Cara membuat surat lamaran kerja baik itu bentuk format ketik komputer maupun tulis tangan sebenarnya sama saja.Keduanya sangat penting anda fahami jika ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.
Cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar meliputi beberapa point inti format penulisan.Jadi usahakan anda faham betul dengan ini sebelum menuliskan proposal permohonan kerja anda ke sebuah lembaga atau instansi.
Dengan surat lamaran kerja yang baik dan benar,peluang anda untuk bisa dipanggil HRD dan mengikuti proses seleksi selanjutnya akan lebih terbuka lebar.Karena memang hal pertama yang akan dinilai HRD perusahaan adalah format penulisan surat lamaran kerja yang dikirimkan para pelamarnya.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
- Pilih kertas yang bagus (Jika anda menggunakan manual tulisan tangan,maka gunakan kertas folio tetapi jika anda menggunakan ketik komputer maka gunakan kertas HVS )
- Buatlah rincian di kertas yang tidak dipakai ( tuliskan nama perusahaan,alamatnya,kerangka penulisan atau apapun untuk percontohan,supaya anda tidak bingung dan tidak banyak kesalahan penulisan karena sudah ada contohnya )
- Tuliskan tanggal dan bulan pembuatan proposal dibagian pojok kanan atas
- Perusahaan tujuan ( isinya biasanya : KPD YTH Kepala personalia,PT..... dan alamat perusahaan )
- Kalimat pembuka ( isinya : Saya yang bertanda tangan dibawah ini )
- Biodata lengkap anda ( nama,alamat,tempat tanggal lahir,pendidikan terakhir dan nomor telepon )
- Isi ( biasanya kalimatnya : Dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin.Untuk bahan pertimbangan,berikut saya lampirkan )
- Berkas lampiran ( berisi berkas lampiran persyaratan yang perusahaan minta seperti fotokopi ijazah,SKHUN,KTP dan yang lainya,dan bisa ditambah berkas pengalaman kerja yang anda miliki )
- Kalimat penutup ( isinya seperti ini : Besar harapan saya untuk bisa diterima bekerja di perusahaan yang bapak/ibu pimpin.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih )
- Nama dan tanda tangan anda ( dibagian kanan pojok bawah )
- Selesai
Tips Menulis Surat Lamaran Kerja
1. Sesuaikan persyaratan dengan diri anda
2. Pastikan surat lamaran kerjanya rapi
- Pastikan tidak ada yang salah tulis
- Pastikan menggunakan bahasa yang baku sesuai EYD
- Tulisanya harus bisa dibaca dengan jelas jika anda menggunakan tulisan tangan
- Yang paling penting,TIDAK BOLEH sampai ada coretan atau bekas perbaikan penulisan
3. Padat,Singkat Tapi Berbobot
4. Valid ( bisa dipertanggung jawabkan )
Contoh Surat Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja BUMN
Yogyakarta,20-februari-2022KepadaYTH : Kepala Instansi ....Jln. dr ahmad yani 12 yogyakartaDiTempatSehubungan dengan pemberitahuan lowongan kerja nomor 190/Bldsm.1/KP 11.22.11/2022 perihal seleksi CPNS di kementrian kemenkumham sebagai sipir lapas,Saya yang bertanda tangan dibawah ini :NamaAlamatTempat Tanggan LahirPendidikan TerahirNo HpDengan ini saya mengajukan proposal lamaran untuk bisa mengikuti proses seleksi calon penjaga sipir lapas di kementrian kemenkumham.Untuk bahan pertimbangan,berikut saya lampirkan :- Fotokopi ijazah- Fotokopi SKHUN- Fotokopi EKTP- Daftar riwayat hidup- Raport dari SD dampai SLTA- Surat sehat dokterSaya bersedia untuk ditempatkan diseluruh wilayah indonesia.Besar harapan saya untuk bisa lolos mengikuti seleksi calon panjaga sipir lapas kemenkumham.Atas perhatian Bapak/Ibu,saya ucapkan terimakasih.Hormat saya( nama anda )
0 komentar untuk Cara Membuat Surat Lamaran Kerja - Ketik dan Tulis.
Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar