Kisi kisi Psikotes PT Panasonic Via BKK SMK Mitra

Kali ini saya akan membahas tentang kisi kisi tes psikotes PT panasonic via BKK SMK mitra industri.Ini saya khususkan untuk anda yang melamar pabrik panasonik lewat sekolah tersebut ya,tapi untuk yang melamar langsung,boleh untuk bahan belajar.

Tes psikotes di PT panasonic apa saja? Berikut akan saya jelaskan beberapa bentuk atau contoh soal yang keluar ketika proses seleksi calon karyawan dilakukan.

Sekedar mengingatkan saja,kalau bentuk soal nanti TIDAK pasti akan sama persis.Ini hanya rangkuman dari yang sudah melaksanakan ujian.Anda bisa ambil garis besarnya saja.Ingat ya,soalnya tidak akan sama,namanya saja tes,masa soalnya sama dengan yang yang sebelumnya.



Psikotes di PT Panasonic




kumpulan soal psikotes untuk pt panasonik




PT panasonic adalah sebuah perusahaan industri yang memproduksi alat-alat elektronik seperti transistor sampai dengan alat rumah tanggan.Mungkin jika anda membaca nama prusahaan ini,anda akan teringat berbagai merk alat elektronik yang di jual dipasaran.

Pendiri pabrik ini bernama Konosuke Matsushita,seorang genius berdarah jepang yang memiliki moto hidup " a better life,a better world ".

Perusahaan yang berdiri di indonesia juga tidak hanya satu melainkan ada di berbagai daerah seperti di kota batam,cawang,ciluengsi,bogor dan jakarta.Banyaknya anak cabang perusahaan juga ikut andil dalam program pengurangan penggangguran di indonesia.

Hampir setiap bulan,cabang perusahaan terus saja membuka lowongan pekerjaan atau loker untuk mereka yang sedang tidak bekerja.Bahkan perusahaan sampai harus bekerjasama dengan berbagai BKK sekolah untuk menjaring calon karyawan perusahaan mereka.

Yang paling banyak membuka loker untuk pabrik ini adalah BKK sekolah SMK mitra industri di daerah jawa barat.

Kebetulan,kali ini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana atau apa saja soal-soal yang diujikan ketika proses perekruitan calon karyawan berlangsung disana.Jika anda adalah salah satunya,mungkin sedikit pembahasan berikut ini bisa membantu.


Apa saja soal yang keluar ketika psikotes PT Panasonic berlangsung? Berikut contoh soalnya :


1. Matematika Dasar + Langkah Pengerjaanya


Soal pertama yang akan anda temui adalah matematika dasar.Jumlah soalnya kurang lebih 5 sampai 10 soal.

Terlihat mudah memang,tapi anda tidak boleh menggampangkan,kenapa? Karena anda di tuntut untuk menuliskan langkah pengerjaanya juga alias cara/coret-coretan penyelesaianya juga.Bagi anda yang berotak genius,ini bukan masalah besar,tetapi bagi mereka yang senang mencontek,ini masalah serius :).

Berikut saya berikan contoh bagaimana mengerjakan soalnya :

- Berapa luas ruangan jika panjangnya 5 dm,lebarnya 50 cm dan luas tegel/keramiknya 0,25?

Jika ada soal seperti diatas,anda harus mengerjakanya dengan langkahnya,tidak boleh langsung menuliskan jawabanya.Anda bisa lihat contoh cara mengerjakanya dibawah ini :


cara mengerjakan soal matematika pt panasonic


Diatas adalah contoh kecilnya saja.Untuk bentuk soalnya bermacam-macam mulai dari pecahan desimal,satuan berat ( KG,ONS,dll ),satuan panjang dan soal matematik lainya.

Supaya ketika anda bisa mengerjakan soalnya nanti,saran saya belajarlah atau hafalkan sebanyak mungkin rumus matematika.Karena dengan anda hafal rumus,itu akan mempermudah anda ketika mengerjakan soalnya nanti.

