Tips Lulus Tes Kesehatan Mata ( Minus,Plus dan Buta Warna )

Bagi anda yang akan medical check up khususnya cek penglihatan ada sedikit tips dan trik supaya anda bisa lululus atau lolos dan diterima saat tes kesehatan mata berlangsung.Cara ini bisa anda aplikasikan untuk yang pernglihatanya bermasalah seperti berkacamata,silinder,minus,plus dan mungkin bisa manjur juga untuk yang buta warna.

Tips lulus tes kesehatan mata bagi yang memiliki masalah dalam penglihatan ini saya tuliskan hanya bertujuan untuk membantu saja.Tidak ada kepastian 100% anda bisa lolos.Yang namanya usaha kan harus dicoba,masalah hasil TUHAN lah yang tentukan.


Cara Supaya Lulus Tes Kesehatan Mata




Medical check up penglihatan adalah salah satu proses dari serangkaian tes kesehatan yang dilakukan untuk mengetahui kondisi fisik seseorang dengan tujuan tertentu.Yang paling umum untuk persyaratan melamar pekerjaan.

Bagian tubuh yang diperiksa ketika MCU tidak hanya mata,melainkan beberapa bagian yang lain seperti :
  • Tensi
  • Kondisi darah
  • Jantung
  • Paru-Paru
  • Kondisi air s*ni
  • Gigi dan mulut
  • Telinga
Dan berbagai bagian tubuh yang lainya.Yang saya sebutkan diatas adalah yang umum diperiksa.Bisa saja lebih sedikit bisa saja lebih banyak,tergantung kebijakan dari perusahaan yang bersangkutan.


Kondisi Mata Seperti Apa yang Diperiksa Ketika Medical Check up?


Dalam melakukan pengecekan,ada beberapa hal yang menjadi point penilaian atau menjadi titik utama yang dinilai,seperti :
  • Silinder
  • Minus
  • Plus
  • Rabun Dekat
  • Rabun Jauh
  • Buta Warna
Jika seorang pelamar kerja dinayakan " negatife " dari semua point diatas,maka kondisi matanya bisa dikatakan normal.

Tidak semua point diatas akan diperiksa oleh sebuah perusahaan kepada calon karyawan mereka,sekali saya katakan bahwa semua itu mutlak kebijakan dari perusahaan yang terkait.Mungkin saja semua akan diperiksa dan mungkin saja hanya beberapa point saja.

Terlepas dari hal tersebut,saya akan menjelaskan beberapa hal penting yang perlu anda ketahui mengenai MCU mata ini.Silahkan anda fahami dengan baik penjelasan dalam artikel ini.


Bagaimana Proses atau Cara Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Mata saat Medical Chek Up?


Untuk mengetahui kondisi penglihatan dari seseorang,biasanya sebuah rumah sakit atau lembaga yang sudah ditunjuk akan menggunakan 3 metode umum yang sering digunakan untuk pengecekan penglihatan,yaitu :


1. Menggunakan Snellen Chart Manual


Papan snellen adalah sebuah papan yang berisi berbagai macam huruf alphabet dengan ukuran besar kemudian semakin kecil dan mengecil.Untuk anda yang belum pernah melihat bentuk papanya,berikut contoh papanya :


tips agar lulus tes kesehatan mata



Papan ini digunakan dengan tujuan untuk melakukan pemeriksaan penglihatan khususnya untuk mengetahui kondisi mata rabun dekat dan rabun jauh.

Jika anda perhatikan dengan seksama,disamping huruf ada angka yang tertulis.Itu adalah angka atau point kesehatan mata anda.Normalnya,penglihatan yang baik bisa membaca huruf diatas garis berwarna merah.

Jika anda hanya bisa membaca bagian atas saja,maka penglihatan anda terindikasi rabun jauh.Sedangkan jika anda hanya bisa melihat huruf yang kecil saja,maka anda terindikasi rabun dekat.

Untuk mendapatkan nilai yang bagus,anda harus bisa membacanya dari mulai huruf yang besar sampaiyang kecil ( minimal sampai diatas garis merah seperti di gambar atas ).


2. Menggunakan Alat Khusus atau Komputer


Selanjutnya adalah menggunakan alat khusus yang memang didesign untuk melakukan pengecekan kondisi penglihatan.Adapun alat atau mesin komputer yang digunakan untuk MCU mata antara lain :
  • Binucular Indirect Optalmoscope
  • PD Metre
  • Steak Retinascope
  • OCT
  • Perimetre Autometic
  • NCT
  • Lensameter
  • Phoropter
Dari berbagai macam mesin yang digunakan,yang paling umumadalah menggunakan " PHOROPTER ".Ini adalah mesin dengan bentuk memiliki banyak tiruan lensa yang bisa diputar dari satu contoh lensa ke bentuk lainya.

Contohnya seperti ini :


tips supaya lulus MCU kesehatan mata



Alat seperti ini biasanya digunakan untuk melihat " bermacam-macam " jenis masalah dalam penglihatan.Jika anda lihat,ada banyak " lensa " yang digunakan untuk pengecekanya.Itulah alat yang akan digunakan untuk mengecek penglihatan anda.


3. Buku Isihara


Ini adalah sebuah buku yang berisi berbagai macam bentuk warna yang bercampur.Didalam warna yang bercampur itulah terdapat angka/huruf ( biasanya angka ) yang harus anda tebak dengan benar jika ingin lolos.

Contohnya begini :


trik untuk bisa lulus tes medical chek up atau MCU mata



Silahkan anda lihat dengan baik gambar diatas.Terlihat sebuah angka didalam lingkaran dengan warna yang bercampur bukan? Inilah buku yang digunakan untuk melakukan MCU mata atau penglihatan.


Trik Untuk Bisa Lulus atau Lolos Tes Kesehatan Mata atau MCU Penglihatan


Setelah anda mengetahui hal diatas,sekarang adalah penjelasan untuk bagaimana caranya supaya bisa diterima,kalaupun toh nantinya tidak berhasil,paling tidak ada sesuatu yang bisa dilakukan selain hanya pasrah saja.

Ada beberapa usaha yang mungkin bisa anda lakukan sebelum mengikuti tahapan seleksi MCU penglihatan supaya bisa mendapatkan nilai yang bagus,antara lain :


1. Menggunakan Kacamata


Yang paling simple adalah dengan menggunakan bantuan kacamata.Bagi perusahaan yang " tidak melarang " penggunaan kacamata,ada baiknya anda memanfaatkan hal ini.Silahkan anda gunakan kacamata yang sesuai dan bisa menutupi permasalahan mata anda.


Tapi perusahaan melarang kacamata,bagaimana?

Memang ada beberapa perusahaan " yang melarang " penggunaan kacamata.Jika anda mendapati perusahaan atau PT yang seperti itu,anda bisa lanjutkan ke point kedua.Saran saya,silahkan pastikan dulu peraturanya bagaimana,sayang sekali kalau perusahaan nyatanya memperbolehkan,tetapi anda tidak gunakan karena tidak bertanya.

Silahkan tanyakan dan pastikan apakah PT bersangkutan bisa pakai kacamata atau tidak.Cari informasi dengan VALID,tanyakan ke HRDnya langsung supaya anda tidak mendapatkan informasi yang tidak benar.


2. Menggunakan Lensa


Jika anda tidak bisa menggunakan kacamata,anda bisa menggunakan bantuan lensa.Dalam pemilihan lensa kontak juga tidak boleh sembarangan,kalau bisa belilah di toko atau gerai yang tersedia juga konsultasi atau dokter matanya supaya penglihatan anda tidak beresiko.

Hal ini juga harus anda pastikan terlebih dahulu,apakah perusahaan memperbolehkan atau tidak.Kenapa saya selalu mengatakan hal ini? Karena sangat banyak pelamar kerja yang TIDAK MAU BERTANYA,akhirnya menyesal.

Waahhh,tau gitu saya pakai kacamata,waahh tau begitu saya pakai lensa tadi.Itu adalah kalimat yang selalu keluar ketika pelamar menganggap perusahaan melarang tetapi kenyataanya tidak.


3. Jangan Tekan Mata Terlalu Kencang


Ketika anda melakukan pengecekan menggunakan papan snellen chart manual,selain anda harus berdiri beberapa meter didepan papan hurufnya,anda akan diperintahkan untuk meutup mata sebelah.

Jika penglihatan kanan yang diperiksa,maka penglihatan kiri ditutup dengan tangan begitupun sebaliknya.Untuk mereka yang masih awam dan baru pertama kali,banyak yang melakukan KESALAHAN dengan menutup mata sekuat tenaga.

Hal ini saya " larang " kenapa? Karena jika anda menutupnya terlalu keras,kencang,ketika anda melepaskanya nanti,penglihatan yang anda tutup dengan tangan akan " BLUR/BLENK ".Hal ini megakibatkan anda kesulitan membaca huruf snellen.

Kerugian yang anda dapatkan adalah : Sebenarnya kondisi mata anda normal,tetapi karena blur tadi,anda jadi tidak bisa baca.Si pemeriksa takutnya menggangap anda itu rabun jauh atau rabun dekat,itu sangat merugikan diri anda sendiri nantinya.


4. Hindari Paparan Sinar


Sebelum melakukan pengecekan penglihatan ini,saya sarankan untuk menghindari penglihatan anda dari paparan sinar yang tajam seperti :
  • Berada di luar ruangan dengan sinar matahari terlalu terang
  • Menggunakan smartphone 
  • Melihat layar televisi
Dan berbagai media yang memaparkan sinar terlalu terang,kenapa? Karena setelah anda melihat sinar yang begitu tajam kemudian anda masuk kedalam ruangan yang sedikit gelap,ruangan tersebut bisa menjadi TAMBAH GELAP.

Kalau tidak percaya,silahkan anda keluar ruangan dimana matahari bersinar cerah dalam waktu yang cukup lama,kemudian anda masuk kedalam rumah tanpa menyalakan lampu ( kondisi biasa ),nanti ruanganya jadi seperti gelap.

Sangat merugikan anda ketika hal ini terjadi disaat pengecekan penglihatan berlangsung.Bisa-bisa anda divonis penglihantanya bermasalah atau bahkan " BUTA ".


5. Hafalkan Bentuk Tesnya


Sebenarnya cara ini TIDAK SAYA SARANKAN dan sedikit berbau trik yang licik dan BERESIKO GAGAL tinggi.Lantas kenapa tetap saya tuliskan? Begini :

Sebagian besar dari anda yang mungin membaca artikel ini pasti ada yang memiliki penyakit penglihatan yang tidak bisa disembuhkan baik karena alasan medis ataupun alasan ekonomi.Tenang saja,anda masih bisa melakukan beberapa cara kok,jangan putus asa.

Salah satu caranya adalah dengan menghafalkan bentuk tesnya,mulai dari huruf snellen sampai ke buku warna ishiharanya.Dihafalkan? Iyaa,langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan menghafalkanya.


Bukanya nanti ACAK saat pengecekanya?

Memang nanti si petugas akan mengacak huruf yang harus anda tebak,tetapi paling tidak anda memiliki sedikit harapan dan rasa optimis karena sudah hafal bentuk tesnya.Memang tidak akan berhasil 100% jika menggunakan trik ini.

Walaupun seperti itu,tetaplah berusaha dan jangan patah semangat yaa.Percaya saja pada TUHAN dan saya juga akan memberikan berbagai trik yang bisa anda lakukan untuk membantu anda menghadapi seleksi MCU seperti ini.


6. Lakukan Pengobatan


Langkah terahir adalah dengan melakukan pengobatan khususnya untuk penyakit yang berat.Dengan berat hati saya harus katakan bahwa untuk anda yang " BUTA WARNA " tidak bisa disembuhkan,Tetapi...hehehe.


Kalau pakai calo/orang lain bagaimana?

Maksudnya meinta bantuan orang lain untuk membantu menggantikan anda melakukan tes,begitu? Hal ini sebenarnya dilarang dan kalau ketahuan anda bisa diblacklist alias mendapatkan cap buruk diperusahaan dan tidak bisa ikut seleksi diperusahaan itu SELAMANYA.

Apakah pasti ketahuan? Ya tidak,itu tergantung dari hoki dan keberuntungan anda saja.Tetapi saya tidak menyarankan yaa.Ingat yaa,tidak disarankan sama saya lohhh,saya cuma tulis artikel saja.

Baca :



KESIMPULAN :

Dalam menulis artikel ini,saya hanya bermaksud untuk membantu anda saja.Tidak ada maksud apapun.Dalam benak saya,masalah penglihatan ( asalkan tidak buta ) itu sepatutnya tidak menjadi penghalang seseorang mendapatkan kerja.

Itu adalah ciptaan dan pemberian TUHAN.Beda dengan melukai penglihatan secara sengaja,itu salah sipemilik penglihatanya.Tetap jika itu karunia TUHAN,seharusnya ada sedikit keringanan dan tidak terlalu dipermasalahkan ( ayolahhh,semua orang berhak mendapatkan pekerjaan dan kehidupan layak kan wahai para pemimpin perusahaan ),hehe.


Demikian pembahasan tentang bagaimana cata atau tips supaya bisa lolos/lulus tes kesehatan atau medical chek up mata.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

3/26/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Tips Lulus Tes Kesehatan Mata ( Minus,Plus dan Buta Warna ).

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar