Kisi-Kisi Soal Psikotes PT Yamaha Music YMMA Cikarang MM2100

Kisi-kisi soal tes psikotes PT Yamaha Music Manufacturing Asia atau YMMA yang ada di cikarang kawasan industri M2100 ada banyak contohnya seperti matematika dasar yamus kemudian PAPI dan sebagainya.Bocoran soal ini saya khususnya untuk yang sikotes saja,untuk yang interview atau wawancara ada di artikel saya sebelumnya.

Psikotes PT Yamaha Music Manufactur Asia atau yang lebih dikenal dengan Yamus YMMA yang berada di kawasan industri MM2100 cikarang ini sebanarnya tidak jauh berbeda dengan sikotes pabrik atau perusahaan pada umumnya.Yang membedakan hanya alur atau prosesnya saja dan saya akan menjelaskan untuk anda selengap dan sedetail mungkin.


Tes Psikotes PT Yamaha Music Manufacturing Asia ( YMMA )




kisi-kisi soal tes psikotes pt yamaha music manufactur asia YMMA cikarang mm2100


PT yamaha music manufacturing asia ( YMMA ) adalah sebuah perusahaan yang memproduksi berbagai macam jenis alat musik ber merk yamaha.Ini adalah pabrik yang menjadi cikal bakal atau awal mula berdirinya pabrik yamaha motor yang memproduksi berbagai macam kendaraan bermotor dengan merk yang sama.

Ketika saya bekerja di YMMWJ dulu,saat ada sesi pembelajaran sejarah perusahaan,ternyata pabrik yamaha musik ini adalah pabrik yang pertama berdiri dan menjadi " nenek moyang " untuk perusahaan sekelas YMMWJ/yamaha west java.

Sedikit tidak percaya karena jika difikir logika tidak ada hubunganya antara alat musik dengan kendaraan bermotor,tetapi nyatanya seperti itu.Ini hanya untuk pengetahuan tambahan anda saja yaa.


Alur atau Proses Seleksi di PT YMMA


Tidak jauh berbeda dengan proses yang ada di perusahaan lainya,perusahaan ini juga memberlakukan proses atau sistem seleksi yang umum digunakan,dimana alurnya adalah sebagai berikut ini :
  • Melamar pekerjaan ( bisa mengirimkan surat lamaran langsung atau via email )
  • Psikotes
  • Interview/Wawancara
  • Medical
  • Training
  • Tanda Tangan Kontrak

Untuk anda yang ingin melamar pekerjaan ketika ada lowongan kerja di pabrik ini,anda bisa menggunakan langkah manual atau via email seperti yang saya sebutkan diatas.

Alamatnya dimana?

Alamat atau lokasi pt yamus cikarang adalah : Jalan irian,Blok Bi Ee No 3 Danau Indah Cikarang Barat,Bekasi jawa barat 17530.

Gunakan alamat diatas jika anda ingin mengirimkan surat lamaran manual menggunakan jasa pos indonesia.Jika anda ingin menggunakan email,silahkan akses website atau situs resmi perusahaan ini dengan mencarinya di google.


Tes Yamaha Music Cikarang ( bukan yang Pulogadung )


Ok,saya anggap anda sekarang sedang ingin melakukan tahapan seleksi atau sudah mendapatkan SMS/telepon panggilan seleksi.Ada yang sedikit unik dari pamanggilan proses sikotes di perusahaan ini,yaitu :
  • Peserta diberikan KODE KHUSUS ketika menerima SMS atau telepon
Kode khusus ini digunakan untuk absen saat pertama masuk nanti.Jadi di pintu masuk perusahaan,akan ada daftar nama lengkap dengan kode atau nomor ID yang sudah diberikan kepada anda.

Anda akan disuruh menuliskan nama,tanda tangan dan menyebutkan nomor ID masing-masing.Hal ini dilakukan pihak HRD untuk " mencegah " peserta ilegal mengikuti tahapan seleksi.Peserta ilegal itu peserta yang tidak mendapatkan SMS/Telepon tetapi merangsek masuk.

Itu beberapa waktu yang lalu.Saya tidak tau kalu bulan-bulan ini dan nanti akan bagaimana.Mungkin bisa berubah mungkin juga akan tetap sama,semuanya mengikuti kebijakan perusahaan.

Selanjutnya,untuk jenis soal yang keluar atau diteskan saat psikotes di pt yamaha music YMMA antara lain :


1. Kraepelin/Kreapelin/Pauli/Test Koran


Anda JANGAN BINGUNG mengenai nama yang begitu banyak.Semua nama tersebut INTINYA SAMA SAJA.Contoh soalnya seperti ini :


contoh tes psikotes yang keluar di pt yamus cikarang






Mungkin jika anda sudah pernah mengikuti tahapan seleksi calon karaywan baru di sebuah perusahaan.Cara mengerjakan bentuk soal seperti ini adalah :

  • Lakukan pertambahan angka mulai dari beris pertama
  • Lakukan perpindahan baris ketika ada instruksi dari HRD
  • Lakukan penambahan angka secara beurutan,jangan loncat-loncat
  • Usahakan hasilnya benar
  • Usahakan menghasilkan grafik yang naik
bentuk soal seperti ini point utamanya adalah : Kesesuaian instruksi HRD dengan hasil pengerjaan dan grafik yang naik.

BACA :



2. Soal Cerita Matematika


Setelah soal pertama selesai,anda akan diberikan soal yang kedua yaitu berupa bentuk serita matematika.Bentuk soal ini sebenarnya sudah sangat familiar ketika anda sekolah dulu,adapun contohnya sebagai berikut :
  • Anda melakukan perjalanan sejauh 100 km dengan kecepatan 10km per jam.Jika anda berhenti untuk istirahat selama 1 jam kemudian berhenti lagi selama 20 menit,jam berapa anda sampai tujuan jika berangkat jam 7 pagi?
Dan berbagai bentuk soal serupa.Untuk bisa menjawab pertanyaan seperti ini,anda harus menghafalkan banyak rumus,antara lain :
  • Rumus bangun ruang dan datar
  • Jarak ( km,meter )
  • Desimal
  • Pecahan
  • Berat ( kilogram,gram )

Diatas sudah cukup untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi karyawan.Semakin banyak menghafalkan akan semakin bagus.


3. TIU 5


Khusus untuk bentuk pertanyaan ini,terbagi menjadi beberapa jenis.Ini adalah bentuk pertanyaan dengan gambar dengan mengandalkan daya logika atau logis anda.Bentuk soalnya kurang lebih seperti ini :


bentuk soal tes yamus cikarang mm2100


Ini adalah bentuk yang paling umum digunakan,dimana anda bertugas untuk mencari gambar " hasil " dari deretan gambar sebagai pertanyaanya.Selain bentuk diatas,masih ada bentuk yang lainya TETAPI tidak akan jauh berbeda dengan bentuk gambar-gambar seperti diatas.

Bentuk gambar-gambarnya ada banyak sekali,intinya dengan gambar sebagai pertanyaan,anda harus memilih jawaban yang benar berupa gambar juga.Bentuk lainya seperti ini :


bentuk soal psikotes yang diujikan di pt YMMA






Bentuk pertanyaan diatas masih erat eitanya dengan logika gambar.




4. Antonim dan Sinonim ( persamaan kata dan lawan kata )


Antonim adalah lawan kata sedangkan sinonim adalah lawan kata.Bentuk pertanyaan ini adalah dimana peserta harus memilih jawaban yang tepat sesuai dengan soal yang ada.Berikut contohnya :

- Antonim dari Terang adalah :

  • Cahaya
  • Nur
  • Gelap ( ini yang benar )
  • Gulita
  • Hitam

- Sinonim dari Cahaya adalah :
  • Nur ( ini yang benar )
  • Matahari
  • Terang
  • Siang
  • Terlihat 

Sepintas memang sangat mudah,TETAPI pada kenyataanya tidak semudah itu.banyak kata-kata yang tidak terlalu familiar atau bahkan bisa dikategorikan kedalam kata yang susah seperti : Molekul,algoritma,akurat dan sebagainya.

Inilah kenapa walaupun sepintas ini terlihat mudah,banyak yang gagak karena kata atau kalimatnya sedikit aneh ( tidak sering digunakan sehari-hari ).Untuk membantu anda belajar,saya sudah sediakan filenya dalam folder khusus : berikut ini filenya.


5. PAPI Test


Penjelasan untuk bentuk ini sebenarnya tidak terlalu rumit,yang rumit itu adalah " LEMBAR SOALNYA ".Jika anda lihat dengan seksama,untuk orang awam khususnya,lembar soal pertanyaan PAPI ini sangat rumit dan membingungkan.

Padahal,kenyataanya tidak serumit itu.Contoh bentuk pertanyaanya sebagai berikut ini :


bentuk soal psikotes yamaha musik yang keluar



Caraa mengerjakan bentuk pertanyaan ini adalah : Anda harus memilih dari 2 pernyataan yang terdapat pada tiap-tiap soal.Jadi,dalam 1 nomor,akan terdapat 2 pernyataan dan anda harus memilih mana yang paling sesuai dengan keribadian anda.

Contoh pertanyaanya seperti ini :

Soal nomor 1 :
  • Saya selalu mengerjakan apa yang saya mulai
  • Saya adalah orang yang teliti
Soal nomor 2 :
  • Saya adalah pemimpin yang baik
  • Saya adalah seorang pekerja keras
Soal nomor 3 :
  • Saya adalah orang yang rajin
  • Saya suka dengan kerja kelompok
 Dan akan ada sekitar 50 soal seperti itu.Anda harus memilih jawaban yang paling sesuai dengan kepribadian anda.

Cara jawabnya bagaimana :

Dalam tiap-tiap nomor akan ada " 2 garis,yang satu adalah garis mendatar yang satu adalah garis naik keatas ",silahkan lihat gambar.Lalu,lingkari jawaban yang anda rasa benar dimana garis mendatar sebagai pilihan A dan garis naik sebagai pilihan B.

Masih kurang jelas? :
  • Jika anda memilih jawaban A,maka LINGKARI GARIS MENDATAR
  • Jika anda memilih jawaban B maka lingkari garis naik
Dua garis ini PASTI ada di tiap-tiap nomor soal,inilah kenapa saya katakan supaya anda melihat cotoh gambar diatas.


6. Test Buta Warna


Ini adalah tahapan terahir dalam semua proses seleksi.Saya rasa,untuk anda yang pernah menjumpai sikotes ini,tidak perlu saya jelaskan lagi yaa.Tetapi,jika anda belum pernah mengikuti tahapan sikotes,maka bentuk " seleksi buta warna " adalah sebagai berikut :


contoh soal psikotes yamaha musik cikarang



Bentuk ini adalah dimana anda sebagai peserta seleksi,HARUS menyebutkan angka yang terdapat dalam lingkarang penuh warna seperti gambar diatas.Memang mudah untuk anda yang matanya normal,tetapi untuk mereka yang " buta warna ",bentuk tes ini adalah masalah yang sangat besar.


Kapan Pengumumanya?

Untuk pengumuman hasil seleksi,ada 2 metode yang berlaku,tergantung keberuntungan anda saja menjumpai jenis yang mana.Untuk jenis pengumumanya adalah sebagai berikut :
  • Mengunakan sistem gugur ( sistem ini adalah anda akan langsung gagal dan ulang ketika salah satu tahapan tidak lulus )
  • Akumulasi nilai ( sistem ini adalah mengumpulkan hasil dari semua tes yang dilalui peserta dan meng akumulasikan kemudian dijadikan rengking,akan diambil dari rangking paling atas ke rangking dibawahnya)
Jika ketika anda mengikuti seleksinya ternyata menggunakan sistem gugur,berarti pengumumanya akan keluar saat itu juga setelah testnya selesai.

Jika ternyata anda mengikuti seleksi dengan sistem akumulasi nilai,maka pengumumanya akan keluar mungkin sekitar 1 minggu setelahnya.

BACA JUGA :





Demikian pembahasan tentang kisi-kisi atau bocoran soal psikotes di PT yamaha music manufacturing asia ( YMMA ) yang ada di kawasan industri mm2100 cikarang jawa barat.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.
16 komentar

16 komentar untuk Kisi-Kisi Soal Psikotes PT Yamaha Music YMMA Cikarang MM2100.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar

.
Unknown

Saya masih binggung kak. Sama soal tiu 5 sama soal papi,tapi tidak apa akan saya coba semampu saya.🙏Terima kasih

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Anda bisa melihat penjelasan di chanel youtube saya berulang-ulang.Dan untuk lebih faham lagi,LAKUKAN PRAKTEK,cari contoh soal di internet dan cobalah mengerjakan berulang-ulang,jika anda rutin melakukanya,mungkin dalam 1 atau 2 minggu,anda sudah faham betul.

Balas Hapus
.
Unknown

Mas saya kemarin sudah ikut psikotes namun tidak semua soal terjawab karena waktu yang terbatas. Kira kira berapa ya standarnya untuk bisa lolos

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk nilai standarnya saya kurang faham.Tetapi biasanya kalau lolos pasti akan dihubungi pihak perusahaan.

Balas Hapus
.
Unknown

Saya masih bingung dalam mengerjakan papi test

Balas Hapus
.
Unknown

terimakasih

Balas Hapus
.
Puji Hartono

sama-sama yaa.

Balas Hapus
.
Unknown

Untuk berat badan wanita minimal berapa ya ? Terimakasih semoga dibls

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk berapa kilogram nya,TIDAK ADA patokan mutlak.Cukup proporsional dengan tinggi badan ( tidak masuk kategori obesitas atau kelebihan berat badan ).

Balas Hapus
.
Sigit

Terimakasih, ini sangat berguna sekali buat saya yang masih awam dalam dunia kerja

Balas Hapus
.
Anonim

terimakasih sgt membantu ka^^

Balas Hapus
.
Anonim

Terima kasih sangat membantu :)

Balas Hapus
.
Faris

untuk gaji nya brp ya bang klo blh tau?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

kalau ikut hitungan sekarang ( UMR + lembur + lain lain ) sekitar 5 jutaan bisa lebih kayaknya.

Balas Hapus
.
sundari ardiana

pak izin bertanya apakah pt ymma membuka lowongan untuk mahasiswa magang?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

setau saya ada untuk magang mahasiswa, biasanya seragamnya beda kalau magang

Balas Hapus