Tidak Bisa Login Tokopedia Akibat Kendala Teknis Aplikasi

Cara mengatasi tidak bisa login tokopedia ini harus dan wajib anda ketahui karena ketika tak dapat masuk akun tokped merupakan salah satu gejala awal account anda diretas atau diambil oleh orang lain.Walaupun hal itu hanya berupa " gejala " saja,toh tidak ada salahnya anda berjaga-jaga dari hal tersebut.

Tidak bisa login tokopedia merupakan permasalahan umum yang penyebab atau sebabnya ada banyak hal tetapi tentu saja ada solusi atau jalan keluarnya untuk mengatasinya.Silahkan ikuti panduan atau tutorial dibawah ini supaya anda bisa masuk kembali ke akun tokped anda.



Tidak Bisa Log In atau Masuk Akun di Tokopedia




mengatasi-tidak-bisa-login-tokopedia




Tokopedia adalah sebuah layanan jual beli online yang dirancang supaya semua orang bisa berbelanja dan menual barang dagangan mereka secara online ( tanpa harus memiliki toko fisik ).Jadi dengan aplikasi jual-beli ini,anda semua bisa membeli barang atau bahkan berjualan disana.


KEUNTUNGAN :

Ada banyak sekali kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi ini,baik untuk penjual maupun pembeli.

- Untuk penjual
  • Anda tidak perlu memiliki toko untuk berjualan disini
  • Lebih hemat biaya operasional
  • Lebih mudah dalam memasarkan produk anda
  • Jangkauan calon pembeli lebih luas dan lebih banyak
  • Terhindar dari pembeli nakal ( yang hanya suka mencoba tapi tidak membeli )
  • Bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun
  • Anda tidak perlu " menjaga " toko anda,cukup selalu membawa gadget anda saja

- Untuk pembeli
  • Bisa memilih banyak barang di toko berbeda tanpa harus mondar-mandir
  • Hemat tenaga
  • Bisa memilih harga yang paling murah dengan mudah ( tanpa harus menawar )
  • Ketersediaan barang lebih lengkap ( karena penjualnya ada banyak sekali )
  • Aman dari penjual nakal ( menjual barang tidak layak jual )
  • Proses jual-belinya mudah
  • Tetap bisa " retur " barang walaupun tidak saling bertemu dengan penjualnya
  • Barang diantar kerumah oleh kurir ( tidak boros biaya dan hemat tenaga )

Dan masih banyak lagi kelebihan yang bisa anda dapatkan dai jual-beli secara online di aplikasi tokped ini.


KERUGIAN :

Tetapi walaupun seperti itu,ada beberapa hal yang menjadi kekurangan atau masalah yang mungkin dijumpai,antara lain :
  • Tidak bisa mencoba barang yang akan dibeli
  • Pengirimanya lama
  • Terkadang situsnya tidak bisa diakses dan tidak bisa masuk

Point ke3 itulah yang akan saya bahas sekarang.Karena seperti yang saya katakan sebelumnya,hal tersebut bisa saja sebuah gejala bahwa akun anda diretas atau diambil orang.Memangnya apa kerugianya akun diambil orang? apa bahayanya?
  • Akun anda bisa digunakan oknum penjual nakal untuk menjual barang " PALSU " dan jika dilaporkan polisi,andalah yang akan terkena imbasnya ( karena alamat anda yang tercantum disana )
  • Jika didalam akun anda ada SALDOnya,uang anda tersebut bisa diambil orang yang mengambil akun anda
Walaupun saya hanya menyebutkan 2 hal,tetapi resiko dari kedua hal tersebut sangat merugikan anda nantinya.


Penyebab Tidak Bisa Masuk Akun tokopedia

Kenapa tidak bisa masuk ke akun tokped? apa sebabnya aplikasi tersebit tidak bisa diakses? Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkanya,antara lain :
  • Browser anda tidak mendukung atau error
  • Koneksi internet anda sedang tidak stabil
  • Situs memang sedang error
  • Akun anda diambil alih orang lain
 
Untuk itu,sekarang saya akan berikan solusi atau jalan keluar bagaimana cara untuk mengatasi tidak bisa log in atau masuk akun tokopedia milik anda.Ikuti langkah berikut :


1. Bersihkan Cache Aplikasi


Langkah pertama yang bisa anda coba adalah dengan membersihkan cache/sampah sistem pada aplikasi yang anda instal,caranya :

  • Masuk " setting/pengaturan "
  • Klik " manager aplikasi/apps/aplikasi
  • Pilih " tokopedia "
  • Anda akan diberikan halaman baru
  • Klik " bersihkan cache "
  • Selesai


2. Bersihkan Data


Langkahnya hampir sama dengan yang nomor 1 diatas :
  • Msuk menu setting
  • Pilih manager apliksinya
  • Pilih tokopedianya
  • Disamping tulisan clear cache/bersihkan cache ada " bersihkan data/clear data "
  • Pilih clear data ( kalau yang pertama clear cache,yang ini clear data )
  • Selesai


3. Update/Instal Ulang Aplikasinya


Jika anda HAFAL sandi dan email,silahkan anda uninstal aplikasinya,jika anda tidak hafal pasword dan email karena lupa,cukup lakukan update aplikasinya.

- Langkah uninstal aplikasi :
  • Masuk menu setting/pengaturan
  • Pilih aplikasi
  • Klik tokopedia
  • Klik " uninstal/hapus instalasi "
  • Selesai
Selanjutnya anda bisa lakukan download dan instal ulang menggunakan media playstore.


- Langkah melakukan update aplikasi :
  • Masuk apliksi " playstore "
  • Klik garis tiga di sebelah kiri atas 
  • Pilih " aplikasi dan game saya "
  • Pilih " aplikasi terinstal "
  • Akan muncul deretan apliaksi
  • Lihat " tokopedia " ( disebelahnya akan ada tulisan " update "
  • Klik " update " itu
  • Tunggu sampai selesai


JIKA TIDAK PAKAI APLIKASI BAGAIMANA?

Untuk anda yanmg tidak menggunakan aplikasi alias langsung akses via google/mozilla atau peramban lainya,lakukan langkah dibawah.


4. Bersihkan Cache atau Histori Pencarian


Cache atau history pencarian adalah data-data yang masih tersimpan di dalam web browser yang anda gunakan,baik google chrome ataupun yang lainya.Hal ini bisa membuat kinerja dari web browser tersebut menjadi error.

Bahkan cahce merupakan salah satu faktor utama lemotnya sebuah web browser.Anda bisa melakukanya dengan langkah berikut :
  • Masuk ke web browser yang anda gunakan
  • Klik " pengaturan " atau setting ( biasanya bergambar garis 3 atau titik 3 atau gambar gir )
  • Masuk ke history atau riwayat
  • Pilih " clear all history " atau hapus semua riwayat
  • Close aplikasi anda
  • Buka kembali

Hal ini berguna untuk membuang semua data yang tidak terpakai lagi didalam web browser tetapi masih tersimpan disana.Jika langkah ini belum membuahkan hasil,silahkan lanjutkan langkah berikutnya.


5. Ganti Web Browser 


Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti web browser anda.Apa itu web browser? web browser adalalah aplikasi yang anda gunakan untuk membuka atau mengakses situs tokped.Cobalah beberapa aplikasi peramban yang lain,seperti :
  • Google Chrome
  • Mozilla Firefox
  • Operamini
  • Uc Browser
  • Browser bawaan HP anda

Jika langkah ini masih belum membuahkan hasil,lanjutkan dengan langkah berikutnya.


6. Ganti Koneksi Internet


Ada baiknya anda juga mencoba untuk mengganti koneksi internet anda.Anda bisa menggunakan jaringan yang lebih stabil,seperti WIFI misalnya.Atau jika tidak memungkinkan,anda bisa menggunakan kartu perdana lain untuk mengaksesnya.

Hal ini perlu dilakukan,karena yang namanya koneksi internet,ada kalanya terjadi error.Jadi silahkan anda coba ganti koneksinya dengan yang lain.Jika masih belum bisa mengaksesnya,silahkan lanjutkan langkah berikutnya.


7. Gunakan Perangkat Lain


Silahkan anda coba masuk ke akun tokped anda dengan perangkat yang lain.Anda bisa meminjam android orang lain atau menggunakan komputer baik kepunyaan sendiri ataupun di warnet terdekat.Kenapa seperti itu?

Karena sebuah sistem di smartphone android atau yang lainya,bisa juga terjadi error.Mungkin saja hal ini yang menyebabkanya.Tetapi jika masih belum bisa masuk juga,silahkan lanjutkan langkah berikutnya.


8. Hubungi Customer Service Tokpedia


CS atau yang sering disebut juga dengan operator adalah mereka-mereka yang bertugas untuk membantu apra pengguna aplikasi tokped ketika terjadi seatu permasalahan.Ada banyak sekali yang bisa anda pintai pertolongan ke mereka,antara lain :
  • Terjadi masalah jual-beli
  • Terjadi masalah pencairan dana
  • Terjadi masalah yang berkaitan dengan resi pengiriman
  • Tak dapat mengakses situs

Dan masih banyak lagi hal yang bisa anda " adukan " kepada mereka para CS ini.Untuk menghubungi Customer Service atau operator tokpedia,anda bisa hubungi di :
  • ( 021 ) 8064 7333 atau
  • ( 021 ) 5369 1015 atau
  • Melalui akun twitter mereka di : @tokopediacare dan @tokopedia
  • Melalui email di : cs@tokopedia.com atau contact@tokopedia.com
  • Melalui situs bantuan resmi mereka di : https://www.tokopedia.com/bantuan/

Jika anda memilih menggunakan : bantuan situs resmi,silahkan ikuti panduan berikut ini :
  • Setelah masuk situs dialamat diatas,klik " hubungi kami :
  • Pada halaman yang muncul,pilih " akun "
  • Akan muncul halaman seperti dibawah ini


manggunakan-pusat-bantuan-tokopedia


  • Pilih " saya tidak bisa log-in karena kendala teknis "
  • Selesai
  • Ikuti saja instruksi berikutnya dari pihak tokpednya
  • Selesai


Jika semua tahapan sudah dilakukan tetapi tidak membuahkan hasil bagiamana? apa yang harus dilakukan selanjutnya?

Silahkan anda coba tanyakan ke orang lain ( yang memiliki akun di tokped juga ) apakah mangalami masalah serupa atau tidak.Anda bisa menanyakanya di media sosial supaya mendapatkan jawaban yang lebih banyak dan relevan.

Jika mereka juga mengalaminya,tidak usah khawatir,itu berarti memang sedang ada perbaikan di situsnya dan anda hanya PERLU MENUNGGU SAJA.TETAPI jika mereka tidak mengalami hal yang seperti anda alami,anda perlu WASPADA! dan harus mengulangi langkah-langkah diatas SAMPAI BERHASIL MASUK AKUN!!.


Baca Juga :


- Solusi tidak bisa masuk account BUKALAPAK

- Langkah belanja di tokopediia yang baik dan benar


Demikian pembahasan bagaimana cara untuk mengatasi tidak bisa masuk atau login untuk mengakses akun tokopedia dengan langkah yang benar.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.
Tanpa komentar

0 komentar untuk Tidak Bisa Login Tokopedia Akibat Kendala Teknis Aplikasi.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar