Jurusan Kuliah yang Paling Mudah Mata Pelajaranya dan Gampang Lulus

Jurusan kuliah yang paling mudah mata pelajaranya atau perkuliahanya serta gampang untuk lulus biasanya menjadi hal yang sangat dicari oleh para calon mahasiswa baru.Ada banyak faktor penyebab hal ini terjadi,salah satunya mungkin mereka ingin cepat mendapatkan gelar sarjana tanpa harus berpusing-pusing terlalu lama,hehe.

Daftar jurusan kuliah atau mata perkuliahan yang mudah pelajaranya serta memiliki kesempatan untuk lulus yang gampang berikut ini saya berikan berdasarkan rangkuman informasi yang saya dapatkan dari bebagai sumber.Mungkin salah satunya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda.


Jurusan Kuliah yang Pelajaranya Gampang atau Mudah




daftar jurusan kuliah yang pelajaranya mudah dan gampang lulusnya






Jurusan kuliah adalah sebuah mata pelajaran atau spesifikasi keahlian khusus yang dipilih oleh mahasiswa dalam menempuh pendidikan di sebuah universitas sampai lulus nanti.Jadi ketika anda memilih mata perkuliahan diawal masuk,sampai lulus nanti anda akan berkutat dengan pelajaran itu saja.


Ada berapa mata kuliah yang ada di sebuah universitas?

Ada sekitar hampir 190 mata perkuliahan yang ada di sebuah universitas,tetapi perlu anda ketahui bahwa,tidak semua universitas menyediakan mata perkuliahan secara lengkap ( semuanya ada ) dan antara satu fakultas dengan yang lainya tidak menyediakan mata kuliah yang sama.

Contohnya begini :

- Universitas A menyediakan 10 mata perkuliahan,mungkin saja universitas B hanya menyediakan 5 mata perkuliahan.Selain itu,jurusan atau spesifikasi keahlianya juga tidak sama persis,bisa jadi kampus A ada jurusan hukum,sedangkan kampus B tidak ada.


Kriteria mata perkuliahan yang mudah itu yang bagaimana?

Untuk menentukanya,kembali ke pribadi masing-masing karena beda orang akan berbeda juga point penilaianya.Secara garis besar,yang masuk kedalam kategori gampang itu kurang pebih seperti ini :

  • Tidak terlalu banyak " matematika/hitung-hitunganya "
  • Pembahasan materinya tidak terlalu rumit
  • Tidak terlalu banyak tugas
  • Tidak terlalu banyak menghafal
  • Tidak banyak pemahaman detail
Dan lain sebagainya.Itu hanya kategori yang umum yang biasanya calon mahasiswa cari ketka menginginkan sebuah mata perkuliahan yang mudah.

Saya sendiri tidak tau kenapa anda membaca artikel ini,mungkin ada salah satu point diatas yang menyebabkan anda membaca artikel saya ini.


Apakah mata kuliah yang mudah itu jelek dan mempengaruhi masa depan?

Mungkin sekilas terlihat seperti itu,tetapi nyatanya SAMA SEKALI TIDAK.Karena kesusksesan seseorang bukan dari kuliah apa yang diambil,tetapi dari usaha,doa dan ketentuan TUHAN yang sudah tertulis.

Tidak ada sangkut pautnya dengan mata perkuliahan jika anda membicarakan kesuksesan.Tetapi ada point penting yang ingin saya tekankan kepada anda yang mungkin kebetulan membaca artikel ini,yaitu :
  • Ketka anda memilih mata perkuliahan,saya harapkan anda memikirkan prospek kedepan bagaimana dan sesuaikan dengan passion serta kondisi ekonomi anda.
Tidak boleh egois dalam menentukan hal ini,walaupun ini hidup anda,tetapi mungkin saja ada orang lain yang berharap besar kepada pilihan ada itu.


Apa saja jurusan mata kuliah yang pelajaranya mudah dan gampang lulusnya?


Ada beberapa mata perkuliahan yang masuk kedalam kategori tidak sulit/tidak susah-susah banget dalam mempelajarinya,antara lain :


1. Tata Boga


Tata boga adalah mata perkuliahan yang berfokus dalam dunia makanan.Selain mempelajari banyak aneka ragam masakan dari berbagai daerah dan berbagai negara,anda juga akan mempelajari bagaimana membuat dan menyajikanya.

Ini sangat cocok untuk anda yang sangat senang dan hobi dengan dunia kuliner.Berhubung ini masakan,jadi anda mungkin tidak akan menjumpai berbagai rumus matematika yang sangat rumit atau bahasa pemrograman yang sangat susah untuk difahami.


2. Pariwisata


Ini adalah mata perkuliahan yang mempelajari berbagai hal tentang dunia wisata atau tempat-tempat menarik.Selain itu,ada juga pembelajaran untuk dunia perhotelan.

Inti dari mata perkuliahan ini adalah pelayanan kepada seseorang yang sedang atau ingin melakukan liburan ke suatu tempat.Biasanya lulusan ini tempatkerjanya di hotel,biro tour and travel dan layanan tour guide.

Bagian yang sedikit sulit adalah pembelajaran tentang berbagai bahasanya.Tetapi sulitnya tidak terlalu karena tidak selalu mata kuliah ini tertuju untuk luar negeri saja,malainkan dalam negri juga ada.Jadi tidak terlalu sulit untuk mengembangkan bahasa karena bahasa insdonesia merupakan bahasa resmi hampir di seluruh wilayah indonesia.


3. Pertanian/Agrobisnis


Mata perkuliahan ini menitik beratkan atau berfokus ke arah dunia pertanian.Ada banyak hal yang bisa anda pelajari dari meta perkuliahan ini,tetapi tidak akan jauh-jauh dari tumbuhan jenis yang ditanam atau yang dibudidayakan.

Walaupun terlihat sepele,tetapi lulusan ini biasanya akan lebih mengerti ketika melakukan bisnis dalam bisang pertanian.Dan anda jangan salah,jika tanaman yang dibudidayakan memiliki daya jual tinggi,bukan tidak mungkin anda akan menjadi petani sukses lohh.


4. Perikanan


Untuk anda yang sangat menyukai berbagai hewan tambak khususnya ikan atau mungkin untuk anda yang ingin menjadi pengusaha atau budiaya ilan,mata perkuliahan inilah yang paling cocok.Walaupun nantinya akan menjumpai berbagai hitung-hitungan khususnya untung rugi,tetapi tidak akan serumit palajaran managemen akuntansi atau bisnis.

Lulusan ini juga memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai lembaga BUMN seperti dinas kelautan atau yang lainya.


5. Peternakan


Ilmu yang akan anda pelajari adalah seputar dunia hewan ternak.Anda tidak boleh memandang enteng mata perkuliahan ini karena masuk kedalam kategori mudah,pasalnya lulusan ini berkesempatan untuk bekerja di berbagai kementrian pemerintahan loh,misalnya :
  • Kementrian koperasi
  • Kementrian lingkungan hidup
Selain itu,jika anda ingin berwirausaha,prospeknya juga sangat menjanjikan.Tidak perlu saya jelaskan berapa penghasilan untuk peternak sapi atau kambing yang sukses yaa,hehe.


6. Pendidikan Kepelatihan Olahraga


Bagi anda yang menyukai dunia olahraga,mungkin mata perkuliahan ini sangat cocok.Tidak hanya sebagai pembimbing olahraga,tetapi anda juga berkesempatan untuk menjadi seorang instruktur atlet olahraga lohh.

Selain itu,ada beberapa universitas yang " meringankan " pengerjaan skripsi untuk palajaran ini ( walaupun tidak semuanya ).Bagi universitas yang tidak mengharuskan mahasiswanya mengerjakan tugas akhir skripsi,maka anda bisa menggantinya dengan cara yang lain sesuai prosedur kampus tersebut.


Apakah mata perkuliahan diatas cepat lulusnya?

Perlu anda ketahui bahwa kelulusan itu faktor utamanya adalah ANDA SENDIRI.Jika anda mengambil mata perkuliahan yang sangat susah sekalipun,jika anda pintar dan sungguh-sungguh,maka akan cepat lulusnya.

Walaupun anda mengambil mata perkuliahan yang sangat gampang sekalipun,jika anda terlampau " gebleg ",maka anda akan susah lulusnya.

List diatas saya katakan mudah lulusnya karena dilihat dari segi " kesulitan materinya ",selebihnya tergantung anda peribadi ingin seperti apa kedepanya.Dan hal ini berlaku untuk SEMUA jenis mata perkuliahan yaa.

BACA :




Demikian pembahasan tentang daftar jurusan kuliah yang paling mudah mata pelajaranya serta gampang lulusnya.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

2/20/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Jurusan Kuliah yang Paling Mudah Mata Pelajaranya dan Gampang Lulus.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar