Panduan Interview Kerja untuk Lulusan SMK/SMA Sederajat LENGKAP!

Panduan Interview Kerja untuk Lulusan SMK/SMA Sederajat - Bagi anda yang baru lulus sekolah menengah atas atau kejuruan serta masih pemula dan minim pengalaman mengikuti wawancara pekerjaan,ada baiknya anda mempelajari penjelasan yang akan saya berikan dalam artikel kali ini.

Interview kerja bagi lulusan SMK/SMA masuk kedalam kategori fresh graduate jadi akan berbeda dengan mereka yang sudah berpengalaman atau memiliki pengalaman bekerja sebelumnya.

Banyak sekali perbedaanya khususnya untuk jenis pertanyaan dan jawaban yang harus djawab.Selain itu,faktor penilaian yang dinilai juga berbeda antara keduanya.Saya akan menjelaskanya lengkap untuk anda sebagai bahan belajar dan mempersiapkan diri.


Interview Lulusan SMK/SMA Sederakat




panduan interview kerja untuk lulusan SMK atau SMA sederajat



Kelulusan sekolah menengah atas atau kejuruan adalah masa dimana seseorang akan sangat dekat dengan dunia pekerjaan yang sesungguhnya,kenapa?

Selain karena peraturan perundangan indonesia yang melarang pekerja dibawah umur,ijasah sekolah menengah merupakan syarat yang paling minim untuk mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan ( KHUSUSNYA jika anda mencari sebuah perusahaan ).

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ijazah merupakan modal yang " wajib " dimiliki oleh seorang pelamar kerja dewasa ini.Hal tersebut erat kaitanya dengan peraturan perusahaan yang hampir selalu mencantumkan persyaratan " minimal kelulusan adalah SMA/SMK sederajat ".


Sejuta Pilihan Minim Pengalaman

Ironi memang,ketika seorang fresh graduate disuguhkan dengan berbagai macam pilihan dengan banyaknya perusahaan yang siap merekrut mereka tetapi di lain sisi mereka seakan masih " buta " akan pengalaman khususnya tentang dunia kerja.

Sudah pasti mereka gagap tentang dunia kerja karena memang tidak ada waktu untuk menggelutinya.

Terutama dalam proses perecruitan kerja contohnya,banyak pemula yang kaget dengan serentetan soal-soal pertanyaan seleksi yang sebagian besar tidak mereka temui ketika bersekolah dulu.Belum lagi ketika mereka masuk ke tahapan wawancara yang terlihat mudah tetapi syarat dengan penilaian.

Bagi anda yang mungkin membaca artikel ini,mengenai PSIKOTES kerja,sudah saya jelaskan dalam beberapa artikel saya sebelumnya.Sekarang saya akan membahas lebih mendalam tentang proses wawancara seleksi calon karyawan baru di sebuah perusahaan saja.


Yang Dinilai Dari Prosesi Wawancara Kerja


Hal pertama yang perlu anda ketahui khususnya untuk lulusan baru sekolah menengah atas atau kejuruan mengenai wawancara adalah : Apa sih yang dinilai? 

Memang hal inilah yang pertama kali harus anda fahami,sebelum menuju ke pokok inti berupa bentuk pertanyaan dan jawabanya.Kenapa hal ini penting?

Dengan anda memahami penjelasan awalnya,paling tidak anda akan mengerti juga harus bagaimana dan harus memberikan jawaban seperti apa yang dirasa tepat dan akurat ketika HRD melontarkan berbagai macam pertanyaanya nanti.

Ada beberapa hal yang akan dinilai ketika prosesi tanya jawab dengan HRD untuk seleksi pekerjaan dimulai,antara lain :

  • Attitude/Sikap

Pertama kali yang akan dinilai dan memang menjadi NILAI UTAMA dari seseorang pelamar pekerjaan adalah sikap atau yang lebih sering disebut dengan attitude.

Attitude adalah bagaimana seseorang melakukan interaksi dengan orang lain dilihat dari gaya bicaranya,perbuatan atau tingkah lakunya dan bagaimana orang tersebut menghargai orang lain.Mungkin dalam bahasa yang lebih sederhana,ini bisa dikatakan sebagai TATAKRAMA seseorang.

Dalam sebuah dunia kerja,tatakrama sangat diperlukan karena ketika anda bekerja nanti,bukan hanya mesin dan benda kerja saja yang akan anda temui,melainkan berbagai macam orang dari berbagai penjuru indoneisa juga akan anda temui.

Tatakrama yang bagus akan membantu anda beradaptasi dan melakukan kerjasama dengan karyawan lain yang lebih senior.Dan setelah terjalin kerjasama yang bagus,tentunya hasil dari pekerjaan juga akan semakin maksimal.

BACA :



  • Kemampuan Bekerja

Yang akan dinilai selanjutnya adalah : Bisakah atau mampukah dia melakukan pekerjaan nantinya.Seorang HRD tau benar bahwa lulusan baru masih sangat minim dalam hal bekerja,sedangkan di perusahaan nanti,mereka dituntut untuk bekerja dengan keras.

Untuk mengatasi hal tersebut,seorang HRD akan memberikan serangkaian pertanyaan yang sekiranya bisa memberikan " gambaran " apakah orang tersebut bisa kerja atau tidak.

Jadi,secara tidak langsung,anda juga harus pinter-pinter memberikan jawaban yang sekiranya bisa menggambarkan bahwa anda memang bisa bekerja dan seorang yang pekerja keras.Jika HRD menilai anda kurang bisa bekerja,maka kesempatan anda diterima akan semakin kecil.

  • Profesionalisme Dalam Bekerja

Walaupun anda masih pemula,tidak mungkin juga perusahaan sembarangan dalam merekrut calon karyawan mereka.Salah satu oint yang dicari adalah mereka yang terlihat akan profesional dalam bekerja.

Prefesionalisma yang saya maksud adalah : Kesediaan dan kepatuhan terhadap peraturan,kebersihan dalam bekerja,kerapihan dan kegigihan dalam menjalankan tugas yang diberikan.

Percayalah,seorang HRD tau benar harus melakukan apa untuk mendapatkan penilaian semua hal diatas.Jadi ketika anda bertatap muka dengan seorang HRD,jangan sembarangan dalam berkata-kata yaa,karena mereka bisa mengetahui kerpibadian anda hanya dengan bercakap-cakap.


Apa iya,bagaimana bisa?

Mungkin anda berfikir kalau hal ini tidak mungkin yaa,masa iya hanya dengan bercakap-cakap seseorang bisa menilai kepribadian orang lain.

Hal ini bisa dilakukan dan memang ada ilmu sains nya.Pernahkah anda mendengar istilah " PSIKOLOG " atau psikiater?

Mereka adalah orang terlatih dan memang mendalami ilmu pengetahuan untuk mengerti dan menilai seseorang hanya dari kalimat yang dilontarkan atau dari gerak dan raut wajahnya.Dan untuk menjadi seorang HRD,biasanya syaratnya adalah mereka yang memiliki pendidikan atau lulusan sarjana jurusan sikologi.

  • Tingkat Intelegensi atau Kecerdasan

Yang berikutnya dinilai adalah tingkat intelegency atau kecerdasan.Sebenarnya,penilaian ini sudah dilaksanakan ketika prosesi psikotes berlangsung.

Tetapi penilaian disini sifatnya khusus,berkaitan dengan sertifikat-sertifikat yang anda berikan di proposal surat lamaran kerja dulu.Sertifikat yang anda lampirkan biasanya akan ditanyakan dan HRD akan meminta penjelasan tentang sertifikat tersebut.

Permintaan penjelasan itu maksudnya : Biasanya anda akan ditanyai mengenai sertifakt itu apa,darimana dapatnya,pembelajaranya apa,skill yang ada didalam sertifikat apa saja dan sebagainya.


Secara garis besar,itu semua adalah hal dinilai dari prosesi wawancara untuk lulusan anyar.Letak perbedaan yang paling mencolok antara pemula dan yang berpengalaman adalah di " pengalaman kerjanya saja ",selain itu sama saja.


Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Lulusan SMK/SMA Sederajat


Setelah anda mengetahui point dasarnya,sekarang waktunya untuk pembahasan tentang contoh pertanyaan yang ditanyakan atau keluar ketika wawancara kerja bagi yang baru lulus sekolah menengah atas.

Adapun bentuk pertanyaan yang ditanyakan antara lain :


1. Perkenalan Diri


Yang pertama akan diberikan kepada anda adalah : mempersilahkan anda untuk memperkenalkan diri.Untuk cara menjawab pertanyaan seperti ini,anda cukup melakukan perkenalan dengan menjelaskan :
  • Nama
  • Tempat tanggal lahir
  • Umur
  • Pekerjaan orang tua
  • Berapa bersaudara
  • Lulusan atau jurusan sekolah apa
Anda tidak perlu terlalu banyak memberikan informasi data diri anda kepada HRD,kenapa? Karena selain akan menyulitkan anda untuk menjelaskan,jika terlalu panjang,takutnya anda keceplosan mengatakan informasi yang seharusnya tidak dikatakan.

Katakan saja seperti yang saya berikan contoh diatas.Jika masih ada yang kurang,nanti HRD akan menanyakanya sendiri kepada anda.


2. Hobi Anda Apa?


Kedua adalah berkaitan dengan hobi.Hal yang menjadi kesukaan anda ini akan mencerminkan atau bisa memberikan nilai terhadap kepribadian anda.maksudnya adalah,dengan hobi,kepribadian seseorang akan tercermin,contohnya begini :

Si A memiliki hobi mendengarkan musik.Secara tidak langsung,orang dengan hobi tersebut akan mencerminkan pribadi yang sedikit pemalas,kenapa? Karena mendengarkan musik identik dengan berdiam diri,tiduran dan tidak melakukan aktivitas apapun.

Berbeda halnya dengan hobi olahraga misalnya.Seseorang dengan hobi olahraga akan mencerminkan pribadi yang energik dan mampu bekerja,karena olahraga itu identik dengan kegiatan fisik yang extra.

Pemilihan hobi yang tepat,akan baik untuk penilaian anda dmata HRD,karena perusahaan memang mencari calon karyawan baru yang bisa bekerja dan mampu untuk melakukan tugas-tugas berat yang diberikan.

Jadi,untuk pertanyaan ini,silahkan anda jawab dengan " BEROLAHRAGA ".Anda bisa lebih spesifik lagi dalam menjawabnya,seperti olahraga basket,sepak bola dan sejenisnya.Usahakan olahraga yang anda pilih adalah olahraga yang memang mengandalkan fisik.


3. Motivasi 


Pertanyaan selanjutnya adalah motivasi kerja anda apa? Untuk mejawab hal ini,anda bisa jawab dengan :
  • Membantu ekonomi orang tua
  • Supaya bisa hidup mandiri dan tidak menyusahkan orang tua
Ini adalah jawaban yang paling umum untuk diutarakan.Walaupun umum dan pasaran,tetapi memang inilah jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan mengenai motivasi kerja.

Motivasi bisa diartikan juga sebagai tujuan anda.Dengan tujuan yang kuat,akan mengindikasikan atau mencerminkan seseorang akan lebih bersungguh-sungguh dalam bekerja nantinya.

Jika motivasinya saja tidak kuat,biasanya pekerjaanya juga tidak akan bagus karena memang dalam bekerja dibutuhkan suatu tujuan atau hal yang ingin dicapai.Untuk penjelasan ini,saya sudah tuliskan di artikel lainya.

BACA JUGA :



4. Kekurangan dan Kelebihan


Bagian ini banyak sekali yang bingung untuk menjawabnya.Selain sedikit susah untuk mencari kekurangan diri sendiri,banyak pelamar yang takut salah dalam menjawabnya.Tenang saja,akan saya jelaskan disini.

HRD menanyakan kekurangan dan kelebihan itu tujuanya adalah :
  • Menyesuaikan kekurangan dengan resiko saat bekerja nanti
  • Menyesuaiakan kelebihan dengan kemamuan bekerja nantinya
Jadi kedua hal tersebut erat kaitanya dengan bagaimana kira-kira anda bekerja nantinya jika memiliki sebuah kekurangan dan kelebihan.Contohnya begini :

- Kekurangan : Anggaplah ada seorang pelamar yang mengatakan kalau kekuranganya adalah gampang capek.

Ini SALAH BESAR dan masuk dalam kategori KESALAHAN FATAL,kenapa? Karena kalau orang gampang capek,bagaimana kalau kerja nanti,pasti dikit-dikit minta istirahat.Anda akan langsung dicoret dari daftar kandidat jika menjawabnya seperti ini.

- Kelebihan : Anggap saja anda yang menjawabnya dengan pintar membuka gembok tanpa kunci.

Ini lebih bahaya lagi :),bisa-bisa semua pintu dibobol nanti ( walaupun dalam kenyataanya tidak akan seperti itu ).

Jadi,untuk menjawab ini,anda bisa katakan seperti ini :
  • Kekurangan : Boros
  • Kelebihan : Patuh peraturan
Boros? Kenapa boros? Karena perusahaan TIDAK PEDULI tentang hal ini,dan dalam pekerjaan,tidak ada resiko berkaitan dengan jawaban ini.

Patuh dalam peraturan merupakan point yang sangat bagus dalam dunia kerja.Jika anda menjawabnya seperti ini,anda akan mendapatkan point plus dimata HRDnya.


Pertanyaan lanjutan

Khusus untuk point ini,biasanya anda akan diberikan pertanyaan lanjutan.Contohnya seperti ini :

- Untuk jawaban kekurangan BOROS,biasanya anda akan ditanyai lagi : Bagaimana anda mengatasi boros anda?

jawaban tepatnya adalah : Saya harus bekerja lebih keras dan lebih extra dalam mendapatkan uang supaya boros saya terpenuhi.

- Untuk jawaban patuh dala peraturan,anda akan ditanyai lagi begini : Buktinya anda patuh peraturan apa?

Yang tepat jawabnya begini : Ketika saya sekolah saya tidak pernah mendapatkan hukuman apapun berkaitan dengan peraturan atau bisa juga,saya pernah mendapatkan predikat siswa paling teladan atau yang lainya.


Tips dan Trik Supaya Bisa Lolos


Untuk bisa lulus dan diterima,anda harus melakukan hal berikut :
  • Memahami tentang wawancara ( sudah saya jelaskan diatas )
  • Memberikan sikap yang baik ( juga sudah saya berkan panduanya diatas )
  • Menjawab dengan baik dan benar semua pertanyaan
  • Berdoa kepada TUHAN
Hanya 4 hal itu saja yang bisa menentukan anda bisa diterima atau tidak.Jika anda melakukan semuanya dengan benar,maka kesempatan anda diterima akan jauh lebih besar.

Perlu saya tekankan bahwa semua yang saya jelaskan HANYA TEORI,keputusan akhir diterima dan rezeki ada di tangan TUHAN,jadi selain berusaha,berdoalah dengan khusyuk.

BACA LAINYA :




Demikian penjelasan tentang bagaimana proses interview atau wawancara kerja untuk lulusan SMK/SMA sederajat.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

3/28/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Panduan Interview Kerja untuk Lulusan SMK/SMA Sederajat LENGKAP!.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar