Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email Supaya Cepat Dipanggil HRD

Cara mengirim lamaran kerja via email atau lewat online baik itu GMAIL atupun YAHOO memiliki beberapa poin penting supaya bisa cepat dipanggil HRD perusahaan.Kalian harus benar-benar mengerti apa saja langkah yang benar dan hal yang tidak boleh dilakukan dalam proses pengiriman berkas menggunakan media internet ini.

Trik dalam tata cara mengirim lamaran kerja lewat email sangat mudah dilakukan,tetapi kenyataanya banyak para pelamar pekerjaan yang salah dalam penerepanya.Alhasil apa yang kalian lakukan menjadi sia-sia saja.Silahkan dipelajari dan difahami dengan baik apa saja langkah-langkahnya.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email Dengan Android Atau Laptop

Cara-Mengirim-Lamaran-Kerja-Via-Email


Beberapa waktu yang lalu saya sempat ngobrol dengan salah satu teman HRD saya dan ada percakapan yang menarik di sana,berikut sedikit cuplikan percakapan tersebut :
teman ( hrd ) : minggu ini kepala pusing banget berasa mau rontok rambut bro.....
saya     : HIV kali??????
temen  : matamu picek!!!!!! bukan nyet.....seleksi berkas via e-mail bikin pusing,,males.
saya     : kenapa males????
temen  : semua nya monoton dan nggak menarik,,gede gede lagi file nya,buang waktu


          nahh dari obrolan singkat di atas,,saya ambil kesimpulan,,,kalau kita ingin melamar via online,kuncinya berarti 2 hal :
  1. ukuran file jangan terlalu besar
  2. berkas harus menarik dan sesuai dengan persyaratan
- Kenapa ukuran file harus kecil?

Jika ada lowongan pekerjaan pasti jumlah pelamarnya tidak sedikit bukan?ada puluhan atau bahkan ratusan pelamar pekerjaan yang mengirimkan berkas permohonan mereka.Karena banyaknya itulah yang menjadi alasan kenapa ukuran file tidak boleh terlalu besar.

Dengan semakin kecil,semakin cepat di buka dan tidak membuang waktu lama untuk menyeleksinya.

UKURAN FILE LAMARAN dan CV YANG BENAR :
  • - kompres dulu file supaya ukuran lebih kecil,,bisa via jasa online dan 200 kb per file sudah sangat maksimal
  • - usahakan saat kompres file,,ambil ukuran terkecil tapi kualitas scan nya masih bagus
  • - kirim file yang penting saja,,jangan terlalu banyak,,,inti intinya saja 
Ini merupakan hal penting yang sangat sering dilupakan oleh para pelamar pekerjaan.Untuk mengatasi ini,kalian kompreslah dahulu dengan website compresor file yang banyak terdaoat pada google,atau mungkin kalian bisa menggunakan jasa dari orang lain.
Tetapi saya lebih menyarankan memakai yang pertama,karrena selain menghemat biaya,kalian juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih.Dan tentunya jika kalian sudah mahir,kedepanya kalian tidak perlu bingung jika harus melamar ke sebuah perusahaan yang mengharuskan menggunakan langkah ini.
Jika ukuranya sudah benar,jangan lupa untuk membuatnya semenarik mungkin,karena semakin menarik,tentu akan semakin mengundang ketertarikan pihak penyeleksi untuk memanggil kalian dalam proses selanjutnya.Lantas bagaimana lamaran yang menarik itu?silahkan lanjutkan membacanya.
 
LAMARAN PEKERJAAN YANG MENARIK :

Memang untuk peluang kerja 2018 ini terbilang susah mengingat banyaknya pengangguran dan sedikit nya lapangan pekerjaan yang tersedia,kita di tuntut untuk lebih pintar dalam mencari lowongan yang ada.Untuk itulah pentingnya membuat sebuah proposal permohonan ke perusahaan harus dibuat sebagus dan semenarik mungkin.

Tujuanya adalah untuk memperbesar kemungkinan kalian bisa ikut terjaring pada proses seleksi yang sangat ketat,karena persainganya juga sangat banyak.Beda halnya dengan surat lamaran pekerjaan yang di tulis dengan tangan.Jika menggunakan sistem online,kalian harus perhatikan beberapa hal lainya.

Membuat nama pada lamaran lewat Gmail

Saya anggap berkas sudah kalian siapkan dengan lengkap dan ukuranya juga sudah benar,langkah selanjutnya adalah tahap awal dalam membuatnya,silahkahn log in ke akun mail kalian,baik itu g-mail atau yahoo sama saja prosesnya.

Pertama adalah membuat sebuah nama yang baik,karena inilah yang pertama kali akan terbaca oleh pihak peyeleksi berkas kalian.Jadi silahkan seting dulu dengan benar dan buatlah nama pengguna se profesional mungkin,semakin bagus semakin baik.Silahkan lihat contoh dibawah :

Cara-Mengirim-Lamaran-Kerja-Via-Email
   
lihat yang saya lingkari di atas,jangan sampai membuat nama yang alay.Semakin profesional sebuah nama akan semakin besar kesempatan kalian di panggil untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.
Kalian bisa gunakan nama seperti :

  • adrian maulana
  • adrian_maulana
  • Lamaran_kerja_adrian_maulana


Silahkan di kreasikan sendiri,tetapi kalian harus ingat apa yang saya katakan di atas yaitu " Jangan gunakan nama yang asal asalan ".Langkah selanjutnya apa?

Mengisi bagian-bagian e-mail

Jika nama sudah dirasa baik dan benar,silahkan mulai mencantumkan berkasnya,tetapi sebelum itu,pastikan alamat perusahaan kalian tulis dengan benar,dan untuk bagian CC nya tidak perlu di isi karena itu digunakan ketika kalian menginginkan berkas kalian bisa dilihat puhak ketiga.Jadi untuk CC nya silahkan dikosongi saja.

- Mulailah mengisi " subjek " nya.Tidak perlu terlalu panjang lebar,yang penting singkat,padat dan jelas.
Bisa kalian isi dengan :
  • Lamaran pekerjaan
  • Lamaran pekerjaan operator
  • Lamaran pekerjaan QC
Atau apapun silahkan di kreasikan,ini bertujuan memberitahukan pihak perusahaan,berkas kalian itu isi nya soal apa,tujuan nya untuk apa,jadi tulis saja singkat padat dan jelas.Setelah selesai,langkah selanjutnya apa?

- Silahkan mengisi badan emailnya,Yang saya maksud di sini adalah kolom kosong yang tersedia untuk menulis kalimat atau kata-kata.

Pada bagian ini beberapa orang memiliki argumen atau pendapat sendiri sendiri.Ada yang beranggapan jika bagian ini tidak perlu di isi dengan kata kata.Tetapi ada pula yang beranggapan jika bagian ini harus di isi.

Kalau saya cenderung pada opini untuk mengisi nya.Kalian bisa mengisinya dengan kalimat contoh seperti ini :

 " Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan dari website resmi perusahaan ( perusahaan tempat kalian melamar ) dimana perusahaan sedang membutuhkan ( lowongan yang di butuhkan ) saya dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan pada posisi tersebut.
Adapun berkas berkas sebagai bahan pertimbangan sudah terlampir.Besar harapan saya untuk bisa diterima dan bekerja pada perusahaan yang Bapak?Ibu pimpin.Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih."

Itu hanya contoh saja,mau di isi apa,itu terserah kalian,yang penting kalian sudah tau inti dari kalimat yang saya contohkan di atas.Kalaupun kalian ingin mengosonginya,itu sah-sah saja,tetapi menurut pendapat saya,isi saja,untuk lebih terkesan kalian sunguh-sunguh.


Cara-Mengirim-Lamaran-Kerja-Via-Email

- Lampirkan berkas penting dan jangan mengirimkan berkas tidak penting.

Jika semua sudah terisi,saatnya kalian menyantumkan berkas yang sudah kalian persiapkan sebelumnya.Saya ulangi lagi,berkas harus sesuai persyaratan dan ukuranya tidak boleh terlalu besar.Adapun berkas yang umum digunakan adalah sebagai berikut :
  • Scan ijasah asli ( kalau bisa di legalisir dulu )
  • Scan SKHUN ( kalau bisa juga di legalisirkan )
  • Scan transkrip nilai
  • Scan KTP
  • Scan SKCK
  • Scan foto berwarna terbaru
  • Scan berkas lain yang diminta perusahaan ( ada pada informasi lowongan biasanya )
Untuk menambah bobot nilai dari berkas kalian,silahkan cantumkan file nya dengan " legalisir resmi " nya.Kalau bisa semuanya di legalisir,baru kalian scan.Ini bertujuan untuk menambah keabsahan berkas kalian dan menandakan bahwa semua itu asli dan benar adanya.

Kenapa lama tidak ada panggilan?

Banyak faktor penyebabnya,antara lain
  • Berkas yang kalian kirim " KURANG BERBOBOT " atau asal-asalan 
  • Tidak sesuai dengan persyaratan ( persyaratan umur 20 thn,kalian umur 30 thn ) jelas di tolak
  • Berkas yang kalian kirimkan kurang lengkap
  • Berkas kalian terlalu besar ( penyeleksi tidak punya waktu lama untuk membuka file )
  • Bahasa kalian tidak bagus atau tidak formal ( menulislah dengan EYD )
  • Banyak berkas yang tidak valid ( ini gunanya legalisir )
  • Waktu mengirim salah ( usahakan masih dibuka lowongan dan pada jam kerja )
  • Mengirim file sampah ( hasil manipulasi atau editan ) yakin penyeleksi sebodoh itu?
Jika memang semua sudah sesuai,tetapi tidak ada panggilan,itu berarti TUHAN belum memberi jalan,terus berusaha dan jangan menyerah.Tapi sebelum kalian ambil kesimpulan " Belum rezeki "
cobalah berkaca sejenak apakah BERKAS YANG DI KIRIM SUDAH BAGUS!!.

Keuntungan melamar pekerjaan lewat online

Keuntungan yang bisa kita peroleh jika menggunakan cara ini adalah :
  • Menghemat waktu
  • Menghemat tenaga
  • Menghemat uang
  • Bisa dikirim ke ratusan bahkan ribuan perusahaan dengan satu paket berkas yang ada
  • Bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun 

Kerugian melamar pekerjaan lewat online

Tetapi selain keuntungan,kita juga mendapat beberapa kerugian antara lain :
  • Harus mempunyai koneksi internet
  • Bisa gagal kirim karena koneksi jelek
Mengingat peluang kerja 2018 sangat susah,kalian harus benar benar memaksimalkan teknologi yang ada,selain harga nya murah,mengirim file lamaran via internet juga mempunyai nilai lebih tersendiri,jadi baca baik baik iklan lowongan pekerjaan nya.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email Lewat hp Android atau Laptop itu sama saja prosesnya dan tujuanya juga sama yaitu supaya cepat dipanggil HRD.Yang membedakan hanya perangkat yang kalian gunakan.Semoga panduan di atas bisa membantu kalian dalam memperoleh pekerjaan yang terbaik.Terimakasih sudah membaca.

8/21/2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email Supaya Cepat Dipanggil HRD.

komentar di usahakan sesuai topik ya gannn


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente