Cara Membuat Surat Lamaran Kerja - Ketik dan Tulis

Cara membuat surat lamaran kerja baik itu bentuk format ketik komputer maupun tulis tangan sebenarnya sama saja.Keduanya sangat penting anda fahami jika ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.


Cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar meliputi beberapa point inti format penulisan.Jadi usahakan anda faham betul dengan ini sebelum menuliskan proposal permohonan kerja anda ke sebuah lembaga atau instansi.


Dengan surat lamaran kerja yang baik dan benar,peluang anda untuk bisa dipanggil HRD dan mengikuti proses seleksi selanjutnya akan lebih terbuka lebar.Karena memang hal pertama yang akan dinilai HRD perusahaan adalah surat lamaran kerja yang dikirimkan para pelamarnya.



Cara Membuat Surat Lamaran Kerja


cara menulis surat lamaran pekerjaan



Untuk menulis surat lamaran kerja yang disukai HRD perusahaan,anda bisa lakukan beberapa tahapan cara membuat surat lamaran kerja berikut ini :
  • Pilih kertas yang bagus (Jika anda menggunakan manual tulisan tangan,maka gunakan kertas folio tetapi jika anda menggunakan ketik komputer maka gunakan kertas HVS )
  • Buatlah rincian di kertas yang tidak dipakai ( tuliskan nama perusahaan,alamatnya,kerangka penulisan atau apapun untuk percontohan,supaya anda tidak bingung dan tidak banyak kesalahan penulisan karena sudah ada contohnya )
  • Tuliskan tanggal dan bulan pembuatan proposal dibagian pojok kanan atas
  • Perusahaan tujuan ( isinya biasanya : KPD YTH Kepala personalia,PT..... dan alamat perusahaan )
  • Kalimat pembuka ( isinya : Saya yang bertanda tangan dibawah ini )
  • Biodata lengkap anda ( nama,alamat,tempat tanggal lahir,pendidikan terakhir dan nomor telepon )
  • Isi ( biasanya kalimatnya : Dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin.Untuk bahan pertimbangan,berikut saya lampirkan )
  • Berkas lampiran ( berisi berkas lampiran persyaratan yang perusahaan minta seperti fotokopi ijazah,SKHUN,KTP dan yang lainya,dan bisa ditambah berkas pengalaman kerja yang anda miliki )
  • Kalimat penutup ( isinya seperti ini : Besar harapan saya untuk bisa diterima bekerja di perusahaan yang bapak/ibu pimpin.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih )
  • Nama dan tanda tangan anda ( dibagian kanan pojok bawah )
  • Selesai
Format ketik komputer maupun penulisan manual SAMA SAJA.Bedanya hanya alat yang anda gunakan untuk menulisnya saja.


Tips Menulis Surat Lamaran Kerja


Saya akan berikan sedikit tips untuk menulis surat lamaran pekerjaan yang disukai HRD perusahaan dan bisa menarik perhatian rekruiter :


1. Sesuaikan persyaratan dengan diri anda


Maksudnya begini : Ketika anda membaca iklan lowongan pekerjaan,sudah pasti pihak perusahaan akan mencantumkan syarat yang harus dipenuhi calon pelamar kerja bukan?

Contohnya saja : Nilai harus sekian,tinggi badan,lulusan sekolah,skill khusus yang harus dimiliki dan sebagainya.

Jadi,cobalah untuk menyesuaikan dengan diri anda.Kira-kira anda sudah memenuhi kualifikasinya atau belum.

Tidak salah jika anda nekat mengirimkan proposal lamaran jika tidak memnuhi kualifikasi,tetapi pihak perusahaan sudah pasti akan memprioritaskan yang persyaratanya sesuai dengan permintaan perusahaan.


2. Pastikan surat lamaran kerjanya rapi


Jika persyaratanya sesuai,pastikan setelah anda selesai menuliskan proposalnya,cek berulang kali tulisanya :
  • Pastikan tidak ada yang salah tulis
  • Pastikan menggunakan bahasa yang baku sesuai EYD
  • Tulisanya harus bisa dibaca dengan jelas jika anda menggunakan tulisan tangan
  • Yang paling penting,TIDAK BOLEH sampai ada coretan atau bekas perbaikan penulisan
Inti dari itu semua adalah : Bersih,rapih,jelas.Posisikan anda sebagai HRD perusahaan dan bacalah proposal anda.Jika yakin sudah benar,maka tidak ada masalah.


3. Padat,Singkat Tapi Berbobot


Maksudnya bagaimana? Maksudnya adalah : Gunakan kalimat yang singkat dan padat saja,tetapi proposal anda MENCANTUMKAN SEMUA HAL yang diinginkan perusahaan.

Selain penulisan yang harus benar,berkas presyaratan yang anda lampirkan harus sesuai ( TIDAK BOLEH SAMPAI KURANG ).

Untuk menambah nilai,anda bisa menambahkan sertifikat khusus atau skill khusus yang anda miliki,seperti : Sertifikat pengalaman kerja,kemampuan berbahasa asing,kemampuan mengoperasikan mesin atau alat berat dan sertifikat lainya.


4. Valid ( bisa dipertanggung jawabkan )


Apapun yang anda tuliskan atau berkas apapun yang anda lampirkan,pastikan jika itu VALID atau anda memang benar-benar menguasainya.

Jangan sampai mencantumkan berkas atau menuliskan sesuatu yang 'bohong',itu sama saja seperti anda menutup jalan rezeki anda.

Kenapa seperti itu? Karena dari berkas yang anda lampirkan atau tulisan yang anda tulis,dari situlah biasanya HRD akan menanyakan beberapa hal.Jadi pastikan anda tidak membuat kesalahan.


Contoh Surat Lamaran Kerja


Setelah anda mengerti tatacara pembuatanya,berikut saya berikan beberapa contoh yang bisa anda gunakan untuk bahan referensi :


Contoh Surat Lamaran Kerja BUMN


Yogyakarta,20-februari-2022


Kepada
YTH : Kepala Instansi ....
Jln. dr ahmad yani 12 yogyakarta
Di
Tempat


Sehubungan dengan pemberitahuan lowongan kerja nomor 190/Bldsm.1/KP 11.22.11/2022 perihal seleksi CPNS di kementrian kemenkumham sebagai sipir lapas,Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama
Alamat
Tempat Tanggan Lahir
Pendidikan Terahir
No Hp
Email


Dengan ini saya mengajukan proposal lamaran untuk bisa mengikuti proses seleksi calon penjaga sipir lapas di kementrian kemenkumham.Untuk bahan pertimbangan,berikut saya lampirkan :

- Fotokopi ijazah
- Fotokopi SKHUN
- Fotokopi EKTP
- Daftar riwayat hidup
- Raport dari SD dampai SLTA
- Surat sehat dokter

Saya bersedia untuk ditempatkan diseluruh wilayah indonesia.Besar harapan saya untuk bisa lolos mengikuti seleksi calon panjaga sipir lapas kemenkumham.Atas perhatian Bapak/Ibu,saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya

( nama anda )



Untuk format penulisan lamaran pekerjaan,lebih bagus ketik atau tulisan tangan?

Keduanya bagus,anda sesuaikan saja dengan kebutuhan.Silahkan baca penjelasan saya di artikel sebelumnya :






Demikian penjelasan tentang bagaimana cara membuat surat lamaran kerja atau menulis proposal permohonan bekerja baik format ketik ataupun tulisan tangan.Semoga membantu,see uu.

tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Membuat Surat Lamaran Kerja - Ketik dan Tulis.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar