Tugas Karyawan PT KAI ( Kereta Api Indonesia ) + Posisi/Jabatanya

Tugas karyawan PT KAI atau kereta api indonesia berbeda sesuai dengan jabatan atau posisi bagian yang menjadi tanggung jawab mereka.Saya akan menjelaskan apa yang dilakukan atau dikerjakan oleh petugas lengkap dengan jobdesk yang mereka jalankan.

Jenis atau jabatan karyawan PT KAI dan tugas yang harus dilakukan berbeda-beda sesuai dengan posisi mereka ditempatkan atau bekerja.Baik yang berada di dalam gerbong lokomotif ataupun yang berada di area luar ( tidak ikut naik kedalam kereta ).



Jabatan atau Posisi Pekerjaan di PT KAI ( Kereta Api Indonesia )




PT Kereta Api Indonesia Persero atau yang disingkat dengan " KAI " adalah sebuah layanan jasa transportasi darat yang diberikan oleh pemerintah dengan meanfaatkan kereta sebagai alat transportasinya.Ini adalah badan usaha milik negara ( BUMN ),jadi apapun yang terjadi didalamnya menjadi tanggung jawab penuh pemerintah.

Dikutip dari laman wikipedia,jasa angkutan masal kereta api ini mulai dibuat pada sekitar tahun 60-an tepatnya pada tanggal 17 uni 1864 dengan diprakarsai oleh lembaga yang bernama NIS ( netherland indische spoorweg maatschappij ).

Pada masa itu,negara kita bisa dikatakan masih " terbawa " oleh budaya belanda,dimana hampir semua lembaga pemerintahan memiliki nama yang bernuansa VOC itu.Tetapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa mereka sangat lama menjajah negeri ini.

Itu hanya untuk intermezo saja yaa.Untuk anda yang mungkin ingin melamar pekerjaan atau hanya ingin mengetahui tentang tugas dan posisi kerja yang ada di dalam perusahaan ini,saya akan sedikit memberikan penjelasanya untuk anda.


Struktur Organisasi PT KAI 


Saya akan mulai penjelasan dari bagian ini.Perusahaan kereta api indonesia memiliki sebuah struktur organisasi atau pengelompokan jabatan dari mulai yang tertinggi/paling tinggi sampai dengan yang " dibawahnya ".

Berikut adalah baganya :


jenis pekerjaan,jabatan,posisi kerja karyawan pt kai dan tugas yang harus dilakukan

Diatas adalah bagan untuk jabatan " selain " yang berada didalam gerbong kereta.Hanya untuk pengetahuan anda saja dan saya tidak akan menjelaskan jobdesk atau tanggung jawab yang mereka emban.

Saya hanya akan menjelaskan tugas dan tanggung jawab dari karyawan yang berada di bawah jabatan diatas.Sedangkan posisi atau jabatan di PT KAI yang akan saya bahas adalah :
  • Masinis
  • Asisten masinis
  • Kondektur
  • Pramugara
  • Pramugari
  • Kepala dipo
  • Teknisi
  • Pengawas peron

Diatas merupakan bagian yang fungsi atau jobdesknya saya tau.Untuk bagian lain saya tidak terlalu mengerti jadi saya tidak tuliskan :) kita mulai saja :


Tugas Masinis


Masinis itu kerjaanya apa? Mereka adalah seseorang yang bertugas untuk mengoperasikan armada kereta dengan mengikuti panduan atau arahan dari pusat.Jadi walaupun terkesan kerjaanya mudah,tetapi tanggung jawabnya sangat besar karna mereka adalah ujung tombak keselamatan para penumpang.

Selain itu,seorang masnis juga dituntut HARUS bisa mengikuti instruksi dan mengerti SOP pengoperasian armada dengan baik.

Mungkin sebagian dari anda berfikir bahwa " waahh,massnis itu enak kerjanya,tinggal GAS sama REM doang ".Itu salah besar! Ada beban tanggung jawab dan spesifikasi pekerjaan yang jauh lebih rumit dan tidak semudah itu.


Asisten Masinis


Sesuai dengan namanya,seorang asisten bertugas untuk membantu seorang juru mudi kereta dalam mengoperasikan armadanya.Walaupun namanya " asisten ",tetapi kemampuan dan pengetahuanya dituntut setara dengan seorang juru kemudi kereta.

Hal itu diberlakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,contohnya seperti : Jika ditegah perjalanan sang juru mudi sakit perut atau ada urusan lain,seorang asistenlah yang akan menggantikan jobdesknya.

Bayangkan jika seorang asisten tidak mengerti apa yang harus dilakukan,kemudian tiba-tiba masnisnya pingsan ditengah jalan,bisa berantakan nanti.Jadi bisa dikaakan bahwa seorang asisten adalah " masinis ke2 " didalam sebuah gerbong kereta.


Kondektur


Kondektur kereta api itu apa sih? Tukang nagih uang? Kan sudah bayar karcis diawal? Mungkin ada sebagian anda yang bertanya seperti itu,akan saya jelaskan.

Kondektur adalah seseorang yang bertugas untuk memeriksa tiket penumpang apakah sesuai dengan database atau tidak.Selain itu,jabatan ini juga memiliki tanggung jawab untuk mengkoordinir pekerjaan/tugas dari karyawan lain yang ada didalam armada.

Jika tiket yang anda berikan tidak sesuai atau anda bermain curang ketika menjadi seorang penumpang,maka anda akan bertatap muka dengan seorang kondektur dan mereka tidak akan segan untuk menurunkan anda ditengah perjalanan.

Maksudnya diturunkan ditengah perjalanan bukan dilempar keluar jendela saat keretanya berjalan yaa,melainkan anda akan diturunkan paksa ketika sampai pada titik pemberhentian terdekat.


Pramugara dan Pramugari


Tidak hanya dipesawat saja,sekarang di kereta api juga ada jabatan untuk posisi ini.Jika anda pernah naik kereta,kemudian ditengah perjalanan ada yang menawarkan makanan dan minuman ( bayar sendiri ya ) siapa mereka? itulah yang disebut dengan pramugara dan pramugari.

Tugas mereka adalah untuk memberikan pelayanan kepada seluruh penumpang,bukan hanya menawarkan makanan dan minuman,jika anda ada kendala atau permasalahan ketiak didalam gerbong,anda bisa mengadukanya kepada mereka.

Anda juga bisa menanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan perjalanan anda kepada mereka,tetapi tetap jaga kesopanan dan etika yaa.Bahkan jika anda tidak tau dimana kamar kecil,anda bisa minta tolong mereka untuk menunjukan tempatnya,sangat luar biasa pelayanan yang mereka berikan.


Kepala Dipo


Kepala dipo memiliki beberapa bagian seperti : kepala dipo traksi ( kdt ),kepala dipo lokomotif ( kdl ),kepala dipo kereta ( kdk ) dan kepala dipo gerbong ( kdg ).Tetapi hampir semua bagian tersebut memiliki tugas pekerjaan " yang hampir sama ",yaitu :

Mengatur atau mengorganisir serta melakukan perawatan armada supaya bisa layak jalan dan tidak membahayakan keselamatan penumpang saat beroperasi nanti.

Mereka juga menyiapkan segala bentuk keperluan yang berkaitan dengan armada kereta yang berada di wilayah atau lingkup kerja yang ditentukan.Jadi seorang kepala dipo hanya melakukan jobdesknya sesuai dengan wilayah yang ditentukan saja,tidak satu kepala dipo bertanggung jawab untuk seluruh armada yang berada di indonesia.


Teknisi


Teknis kereta api ( TKA ) adalah seseorang yang bertugas untuk melakukan peebaikan jika ada kerusakaan di armada kereta.Semua fasilitas yang ada di armada,jika rusak,maka merekalah yang bertanggung jawab untuk memperbaikinya.

Seorang teknis kereta dituntut harus menguasai dan mengerti semua bagian gerbong kereta.Jadi tidak aneh jika ada lowongan recruitment pekerjaan untuk posisi atau jabatan ini,biasanya diberikan untuk mereka yang memiliki pengalaman atau mempnyai sertifikat khusus ( walaupun tidak selalu ).

Dulu,posisi atau jabatan ini dibagi menjadi 2,yaitu : PLKA dan R.AC dmana tuganya juga dibagi-bagi.PLKA untuk bagian rangka dan mesin,sedangkan R.AC untuk urusan genset dan seperangkatnya.

Tetapi sekarang sudah menjadi 1 dan disebut dengan TKA.Jangan sepelekan profesi ini,karena jika ini tidak ada dan AC dikereta mati,anda akan sedikit kerepotan karena sepanjang jalan anda akan kipas-kipas saja,hehe.


Pengawas Peron


Apa itu peron? peron adalah batas pinggir antara kereta dengan jalur pejalan kaki di area kereta api.Bahasa gampangnya itu,jalur yang digunakan untuk pejalan kaki dipinggir rel kereta,ada kan batas disebelah pinggir rel biasanya dengan garis putus-putus berwarna kuning mencolok.

Peron sediri dibagi menjadi beberapa jenis,antara lain :
  • Peron tinggi
  • Peron rendah
  • Peron sedang
Sedangkan petugas pengawas peron bertugas untuk menjaga keselamatan para pejalan kaki dipinggir rel dan mengatur jalanya perjalanan kereta khususnya ketika akan berangkat dan baru sampai di titik pemberhentian.

Posisi atau jabatan ini hanya akan anda temui ketika berada dan masuk kedalam kawasan stasiun,diluar stasiun tidak akan ada pengawas peron.

Tapi saya sering lihat ada yang " seperti peron " terbengkalai yang ada di pinggir ketika kereta berjalan,kok tidak ada petugasnya?

Walaupun itu bisa dikatakan " peron ",tapi itu kan TIDAK berada di kawasan stasiun atau titik pemberhentian,selain itu biasanya disekitar itu akan ada peringatan dilarang melintas dan beraktivitas karena area berbahaya.

Mungkin itu bekas stasiun yang sudah tidak aktif atau mungkin bekas bangunan warga atau bangunan yang lainya.Jadi anda tidak perlu merisaukan masalah ini,bukan tidak ada pengawasnya tetapi memang itu bukan bagian dari tanggung jawab seorang petugas pengawasan peron.


Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan untuk anda.Selain dari posisi yang saya jelaskan,tolong jangan anda tanyakan yaa,karena saya tidak terlalu mengerti untuk bagian selain yang saya sebutkan diatas.

BACA :




Demikian pembahasan tentang tugas atau jobdesk dan jebatan atau posisi pekerjaan yang ada di PT kereta api indonesia ( KAI ) serta tanggung jawab yang harus dilakukan.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

3/12/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Tugas Karyawan PT KAI ( Kereta Api Indonesia ) + Posisi/Jabatanya.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar