Cara Mengisi Alamat di Tokopedia yang Benar ( Supaya Cepat Sampai )

Cara mengisi alamat di tokopedia yang baik dan benar ketika belanja online disana khususnya lokasi rumah merupakan hal yang sangat penting untuk anda lakukan supaya barang atau paketan anda bisa cepat sampai.Didalam form yang muncul nanti,anda diharuskan menuliskan letak tempat tinggal,provinsi,kabupaten,kecamatan dan lokasi pick up.

Cara mengisi alamat rumah di tokopedia sebenarnya mudah,tetapi mungkin masih banyak yang kurang mengerti dan mengisinya dengan data seadanya saja tanpa melihat point pentingnya.Alhasilbarang paketanya menjadi lama sampai karena kurir kesulitan dalam mencari tempat tinggal anda.


Pengisian Alamat di Tokopedia




Fungsi Penulisan Alamat

Di sebuah situs jual beli online,ada banyak faktor yang perlu anda perhatikan ketika memutuskan untuk berbelanja disana,salah satunya adalah anda harus mengerti bagaimana menuliskan alamat tempat tinggal anda.

Penulisan lokasi yang baik dan benar memiliki fungsi atau bertujuan untuk mempermudah kurir pengiriman jasa expedisi menemukan lokasi tempat tinggal anda.Dengan begitu,paket anda juga akan cepat sampai ditangan anda.


Akibat Salah Menulis Identitas dan Lokasi

Saya ingin bercerita sedikit pengalaman untuk point ini.Jadi saya pernah membeli sebuah produk di tokped kemudian " mungkin " saya menulis lokasi tempat tinggal yang salah.

Sebenarnya tidak salah,hanya saja saya menuliskan NAMA LENGKAP saya pada form,karena tetangga saya hanya tau nama panggilan saya saja,akhirya si kurir hanya muter-muter di desa saya dan akhirnya menelfon saya untuk meminta panduan jalan.

Untungnya si kurir memiliki inisiatif seperti itu,bayangkan jika si kurir membawa paketanya kembali ke kantor dan menyuruh saya untuk mengambilnya sendiri ( panjang nanti urusanya ).


Penulisan yang Baik Bagaimana?

Untuk penulisan yang baik itu harus lengkap ( dalam artian jelas ).Khususnya lokasi tempat tinggal dan nama anda.

Lokasi tempat tinggal bisa anda tuliskan " patokan jalan/sejenisnya " untuk memudahkan kurir pengiriman menemukan lokasi anda.Untuk penulisan nama,silahkan tulis NAMA LENGKAP dan NAMA PANGGILAN anda ( biasanya tetangga sekitar hanya tau nama panggilan anda saja ).

Berikut ini saya berikan panduanya untuk anda.Katakan bahwa anda sudah melakukan order sebuah produk dan akan menuliskan form lokasi tempat tinggal,langkahnya adalah sebagai berikut :


1. Membuat Akun


Tahukah anda,jika anda ingin berbelanja di tokped,maka anda HARUS memiliki akun atau mendaftar account terlebih dahulu? Jika anda tidak memiliki akun,maka anda tidak bisa melakukan pembelian disana.

Langkah paling mudah adalah melakukan pendaftaran DENGAN NOMOR TELEPON AKTIF,langkahnya sebagai berikut :
  • Klik daftar pada bagian " nomor telepon "
  • Isikan nomor telepon anda
  • Sistem akan mengirimkan kode aktivasi ke nomor telepon yang anda masukan
  • Isikan kode OTP tersebut di kolom kosong yang tersedia
  • Klik " verifikasi "
  • Selesai

Dengan begitu,sekarang anda sudah bisa melakukan pembelian barang.


2. Mengisikan Lokasi atau Alamat tempat Tinggal


Jika anda sudah menemukan unit yang anda incar,maka langkah selanjutnya adalah menuliskan letak lokasi tempat tinggal anda,langkah untuk mengisi alamat atau lokasi tempat tinggal atau rumah di tokopedia.com adalah sebagai berikut :
  • Klik " BELI " atau masukan ke keranjang terlebih dahulu
  • Klik " chek out "
  • Akan muncul halaman seperti ini :


cara mengisi lokasi dan alamat tempat tinggal atau lokasi rumah


  • Nomor 1 " Maksud dari lebel alamat " adalah lokasi yang anda maksudkan itu apa? Rumahkah,kantorkah,atau apapun itu ( jika anda mengisikanya lokasi rumah,maka isikan label alamatnya dengan RUMAH )
  • Nomor 2 anda isi NAMA ANDA ( sesuai yang saya jelaskan diatas,tuliskan NAMA LENGKAP + NAMA PANGGILANG,contohnya begini : Karinda Dian atau Dian Panjul )
  • Nomor 3 isikan dengan nomer telepon anda YANG MASIH AKTIF
  • Nomor 4 adalah untuk kota akan kecamatan anda ( silahkan isikan,nanti otomatis sistem akan memunculkan pilihan di layar hp smartphone android atau komputer anda )
  • Nomor 5 adalah form untuk mengisikan kode pos TETAPI setelah anda mengisikan kecamatan anda,otomatis sistem akan memunculkan kode pos disana
  • Nomor 6 adalah penulisan detail lokasi tempat tinggal anda ( silahkan tuliskan selengkap mungkin,bisa dengan menuliskan " patokan jalan ",warna rumah atau apapun yang bisa mempermudah kurir menemukan lokasi anda )

Contohnya begini : Dusun ketapang rt 02 rw 03 desa rengandengklok,kecamatan alas roban kabupaten alas bekisar semarang jawa tengah ( rumah dengan cat warna hjau dekat lapangan bola yang rumputnya bertuliskan sepak bola ).

Dengan penulisan yang detail seperti ini,kurir akan terbantu menemukan lokasi anda dengan cepat.Dan untuk anda tahu saja,biasanya kurir lebih suka mendahulukan alamat yang penulisanya detail dan jelas ( kata temanku yang kurir ).

  • Silahkan ceklis atau centang " jadikan alamat utama " ( pemilihan UTAMA ini akan menjadikan lokasi yang anda pilih akan menjadi lokasi default setiap kali anda membeli produk )
  • Klik tambah alamat baru
  • Selesai

Setelah anda mengisikan semuanya dengan lengkap,maka akan muncul halaman seperti ini :


tatacara menuliskan alamat di tokopedia


  • Lokasi yang anda isikan akan muncul dibagian atas ( silahkan cek kembali apakah sudah benar )
  • Pilih " Lama Pengiriman " seperti yang saya lingkari garis merah diatas ( ada banyak pilihan waktu,dan sudah ada harganya sekaligus,pilih saja yang sesuai keinginan anda )
  • Jika anda sudah selesai.klik saja " bayar "
  • Selesai

Penulisan lokasi tempat tinggal bisa dkatakan sudah selsai.Anda hanya perlu untuk melakukan pembayaran saja dan meunggu paketanya terkirim.


BACA :



Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk mengisi alamat rumah atau lokasi tempat tinggal di tokopedia.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

2/05/2019 - tanpa komentar

Related Posts

0 komentar untuk Cara Mengisi Alamat di Tokopedia yang Benar ( Supaya Cepat Sampai ).

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar