mencegah uang palsu masuk berangkas )
  4. Mencegah minus atau selisih uang saat akhir shift ( jumlah barang yang terjual harus pas dengan uang yang masuk saat shiftnya )


Tanggung jawab utama kasir tidak jauh-jauh dari uang dan segala hal yang berhubungan dengan itu.Memang jika dilihat dari segi fisik,tugasnya tidak terlalu capek atau berat,tetapi jika sampai ada " minus " seperti yang saya katakan,kasirlah yang bertanggung jawab menggantinya dengan uang pribadi.

Tetapi jika anda para wanita ingin menjadi kasirnya,tidak perlu takut,karena biasanya dalam satu toko itu,kerjasamanya luar biasa.Anda tidak akan dibiarkan menanggungnya sendiri ( semoga saja anggota yang lain team worknya bagus yaa,hehe ).

  • Asistent Chief of Store



Kalau dalam bahasa saya,jabatan ini bisa juga dibilang asistenya chief store ( kepala tokonya ).Biasanya jika anda diangkat menjadi karyawan tetap,posisi inilah yang akan anda emban ( tetapi tidak selalu ).Untuk tugasnya adalah :
  1. Menangani laporan dari semua suplier 
  2. Mengatur uang dalam brangkas
  3. Pengganti chief store saat tidak ada ditempat
  4. Pengecekan barang datang dari pusat
  5. Penaanggung jawab shift yang sedang berlangsung
  6. Mengecek dan memastikan semua promosi berjalan 
  7. Menghitung uang saat pergantian shift
  8. Mempersiapkan barang yang akan di return ke pusat


Hampir sama dengan kasir.Posisi ini kerjanya tidak terlalu berat jika dilihat dari segi fisik,tetapi tanggung jawabnya besar.Biasanya jika dalam sebuah shift ( entah pagi,atau sore ) terjadi masalah,orang pertama yang dicari supervisor atau meneger adalah mereka,hehe.

  • Chief of Store



Ini merupakan jabatan paling tinggi ( didalam toko bukan seluruh alfamaret ).Ini adalah posisi jika anda mendapatkan kesempatan naik jabatan dari posisi sebelumnya ( asisten chief ).Tugasnya adalah :
  1. Memastikan kerjasama team selalu bagus
  2. Sebagai penengah jika ada masalah antar karyawan didalam toko
  3. Memastikan penjualan toko sesuai target
  4. Memastikan tugas karyawan yang lain dijalankan dengan baik
  5. Menjaga toko terhindar dari " minus " saat audit
  6. Melakukan koordinir dengan orang-orang setempat


Tanggungjawabnya lebih ke arah operasional dan performa toko,jadi ini mungkin posisi yang bisa dikatakan tidak terlalu capek kerjanya.


Pembagian shift di Alfamart


Shift adalah pembagian jam kerja dalam satu hari.Jadi dalam satu hari atau 24 jam biasanya terdapat 2 atau 3 shift.Saya akan jelaskan :

  • Shift 1


Ini adalah istilah yang diberikan untuk mereka yang bertugas pada pagi hari,mulai jam 07 pagi sampai jam 03 sore.tetapi,jika melewati jam tersebut,belum tentu itu dihitung lembur karena disini berlaku sistim " loyalitas ".

Mungkin kalau di perusahaan seperti ASTRA,TOYOTA,dll begitu waktu jam selesai,ya sudah,beres belum beres anda bisa pulang.Beda halnya dengan disini,jika jam waktunya pulang tapi kerjaan anda belum selesai,biasanya anda tidak diperkenankan pulang.Tapi kalau mau ngeyel,ya boleh saja sih,hehe.

  • Shift 2


Ini adalah istilah yang diberikan untuk mereka yang bekerja dari jam 03 sore sampai jam 11 malam.Ini merupakan kelanjutan dari jam kerja pagi.Saat pergantian jam kerja seperti inilah terjadi perhitungan uang dimana peran kasir akan sangat terlihat disini.

Jika semuanya OK,berarti anda semua bisa bertukar tempat sekarang.Yang jam pagi bisa pulang dan istirahat,yang jam sore mulai pekerjaanya.

  • Shift 3


Ini adalah istilah yang diberikan untuk mereka yang bekerja pada jam 11 malam sampai jam 07 pagi.Tetapi tidak semua toko mendapatkan jatas shift sampai shift 3.Hanya beberapa toko saja yang memiliki daya jual tinggi yang memperolehnya.


Pemberian gaji atau upah


Mungkin bagian ini yang paling anda ingin tahu.Saya akan jelaskan beberapa hal disini.Tetapi sebelumnya saya harapkan anda sudah membaca penjelasan saya diawal karena jika anda langsung membaca bagian ini,anda akkan sedikit kebingungan nantinya.

Pemberian gajinya seperti ini :

- Semua karyawan dan berlaku untuk semua jabatan,gaji pokoknya adalah SAMA!.Berapa? Sesuai dengan UMR atau UMK daerah anda bekerja nantinya.Lantas kenapa bisa beda? apa yang membuat upah dari masing-masing jabatan berbeda?
  1. Tunjangan profesi atau jabatanya
  2. Perhitungan jam lemburnya 


Semakin tinggi jabatan yang anda peroleh,maka semakin tinggi ppula tunjagan uangnya,perhitungan lemburnya juga berbeda.Jika untuk crew,dalam lemburan satu hari dibayar ( kita ibaratkan ) 1000 rupiah,maka untuk jabatan diatasnya bisa 1.500 atau mungkin lebih.


TAMBAHAN


Ada beberapa informasi tambahan yang mungkin bisa berguna untuk anda,apa saja?


Libur Hari Kerja


Bagaimana liburnya? kapan mendapat libur? untuk pembagianya seperti ini :

- Dalam satu bulan,berlaku untuk semua tanpa terkecuali,mendapatjatah libur 4 hari.Dimana dalam satu minggu mendapat libur 1 hari.

- Apa liburnya bisa milih? sebenarnya semua itu keputusan chiefnya,tapi bisa dikondisikan dan bisa saja anda memilih untuk libur hari atau tanggal berapa saja,asalkan TETAP dalam 1 bulan,jatahnya 4 kali.


Lembur Hari Kerja


Kapan dapat lemburanya? biasanya anda akan dihitung lembur pada hari-hari besar seperti : idul fitri,idul adha,hari raya nyepi,waisak,natal dan hari-hari besar lainya.

Selain itu bisa saja dihitung lembur,mungkin ketika anda mendapatkan jatah libur tetapi anda disuruh masuk kerja.Biasanya sih ndak lembur,tapi liburnya diganti hari lain,hehe.

Tanggal merah ( hari minggu ) bagaimana? itu tidak dihitung lembur,karena sistem kerjanya bukan 6 hari kerja 1 hari libur seperti karyawan PT yang lain melainkan menggunakan SISTIM OFF.Sistim off ya seperti yang saya katakan tadi,satu bulan jatahnya 4 hari,hanya seperti itu saja.Jadi kalau tanggal merah anda masuk,jangan seneng dulu yaa,he.

Lantas,kalau pas hari raya nasional atau hari besar nasional bertepatan dengan tanggal merah ( hari minggu ) bagaimana? ini adalah salah satu dilema dari sekian banyak dilema yang ada disana.Saya tidak akan tulis,karena nanti jadi perdebatan dikolom komentar.Silahkan anda tanyakan langsung pada karyawan alfa disekitar daerah anda.Tapi pesen saya,jangan terlalu kaget dengan jawabanya nanti yaa.


Setelah membaca semua penjelasan saya,sekarang saya harap anda sudah mengerti bagaimana dan akan seperti apa nantinya jika anda bekerja disana.Untuk membantu anda yang berkeinginan bekerja disana,saya sudah buatkan artikel lainya :

Baca Juga :

- Cara mendaftar pekerjaan di alfa lewat online dan offline terlengkap

- Contoh surat lamaran kerja tulis tangan

- Cara mengerjakan test wartegg

- Contoh soal test matematika melamar pekerjaan


Saya juga sudah tuliskan banyak artikel tentang jawaban yang baik dan benar saat melakukan sesi wawancara atau interview pekerjaan pada sebuah perusahaan.Silahkan anda cari saja dengan mengetik " wawancara/interview " pada kolom SEARCH pada bagian kanan atas.

Demikian pembahasan tentang bagaimana sistem kerja di alfamart mulai dari tugas dan hal yang dikerjakan,pembagian shift sampai dengan pembahasan gaji atau upahnya.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.
61 komentar

61 komentar untuk Sistem Kerja di Alfamart ( Tugas,Shift dan Gajinya ).


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar

.
kampungku

Berapa orang sekali shift ? Dan siapa sj yg hrs ada pd setiap shift?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Jumlahnya tergantung rame tidaknya toko,semakin rame karyawan satu shift akan semakin banyak.Untuk siapa saja yang harus ada,antara lain :

- Kasir
- Pramuniaga
- Penaggung jawab shift ( asisten kepala toko atau kepala tokonya )

Balas Hapus
.
Anonim

Apa Alfamart ada sistem mess seperti alfamidi?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Kalau mess yang anda maksud itu penginapan gratis yang disediakan oleh pihak alfamaret,TIDAK ADA,Mess hanya ada ketika anda mengikuti training saja.Inilah kenapa BIASANYA dicarikan lokasi kerja yang dekat dengan rumah.

Balas Hapus
.
FEBRIANZA

Di alfamart ada dapat makan /uang makan gak pak

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Tidak ada uang makan,dapatnya itu gaji,lembur,bonus/insentif kalau hari besar masuk.

Balas Hapus
.
Unknown

Masalah shalat wajib dan shalat jum'at apakah di kasih waktu untuk melakmelaksa shalat?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Diberikan waktu mas,untuk solat wajib bisa dilakukan didalam toko ( bagian belakang/loker ) sedangkan solat jum'at diberikan waktu untuk solat di masjid.

Balas Hapus
.
Unknown

terima kasih ini sangat membantu☺

Balas Hapus
.
Unknown

Sampai berapa tahun saja seorang pegawai Alfamart itu pensiun bekerja. Atau berhenti bekerja?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Kalau statusnya kontrak,ya sampai masa kontrak habis.Jika statusnya karyawan tetap,itu mengikuti surat perjanjian kerja yang ditandatangani bunyinya bagaimana ( mengikuti peraturan pemerintah ).

Balas Hapus
.
Anonim

Lah g bisa jama'ah?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk sholat berjamaah,itu bisa saja dilakukan tetapi harus tetap ada yang berjaga di meja kasir minimal 1 orang.

Balas Hapus
.
Unknown

Bagaimana Jika Jam Kerja Perhari Melebihi Jam Kerja yang sudah disepakati Pada saat penanda Tanganan Perjanian Kerja Waktu Tertentu KERJA (PKWT) Dan Tata Tertib Kerja. Yaitu 7 Jam 1 hari dan 40 Jam 1 Minggu. Yang artinya untuk sift pagi dari Jam 07.00 s/d Jam 14.00 ( 7 jam kerja), Jika kenyataan dilapangan jam kerjanya melebihi jam kerja 7 Jam perhari, dan terjadi masuk jam 07.00 pulang Jam 16.30 wib. Artinya sudah lebih dari 7 jam/perhari ( lebih 4,5 jam) jadi total jam kerjanya = 9,5 jam perhari, apakah hal ini tidak di hitung lembur ?? Jika tidak ini sudah melanggar UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, sebagaimana diatur dalam Pasal 77 ayat (3) UU Tersebut. Seharusnya perusahaan yang melanggar akan terkena sanksi sebagaimana terdapat dalam Pasal 187 ayat (1) UU Ketenagakerjaan dan hal ini juga sangat merugikan Karyawan yg bekerja di situ. Satu hari saja jam kerja sudah lebih 2 sampai 4,5 jam bagaimana di hitung satu bulan (30) hari x 4,5 jam = 135 jam x upah perjam, sudah berapa kerugian yang dialami karyawan. Semoga dengan pertanyaan ini pihak management dapat mematuhi UU yang berlaku.

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Memang benar hal itu,tetapi biasanya sebelum TTD,akan ada hitam diatas putih atau pernyataan lesan yang menanyakan " apakah anda siap menjalankan semua yang instruksikan/siap melakukan loyalitas terhadap perusahaan ".

Memang jam kerja itu diatur dalam UUD,tetapi setiap karyawan juga diwajibkan patuh terhadap apa yang perusahaan mau,dan ini tertulis dalam perjanjian kontrak.

Mungkin gagasan anda akan lebih bisa di tindaklanjuti jika anda sampaikan ke disnaker atau lembaga terkait.

Balas Hapus
.
Anonim

Mas, mau nanya.di alfamart jadwal pembagian shift nya seperti apa ya? Kalo misal minggu ini kita kebagian misalkan shift 2,apakah minggu/hari selanjutnya akan kebagiaan shift 2 lagi?atau tiap hari beubah ubah?atau tergantung kebijakan dari chief?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Kalau pembagian shift itu ikut kebijakan toko ( chieft ).Sebenarnya bisa minta sih,tetapi itu tergantung atasan anda.Jika atasan anda orangnya adil,maka pembagianya akan merata,kalau berat sebelah,biasanya orang lama yang menang dan kebagian shift enak terus.

Balas Hapus
.
Unknown

Masnya tdi bilang 4 hari libur dalam seminghu jadi sya mau tanya misalkan kita tdk pernah ambil libur dalam sebulan tpi klw sdh genap stu bulan apakan kita bisa lansung ambil cuti 4 hari..????

Balas Hapus
.
Puji Hartono

4 hari dalam 1 bulan yaa.Sepengalaman saya bisa,karena saya pernah seperti itu.Satu bulan full tidak libur sekalinya libur langsung ambil 4 hari.Itu tergantung kepala tokonya saja ngizinkan atau tidak.

Balas Hapus
.
Unknown

Mas apakah di toko sering terjadi barang hilang? Atau kasir minus?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Iya,hampir selalu.Tapi tidak banyak.

Balas Hapus
.
Van

Mas klo misalnya kita buat kesalahan di sana apakah gaji bersih nya ikut dikurangi?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Tidak.Kesalahan itu biasanya ketemunya peringatan ( SP ) atau surat pemecatan.Satu satunya yang mempengaruhi gaji bersih biasanya potongan barang hilang,itupun harus dengan persetujuan karyawan bersangkutan untuk dipotong gajinya/bayar cash pakai uang tunai.

Balas Hapus
.
Unknown

kenapa alfa yang berada di baluk nambo udik jarang bisa melakukan pembayaran online

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk melakukan pembayaran online,menggunakan koneksi internet juga.Mungkin karena koneksinya tidak bagus jadi sering disconected.

Balas Hapus
.
Tia

Adik saya kerja di alfanart baru sebulan. Dy melakukan kesalahan krn tidak menscan barcode barang yg di jual krn toko baru buka dan pos kasir belum hdup. Langsung di marah kpala toko dan dsruh buat surat resign. Gak di kasi tau jadwal kerja dy shift jam brpa dan dikeluarkan dr grup wa. Apa kesalahan nya segitu fatal ya sampe gak ada surat peringatan dan main tendang gtu aja.

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Kepala toko TIDAK PUNYA WEWENANG memecat karyawan.Beda kalau itu sudah ada perintah dari atasan,tetapi jika itu murni tindakan kepala toko semata,silahkan laporkan kepada manager atau atasan yang lebih tinggi.

Kesalahan seperti itu mungkin bisa berahir dengan pemecatan tetapi sekali lagi " ITU WEWENANG MANAGER ATAU HRD ",kepala toko tidak bisa.

Balas Hapus
.
Unknown

Kira kira berapa intesif yg kita dapat saat masuk di hari raya ya?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Itu mengikuti gaji pokok anda.Kemungkinan sekitar 200 ribu atau mungkin lebih ( untuk satu harinya ).

Balas Hapus
.
Unknown

Kak kalau untuk bagian MRO itu jam kerjanya gmn

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Jam kerja MRO ikut kebijakan perusahaan yaa,biasanya ikut non shift atau 8 pagi sampai 5 sore ( tetapi beda perusahaan beda kebijakanya yaa )..Secara garis besar seperti itu.

Balas Hapus
.
Anonim

Untuk lebaran idul fitri apakah bisa mengajukan cuti?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Bisa saja,tetapi harus di acc dulu dan itu TIDAK SEMUA cuti bisa di acc.

Balas Hapus
.
Wikwik

bagaimana kita yang tidak terdaftar lembur di hari raya tpi di paksa masuk oleh kepala toko

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Anda harus lihat ALASAN kepala toko.Kalau itu karena KEKURANGAN PERSONIL,saya fikir tidak masalah.Kecuali anda harus dipaksa masuk,sementara personil lain enak enakan ambil libur ( ini silahkan laporkan supervisor/manager ).

Balas Hapus
.
Anonim

permisi kak izin bertanya, saya kan nganggur sekitar 2 bulan untuk menunggu waktu kuliah, jika saya daftar ke alfamart sebagai pramuniaga apakah boleh hanya kerja untuk waktu 2 bulan itu ? terima kasih atas informasinya

Balas Hapus
.
Puji Hartono

TIDAK,,mungkin bisa kalau anda tidak bilang.Tapi kalau sampai HRD tau,biasanya akan " digagalkan " saat proses tes masuk.

Balas Hapus
.
Semua Saudara

Apakah kepala toko jam kerjanya juga berdasarkan shift? Atau jam kerja normal (Pagi - Sore)

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Gak bisa di tentukan yaa,terkadang ada yang siang terus,tetapi ada juga yang ikut shift ( biasanya untuk yang jumlah karyawan di toko kurang,kepala toko jadi ikut kena shift ).

Balas Hapus
.
Anonim

untuk kerja 6hari off 1 kali ya, jika mengambil cuti 7 hari dalam bulan itu apakah akan menguragi jatah off bulanan yang harusnya 4x jadi dalam bulan itu hanya mendapatkan offday 3x

Balas Hapus
.
Puji Hartono

kebijakan cuti biasanya akan disampaikan supervisornya,,bisa jadi akan dikurangi jatah off perbula untuk menutupi cuti yang banyak,,bisa juga diberikan gratis tanpa pengurangan apapun,,itu semua bagaimana kebijakan perusahaan saja ( disampaikan lewat supervisor biasanya ).

contohnya saja cuti menikah ( biasanya itu diberikan gratis sebagai bentuk apresiasi perusahaan ).Tapi kembali lagi,itu semua tergantung kebijakan perusahaan.

Balas Hapus
.
Anonim

Temen saya ada yang kerja di Alfamart jam kerjanya ngga nentu kadang habis masuk malam bisa masuk pagi (jam 9), itu memang jadwalnya berubah setiap hari atau bagaimana?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Jadwal masuk sebenernya sudah di atur sedemikian rupa oleh atasan,hanya saja ada sistem ganti orang ( ketika ada yang gak masuk,di isi oleh karyawan lain ) itu yang buat seperti jam kerjanya ndak menentu padahal sudah diatur dengan baik sebenarnya.

Balas Hapus
.
Anonim

Untuk jadwal itu diatur setiap minggu?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Jadwal diatur setiap bulan.

Balas Hapus
.
Unknown

mau tanya om , jika resign sblm selesai masa kontrak apa hrs byr denda ,jika ya berapa denda yang harus di byr . anak sy bekerja di alfa tp jam kerja nya tidak masuk akal menurut saya ya. dia masuk jam 6 pagi pulang jam 8-9 mlm , masuk jam 3 sore pulang stgh 4 pagi dgn alasan hrs selesai laporan ,dan 1 sift hanya 2 orang , kl perjanjian hrs loyal apakah loyal yg seperti itu om .

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Pertanyaan nya rada berat yaa,,saya bantu jawab yaa :

1. Untuk denda ( di hukum UU tenaga kerja, TIDAK boleh memberlakukan denda kepada karyawan yang resign DENGAN ALASAN yang manusiawi dan TIDAK melanggar kebijakan perusahaan )

Jadi, kalau anak bapak tidak melanggar kebijakan perusahaan sebelumnya dan ada alasan yang masuk akal, saya rasa perusahaan tidak berhak memberlakukan denda.

2. Untuk jam kerja , MEMANG BENAR ada istilah " loyalitas ", dan memang hal ini banyak menjadi dilema untuk karyawan toko ( mau nolak, sudah tertera di perjanjian kerja, mau ikuti tapi kok gak nalar jam loyalitasnya )

Akhirnya memang kebanyakan memutuskan untuk keluar.

Anda bisa membaca artikel saya tentang alasan resign yang masuk akan di artikel sebelumnya, semoga membantu yaa.

Balas Hapus
.
Anonim

sore pak ... knp sistem di kasir ga bisa cancel pembelian ,dan barang yg tidak jadi di beli oleh cust harus kita yang bayarin . apakah sytem nya tidak ada utuk cancel pak . karena anak sy kerja di alfa ,ada pembeli yg beli barang ternyata cust ketika byr uang tdk cukup dan minta di cancel , kasir mengcancel .. ke pembeli tpi di sistem tdk bisa cancel . otomatis barang trsbt hrs di byr oleh kasir .. mohon pencerahannya pak

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Tidak bisa di cancel,,TAPI bisa dibuatkan berita acara,,seharusnya senior di toko tau dan bisa membuatkan.

Balas Hapus
.
Unknown

Izin bertanya kak, untuk mendaftarkan diri menjadi kasir alfamart itu dimana ya, dan apakah harus SMA jurusan tertentu, dan jika orang yg ingin mendaftarkan diri menjadi pekerja alfamart sudah menikah meskipun umurnya masih muda apakah bisa?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Cara pendaftaranya dan persyaratanya sudah saya tulis di artikel sebelumnya, silahkan dicari. Untuk status, itu mengikuti kebijakan perusahaan saja ( terkadang harus lajang, sudah mneikah juga masih bisa ), ikuti persyaratan yang ada saja yaa.

Balas Hapus
.
Synyster

Kalau tahun baru ada libur gak di Alfamart?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Ada,tapi gantian sistemnya. Untung untungan saja kena bagian siapa yang jatah libur.

Balas Hapus
.
Anonim

Maaf, kalo boleh tanya tugas dan peran dari mitra/pemilik Franchise atau franchisor itu gimana yah? Apakah terima beresnya aja tanpa memantau atau intervensi langsung ke toko?
Terima kasih

Balas Hapus
.
Puji Hartono

untuk frenschis nanti saya buatkan artikelnya di website ini. Secara singkat, tugasnya hanya melakukan penjualan produk, tetapi ada S&K yang berlaku.

Balas Hapus
.
Unknown

Saya mau tanya kalau assistant kepala toko jam kerjanya bagaimana pak?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

kalau jam kerja sama semua.

Balas Hapus
.
Anonim

Izin bertanya pak, untuk jumlah rata-rata baik atasan ataupun karyawan yang ada di alfamart itu berapa ya? untuk siapa saja yang ada di satu alfamart tadi kan sudah disebutkan oleh bapak pada jawaban paling atas, lalu itu tadi bapak yang menjadi pertanyaan saya, untuk jumlah rata-rata karyawan dalam 1 toko

Balas Hapus
.
Puji Hartono

paling sedikit 3 orang. Sisanya mengikutijumlah kepadatan pengunjung dan luas toko.

Balas Hapus
.
Nsa

Mau bertanya pak, bisa gak ya shift alfamart mengikuti jam kuliah, kebetulan saya ambil kelas karyawan seminggu sekai di hari sabtu, dan jika saya mendapat shift 1 apa bisa di ganti ke shift 2?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

setau saya kok malah tidak boleh kuliah ya.

Balas Hapus