Laptop Hidup Sebentar Mati Lagi? Begini Mengatasinya!

Cara mengatasi laptop hidup sebentar mati lagi bisa anda lakukan untuk memperbaiki masalah seperti power nyala dan lampunya berkedip tapi dihidupkan langsung turn off dengan sendirinya sebelum masuk windows.Kenapa masalah itu muncul? dan bagaimana mengatasinya?

Cara memperbaiki laptop yang hidup atau nyala tapi langsung mati bahkan tidak sampai beberapa menit ini merupakan pengalaman pribadi saya,dan terbukti berhasil mengembalikan performa PC saya menjadi normal kembali.Langkah ini aman,karena anda tidak perlu melakukan hal-hal yang berbahaya,hanya hal-hal sederhana saja.



Laptop Mati Sendiri Saat Dihidupkan Baru Sebentar



laptop-mati-saat-dihidupkan



Laptop atau PC adalah sebuah perangkat keras berupa gabungan antara komponen-komponen hardware dan software yang saling berkesinambungan untuk menjalankan sebuah program.Kedua komponen tersebut harus dalam kondisi baik untuk bisa menghasilkan performa PC yang sempurna.

Jika ada salah satu bagian yang rusak atau error,itu akan berakibat tidak berfungsinya komponen yang lain.Salah satu masalah yang sering terjadi adalah matinya laptop secara mendadak saat pertama kali dinyalakan.

Jangankan bisa sampai menu utama,baru saja nyala sudah langsung mati lagi.Dan lebih parahnya lagi,usaha untuk masuk menu reboot juga gagal karena laptopnya keburu turn off.


Penyebab Laptop Langsung Mati saat Dinyalakan


Untuk masalah seperti ini,kenali dulu faktor yang menyebabkanya,antara lain :



  • Kerusakan pada baterai

Komponen utama yang paling sering menjadi biang kerok adalah kondisi baterai yang sudah jelek.Mungkin karena bentuk kerusakan ini terlihat sepele,jadi ketika baterai memang sudah waktunya ganti masih saja dipaksakan untuk digunakan.


  • Kerusakan pada hardisk


Faktor yang sering menimbulkan permasalahan seperti ini adalah kerusakan pada hardisk.Biasanya ini ditandai dengan herdisk yang berbunyi " krek-krek " saat beberapa waktu yang lalu masih bisa menyala.

Jika hardisk anda berbunyi saat dinyalakan PCnya,segera lakukan perbaikan hardisk yang berbunyi tersebut.Karena jika anda biarkan,permasalahan akan menjalar kemana-mana dan bisa menimbulkan matinya PC seperti pembahasan kita kali ini.

  •  Kerusakan pasa kipas pendinginya


Faktor lainya yang bisa menimbukan permasalahan tersebut adalah kerusakan pada kipas pendinginya.hal ini akan menimbulkan panas yang terlalu berlebihan untuk PC anda.Biasanya masalah ini akan ditandai dengan " sunyi " nya suara kipas.

Untuk kondisi normal,saat PC berjalan,pasti anda akan mendengar suara kipas walaupun itu sangat pelan.Jika tidak terdengan suara ini,segera lakukan tindakan.

  • Overheat atau habisnya termal pasta


Termal pasta adalah sebuah komponen berbentuk pasta seperti pasta gigi yang berguna untuk mendinginkan procesor dan CPU PC anda.Jika komponen ini habis atau kering,procesor dan CPU akan terlalu panas dan overheat.

Biasanya tanda untuk kerusakan dibagian ini adalah terasa panasnya bagian bawah laptopnya.Jika hal ini terjadi,segera lakukan perbaikan seperti langkah dibawah nanti.


NOTE : Inikan baru sebentar langsung mati,bagaimana bisa men judge kalau overheat/kepanasaan secara komponen seperti procesor dll belum bekerja?

Yang saya maksudkan jika memang terasa panas pada bagian mesin yaa.Jika memang TIDAK ADA sama sekali kondisi atau kejanggalan apapun seperti : panas,suara aneh atau bahkan baterai dalam kondisi baik,maka ini menjurus ke kerusakan mesin.

Berdoa saja bukan,karena jika kerusakaan komponen mesinya,biasanya biayanya sedikit mahal.



  • Kerusakan sistem software ( windows )


Walaupun sangat jarang terjadi,tetapi hal ini bisa saja terjadi dimana windows yang anda gunakan rusak atau crash.
Jika anda tidak tahu dan tidak mengerti penyebabnya apa dan yang mana,anda bisa langsung melakukan perbaikan saja seperti tutorial yang akan saya berikan untuk anda berikut ini.


  • Kerusakan pada bagian mesin ( ic atau komponen lainya )

Ini merupakan bagian yang paling sering mengalami kerusakan.Untuk bagian ini anda perlu skill khusus dalam menganalisa kerusakan.Jika anda tidak mengerti,serahkan pada orang yang lebih faham ( tukang service ).


Cara Mengatasi Laptop yang Langsung Mati saat Dinyalakan


Anda bisa langsung melakukan langkah perbaikan berikut ini jika anda tidak mengerti sebabnya dimana,karena langkah berikut ini bisa anda lakukan sendiri tanpa bantuan dari orang lain apalagi sampai harus membayar teknisi.

Langkahnya adalah sebagai berikut :



  • Ganti baterai ( nyalakan tanpa baterai )


Untuk penanganan awal,anda bisa mencoba untuk menyalakan tanpa menggunakan baterai atau bisa meminjam baterai teman untuk pengetesan.

Jika memang berhasil,untuk kedepanya,HILANGKAN KEBIASAAN menggunakan gadget anda sembari melakukan pengecasan karena itu sangat tidak baik untuk kesehatan baterai.


  • Ganti hardisknya


Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memastikan apakah kondisi hardisk anda dalam kondisi baik.Anda bisa melakukan DEFRAG atau pengecekan yang lainya untuk mengetahui kondisinya.Jika anda tidak terlalu mengerti langkah-langkahnya,anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru.

Tapi harganya mahal mas,gimana? untuk mengakali hal ini,anda bisa meminjam hardisk dari teman anda atau saudara anda untuk mencobanya.Kalaupun teman atau saudara anda tidak mau meminjamkanya,anda bisa membelinya yang murah saja ( sekitar 50 ribu sampai 100 ribu ) hanya untuk uji coba saja.

Jika memang setelah mengganti hardisknya permasalahanya terselesaikan,anda bisa menggantinya lagi dengan yang lebih mahal dan lebih besar kapasitasnya.Jika dengan menggantinya dengan yang baru permasalahanya tidak terselesaikan,anda bisa melakukan langkah selanjutnya.


  • Bersihkan kipas atau menggantinya dengan yang baru


Untuk langkah ini,anda harus melakukan pembongkaran pada laptopnya.Setelah itu carilah komponen kipasnya dan bersihkan sampai benar-benar bersih,kemudian lihat hasilnya.

Jika kipasnya tetap tidak mau bekerja dengan baik,anda bisa menggantinya dengan yang baru.Tetapi jika kondisi kipas baik-baik saja,silahkan lanjutkan langkah berikutnya.


  • Ganti termal pasta dengan yang baru


Silahkan anda lakukan pembingkaran terhadap PC anda,kemudian carilah komponen procesor atau CPU.Biasanya komponen ini berdekatan dan ditutup oleh semacam tutup plastik,silahkan buka tutupnya dan bersihkan bekas termal yang lama.

Setelah anda bersihkan,segera ganti dengan yang baru,kemudian tutup lagi dan rakit lagi.Silahkan lihat hasilnya.Untuk harga termalnya bermacam-macam,ada di kisaran 35.000 sampai 150.000.Anda bebas untuk pilih yang mana.


  • Serahkan pada tukang servis


Langkah terahir yang bisa anda lakukan adalah dengan menyerahkanya ke tangan yang lebih ahli.Mungkin ada bagian komponen yang harus diganti ( ICnya atau bagian lain ) yang memang hanya teknisi yang bisa melakukanya dan mengetahuinya.


Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk mengatasi dan memperbaiki laptop yang hidup sebentar terus mati lagi saat PC dihidupkan atau dinyalakan.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.

4/05/2021 - 1 komentar

1 komentar untuk Laptop Hidup Sebentar Mati Lagi? Begini Mengatasinya!.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.
Angka Kode Alam Babi 5/02/2021

Mantap Bosku

Balas Hapus