Kisi-Kisi Soal Tes Psikotes Alfamart dan Kunci Jawabanya

Kisi-kisi soal tes psikotes alfamart dan kunci jawabanya merupakan sebuah pembahasan penting jika anda akan menghadapi sikotest disana.Karena dengan anda mempelajari jenis dan contoh soal yang keluar,kesempatan anda untuk bisa menjawab pertanyaan dan diterima bekerja di alfamaret juga akan bertambah besar.

Psikotes alfamart sebenarnya secara garis besar hampir sama dengan indomaret karena keduanya sama-sama perusahaan ritel yang bergerak dalam bidang yang sama.Tetapi,untuk jenis soal yang keluar memang ada sedikit yang berbeda.Silahkan anda pelajari pembahasanya pada artikel kali ini.


Kisi-Kisi Soal Psikotes Alfamart




soal psikotes yang keluar saat tes di alfamart



Alfamaret adalah sebuah perusahaan ritel yang bergerak dalam bidang perdagangan bahan kebutuhan pokok.Alfamaret dan alfamidi bisa dikatakan hampir sama karena bergerak dalam satu bidang yang sama.

Dalam proses perekruitan karyawanya,perusahaan ini masih menggunakan sistem yang umumnya digunakan oleh perusahaan lain dalam menjaring calon karyawan baru mereka,yaitu : 
  • psikotes
  • Interview
  • Magang atau percobaan atau pelatihan

Jika anda ingin bekerja atau mungkin beberapa waktu yang lalu mendapatkan panggilan test disana,diatas adalah tahapan atau proses yang akan anda lalui sebelum RESMI menjadi karyawan alfa.Saya akan membahasnya untuk anda.

Soal yang keluar saat psikotes alfamart apa saja? Kurang lebih seperti berikut ini :


1. Matematika Dasar Bentuk Cerita


- Yang pertama adalah jenis soal matematika dasar berupa soal cerita yang sedikit panjang.Contohnya sebagai berikut :
  • Ani memiliki uang 100.000,kemudian ia gunakan untuk berbelanja.Yang ani beli adalah : 5 buah buku dengan harga masing-masing buku 12.700 rupiah,kemudian ia juga membeli pensil warna sebanyak 12 buah dengan masing-masing harga pensilnya 2.300 rupiah.Berapa jumlah uang kembalian ani jika dalam perjalanan pulang,uang kembaian tersebut ia gunakan lagi untuk membeli es krim seharga 17.400 rupiah?

Untuk cara mengerjakan bentuk soal seperti ini,selain anda harus bisa berhitung,usahakan menuliskan juga " langkah atau coretan-coretan pengerjaan " dilembar kosong atau dibalik soalnya,kenapa?

Dengan anda menuliskan " langkah pengerjaanya " HRD akan lebih yakin jika itu adalah hasil dari diri anda sendiri,bukan mencontek orang lain.Walaupun sifatnya " TIDAK WAJIB " tetapi langkah ini harus anda perhatikan karena anda bersaing dengan puluhan pelamar lain dan pastinya anda ingin terlihat " spesial " di mata HRD bukan?


- Yang kedua adalah bentuk matematika " rumus bangun ruang dan bangun datar ".Contoh gambar soalnya seperti ini :


cara mengerjakan soal matematika sikotes alfamart




cara mengerjakan matematika tes di alfamart

Kurang lebih seperti itu gambarnya.Anda akan diminta untuk menghitung LUAS dari berbagai gambar bangun datar dan bangun ruang yang diberikan.Hampir sama dengan yang pertama,usahakan anda menuliskan langkah pengerjaanya untuk lebih meyakinkan HRD bahwa anda tidak mencontek dan bertindak curang.

Anda bisa mulai menghafalkan berbagai rumus luas dan keliling bangun ruang atau datar,rangkum dalam sebuah kertas dan mulailah mengafalkan.Semakin banyak anda hafal rumusnya,akan semakin baik untuk anda.


2. Kepribadian dan Karakteristik Pribadi


Saya lebih suka menyebutnya demikian karena memang tujuan dari soal ini adalah untuk mengetahui kepribadian dan karakter diri anda masing-masing.Jika dalam bahasa intelektual,jenis soal ini lebih dikenal dengan istilah : Test Psikologi.

Bentuk soalnya mungkin sedikit mirip dengan pelajaran PPKN waktu sekolah dulu.Contohnya kurang lebih seperti ini :
  • Ketika lampu sudah menyala hijau tetapi ada seorang nenek renta yang sedang mneyebrang,apa yang akan saya lakukan?
  • Jika menghadapi sebuah masalah di tempat kerja,apa yang akan saya lakukan?

Ada banyak sekali pertanyaan-pertanyaan serupa yang akan diberikan " PILIHAN GANDA " untuk anda memilih mana jawaban yang paling benar.

Yang menjadi permasalahan adalah : ADA BEBERAPA PILIHAN GANDA YANG JAWABANYA BENAR.

Itu bukanlah kesalahan cetak,melainkan memang betujuan untuk mengetahui karakter anda yang sesungguhnya.Tugas anda hanya memilih,manakah yang sekiranya paling pas dan paling sesuai dengan pribadi anda.

Anda TIDAK PERLU mencontek teman,karena teman anda belum tentu memiliki kepribadian yang lebih baik dari anda.Jika kepribadian teman yang anda contek lebih buruk dari anda,anda sendiri yang akan rugi nantinya.


3. Kraepelin/Kreapelin/Pauli/Test Koran


Ini merupakan yang paling sulit dan paling susah daripada bentuk soal yang lainya.Jika anda belum pernah mendengar bentuk soal ini,berikut contoh gambarnya :


tes kreplin alfamart dan cara mengerjakanya


Silahkan anda perhatikan baik-baik,deretan angka yang " berwarna HITAM " adalah deretan soalnya,sementara yang " berwarna MERAH " adalah jawaban yang harus anda tuliskan.

Anda tidak perlu bingung melihat gambarnya,tugas anda hanya menjumlahkan antara angka pertama dengan angka diatasnya ( pada baris pertama ) sampai ada instruksi dari HRD untuk pindah ke baris selanjutnya.

Jadi sebelum ada instruksi " pindah baris ",anda TIDAK BOLEH dan DILARANG untuk pindah baris.Kemudian,untuk bilangan yang anda tuliskan berupa bilangan satuan ( angka belakangnya saja ) jika hasilnya adalah puluhan.

Menurut berbagai sumber,inilah tahapan atau soal yang paling mendapatkan sorotan dati HRD.Bisa sibilang,nilainya paling besar,jadi anda harus mengerjakanya dengan baik dan benar.

BACA :



Demikian pembahasan tentang kisi-kisi tes psikotes alfamart atau alfamidi lengkap dengan cara mengerjakan atau kunci  jawabanya.Semoga bisa membantu anda semua.terimakasih telah membaca,see uu.

12/11/2018 - 4 komentar

Related Posts

4 komentar untuk Kisi-Kisi Soal Tes Psikotes Alfamart dan Kunci Jawabanya.

Maaf baru bisa online kembali,silahkan berkomentar jika komentar anda belum terbalas beberapa waktu yang lalu ( saya akan membantu menjawabnya ).


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Membantu

Balas Hapus
.
Unknown 9/20/2019

Jawdal interviuw bulan oktober kapan yaa ?

Balas Hapus
.
Puji Hartono 9/20/2019

Silahkan tanyakan itu ke DC/TC pusat di daerah masing-masing.Tanyakan ke petugas toko DC/TC pusatnya dimana.Itu akan lebih tepat informasinya.

Balas Hapus
.
Unknown 10/17/2019

Terimakasih

Balas Hapus