Mengisikan jawabanya nanti bisa dibelakang lembar soal atau diberikan kertas khusus untuk menuliskan jawabanya.Intinya harus nenggunakan tatacara pengerjaanya.


2. Kreapelin/Tes Koran/Pauli


Ini adalah bentuk test yang paling ditakuti oleh sebagian besar pelamar kerja,kenapa? Pasalnya ini merupakan test yang harus dikerjakan dengan sangat teliti dan sangat-sangat menguras konsentrasi anda.

Bagi yang pernah menjumpai bentuk soal ini,mungkin tidak terlalu galau,yang jadi masalah adalah untuk anda yang belum pernah sama sekali mengerjakan bentuk soal seperti ini.

Untuk bahan belajar,berikut saya berikan contoh soal tes kraepelin :




Diatas adalah bentuk soalnya.

Jadi,nanti anda akan diberikan waktu PER 10 detik untuk mengerjakan masing-masing baris.Untuk garis yang saya tandai merah adalah grafiknya.

Yaa,untuk bisa lolos atau lulus ujian ini,bukan hanya benar atau salah jawaban anda atau tinggi rendahnya saja,melainkan faktor utama adalah grafiknya bagaimana.

Dari grafik hasil ujian anda,pihak recruitment akan bisa menilai anda itu orangnya seperti apa.Khususnya apakah anda adalah tipikal orang yang kuat terhadap tekanan dalam bekerja.

Kenapa tekanan dalam bekerja sangat penting? Karena di semua tempat kerja itu diharuskan untuk mengikuti dan patuh terhadap peraturan dan harus bisa menyelesaiakan apa yang diperintahkan.Dan semua itu akan tergambar dari grafik hasil tes anda.

Jika anda ingin belajar tes ini,saya sudah tuliskan lengkap di artikel yang sebelumya.

BACA :

- Tips mengerjakan tes kreapelin supaya grafiknya bisa naik


3. Test Kemampuan Verbal


Ini adalah bentuk soal yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan anda khususnya dalam pemahaman kosa kata.

Jika anda bertanya yang namanya tes verbal itu seperti apa? Penjelasan simple yang bisa saya berikan adalah :

Bentuk soal yang berkaitan dengan Antonim ( lawan kata ),sinonim ( persamaam kata ),pemahaman hubungan kata dan yang sejenisnya.

Jika anda masih kurang mengerti,saya berikan contohnya sedikit :

- Antonim

  • Besar - Panjang
  • Terang - Berkilau
  • Tua - manula
  • Pria - Wanita
Jawabanya adalah : Prai - Wanita,karena anonim adalah Lawan KATA.


- Sinonim
  • Besar - Kecil
  • Tua - Muda
  • Wanita - Perempuan
  • Panjang - Pendek
Jawabanya adalah : Wanita - Perempuan,karena sinonim adalah PERSAMAAN KATA.


- Hubungan Kata
  • Padi - Beras
  • Kayu - Salju
  • Putih - White
  • Binatang - matahari
Jawabanya adalah : Padi - Beras,karena padi hubunganya dengan beras.

Anda bisa mencari bentuk soal yang lainya untuk latihan anda belajar.Ini sekedar untuk bekal atau untuk persiapan anda belajar supaya tidak terlalu kaget jika nanti menghadapi soal-soal seperti yang saya tuliskan diatas.

Oh iya,jika anda ingin belajar lebih banyak tentang bentuk sikotes di perusahaan,saya juga sudah tuliskan di artikel sebelumnya.

BACA :

- Contoh soal sikotes di perusahaan,lengkap!

Mungkin itu saja pembahasan tentang apa saja kisi-kisi soal psikotes di PT atau pabrik panasonic yang mendaftar via BKK SMK mitra.Tetapi bisa juga untuk lamaran via yang lainya juga.Semoga bisa membantu,see uu.

12/09/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Kisi kisi Psikotes PT Panasonic Via BKK SMK Mitra.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar