Ingin Asuransi Tapi Takut Uang Hilang? Baca Ini!

Apakah anda ingin ber asuransi tetapi uang anda hilang atau anda khawatir akan kehilangan premi anda? Tidak perlu mencemaskan hal tersebut jika anda tahu apa yang harus dilakukan.Saya akan menjelaskanya dalam artikel berikut ini.


Ada banyak sekali orang yang sebenarnya ingin sekali mengasuransikan benda berharga milik mereka,tetapi sebagian masih banyak yang takut kalau uang premi setoran mereka hilang atau tidak ada cover setelah terjadi musibah.


Anda tidak perlu khawatir jika memang melakukan beberapa langkah yang benar sebelum memutuskan untuk melakukan asuransi entah itu jiwa,kesehatan,pendidikan anak,mobil,rumah,tanah atau barang lainya.



Hal Penting Sebelum Asuransi Dilakukan



hal yang dilakukan sebelum asuransi





Asuransi adalah sebuah tindakan atau perjanjian antara tertanggung dan penanggung dimana salah satu menjadi pihak pembayar premi dan pihak lain menjamin pihak tersebut jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan/sesuai perjanjian awal.

Secara sederhana,pihak pertama membayar setoran setiap bulan kemudian pihak kedua harus selalu siap dan bisa menanggung kerugian jika pihak pertama mendapatkan musibah.

Memang kelihatanya " enak " dimana jika anda mendapatkan musibah,ada pihak yang sudah siap untuk menanggung atau mengganti rugi kerugian yang anda alami.TETAPI perlu anda ketahui juga bahwa implementasinya tidak semudah itu.

Ada beberapa hal yang perlu anda waspadai atau anda pertimbangkan sebelum melakukan asuransi terhadap harta benda anda,antara lain :
  • Pihak penanggung membawa kabur uang anda
  • Pihak penanggung tidak membayar ganti kerugian anda
  • Uang anda hilang tanpa bisa menempuh jalur hukum
Itu merupakan hal yang paling sering dialami oleh peserta asuransi yang TIDAK CERMAT dalam berasuransi.


Apa Yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Asuransi?



Untuk mencegah hal tersebut,ada beberapa hal yang perlu anda lakukan atau pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengasuransikan harta benda anda,antara lain :


1. Memahami mekanisme asuransi


Hal paling utama sebelum anda memutuskan hal ini adalah dengan memahami secara benar bagaimana sistem mekanisme asuransi berjalan.

Perlu anda ketahi bahwa sistem mekanisme asuransi BERBEDA dengan menabung.Karena masih banyak yang menyangka kedua hal tersebut sama padahal sangat berbeda.

Anda bisa memahami hal tersebut di artikel saya ini :



2. Memilih perusahaan asuransi yang tepat


Setelah anda memahami mekanismenya,langkah selanjutnya adalah memilih perusahaan asuransi yang tepat.

TIDAK BOLEH asal memilih apalagi hanya mengandalkan iming-iming yang menggiurkan.

Berikut beberapa perusahaan asuransi yang memang sudah terbukti bagus :
  • Prudential
  • Allianz
  • Manulife
  • AXA
  • AIA
Sebenarnya masih ada beberapa tetapi saya ambil 5 perusahaan terbaiknya saja.


3. Fahami isi surat perjanjian awal


Setelah anda memutuskan memilih perusahaan yang mana,selanjutnya yang perlu anda fahami adalah ISI SURAT PERJANJIAN yang tentunya akan anda tanda tangani di awal proses asuransi nanti.

Adapun beberapa point yang akan ada dalam surat perjanjian nanti antara lain :
  • Berapa iuran perbulan yang harus anda bayar
  • Berapa lama anda membayarnya
  • Berapa nominal uang yang akan diganti jika anda mengalami musibah
  • Bagaimana jika sampai batas waktu iuran anda selesai ( apakah uang premi anda bisa dicairkan )
  • Jika bisa dicairkan,berapa nominalnya

Fahami setiap point yang ada dalam perjanjian,baca dengan teliti dan fahami dengan betul-betul.Anda juga bisa mempersiapkan beberapa pertanyaan sebelum menandatangani surat perjanjian asuransi.


4. Selalu diskusikan dengan orang yang benar-benar faham


Karena ini bersifat mengikat,maka saya sarankan anda untuk selalu diskusikan dengan orang yang benar-benar faham dan mengerti.

Jika memang diperlukan,bawa orang tersebut bersama anda ketika anda datang ke perusahaan asuransi untuk melakukan perjanjian awal.

Tidak boleh dan jangan merasa hal ini sepele,karena jika anda tidak selektif,kerugian yang akan anda derita sangat banyak nantinya.


5. Perusahaan asuransi sebesar apapun bisa " BANGKRUT "


Point terahir yang ingin saya jelaskan adalah Sebesar apapun perusahaan,bisa mengalami kebangkrutan atau kolep.

Dan jika sebuah perusahaan insurance bangkrut atau kolep,uang premi dari pesertanya akan ikut menjadi tidak jelas.

Inilah kenapa saya katakan sangat penting memilih perusahaan yang bagus,BUKAN karena tidak mungkin akan mengalami kebangkrutan,tetapi paling tidak jika perusahaan yang sudah besar,mereka tentunya sudah mempersiapkan diri untuk hal ini.

Pihak perusahaan pastinya sudah melakukan persiapan atau plan B jika memang terjadi hal tersebut supaya uang peserta tidak hilang.


Demikian penjelasan tentang hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan asuransi entah itu jiwa,kesehatan,pendidikan,mobil,rumah,tanah ataupun benda berharga lainya.Semoga membantu,see uu.

5/12/2021 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Ingin Asuransi Tapi Takut Uang Hilang? Baca Ini!.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar